Y u d i S u t a r s o

Kuliah Manajemen Pemasaran

Fenomena Harga Tiket Air Asia

Dunia penerbangan berkembang secara pesat tidak saja di Indonesia, namun juga di Asia dan Dunia. Maskapai penerbangan, sebagai provider jasa penerbangan juga mengalami peningkatan kapasitas. KLM, Singapore Airlines, Malaysia Airlines, Cathay Pacific dan sebagainya adalah contoh maskapai penerbangan yang telah mapan malayani pelanggan terbang ke berbagai tempat disunia.

Penawaran Air Asia

Bagi penumpang wilayah Asia, munculnya Air Asia, cukup memberikan alternatif menarik oleh karena berbeda penawarannya dibanding dengan maskapai penerbangan sebelumnya. Dengan taglinenya “now everyone can fly” , Air Asia menawarkan harga yang cukup murah, dimana harga rata-rata dibawah maskapai lain, dan jika beruntung pelanggan dapat mendapatkan harga yang sangat murah. Bagaimana rute Surabaya-Kuala Lumpur dapat dengan harga tiket Rp.80.000,-.

Kita bisa angkat topi bukan saja dengan bagaimana Air Aisa bisa melakukan penerapan harga murah, namun bagaimana kreatifitas penerapan harga dilakukan. Bagaimana strategi harga produk mix mereka, seperti selain manetapkan dengan produk line pricing, juga ada optional product pricing, captive product pricing dan product bundle pricing. Hal yang tidak pernah dilakukan di maskapai penerbangan mapan. Bagaimana Air asia juga menggunakan strategi penyesuaian harga melalui diskon (discount pricing), psychological pricing, maupun promotional pricing dan dynamic pricing.

Yang jelas, oleh karena berbagai strategi harga tersebut penumpang diuntungkan dan tentu perusahaan demikian juga. Ternyata menjual produk penerbangan bisa memanfaatkan kreatifitas harga sebagai faktor kesuksesan. Bagaimana pendapat anda?

May 19, 2011 - Posted by | MPL

33 Comments »

  1. Cukup menarik, karena ketika penumpang ingin memperoleh harga tiket yang murah penumpang harus berusaha dan pandai memasrtikan bahwa harga yang dipili itu yang paling murah, karena sesuatu yang murah itu tidak dapat di capai seperti membalikan tangan..dan perusahaan pun diuntungkan karena dengan penumpang yang berusahaa memperoleh harga termurah perusahaan dapat menerapkan dan merubah harga sampai penumpang menganggap harga itu paling murah,,

    Comment by oktafiana | May 20, 2011 | Reply

  2. saya sangat setuju dengan pernyataan bahwa menjual produk penerbangan bisa memanfaatkan kreatifitas harga sebagai faktor kesuksesan. menurut saya, selama kita tahu betul mengenai berbagai strategi penetapan harga, kita akan bisa menciptakan cara-cara yang unik untuk menciptakan strategi penetapan harga yang baik sehingga mampu mendatangkan banyak pelanggan dan kesuksesan

    Comment by Bayu Candra Perwira | May 20, 2011 | Reply

  3. saya setuju dengan pernyataan bahwa menjual produk penerbangan bisa memanfaatkan kreatifitas harga sebagai faktor kesuksesan. menurut saya, selama kita paham dengan baik mengenai strategi penetapan harga, dengan sedikit dikombinasikan dengan ide yang brilian, maka kita pasti akan dapat menciptakan strategi” baru dalam menetapkan harga produk yang mampu menarik banyak pelanggan dan mendatangkan kesuksesan.

    Comment by Bayu Candra Perwira | May 20, 2011 | Reply

  4. Strategi penetapan harga tiketnya yang murah sehingga mampu menutupi segala kekurangannya didalam pelayanan dan fasilitasnya yang lain. Bahkan, hingga kini, Air Asia tetap konsisten pada usahanya menetapkan strategi penetapan harganya. So’ siapapun sekarang bisa terbang dengan air asia.

    Comment by yasir( 2007210256) | May 20, 2011 | Reply

  5. tapi tdk juga…jadi banyak yg mengestimasikan suatu prduk denga harga yang murah akan mencerminkan citra produyk itu sendiri..sering terjadi kesalahan pada beberapa maskapai dengna harga yang murah,,jadi kebanyakan org tdk percaya dan cenderung ragu2jika ingin menggunakan jasa penerbangan tersebut…
    hemm bnr ga??
    :))

    Comment by rizky virgonia 2009210264 | May 23, 2011 | Reply

  6. menurut saya, air asia menjawab keluhan para penumpang yang selama ini ingin pergi ke luar negeri tanpa harus mengeluarkan biaya banyak,apa lagi air asia merupakan maskapai penerbangan yang cukup bagus kualitas dan pelayanannya…….

    Comment by yuniar putra W | May 23, 2011 | Reply

  7. jika seseorang ingin membeli suatu produk mungkin hal pertama yg dipertimbangkan adalah harga. kemudian yg kedua kualitas. begitupun jika seseorang ingin memakai jasa dari sesorang / contonhya maskapai penerbangan yg dilihat pertama adalah harga dan kualitas .. tidak semua produk atau layanan jasa yg murah kualitasnya tidak bagus. contohnya seperti Air Asia tersebut. walaupun murah tetapi, kualitas tidak murahan.

    Comment by M.Fauzi.R | May 23, 2011 | Reply

  8. semua itu kembali lagi ke air asia mereka harus bisa meyakinkan masyarakat apakah layanan dan fasilitas serta harga yang murah yang mereka berikan cukup baik dimata masyarakat dengan bukti bukan hanya kata-kata yang membuat masyarakat tergoda dan ternyata hasilnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan,,,:)

    Comment by Angga Saputra | May 25, 2011 | Reply

  9. dalam jasa memang harga memerankan harga , dimana motto air asia adalah agar semua orang bisa terbang .. namun disini rekomendasi saya untuk air asia belajar lah dari maskapai – maskapai yang lain yang mengalami kebangkrutan karena banting harga .. seperti adam air , mandala, dll .. dan juga jgn dgn harga yang murah tp kemudian mengkesampingkan keselamatan penumpang .. krn dr bidang jasa tidak hanya harga yg berpengaruh besar tp juga service yang diberikannya🙂

    Comment by rheza nada pratama | May 25, 2011 | Reply

  10. saya setuju dengan pernyataan yang mengatakan bahwa menjual produk penerbangan bisa memanfaatkan kreatifitas harga sebagai faktor kesuksesan. tetapi menurut saya perusahaan juga harus berhati2 dengan strategi penetapan harga tersebut karena biasanya konsumen menganggap bahwa harga murah cenderung kualitas kurang baik, sehingga konsumen akan berpikir 2 kali untuk menggunakan jasa penerbangan air asia.

    Comment by Maretia Mega T. | May 25, 2011 | Reply

  11. saya setuju dengan pernyataan yang mengatakan bahwa menjual produk penerbangan bisa memanfaatkan kreatifitas harga sebagai faktor kesuksesan. tetapi menurut saya perusahaan juga harus berhati2 dengan strategi penetapan harga tersebut karena biasanya konsumen menganggap bahwa harga murah cenderung kualitas kurang baik, sehingga para calon penumpang akan berpikir 2 kali untuk menggunakan jasa penerbangan air asia.

    Comment by Maretia Mega T. | May 25, 2011 | Reply

  12. pasti semua orang melihat harga air asia memang luar biasa murah meriah. dengan moto ingin menerbangkan semua orang itu terbukti karena dari segi kualitas terjamin dengan keselamatan penumpang juga baik. pasti orang2 melihat air asia adalah jenis pesawat international termurah daripada yang lain..

    Comment by adhitya briantama 2009210359 | May 25, 2011 | Reply

  13. tidak dapat dipungkiri bahwa pada masa sekarang kita para konsumen, lebih mengutamakan faktor harga murah untuk menggunakan suatu jasa. dan untuk dunia penerbangan Air Asia adalah juaranya.
    asalkan Air Asia mampu membuktikan kapasitasnya sebagai “penyedia jasa penerbangan MURAH tetapi tidak MURAHAN” tentu konsumen akan tetap menggunakan jasa mereka.

    Comment by zakiy pranandya | May 25, 2011 | Reply

  14. menuut saya,itu merupakan sungguh revolusi terbaru dalam dunia jasa penerbangan.dimana, mebekan haega yang sangat murah sehingga memberkan peluang kepada semua kalangan untuk memaka jaa penerbangan yang dimana memiliki kesan yang mahal dan hanya unuk kalngan tertentu saja.namun air asia harus juga lah memberikan kenyaman yang sama penuh terhadap kenyamanan, keamanan, maupun keselamatan penumpang meskipun memberkan harga yang murah.thanks

    Comment by ahmad her p(2009210238) | May 25, 2011 | Reply

  15. menuut saya,itu merupakan sungguh revolusi terbaru dalam dunia jasa penerbangan.dimana, mebekan haega yang sangat murah sehingga memberkan peluang kepada semua kalangan untuk memaka jaa penerbangan yang dimana memiliki kesan yang mahal dan hanya unuk kalngan tertentu saja.namun air asia harus juga lah memberikan kenyaman yang sama penuh terhadap kenyamanan, keamanan, maupun keselamatan penumpang meskipun memberkan harga yang murah.thanks …

    Comment by ahmad heru p(2009210238) | May 25, 2011 | Reply

  16. menurut saya munculnya Air Asia, cukup memberikan alternatif menarik oleh karena berbeda penawarannya dibanding dengan maskapai penerbangan sebelumnya. Tetapi banyak yang beranggapan harga murah keselamatan kurang jadi konsumen akan berpikir kembali jika akan menggunakan jasa tersebut.

    Comment by Avifah Nur Kurniawati | May 25, 2011 | Reply

  17. menurut saya itu adalah salah satu strategi pemasaran air asia untuk menarik pelanggan menguasai pasar agar menggunakan maskapainya,air asia pun tidak selalu memberikan harga yang murah,itu hanya pada waktu tertentu saja bahkan kita kadang harus begadang untuk mendapatkan tiket yang murah dengan kualitas yang baik.dan saya kagum dengan air asia meskipun kita dapat harga murah tapi air asia tidak membedakan fasilatasnya,air asia terus mengedepankan kenyamanan pelanggannya

    Comment by isnaini | May 25, 2011 | Reply

  18. setuju, namun menurut saya strategi ini harus perlu adanya pertimbangan hukum dan etika dalam penetapan harga. pemasar tidak sepantasnya melakukan klaim bahwa harga yang ditawarkan di bawah harga pesaing kecuali hal tersebut terbukti benar. kebanyakan dalam penjualan tiket maskapai penerbangan sangat sering terjadi perubahan harga. ujung-ujungnya konsumenlah yang merasa dirugikan.

    Comment by Dian Aditya Putra | May 25, 2011 | Reply

  19. air asia menerapkan strategi penetapan harga dengan bervariasi sehingga mampu memanfaatkan kreatifitas harga sebagai faktor kesuksesan. tapi pada umumnya konsumen mempunyai mindset bahwa produk yang murah akan memberikan kualitas yang “murah” juga. oleh karena itu, dengan keberanian air asia yang memberikan harga murah, air asia harus mampu meyakinkan konsumen bahwa air asia memberikan kualitas pelayanan yang memuaskan dan selalu memberikan kualitas pelayanan yang memuaskan kepada konsumen yang menggunakannya.

    Comment by Riko F. Adixio (2009210655) | May 25, 2011 | Reply

  20. Saya setuju dengan pernyataan bahwa menjual produk penerbangan juga bisa memanfaatkan kreatifitas harga sebagai faktor kesuksesan. Karena, apa pun produknya jika menggunakan analisis strategi penyesuaian harga yang disesuaikan dengan jenis produk yang kita pasarkan dan kondisi permintaan dari target pasar pasti akan berdampak positif bagi usaha tersebut. Contohnya, Air Asia yang telah yang dapat menghasilkan penyesuaian harga yang menguntungkan, tidak hanya bagi perusahaan namun juga bagi masyarakat.

    Comment by R.Ricky Bagus Saputra | May 25, 2011 | Reply

  21. mungkin strategi penetapan harga yang dilakukan oleh maskapai penerbangan tersebut cukup efektik untuk bisa menarik pelanggan, namun disini perusahaan tersebut juga harus bisa memikirkan strategi pemasaran yang lain agar benar-benar bisa meyakinkan para pelanggannya bahwa layanan jasa yang mereka tawarkan cukup menguntungkan, karena secara umum masyarakat cenderung berpikir bahwa harga murah memiliki kualitas yang meragukan.

    Comment by Sefrinda Ayu R. | May 25, 2011 | Reply

  22. Menurut saya air asia memberikan harga yang murah untuk bersaing dengan pesaingnnya yang dimana para pesaingnnya yang lama telah berdiri dan dapat banyak kepercaayan dari konsumen..
    Disini air asia menggunakan kreatifitas harga untuk mengakali atau mendongkrak penjualan tampa menurunkan pelayanan pada konsumen..
    Disini air aisia juga memberikan harga murah juga tidak semudah mendandapat kan tiket untuk kebrangkatan diwaktu dekat pemesanan tetapi kita harus memesan jauh-jauh hari..
    Yah namanya juga harga murah untuk sebuah jasa transportsi yang berpergian jauh,so untuk mendapatkannya butuh sedikit usaha untuk mendapatkannya..
    Untuk kekurangan jasa layanan yang diberikan air asia saya memaklumi karna disini air asia bermain dengan harga dan saya yakin untuk kedepannya akan ada pembenahan untuk layanannya???

    Comment by Andy (2006210177) | May 26, 2011 | Reply

  23. dengan bervariasinya harga yang ditawarkan oleh air asia merupakan strategi untuk menarik konsumen agar mau menggunakan jasa yang mereka tawarkan dengan cara menekan harga sampai seminimal mungkin. tapi jasa ditawarkan juga harus mempunyai kualitas yang baik dan memberikan layanan yang memuaskan para konsumen agar mampu bersaing dengan jasa penerbangan yang lain dan itu menjadi prioritas utama air asia.

    Comment by ricky ega pradana (2009210660) | May 26, 2011 | Reply

  24. di saat ini banyak jasa penerbangan yang sedang bermunculan,oleh sebab itu persaingan harga saat ini sangat ketat di karenakan semua jasa penerbangan tidak ingin kehilangan para konsumennya,seperti juga air asia, dengan startegi bermain harga yang murah,dan juga tidak membuat air asia merugi,air asia juga ingin membuat para konsumennya juga tersenyum lebar dengan pelayananan yang diberikan air asia

    Comment by edy susanto | May 26, 2011 | Reply

  25. dengan harga penawaran pembelian jasa tiket murah, yang mungkin sedikit berbeda dengan competitor lain seperti city link,sriwijaya ,lion air dengan perbandingan harga yang sngat bersaing menjadi air asia menjadi pioner dalam paket promo… TETAPI….

    konsument sekarang tidak bodoh dengan penawaran2 seperti itu, konsumen sekarang bisa menilai menganai practicious,qualitas,harga. memilih karena konsument dapat belajar mengenai sudut pandang product yang di tawarkan skarang …mereka membeli tiket pun memikirkan ada yang membeli karena harga… qualitas, ada pub karena gengsi…..

    Comment by bhara setiawan (316) | May 26, 2011 | Reply

  26. saya setuju dengan air asia. memudahkan siapa saja untuk pergi ke luar daerah maupun luar negri.

    Comment by tonni setiawan (2009210431) | May 26, 2011 | Reply

  27. menurut saya, Air Asia mengeluarkan harga murah bertujuan agar para konsumenya memilih produknya, tapi dengan harga murah tersebut para konsumen tidak akan mendapatkan pelayanan sebaik provider jasa penerbangan lainya.

    Comment by Abdul Rochim | May 26, 2011 | Reply

  28. Menurut Pendapat saya AIR ASIA untuk menarik pelangan dengan cara Memberikan harga yang murah di bandingkan penerbangan yang lainya.Bagi penumpang wilayah Asia, munculnya Air Asia, cukup memberikan alternatif menarik oleh karena berbeda penawarannya dibanding dengan maskapai penerbangan sebelumnya. Dengan taglinenya “now everyone can fly” , Air Asia menawarkan harga yang cukup murah

    Comment by Eka Agus Adriyanto | May 26, 2011 | Reply

  29. menurut pendapat saya, strategi harga air asia sangat bagus karena kreatif dalam menentukan harga dengan meniadakan atau mnyederhanakan biaya yang tidak relevan dan harganya terjangkau pada konsumen

    Comment by Ainul Yaqin 2009210602 | May 26, 2011 | Reply

  30. menurut saya cukup setuju dan menarik , karena para penumpang ingin sekali mendapatkan harga tiket yang sangat murah dan nyaman

    Comment by andi muhammad zakaria ridjal | May 26, 2011 | Reply

  31. saya setuju dengan kreatifitas harga adalah salah satu faktor kesuksesan suatu perusahaan. karena hal itu bisa mempengaruhi konsumen untuk membeli produk -produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. jadi saya sangat setuju oleh AIR ASIA.

    Comment by jaya wahyudi 2009210151 | May 26, 2011 | Reply

  32. menjual produk penerbangan bisa memanfaatkan kreatifitas harga sebagai faktor kesuksesan. saya setuju dengan pendapat tersebut, karna dengan kita mengetahui strategi penetapan harga kita bisa bebas menciptakan ide2 yang bisa menguntungkan perusahaan. contohnya saja jasa penerbangan air asia ini di samping harganya murah, fasilitas serta kenyamanan and keselamatannaya juga tak kalah dengan jasa penerbangan lainnya .

    Comment by Nur Isnaini | May 27, 2011 | Reply

  33. ini merupakan kebijakan yang menurut sebagian besar masyarakat sebagai kebijakan yang sangat berani, tetapi yang perlu diingat kebijakan dari air asia ini bisa jadi belum tentu bisa dilakukan oleh pesaingnya. dengan adanya kebijakan ini tentunya menjadikan maskapai penerbangan air asia sebagai salah satu maskapai penerbangan yang mampu menguasai pangsa pasar dunia khususnya di kawasan asia tenggara. namun yang perlu diingat oleh konsumen adalah sebelum memanfaatkan promo – promo yang diberikan oleh air asia kita juga harus memperhatikan ketentuan – ketentuan yang berlaku untuk promo-promo tersebut dengan seksama, karena banyak juga konsumen yang komplain dengan kebijakan promo tersebut karena mereka berpendapat promo tersebut tidak sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan,salah satu contoh yang dikeluhkan adalah tingkat fluktuasi harga tiket air asia yang cepat.

    terlepas dari semua itu untuk saat ini bisa dibilang Air Asia benar – benar fenomena dalam bisnis maskapai penerbangan di dunia.
    “NOW EVERYONE CAN FLY”

    Comment by arry anggriawan susanto 2008210160 | May 27, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: