Y u d i S u t a r s o

Kuliah Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran 2011

Balajar manajemen pemasaran seperti belajar kehidupan. Semua bisa dipelajari bukan hanya dari buku atau dari orang yang cakap, namun kita bisa pelajari dari lingkungan kita, baik dari melihat bagaimana para pedagang menjual dan me-marketing-kan produk mereka, bagaimana perusahaan mempromosikan, bagaimana instansi pemerintah sekarang mulai melakukan marketing,

Para mahasiswa, agar belajar tidak hanya dari buku, dari lingkungan kita semua bisa kita lihat bagaimana marketing dijalankan. Amati dan pikirkan, agar mendapat pengetahuan yang aplikatif tentang marketing

Selamat belajar

May 5, 2011 - Posted by | Manajemen Pemasaran

28 Comments »

  1. menurut saya belajar manjemen itu sangat penting sehingga kita pribadi bisa mengetahui bagaimana perkembangan dunia produk,dalam halnya juga kita bisa melihat perkembangan pedagang diluar atau di jalan-jalan terutama bagi pedagang yang kurang mampu mengembangkan produk usahanya mereka degan menggunakan fasilitas atau biaya yang besar atau mahal….pendapat saya sebaiknya pemerintah bisa melihat dan lebih memeperhatikan kondisi pedagang di jalan-jalan,kiranya juga pemerintah memberikan bantuan pinjaman dana sehingga pedagang kecil bisa mewujudkan usahanya…….sekian dari saya

    Comment by Maria febbynana O. toli | May 5, 2011 | Reply

  2. ass..
    Saya setuju tentang artikel yg dimuat , tetapi saya mau menambahkan , sebagai mahasiswa tdk hanya dituntut mengerti akan teori , akan tetapi harus bisa mempraktekkan sebuah marketting dgn benar..

    Comment by m.ivan.p.putra | May 5, 2011 | Reply

  3. assalamu’alaikum. wr. wb
    saya sangat setuju dengan artikel yang di ungkapkan oleh bapak, mahasiswa bisa dengan langsung mengamati cara bagaimana bermarketing dengan melihat lingkungan disekitar kita, akan tetapi teori-teori yang ada tidaklah harus lepas dari mahasiswa itu sendiri, agar mmahasiswa bisa menggobservasi dengan baik mana cara marketing yang boleh dilakukan dan mana cara bermarketing yang tidak boleh dilakukan.
    terimakasih.
    wassalamu’alaikum wr.wb

    Comment by isnaini | May 5, 2011 | Reply

  4. ass..ya sangat benar, karena dalam sehari-haripun kita akan merasakan bagaimana menggunakan man. pemasaran yang baik dan menguntungkan. karena dalam bergaulpun kita akan memperoleh ilmu marketing dari orang” yang telah pengalaman melakukannya dengan sukses.

    kita bisa ambil contoh penjual eceran rokok, walaupun menjual sebatang demi sebatang rokoknya, dengan harga yang ditentukan. maka secara perlahan-lahan si penjual mendapat keuntungan lebih karena apabila rokok itu dibeli sebungkus harganya lebih murah. itulah sedikit gambaran marketing yang secara tidak langsung kita ketahui. walaupun sepele si penjual akan memperoleh keuntungan yang lebih besar. maka dari itu ilmu marketing ini sangat luas sekali bila dipelajari.

    Comment by Wangsa Dwiwirya | May 5, 2011 | Reply

  5. Assalamualaikum..
    Saya cukup setuju dengan artikel yang dimuat, tanpa disadari pun dalam keseharian kita tak lepas dari adanya sebuah marketing, dimana ketika kita mengenal, membeli, dan memanfaatkan suatu barang, saat itulah kita terlibat dalam sebuah marketing. Tanpa adanya marketing pun sebuah bisnis tidak akan berjalan. Bagaimana perusahaan berupaya agar produk yang mereka buat dikenali oleh pasar, dan pada akhirnya pasar akan terpengaruh kemudian merespon dengan membeli produk yang ditawarkan.
    oleh karena itu, kita perlu mempelajari tentang dunia marketing agar bisa mengaplikannya dengan benar pula.

    Comment by Sefrinda Ayu R. | May 5, 2011 | Reply

  6. ass ..
    saya setuju dengan pendapat bapak , krn mnjemen pemasarn sangat berpengaruh sekali dalam kehidupan kita sehari- hari untuk mengetahui harga produk atau suatu barang terutama kebutuhan kita..
    sekian dari saya ..
    terimakasih

    Comment by bunga anggara imila | May 5, 2011 | Reply

  7. ass.
    mnurut saya setuju dengan pernyataan di atas krn mnjemen pemasaran sangat berpanguruh bagi kebutuhan manusia ..
    terimakasih ..

    Comment by addis al-hazmi | May 5, 2011 | Reply

  8. ass.
    menurut saya sebagai mahasaiswa artikel diatas memang benar.
    dalam belajar kita dituntut mempelajari semua aspek yang ada.
    belajar teori juga harus diimbangi dengan prakteknya juga.
    sumber yang kita pelajari pun tidak selalu tertuju di buku.
    banyak sumber” lain yang dapat kita jadikan referensi.
    keadaan teraktual juga ikut penting untuk kita pelajari.

    Comment by Aris Saifullah | May 6, 2011 | Reply

  9. ass.
    menurut saya marketing itukan pemasaran,bagaimana suatu perusahaan bisa mendapatkan segmen pasar yang tepat dan sesuai sasaran,marketing yang bagus itu apabila kita sesuai dengan segmen pasar dan harga di pasar,marketing biasanya identik dengan kompetitor (pesaing). disana produk atau jasa perusahaan di perdagangkan untuk mendapatkan laba atau keuntungan,ketika suatu saat penjualan produk atau jasa itu menurun,perlu dilakukan diversifikasi dan inovasi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dari produk atau jasa tersebut

    Comment by erry sukma ardianto | May 6, 2011 | Reply

  10. ass.
    menurut saya
    saya setuju dengan artikel bapak.
    tapi saya mempunyai pendapat.
    klo saya hanya belajar dri buku dan mengamati saja,saya masih berpeluang besar untuk salah,jadi mungkin lebih efisien jika saya belejar dari buku,mengamati dan belajar dri orang cakap.jadi menurut saya saling berkaitan.
    mungkin itu metode belajar dari saya bapak.
    terima kasih

    Comment by gita nalurita | May 7, 2011 | Reply

  11. Saya lebih mengena dengan Marketing adalah seperti kita belajar kehidupan. Segala ilmu yang kita pelajari akan lebih bermanfaat jika kita dapat mengaplikasikan pada kehidupan real dan itulah sebenarnya yang secara tidak kita sadari kita telah melakukan Marketing dalam kehidupan kita tetapi kebanyakan marketing yang kita lakukan lebih menguntungkan pihak lain daripada diri kita sendiri.

    Comment by dewi kurnia sari | May 7, 2011 | Reply

  12. assalamu’alaikum. wr. wb

    Belajar Manajemen Pemasaran itu sangat penting, karena dimana kita bisa mengetahui tori-teori tentang cara kita seumpama menciptakan produk, dan kita harus tahu tntng strategi-strategi pemasran yg bisa mencapai target market, mungkin bisa melalui produk kita sendiri, price, place, promotion…
    tp kita juga harus memahami lingkungan sekitar, kayak produk yg diinginkn masyarakat itu apa dan bgmn kt bisa mnjlnkn produk kita sehingga mncpai target,,

    pokoknya inti dari pemasaran itu ya
    1 product
    2 promotion
    3 place
    4 price
    ** Mencapai Target**

    Comment by Andri Syaifudin | May 9, 2011 | Reply

  13. ass…
    salam kelas A’
    About’MARKETING memang lebih dari belajar memasarkan’ sebenarnya kita telah banyak mengetahui mengenai pemasaran’cuma akan berpengaruh terhdap bagaimna menciptkan dan membngun program relationships in the reach market.trmksih….

    Comment by abdur rauf | May 9, 2011 | Reply

  14. secara keseluruhan artikel yang diberikan bisa tersampaikan dengan baik kepada pembaca,saya sebagai pembaca ingin berpendapat bahwa ilmu pemasaran tidak cukup dengan hanya melihat fenomena lingkungan,tapi sebagian besar ilmu yang kita dapatkan berdasarkan proses pembelajaran yang disertai dengan penggalian informasi melalui buku,jika kita hanya cukup peka terhadap lingkungan,secara otomatis kita hanya mengandalkan keterampilan yang ada bukan menggembangkan keterampilan yang ada.trimakash,dan mohon maaf

    Comment by m.iqbal.khoiri | May 10, 2011 | Reply

  15. ass..
    secra ksluruhan bagus’ tpi sdkit mnambahkan bahwa kita harus membrikan pmkiran yang lbih untuk bisa pka trhadap lingkungan karena lingkngan bsa brubah stiap saat.trmksih

    Comment by vemby | May 10, 2011 | Reply

  16. bismilahhrohmanirohim…
    sebenarnya kita sudah banyak mengetahui tentang marketing
    tanpa tersadar smuanya sudah ada di skitar kita
    so’ mari kita melihat hasil dari pemasaran trhdap lingkungan dan dampakny trhdap global.thaks…

    Comment by rauf | May 10, 2011 | Reply

  17. secara keseluruhan wacana anda bisa tersampaikan dengan baik kepada pembaca,saya sebagai pembaca ingin berpendapat bahwa,kita tidak hanya dituntun untuk pintar membaca lingkungan,tapi yang lebih penting kita mendapatkan sebagian ilmu berdasarkan proses pembelajaran dan proses penggalian informasi melalui buku atau media lain
    jika kita tidak melakukan hal tersebut dan terburu buru untuk terjun ke lapangan maka yang terjadi adalah kita hanya bisa memanfaatkan keterampilan yang ada bukan menggembangkan keterampilan yang ada

    Comment by m.iqbal.khoiri | May 10, 2011 | Reply

  18. Menurut saya, belajar yang baik yaitu belajar sambil mengamati yang ada di sekitar. jadi kita tidak hanya belajar teori saja, jika kita mengamati di sekitar, kita juga bisa lebih mengerti ditambah dengan pemahaman teori. Saya setuju dengan artikel bapak. Contohnya belajar marketing, marketing ada di kehidupan sehari-hari kita, jadi lebih gampang dipelajari ditambah dengan teori.

    Comment by Nur Anggoro A | May 11, 2011 | Reply

  19. secara keseluruhan saya setuju dengan artikel yang di muat,tapi saya ingin menambahkan bahwa disamping kita harus peka terhadap lingkungan kita terlebih dahulu harus mendalami teori melalui proses pembelajaran,sehingga ketika sudah mendalami teorinya secara mendalam baru kita bisa terjun ke lapangan,

    Comment by nindia kirana | May 11, 2011 | Reply

  20. ass..
    Saya setuju tentang artikel ini karena ilmu di dapat bukan hanya dari buku tetapi juga dari pengalaman dan kejadiaan di lingkungan sekitar

    Comment by oktyadi indra | May 11, 2011 | Reply

  21. ass ..
    saya sangat setuju dengan artikel yang Bapak tulis, bahwa pembelajaran manajemen sangat penting terutama manajemen marketing. Disisi lain marketing sangat berpengaruh dalam kehidupan. Untuk mengerti dan memahami saja saya rasa belum cukup. Karena manajemen bukan untuk dimengerti namun untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
    Contoh kecil marketing, kehidupan akan selalu berhubungan dengan marketing

    Comment by ina fardiyahti | May 11, 2011 | Reply

  22. Assalamu’alaikum wr wb,
    Selamat pagi bapak,,
    Saya setuju dengan tulisan bapak, tetapi saya jg mempunyai pendapat,
    Menurut saya, manajemen pemasaran dapat di pelajari dari realita/prakteknya langsung/membayangkan kita sebagai pelaku marketing dengan begitu kita akan lebih tahu akan marketing tersebut&buku sebagai pengetahuan/tambahan kita dalam pengaplikasian/pengimplementasiannya. Dan buku terkadang terdapat ketidakpas.an antara teori&prakteknya. Dan jg belajar marketing tidak hanya pada buku/praktenya tetapi juga kepada orang yg berpengalaman,mengerti&cakap tentang marketing dan jg ilmu relationship.
    Demikian bapak komentar saya,maaf kalau ada kata2/tulisan yg salah.
    Wasalammu’alaikum wr wb,
    Selamat pagi bapak.

    Comment by gesiet brury y | May 12, 2011 | Reply

  23. bagi saya belajar marketing itu tidak selalu di temukan di buku, internet, ataupu sekolah.
    merketing merupakan pelajaran sehari-hari di kehidupan bermasyarakat walaupun kebanyakan orang tidak mengerti secara keseluruhan apa itu marketing.
    marketing bukanlah hal yg perlu dan harus di pelajari melainkan harus diresapi, dimengerti dan di terapkan dlm bermasyarakat.

    Comment by violeta pamungkas | May 16, 2011 | Reply

  24. benar sekali kalau manajemen pemasaran tidak hanya dipelajari dari buku saja , bisa juga dari lingkungan sekitar kita . seperti contohnya penjual sate keliling didekat rumah saya , dia tidak menjual satenya setiap hari . setiap rumah yang membeli satenya dia tidak melewati rumah itu hari berikutnya. supaya pembelinya tidak bosan dengan satenya. sampai sekarang satenya banyak pembelinya.

    Comment by Dimas Awang . R | May 17, 2011 | Reply

  25. benar menurut saya tanpa kita sadari sebelum kita belajar teori marketing sebelum nya kita telah belajar dari orang-orang sekitar kita tanpa tau dari buku,,maka dari itu kita dalam kelas marketing,kelas A harus memperdalam ilmu kita dan belajar bersama

    Comment by m.bobby isnu p | May 18, 2011 | Reply

  26. saya setuju dengan pendapat bapak, karna manajemen pemasaran butuh belajar dari lingkungan sekitar bukan hanya dari buku saja.

    Comment by Bagus prastyo R. | May 18, 2011 | Reply

  27. Belajar manajemen pemasaran memang tidak harus melalui buku saja. Melalui lingkungan disekitar kita pun juga bisa belajar manajemen pemasaran. Tetapi kita tidak boleh begitu saja mengabaikan teori-teori/materi-materi yg ada dalam buku. Karena dalam manajemen pemasaran kita harus mengetahui strategi-strategi bagaimana memasarkan suatu produk.

    Comment by Shindy Zemi Novanda R | May 25, 2011 | Reply

  28. Jika kita belajar manajemen melalui lingkungan di sekitar kita (praktek), kita akan mendapatkan pengalaman-pengalaman dalam menjalankan manajemen pemasaran. Sedangkan jika kita belajar manajemen pemasaran melalui materi/buku-buku manajemen pemasaran (teori) kita akan mendapatkan motivasi dan strategi-strategi dalam menjalankan manajemen pemasaran. Jadi jika kita ingin belajar manajemen pemasaraan, kita harus belajar melalui buku-buku/materi-materi yang kita dapat dalam kulia atau sekolah dan melalui lingkungan yang ada disekitar kita. belajar dengan cara itulah kita akan mendapatkan pengalaman dan motivasi untuk menjalankan manajemen pemasaran.

    Comment by Aditya Eka Darmawan | May 25, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: