Y u d i S u t a r s o

Kuliah Manajemen Pemasaran

Sistem Informasi Pemasaran

vmis1.jpg

Informasi adalah bahan dasar pengambilan keputusan dalam kegiatan pemasaran. INformasi bagi usaha kecil dikelola dengan mudah, sederhana dan informal, sehingga usaha kecil sering tidak memiliki unit kerja yang mengelola informasi bagi dalam pengumpulan, pengolahan maupun distribusi. Bagi usaha atau perusahaan besar sekelas IBM, Airbus, Coca Cola, aktivitas ini akan dilakukan dengan baik. SEmakin besar dan komplek perusahaan ditambah dengan meningkatnya persaingan dan perubahan lingkungan, semakin meningkatkan kebutuhan sistem informasi yang lebih formal dan sistematis.

Pada sesi ini, kita akan mendiskusikan sistem informasi pemasaran, yaitu sustu sistem pengelolaan informasi yang digunakan untuk kepentingan pemasaran. Sistem ini bisanya secara lengkap diterapkan pada perusahaan yang besar.

TUgas Anda adalah :

1. Jelaskan dengan contoh bagaimana sistem informasi bekerja sebagaimana gambar 4.1. The marketing INformation System, yang ada pada buku Kotler dan Armstrong edisi 11, halaman 96. (Buku aslinya lho)

2. Jelaskan pula, dengan ilustrasi contoh, proses riset pemasaran,  yang ada pada buku Kotler dan Armstrong edisi 11, Gambar 4.2. halaman 100.

Kelompok yang maju minggu depan adalah kelompok 6. Dahniar, prihatin, kurniawan, efendi, andri dan anggraeni jangan lupa siapkan lebih baik, latihan kalau perlu. Belajarlah hal baik dari kelompok 2 tentang kekompakan dan keberanian, hebat lho mereka. Bikin variasi dan kreasi sesuai dengan jiwa muda Anda..

Untuk kelompok 5, tugas anda diberikan besok diblog ini..siap-siap lho……

Slamat belajar..semaga sukses….

April 4, 2007 - Posted by | Manajemen Pemasaran

24 Comments »

  1. Pak,saya kaget sekali waktu mengakses blog yang bapak punya barusan!tampilan blog yang bapak punya semakin top banget!keren abiz,Pak!kalau gini kan kita sebagai mahasiswa jadi semangat untuk sering mengakses blog kepunyaan bapak.Terima kasih bapak mau memperhatikan saran dari saya.bilamana dalam rangkaian kata2 di atas yang kurang berkenan.Mohon maap lho pak1

    Comment by Bagus Priyo Sudibyo | April 4, 2007 | Reply

  2. Pak, saya sebagai ketua kelompok itu sulit sekali membagi tugas per individu karena sulit untuk ketemu tiap2 anggota kel saya.Pasti semuannya sibuk dengan kul masing2.Mungkin ketemu itu waktu mata kuliah yang sama pada hari selasa. Kan waktunya mepet bgt? Gimana ya pak? Kel saya yang maju untuk minggu depan.Di blog ini kok tidak ditampilkan tentang gambar2 tentang sistem informasi pemasaran dari buku kotler yang edisi 11.Apakah sama dengan buku Kotler edisi 9 pak?Tolong dijawab ya pak.Terima kasih…

    Comment by Lia Dahniar | April 6, 2007 | Reply

  3. Pak yudi,saya salut dengan adanya blog ini.tp terkadang saya kesulitan mengakses blog bapak kayak sewaktu saya menirim komentar saya itu terkadang ga masuk..apa karena warnetnya yang ada gangguan ya?hehehehe….

    Comment by yulia kurniawati | May 22, 2007 | Reply

  4. Sisten informasi pemasaran terdiri dari orang, peralatan dan proserdour untuk mengumpulkan, memilih, menganalisa, mengevaluasi dan mendistribusikan informasi yang dibutuhkan, tepat waktu dan akurat bagi para pengambil keputusan. Sistem informasi pemasaran berawal dan berakhir pada manajer pemasaran. Sistem informasi pemasaran berinteraksi dengan manager dalam rangka menilai kebutuhan informasi. Sistem tersebut mengembangkan informasi yang dibutuhkan dari data internal perusahaan, aktivitas intelagen pemasaran, riset pemasaran, dan peneliti informasi. Sistem informasi pemasaran pada para manager dengan bentuk yang tepat pada saat yang tepat untuk membantu mereka membuat keputusan pemasaran yang lebih baik.

    Comment by Dion Yanuar Purba | June 4, 2007 | Reply

  5. bapak cerdas… saya sangat menyukai karya Bapak…

    Comment by edx | July 3, 2007 | Reply

  6. Pak, saya ingin tahu bagaimana mengelola komunikasi pemasaran di RS. mohon di emailkan ke email saya. thank.

    Comment by azwir | August 4, 2007 | Reply

  7. maap om/pak klo mahasiswa luar kampus bapak boleh ga ikut ngebahas ini… soalnya saya dapet tugas untuk mengumpulkan terminologi sistem informasi untuk dijadikan paper. dan kebetulan saya liat tulisan bapak disini, jadinya saya mohon pencerahan nya. klo bisa di kirim email aja ke tempat saya. tq.

    Comment by rizki86 | September 4, 2007 | Reply

  8. Maaf sebelumnya pak, saya belum kenal bpk, tp saya tertarik dengan komentar2 bpk tentang sistem informasi pemasaran, bisakah bapak beri penjelasan lebih rinci mengenai sistem informasi pemasaran atau mungkin bpk mau memberitahu referensi buku2 tentang hal tsb? ini saya perlukan untuk menyusun paper. Terimakasih sebelumnya pak….

    Comment by Dewi | November 6, 2007 | Reply

  9. bapak walaupun saya bukan termasuk mahasiswa bapak tapi saya sangat senang dengan dunia pemasaran,,,,,,,,bisnis,,,,,bolehkah saya mewarisi ilmu bapak? makasih.

    Comment by SALJU INDAH | January 12, 2008 | Reply

  10. beberapa judul yang saya miliki adalah
    the persuader
    emotional branding
    the “narrow” casting future —> tentang cara penggunaan hasil segmentasi gayahidup (lifestyle segmen)

    Comment by Gahtan Ahmad | July 6, 2008 | Reply

  11. apa hubungannya SIP dengan enterprise research planing ????

    Comment by f4n | October 15, 2008 | Reply

  12. system informasi pemasaran pt.caltex

    Comment by NAZIRMAN | October 29, 2008 | Reply

  13. Pak, saya juga mendapat tugas di kampus sama seperti apa yang bpak tulis..

    setelah saya mencari, smpai saat ini saya blum menemukan jawabannya..

    didalam buku yang saya punya tidak ada jawabannya…

    mohon bantuannya…!!

    Comment by bojang | November 6, 2008 | Reply

  14. Pak gak punya website ya??? Kenapa pake blog????

    Comment by WITTZ | November 13, 2008 | Reply

  15. Pak,,, Saya lagi mencari Pembahasan tentang Sistem Informasi Pemasaran unutk presentasi yang akan saya terapkan di Perkuliahan saya, Kalau bisa ada yang power point ya Pak.

    Nama : Achirul
    Ekonomi Manajemen

    Comment by achirul | January 13, 2009 | Reply

  16. Pagi pak…saya ingin tau banyak tentang buku bapak, bisakah saya akses melalui internet, karna saya agak kesulitan membuka blog yang tersedia. Mohon kalau Bapak berkenan saya ingin tahu lebih dalam ttg strategi pemasaran yang terbaik dan berkenaan dengan pemakaian sistem informasinya. Terima kasih bantunnya.

    Comment by yustina | January 25, 2009 | Reply

  17. tq tentang informasi y

    Comment by indra | April 27, 2009 | Reply

  18. Dear,,

    saya ingin menanyakan,bagaimana caranya agar perusahhaan saya bisa menjadi agen tunggal produk mayora di daerah sigli(Aceh).Karena menurut informasi yang saya terima produk mayora unutk didaerah tersebu,belum ada agennya,dan menurut pantauan saya produk tersebut sangat bagus prospeknya kedepan,dan banyak diminati oleh masyarakat sigli.

    thanks in advace,
    rizky

    Comment by Rizky | May 4, 2009 | Reply

  19. Selamat siang Pak Yudi,

    Pak saya mau tanya, buku ref MK M Pemasaran apa ya?

    Terimakasih
    Salam

    Comment by kus | May 6, 2009 | Reply

  20. Maaf Pak, saya tdk jd nanya, sdh tau. ma`af, thx.

    Comment by kus | May 6, 2009 | Reply

  21. bapak saya dari perguruan tinggi lain mau ikutan nanya nie…
    saya dapat tugas tentang sistem informasi manajemen penjualan yang konsepnya mencakupblok masukan,model,keluaran tehnologi,basisdata dan kendali.saya mohon bantuannya agar dapat memberikan contohnya.
    terimakasih

    Comment by yin | April 1, 2010 | Reply

  22. […] Tugas S.I.P By adingege Sistem Informasi Pemasaran […]

    Pingback by Tugas S.I.P « Adingege's Blog | April 12, 2010 | Reply

  23. pak terimah kasih ya pak sudah menyediakan bahan yang saya cari di blog bapak…

    Comment by zulham | July 22, 2010 | Reply

  24. maaf pak saya dari universitas lain. saya mau tanya apa ada referensi tentang SIP selain kotler ? bisa diberitahukan tidak pak ?

    Comment by vhella | October 7, 2014 | Reply


Leave a reply to f4n Cancel reply