Y u d i S u t a r s o

Kuliah Manajemen Pemasaran

Promosi dan Kepentingan Publik

Promosi bagi pemasar adalah kegiatan penting untuk meningkatkan kesadaran, ketertarikan, minat dan pembelian dari calon pembeli terhadap produk yang dijual. Saat ini, tidak hanya perusahaan yang mecari untung saja yang melakukan kegiatan promosi, namun organisasi non profitpun gencar melakukannya. Promosi bukan juga hanya monopoli perusahaan besar, namun usaha kecilpun juga melakukannya.

Sebagai aktivitas manajemen, pemasar juga perlu memperhatikan kinerja efektif dan efisien dari kegiatan promosinya. Sehingga, pemasar selalu memikirkan berapa dana yang akan dikeluarkan untuk kegiatan promosi, bagaimana mendapatkan manfaat sebesar-besarnya atau bagaimana meningkatkan hasil semaksimal mungkin. Atas prinsip ini, pemasar sering menggunakan media promosi yang semurah-murahnya bahkan kadang berfikir kalau perlu tidak membayar. Kalau ada yang tidak perlu bayar, mengapa memilih yang membayar. Tidak hanya perusahaan besar kadang berprinsip demikian namun usaha kecilpun juga ada yang berfikir demikian.

Kita perlu memikirkan bagaimana tren dan gejala promosi di lingkungan sekitar kita utamanya yang berada di ruang-ruang publik, sejauh mana pemasar telah memikirkan kinerja manajamen mereka namun pada saat yang sama memikirkan kepentingan publik. Akan bijaksana jika mereka melihat pemangku kepentingan, utamanya publik, dari bisnis mereka dan memperlakukan dalam proporsi yang adil, seperti halnya mereka melihat pelanggan mereka. Bukankah mereka, publik, sebenarnya adalah pelanggan jangka panjang mereka?

May 19, 2011 - Posted by | Manajemen Pemasaran

22 Comments »

  1. ass
    seperti gambar di atas mencontohkan ide kreatif dari seorang pemasar , tdk harus mengeluarkan biaya besar tapi jg mendapatkan keuntungan dari yg dipromosikan .
    Mungkin bagi masyarakat sangat berguna , tapi bagi pemerintah sangat merugikan , karena smakin banyak promosi tersebut semakin merusak keindahan lingkungan sekitar..
    Terimakasih

    Comment by m.ivan p putra | May 20, 2011 | Reply

  2. pada dasarnya memang semua perusahaan itu memerlukan promosi untuk mengenalkan produk mereka ke customer.semua perusahaan selalu berupaya melakukan kegiatan promosi dengan biaya serendah-rendahnya tetapi mampu menarik minat pelanggan yang cukup banyak. tetapi tidak seharusnya perusahaan melakukan promosi yang dapat merugikan lingkungan. dengan menempel brosur iklan di tiang listrik atau tempat umum akan menimbulkan pemandangan yang kurang enak dan dirasa kurang etis. seharusnya perusahaan menggunakan jasa perusahaan pengiklanan.

    Comment by wahyu indra | May 20, 2011 | Reply

  3. menurut saya…… bagi usaha kecil mungkin merupakan solusi yang dapat mereka gunakan untuk memasarka produk atau jasa mereka, dan juga dapat mengurangi biaya pengeluaran yang berlebihan, tapi kreatifitas mereka bisa diacubgi jempol meskipun mengganggu pemandangan dan keindahan kota………
    sekian…. ^_^

    Comment by yuniar putra W | May 23, 2011 | Reply

  4. Pemasar memang kebanyakan memilih alternatif yang seperti gambar,,,saya sangat setuju dengan pendapat gambar bila ada yang gag bayar ngapain bayar,…kita tahu bahwa iklan seperti itu membuat pencemaran aksesoris jalan. Sebaiknya perusahaan yang memiliki etika hendaknya memasarkan dengan cara ijin ke dinas BAKOMINFO setempat,,,Jangan menempelkan iklan di tiang” seperti gambar.

    Comment by Wangsa Dwiwirya | May 23, 2011 | Reply

  5. promosi perusahaan memang bisa dilakukan dengan berbagai cara,baik itu dengan modal yang besar maupun modal uang minim seperti tercontoh pada gambar diatas. hendaknya para perusahaan memikir ulang sebelum melakukan promosi pada konsumen karna kemungkinan yang ada justru promosi tersebut sangat mengganggu aspek keindahan lingkungan dan selain itu pula merugikan warga sekitar . yang ada hanyalah protes keras masyrakat yg didapat sedangkan untuk produk yg dipasarkan tdk ada respon balik

    Comment by karina anastasya | May 23, 2011 | Reply

  6. Ass.
    Kasus di atas merupakan contoh strategi promosi. Mereka menerapkan promosi dengan menempelkan iklan di jalanan dengan tujuan agar si pengendara melihat iklan yang dipasang.
    Promosi seperti itu sangat murah karena hanya bermodalkan kertas dan lem. Keuntungannya yaitu, selain murah promosi ini banyak dilihat oleh pengendara. Tetapi juga ada kerugiannya yaitu, merusak keindahan propeti negara.
    Mungkin hanya itu saja pendapat saya. Terimakasih

    Comment by Nur Anggoro Ardhianti | May 23, 2011 | Reply

  7. Memang Promosi dapat mendorong penjualan serta memberi kontribusi pada kinerja laba perusahaan,Promosi menunjukan adanya lalu lintas informasi dua arah meliputi informasi mengenai produk,dan segenap aspek informasi organisasi yang memerlukan pengelolaan dalam keberadaannya.Efektifitas pengelolaan promosi melibatkan organisasi komponen-komponen bauran,dan mengenai kepentingan publik adalah kebutuhan yang menyangkut orang banyak, lantas bagaimana hal-hal yang bertentangan merugikan kepentingan umum? mungkin layaknya diserahkan pada individu masing-masing!Trimksih…

    Comment by Abdur Rauf | May 24, 2011 | Reply

  8. Ass….
    Pemasangan iklan sebaiknya melihat dari segi usaha apa yang di tekuni dan di jalankan. Jika melihat dari sisi keuntungan mungkin, itu hanya menguntungkan si Pemilik Usaha dan tanpa melihat kerugian atau akibat yang ditimbulkan dari Pemasangan Iklan tersebut yang pasti lingkungan akan menjadi kotor. Lagipula Pemerintah juga tidak terlalu menghiraukan. Dan sebaiknya Pemasangan Iklan dilakukan dengan cara yang lebih tepat efisien. Misalnya dengan menggunakan jasa Flyering karena lebih terjangkau daripada menggunakan Periklanan di Media Komunikasi Lainnya.
    waalaikum salam….

    Comment by dewi kurnia sari | May 24, 2011 | Reply

  9. Dalam berstategi promosi. Baiknya para pemasar dapat lebih jeli dalam menentukan sebab dan akibat dari hasil promosinya, tidak hanya memikirkan kemudahan dan ke iritan dana yg d kluarkan untuk berpromosi tetapi juga bisa melihat dampak ± yg dibuatnya.
    Dengan promosi yg sudah dirancang sedemikian rupa, menjadikan plublik dapat melihat, menilai, mempercayai kinerja pemilik usaha untuk dapat mendatangkan konsumen sekaligus pelanggan.

    Comment by gita nalurita | May 25, 2011 | Reply

  10. mepromosikan usaha juga tidak hanya sekedar bisa mengenalkan apa uasaha atau produk yang kita miliki, akan tetapi dengan promosi kita juga harus bisa menempatkan posisi dimana kita(usaha) berada. karena menurut saya jika promosi direncanakan dan dilaksanakan dengan baik maka akan bisa menghasilkan pengaruh yang baik juga dan bisa bersifat jangka panjang.

    Comment by isnaini | May 25, 2011 | Reply

  11. promosi sangat penting bagi dunia usaha agar bisa mengenalkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Apa lagi bagi usaha kecil, mungkin karena biaya atau modal yang mereka miliki terbatas, serta ruang hidup usaha yang belum menentu maka mereka akan berusaha me-manage keuangan mereka agar tetap bisa mendapatkan untung, salah satunya seperti contoh tersebut yaitu melakukan promosi dengan menempelkan brosur atau iklan mereka pada fasilitas umum, dimana mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan promosi tersebut.

    Comment by Sefrinda Ayu R. | May 25, 2011 | Reply

  12. Jika kita melakukan promosi seperti pada gambar tersebut pasti akan berdampak negatif bagi usaha promosi kita, karena masyarakat pasti menghubungkan kualitas produk dengan cara penyampaian promosi. Tindakan ini dapat berdampak buruk bagi kelangsungan usaha karena pelanggan akan menilai kualitas produk kita yang juga rendah

    Comment by R.Ricky Bagus Saputra | May 25, 2011 | Reply

  13. mungkin contoh di atas adalah contoh dari usaha yang di lakukan masyarakat kecil yang kurang mampu untuk membayar iklan maka mereka mempromosikan usaha mereka dengan cara menempelkan iklan iklan yang mereka buat sendiri ke dinding dinding tapi mereka tidak sadar hal yang mereka lakukan itu merugikan banyak pihak

    Comment by oktyadi indra | May 25, 2011 | Reply

  14. menurut saya promosi adalah bentuk cara langsung produsen dalam memasarkan produknya,memang jika kita salah dalam mengambil keputusan promosi pasti akan berdampak sistemik buat perusahaan,tapi di samping itu juga kita harus terlebih dahulu mementingkan peraturan atau etika dalam mempromosikan barang,percuma jika perusahaan memiliki strategi promosi yang tepat dan bisa menekan biaya sekecil mungkin,tapi perusahaan tersebut telah mendapatkan nama yang buruk di depan masyarakat.
    terimaksh

    Comment by nindia kirana | May 25, 2011 | Reply

  15. menurut saya salah jika perusahaan mengambil keputusan promosi tanpa mempertimbangkan apa dampak dari dari keputusan tersebut,seharusnya perusahaan harus lebih peka terhadap lingkungan,jangan hanya berusaha menekan biya,tapi juga bagaimana perusahaan mengambil keputusan tanpa merugikan linkungan maupun masyarakat.

    Comment by Andri Syaifudin | May 25, 2011 | Reply

  16. menurut saya konsep yang ada di atas merupakan bentuk penggembangan dari strategi promosi tetapi konsep penggembangan yang tidak berdasarkan tanggung jawab sosial,dalam mejalankan proses promosi perusahaan harus memikirkan tahao-tahap ya,jangan hanya fokus terhadap penekanan biaya.
    di tambah lagi perusahaan hrus mampu mengidentifikasi apa manfaat dan dampak dari keputusan promosi.baik itu dilihat dari secara intern perusahaan maupun secara sosial

    Comment by m.iqbal.khoiri | May 26, 2011 | Reply

  17. promosi yg baik akan memunculkan ketertarikan pada masyarakat informasi yg jelas. Saya setuju dgn opini ini krn promosi cukup berpengaruh saat ini untuk strategi pemasaran.

    Comment by Bagus Prastyo . R . | May 26, 2011 | Reply

  18. berbagai jenis promosi merupakan hal penting dalam memasarkan produk dan jasa.
    Meskipun mulai dari promosi kecil-kecilan hingga promosi yang mempunyai budget besar yang pasti tujuan utama agar masyarakat tertarik dan mengerti spesifikasi produk. Promosi yang efektif dan jelas itu adalah unsur penting untuk masyarakat.

    Comment by Bagus Prastyo . R . | May 26, 2011 | Reply

  19. suatu perdagangan adalah suatu hubungan timbal balik dua arah antara penjual dan pembeli. sedangkn promosi adlah suatu hubungan sebab-akibat yang akan perpengaruh pada profit dan loyalitas publik. jadi tinggal bagaimana cara kita untuk mempromosikan dengan baik dengan mempertimbangkan segala sesuatunya dengan efektif n efisien agar publik bisa mengenal produk kita n loyal terhadap produk kita. oleh karena itu tidak akan pernah ada yang namanya perdagangan itu satu arah. yang namanya penjual itu butuh pelanggan dan yang namanya konsumen itu butuh penjual.

    Comment by yulia narida | May 26, 2011 | Reply

  20. dengan hal yang seperti kasus seperti ini dan di gambar yang ada di atas saya kurang setuju kenapa????

    promosi diruang publik atau di fasilitas umum dengan menempelkan brosur dll itu tidak mempunya estetika dalam mepromosikanya jikalau tidak tertatanya penempatan poster pamflet dan lain2… karen hal tersebut merusak tatanan kota dan keindahan kota.. tetapi faktanya beberapa pemerintah kota dan perusahan yang bersangkuta terkadang acuh tak acuh mengnai hal ini , tidak memunyai kesadaran moral yang melanggar estetika tata kota atau lingkungan..,

    ada baiknya promosi publik mencontoh profider sepeti xl,telkomsel dan indonsat,dan iklan rokok dll. mereka melihat rumah yang kumuh dan dekat dengan aktivitas masyarakat mereka mengambil ppeluang dari hal tersebut.. dimana mereka membayar kepada pemilik rumah dan mngecat rumah mereka dengan gambar product merek.. hal tersebut yang membuat saya setuju saya biliang hal tersebut seperti simbiosis mutualiseme, bagi prusahan untung,bagi pemilik rumah untung mendapatkan uang, dan dampak bagi lingkunggan menjadi tidak tampak kumuh lagi dengan hal tersebut……

    SUNDUL GAN !!!

    Comment by bhara setiawan (316) | May 26, 2011 | Reply

  21. memang benar pemasar sekarang banyak menggunakan cara promosi dengan gratis , seperti gambar diatas. mungkin karena tidak punya biaya untuk mengiklankan produk atau jasanya .

    menurut saya sebaiknya pemasar seperti itu diminimalisir dan diperbanyak menggunakan sistem promosi yang lebih bertanggung jawab .

    Comment by Dimas Awang R | May 26, 2011 | Reply

  22. melakukan kegiatan promosi memang sah-sah saja, namun dewasa ini bisa dibilang promosi besar-besaran yang dilakukan oleh perusahaan semakin tidak memperhatikan lingkungan sekitar. banyak sekali masyarakat yang mengeluhkan tentang keadaan tersebut, menurut saya hal yang saya tangkap dalam situasi ini adalah menurut pengalaman saya malah promosi besar – besaran dan tidak tertata seperti itu malah akan menimbulkan citra yang kurang baik bagi perusahaan di mata masyarakat.disini jelas sekali peran pemerintah untuk mentertibkan dan meminimalisir keadaan tersebut agar nantinya tidak merusak keindahan tata kota. dan tentunya kesadaran perusahaan untuk memahami kenyamanan masyarakat dan keindahan lingkungan sekitar.

    Comment by arry anggriawan susanto 2008210160 | May 27, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: