Y u d i S u t a r s o

Kuliah Manajemen Pemasaran

MP: Manajemen Pemasaran Kelas F 2008/2009

 

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan secara komprehensif berbagai konsep dasar dalam manajemen pemasaran serta bisa mengkaitkan dengan contoh-contoh konkrit dalam praktek manajemen pemasaran. Peserta mata kuliah ini diharapkan untuk mengikuti perkuliahan baik secara offline dan on-line malalu blog ini. Keaktivan dalam mengikuti perkuliahan termasuk dalam mendiskusikan berbagai permasalahan yang diangkat dalam blog ini akan menjadi penting bagi pemahaman materi. Blog ini sebagaimana telah dilakukan sebelumnya adalah sebagai pendukung dalam perkuliahan offline dikelas. 

Dengan senang hati perkuliahan  mata kuliah ini menggudang para pencinta manajemen pemasaran untuk berdiskusi dan sharing pengalaman dalam menjalankan pemasaran baik dari mahasiswa, akademisi, praktisi ataupun siapa saja.

Untuk peserta aktif berikut disampaikan beberapa ketentuan perkuliahan berikut.

200808-mp-kontrak-pembelajaran-gasal-08-092

September 3, 2008 - Posted by | Manajemen Pemasaran |

43 Comments »

  1. assalamualaikum,WR.WB

    saya satria pak.senang juga pak jika sekang kita bisa menambah wawasan dengan perkuliahan offline ini.karena dengan ini memang benar kita bisa bertukar pikiran dan mengembangakan wawasan tanpa takut adanya batasan waktu. namun seperti kita ketahui pak. kita hanya punya limited waktu untuk membuka web blog. mungkin saya seminggu browsing di internet bisa lebih dari 4X dengan rata2 waktu >4. namun yang saya pikirkan adalah bagaimana dengan mahasiswa yang kurang antusias dengan webblog? mungkin kita sendiri tau..friendster memang sangat populer sekali di kalangan mahasiswa kita. namun coba bapak akses webblog masing2 ormawa kita. maaf sebelumnya pak. saya berada di BEM sekarang dengan posisi humas internal.kebetulan job desk saya juga da yang maintening web.saya perhatikan begitu sepi webblog masing2 ormawa.tapi sangat ramai friendsternya. mungkin dari kita masih kurang paham akan manfaat webblog.hingga saya juga berpikir pak, bangaimana respon mahasiswa jika BEM ingin membuat website..apakan akan sepi juga? jika melihat respon terhadap webblog mreka sendiri2. kembali ke permasalahan utama. bagaimana caranya/pemasarannya membuat mahasiswa STIE Perbanas lebih familier dengan webblog? dan bagaimana dengan mahasiswa yang jarang menggunakan internet untuk mengikuti perkuliahan offline ini? andaikata mereka berbondong-bondong membuat webblog dan rajin membuka forum diskusi pada webblog ini, apakah ini semata2 hanya ingin pengejaran nilai? dan bagaimana kelanjutannya?

    jika ada masukkan.gunakan internet gratis dan WiFi di kampus kita, seberapa banyak mahasiswa kita yg mempunyai laptop? dan seberapa banyak daya tampung ruang internet gratis bagi mahasiswa kita..?

    memang benar.semuanya tergantung dengan bagaimana keinginan untuk maju kita.. solusi saya mungkinkah jika kita membuat kelas yang lebih condong ke arah teknologi informasi.tidak hanya cukup aplikom dan SA, namun lebih mendalami tentang desain web,softwere kecil, dll. yang mungkin bisa diadakan dalam mata kuliah peminatan.dan itu tidak bertentangan dengan ilmu manajemen dan akutansi. karena keahlian tersebut juga di perlukan dalam dunia pemasaran. saya berharap semoga kuliah gratis seperti kuliah smart kewirausahaan juga bisa di terapkan dalam kuliah gratis pemasaran melalui webblog dan website…ini akan sangat luar biasa.

    mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan.mohon maaf pak jika ada salah kata,kritik dan saran..karena saya juga masih belajar dalam mencari ilmu ini…

    sekian,wassalammualaikum WR.WB

    Comment by satria | September 4, 2008 | Reply

  2. Assalammualaikum Wr. Wb.

    Saya Evi, Pak. Saya merasa sangat tertarik dengan metode pembelajaran yang bapak gunakan dalam menyampaikan materi perkuliahan manajemen pemasaran. Semula saya mengira metode pembelajaran di mata kuliah manajemen pemasaran sama seperti di pengantar bisnis atau pengantar manajemen yang telah saya ambil sebelumnya. Tapi, ternyata metode pembelajaran di mata kuliah manajemen pemasaran lebih menarik. Karena perkuliahan tidak hanya dilakukan dengan presentasi di kelas tapi, juga dengan perkuliahan secara online. Seperti kita tahu, dalam era globalisasi saat ini perkuliahan secara online akan sangat membantu para mahasiswa untuk mengembangkan kemampuannya sehingga dapat bersaing di dunia kerja nantinya. Perkuliahan online ini juga membantu para mahasiswa untuk mempraktekkan teori yang telah mereka dapat di perkuliahan offline dengan cara menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan pemasaran yang diangkat dalam blog ini. Selain itu, dengan adanya perkuliahan offline ini mahasiswa yang semula tidak suka berhubungan dengan internet akan termotivasi untuk sering menggunakan internet, minimal 1x seminggu.

    Sejak dulu saya sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan pemasaran, karena menurut saya pemasaran itu bukan hanya “ilmu” melainkan juga “seni”. Dalam menentukan suatu strategi pemasaran, kita tidak hanya membuat perencanaan yang terformulasi secara cermat tapi juga harus menggunakan dan menggambarkan kreativitas dan kegairahan dalam memasarkan suatu barang. Oleh karena itu, saya harap bapak bisa membantu kami para mahasiswa untuk meningkatkan pemahaman kami tentang pemasaran dan kemampuan untuk mengambil keputusan pemasaran yang tepat dengan terus mengembangkan perkuliahan online ini.

    Sekian, Terima Kasih!

    Comment by Evi Emilia W. | September 7, 2008 | Reply

  3. Pak,menurut saya metode pembelajaran bapak sangat menarik dan berbeda dari pada mata kuliah lainnya. Saya rasa metode seperti ini membantu mahasiswa dan dosen dalam berkomunikasi. Mungkin jika metode seperti ini diberlakukan bagi mata kuliah-mata kuliah yang lain, proses belajar akan menjadi lebih efektif dan efisien pak..
    Pasti sangat menyenangkan kuliah manajemen pemasaran nantinya. Saya juga sempat kaget saat membaca sanski-sanksi yang ada di kontrak pembelajaran. Menurut saya, matakuliah ini benar-benar ‘BEDA BANGGETTTTTS’
    O y pak, berbicara mengenai blog bapak ini, jika artikel-artikel yang ada diganti tiap 2 minggu mungkin bisa lebih menarik lagi lho…
    Tapi gini aj ud bagus pak..
    Artikel dan gambar-gambar yang ada lucu-lucu.

    Comment by Laurensia T | September 8, 2008 | Reply

  4. Ass,,

    saya frieda mahasiswa MK manajemen pemasaran kelas F…
    menurut saya metode perkuliahan bapak asyik juga,,,
    apalagi dengan cara on-line seperti ini,,asyik juga pak…krn dengan ini mahasiswa bapak dapat tahu apa sih internet (bagi yang ga tahu..hehehe)
    dulu saya berfikir u/ mata kuliah ini membosankan, krn saya berfikir qta tiap minggu hanya dapat presentasi saja seperti MK pengantar bisnis atau pengantar manajemen,,tp ternyata saya salah..asyik juga bisa sharing ma bapak juga lewat comment…
    oh ya pak,,,blog bapak ini jika di tambah artikel-artikel humor, pasti lebih seru..

    sekian pak, terima kasih…

    Comment by frieda ayu dianita a. (2007310564) | September 8, 2008 | Reply

  5. Ass….
    saya Rina nur. f pak, mahasiswa kelas manajemen pemasaran (F)
    pak,,, saya antusias sekali dengan metode pembelajaran yang bapak terapkan, karena dimana metode pembelajaran yang bapak terapkan saat ini, lebih banyak menuntut masiswa untuk lebih aktif, dan tidak lagi menggantungkan pada dosen ataupun hanya padaacuan buku saja, denga metode seperti ini mahasiswa dituntut untuk mempunyai basic pengetahuan manajemen pemasaran yang luas, dan bukan hanya itu kita sebagai mahasiswa tidak ketinggalan dengan metode pembelajaran di luar negeri. terimakasi pak…..
    sukses selalu buat pak Yudi
    semangat!!!!!!!!!

    Comment by Rina nur fadilah | September 9, 2008 | Reply

  6. Selamat siang pak Yudi,,
    Menurut saya metode pengajaran mata kuliah ini (Marketing Management) paling menarik dibanding dengan metode pengajaran yang lain. Karena metode pengajaran yang diberikan sangat berbeda. Pemberian ilustrasi contoh yang erat kaitannya dengan realita sangat membantu kami dalam memahami dasar-dasar marketing yang diajarkan. Dengan adanya pemrograman online yang memang diharuskan oleh dosen, ini membuat kita sebagai mahasiswa lebih mengerti dan dapat memanfaatkan teknologi mutakhir yang ada. Sehingga saya merasa sistem online merupakan salah satu metode pengajaran setelah dosen. Dengan adanya fasilitas yang memadai dari kampus, kita bisa mencari pengetahuan yang lebih banyak, daripada harus menunggu dosen untuk menerangkannya saat perkuliahan. Tapi keberadaan dosen juga masih dibutuhkan untuk membimbing para mahasiswanya.

    Terima Kasih..

    Comment by Kartika Triana Putri (2007310083) | September 9, 2008 | Reply

  7. ASS” WR.WB.

    Menurut saya metode belajar bapak sangat bagus, soalnya tidak semuanya dosen-dosen yang ada menggunakan metode seperti ini, karena selain dengan menambah wawasan yang ada kita juga bisa mendapatkan informasi-informasi yang sebelumnya belum kita ketahui, dan juga kuliah seperti ini tidak membosankan bagi mahasiswa yang ada, karena tidak seluruhnya MP yang kita pelajari didapat didalam kelas, akan tetapi kita bisa mendapatkannya melalui blog bapak ini atau dari situs-situs yang lain, dan juga kita dapat mengeluarkan suatu pendapat tanpa harus malu dalam berbicara, kita dapat menyampaikannya secara tertulis lewat blog bapak ini. Selain itu kita jadi terbiasa dalam menggunakan internet, sehingga pada saat terjun didunia kerja seperti sekarang ini kita sudah tahu bagaimana cara-cara yang baik dalam menggunakan internet, seperti buat e-mail, ngirim e-mail dll,,…

    Sekian Pak…Terima Kasih,,,,,

    Comment by Jilfa Ishak | September 9, 2008 | Reply

  8. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Saya Febrianto(2007310566) mahasiswa MK manajemen pemasaran kelas F. sekarang dengan makin melambungnya popularitas teknologi khususnya internet membuat kita sebagai seorang mahasiswa semakin mudah untuk mendapatkan informasi yang kita inginkan sebagai bahan dalan perkuliahan. Kita tidak hanya mendapatkan pengetahuan dari buku2 wajib yang telah disarankan dan juga di sini kita bisa belajar mandiri dan tidak hanya bertumpu pada materi yang disampaikan dosen . Dalam era globalisasi seperti sekarang ini seorang mahasiswa dituntut harus lebih aktif supaya materi yang diberikan oleh dosen hanya sebagai tambahan dalam perkuliahan.
    sekian dari saya terima kasih

    Comment by Febrianto A. | September 9, 2008 | Reply

  9. Selamat siang Pak Yudi,

    Menurut saya belajar tanpa dosen merupakan hal yang tidak mustahil. Semua itu dapat diwujudkan tergantung dari bagaimana penerapan dari sistem tersebut. Kebiasaan adalah faktor utama yang nantinya akan menjadi sebuah kebutuhan. Adapun sistem yang digunakan dengan cara seperti yang telah disebutkan, yaitu adanya diskusi mengenai realita masalah yang ada dapat membuat mahasiswa lebih kreatif dan aktif baik di kelas maupun secara online. Namun, tidak semuanya mahasiswa lepas dari bimbingan dosen. Dosen tetap menjadi unsur utama dalam proses belajar mengajar. Tepatnya yaitu fasilitator mahasiswa. Bila ini dikaitkan dengan kemandirian mahasiswa,itu tidak salah. Karena dengan online selain manfaat tersebut yang diperoleh, mahasiswa juga belajar mengenal teknologi lebih dalam lagi. Baik offline maupun online sama-sama diperlukan. Apalagi ini adalah mata kuliah Manajemen Pemasaran, dimana hal itu sangat berhubungan dengan komunikasi. Dan kita dituntut untuk bisa menggunakan IT.

    Terima Kasih….

    Comment by Anike Wulan Sari (2007310100) | September 9, 2008 | Reply

  10. Pak,saya senang dengan metode pengajaran cara online seperti ini. Biasanya saya itu susah sekali kalau berdiskusi dalam kelas karena saya ini orangnya kurang pede. Tapi, dengan cara belajar seperti ini bisa membuat saya lebih enjoy untuk mengungkapkan apa yang ingin saya sampaikan. Selain itu dengan belajar secara online bisa membuat orang tidak merasa gaptek. Teknologi semakin maju, tentunya kita juga tidak mau ketinggalan. Pengajaran secara online bisa membuat komunikasi dengan cara yang lain dari yang lain. Cuma, kebanyakan orang itu cenderung jarang ke internet. Paling tidak, minimal seminggu sekali.
    Pak, saya mohon bimbingannya untuk lebih mengembangkan cara memasarkan suatu produk dengan cara online ini secara efektif.
    terima kasih….

    Comment by Dwi Yuli H | September 9, 2008 | Reply

  11. menurut saya cara belajar seperti ini memang sangat mendukung para mahasiswa agar dapat mandiri,aktif dan sering membaca. bila ada sesuatu yang tidak dimengerti atau dipahami baru mereka dapat bertanya pada dosen. mahasiswa juga dituntut dapat mengoprasikan internet karena tidak dapat dipungkiri lagi bahwa dalam dunia karier saat ini sangat membutuhkan ketrampilan mengoprasikan internet…
    jadi sya sangat mendukung adanya perkuliahan online dan offline seperti ini.
    terima kasih

    Comment by waode natalia | September 9, 2008 | Reply

  12. menurut saya sistem perkuliahan offline seperti lewat internet separti mata kuliah managemen pemasaran sangatlah efektif,selain menuntut mahasiswa untuk aktif mencari dan memberi coment di internet juga dapat membiasakan mahasiswa untuk terus aktif. tetapi perkuliahan online melalui dosen dikelas juga tidak kalah pentingnya karena apabila ada hal-hal yang tidak kita mengaerti dari perkuliahan offline ini kita dapat bertanya kepada dosen selaku narasumber dan juga jembatan yang menghubungkan diskusi antar mahasiswa. jadi menurut saya antara kuliah offline dan online saling melengkapi satu sama lain and we still need lectures.

    Comment by grefita sari | September 9, 2008 | Reply

  13. assalam mu’alaikum..
    menarik sekali,,menanggapi metode pembelajaran yang bapak terapkan.menurut opini saya,,metode perkuliahan yang bapak terapkan sangat baik sekali.dewasa ini memang sebagian besar masyarakat khususnya kota-kota besar sudah mengenal internet,dan tidak sedikit pula masyarakat yang tidak paham dengan internet..
    jujur saja saya sangat merespont positif terhadap perkuliahan seperti ini.Alasannya,karena DI ERA globalisasi ini kita sebagai seorang mahasiswa yang berintelektual tinggi,dan sebagai generasi penerus bangsa seharusnya memiliki wawasan yang luas,dan bisa mengikuti perkembangan zaman yang ada,dalam hal yang positif..
    dengan adanya metode perkuliahan seperti ini maka saya yakin bisa memajukan dunia pendidikan di Indonesia,,agar tidak mengalami deteriorasi atau kemunduran.
    dengan metode seperti ini dapat melatih mahasiswa untuk lebih kreatif,dan tidak gagap terhadap perkembangan teknologi yang ada..
    dan alangkah baiknya jika metode pembelajaran sepert ini diterapkan tidak hanya pada mata kuliah manejemen pemasaran saja akan tetapi terhadap seluruh mata kuliah yang ada..
    terimakasih..

    Comment by januarti retno hartiningtyas | September 9, 2008 | Reply

  14. ssalam mu’alaikum..
    menarik sekali,,menanggapi metode pembelajaran yang bapak terapkan.menurut opini saya,,metode perkuliahan yang bapak terapkan sangat baik sekali.dewasa ini memang sebagian besar masyarakat khususnya kota-kota besar sudah mengenal internet,dan tidak sedikit pula masyarakat yang tidak paham dengan internet..
    jujur saja saya sangat merespont positif terhadap perkuliahan seperti ini.Alasannya,karena DI ERA globalisasi ini kita sebagai seorang mahasiswa yang berintelektual tinggi,dan sebagai generasi penerus bangsa seharusnya memiliki wawasan yang luas,dan bisa mengikuti perkembangan zaman yang ada,dalam hal yang positif..
    dengan adanya metode perkuliahan seperti ini maka saya yakin bisa memajukan dunia pendidikan di Indonesia,,agar tidak mengalami deteriorasi atau kemunduran.
    dengan metode seperti ini dapat melatih mahasiswa untuk lebih kreatif,dan tidak gagap terhadap perkembangan teknologi yang ada..
    dan alangkah baiknya jika metode pembelajaran sepert ini diterapkan tidak hanya pada mata kuliah manejemen pemasaran saja akan tetapi terhadap seluruh mata kuliah yang ada..
    terimakasih..

    Comment by januarti retno h | September 9, 2008 | Reply

  15. ass…
    Metode pembelajaran pada era modern seperti ini tidaklah hanya dengan tatap muka seperti pada saat SMP / SMA, melalui offlinepun dapat digunakan untuk saling belajar. Selain memperkenalkan mahasiswa kepada Internet, juga dapat menambah pengetahuan mahasiswa melalui internet.
    menurut pepatah “sambil menyelam, minum air” maksudnya mahasiswa selain belajar, juga dapat menambah informasi & pengetahuan melalui situs-situs yang mahasiswa cari.

    Namun tidak semua mahasiswa dapat memahami sebuah materi melalui sistem pembelajaran offline. Ada beberapa mahasiswa yang baru dapat mengerti apabila telah dijelaskan oleh dosen pengajar.
    Dalam marketing dapat diambil contoh para SPG (Sales Promotion Girl) atau SPB (Sales Promotion Boy)yang harus mendapat bimbingan dan pengawasan dari Supervisor mereka agar kerja mereka berjalan sebagaimana mestinya.

    Tetapi,apapun juga metode belajar yang ditawarkan, kembali lagi kepada individu masing-masing, apakah dia mampu menerima & memahami? atau malah tertinggal?

    Comment by eko achmad rizali | September 9, 2008 | Reply

  16. ass,,
    ya,, meskipun TeknoLogi sangaT memudahkan kegiaTan beLaJar daLam mencari sgaLa inFormasi sLain dr buku2.. peran pengaJar/dosen JeLas masih dbuTuhkan sbg pembimbing,, agar pembeLaJaran menJadi Terarah,, demi hasiL pembeLaJaran yg maksimaL,, dan rasanya menyenangkan saaT mengikuTi perkuLiahan meLaLui bLog ini. KeakTiFan dLm mendiskusikan berbagai permasaLahan yg diangkaT dLm bLog ini memang menJadi penTing. Dan bagi mahasiswa sperTi saya yg kurang berani dLm “bersuara” saaT diskusi keLas,, haL ini memudahkan saya,, Tx,,
    wass,,

    Comment by desiyana hertanti | September 10, 2008 | Reply

  17. Assalamualaikum.Wr.Wb
    Menurut saya meskipun sekarang teknologi itu canggih,kita sebagai customer yang di kasih kebebasan untuk menikmati fasilitas yang ada.Tetapi customer juga dituntut untuk memilih mana yang baik dan bagus bagi kebutuhannya.Dan dosen atau guru cuma sebagai pemasok atau distributor.Dan kita sebagai customer harus lebih aktif.Di mata kuliah Manajemen Pemasaran ini customer tidak boleh gaptek dan harus bisa buat email or sering browsing di internet minimal 1 minggu sekali.
    terima kasih.

    Comment by Rosalina Resti Mandasari | September 11, 2008 | Reply

  18. Assalamualaikum……
    menurut saya pembelajaran secara offline seperti yang diterapkan sa’at ini sangatlah bagus tetapi itupun harus didukung dengan kemauan para customer. pembelajaran seperti ini harus lebih diarahkan lagi sehingga bisa lebih maksimal. para customer juga bisa menambah pengetahuan tentang teknologi yang semakin modern serperti sekarang ini..
    wassalam…..

    Comment by Wahyu Astri M | September 11, 2008 | Reply

  19. Assalamualaikum……
    menurut saya dengan berkembangnya teknonogi sekarang ini, saya sangat mendukung produk yang sedang bapak pasarkan yaitu pembelajaran offline.Dengan pembelajaran itu saya bisa dengan leluasa menginspirasikan apa yang ada dalam pikiran saya.Karena bisa dibilang saya adalah mahasiswa yang kurang berani dalam kelas.
    Wassalam…..

    Comment by Santy Haris Y. | September 11, 2008 | Reply

  20. menurut saya tentang pengajaran di mata kuliah ini sangat efektif dengan adanya tugas offline dan online. sehingga para mahasiswa mampu untuk memberikan sesuatu yang terbaik di salah satu tugas offline maupun online. banyak mahasiswa yang menonjol di salah satu tugas tersebut dan dengan adanya pilihan offline / online memberikan suasana baru mendapatkan nilai yang mereka inginkan. ada mahasiswa yang tidak bisa presentasi bisa memberikan yang terbaik di “online” dan bagi bagi mahasiswa yang tak bisa di “offline” bisa memberikan yang terbaik di “online”

    Comment by firdian puspa wardhana | September 12, 2008 | Reply

  21. ass…
    menurut saya, metode pembelajaran bapak sangat berbeda dan menuntut para mahasiswa lebih mandiri dan aktif. metode seperti ini membantu mahasiswa dan dosen dalam berkomunikasi.
    selain dituntut menjadi lebih mandiri, mahasiswa juga dituntut untuk dapat mengoprasikan internet. karena tidak dapat dipungkiri, bahwa dalam era globalisasi saat ini sangat membutuhkan ketrampilan mengoprasikan internet..
    akan tetapi menurut saya, peran dosen juga masih kita butuhkan sebagai pembimbing. Selain pembelajaran/materi terarah, juga dapat menghasilkan sebuah pembelajaran yang maksimal…

    Comment by rahma gaty | September 12, 2008 | Reply

  22. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Meenurut saya, di era globalisasi ini memang sudah saatnya kita meninggalkan mindset kita yang lama mengenai syndrom bahwa guru adalah satu-satunya media dalam menerangkan ilmu pengetahuan yang ingin kita ketahui. Memang mungkin kita akan sedikit terjkejut apabila kita tiba-tiba harus belajar tanpa seorang guru karena sudah sejak TK-SMA kita selalu mengacu kepada seorang guru tapi sekarang kita dipaksa untuk mampu berpikir mandiri dengan cara mencari ilmu pengetahuan melalui media-media yang ada seperti, buku, internet, koran, ataupun televisi tanpa harus mengandalkan sesosok guru. Tapi semoga saja kita semua dapat beradaptasi dengan kondisi yang seperti ini, dan kita akan tetap exis di dunia mengikuti perkembangan zaman.

    Comment by Hermawan Tri Ramadhan | September 13, 2008 | Reply

  23. Ass,,,
    menurut saya belajar tanpa dosen ada sisi baik dan sisi buruknya. sisi baiknya kita bisa banyak belajar tentang dunia intrernet.apalagi kita bisa mengirim tugas di mana saja dan ke mana saja, istilahnya kita tidak gaptek dan mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat pada saat ini. Disamping itu mahasiswa dituntut untuk bisa mandiri dalam pola pikir dan melakukan sesuatu untuk perkembangan kreatifitas kita.
    sisi buruknya kita tidak bisa berinteraksi secara langsung dangan dosen, maksudnya kita tidak bisa melakukan komunikasi dua arah karena apabila kita ingin bertanya kita tidak bisa mendapatkan jawaban secara langsung.

    Comment by nailit taufiqi | September 13, 2008 | Reply

  24. Ass,,

    Uwwmm,, Sistem pembelajaran melalui offline dan online ini sangat bermanfaat sekali bagi kita.
    Akan lebih baik kalo seandainya sistem seperti ini diterapkan pada semua mata kuliah. supaya mahasiswa tidak terpaku pada mata kuliah di kelas saja sehingga mahasiswa memiliki wawasan yang lebih luas.
    Dan bahkan akan lebih baik lagi kalo sistem ini dikenal sejak masa anak-anak. Kemudian saat dewasa seperti ini Kita tinggal menerapkannya saja.
    Jadi kita tidak harus belajar melalui buku dan dosen saja, Tapi kita bisa belajar melalui sistem ini.

    Pada intinya, Saya sangat setuju dengan sistem pembelajaran seperti ini.

    Tnx Sir…

    Wass,,

    Comment by Bayyinah irodah | September 13, 2008 | Reply

  25. Assalamualaikum WR. WB
    Menurut saya, metode pembelajaran yang bapak berikan pada mahasiswa adalah metode yang memang harus dilaksanakan saat ini. Kalau menurut saya, belajar tanpa dosen itu tidak mungkin pak, karena umumnya siswa sekolah bahkan mahasiswa pun tidak akan belajar kalau tidak dipaksa. Mereka pasti tidak akan menepati janji mereka sendiri karena mereka tidak punya tata tertib dan tidak punya sanksi yang secara langsung bisa menghukum mereka, yang ada cuma penyesalan dimasa depan.
    Mahasiswa pasti berfikir, jika tidak belajar atau tidak serius dalam kuliah berarti itu sama saja dengan buang-buang uang, belum lagi dimarahi sama orang tua. dengan adanya asumsi ini maka mahasiswa mau untuk belajar dan kuliah. Nah, kalau kita belajar dengan dosen, otomatis kita masuk kuliah dan untuk dapat kuliah kita harus mengeluarkan biaya, mematuhi tata tertib yang dapat meningkatkan kedisiplinan mahasiswa, serta tugas-tugas yang bisa membuat mahasiswa lebih kompetitif.
    Selain itu, dengan adanya dosen maka proses pembelajaran akan berlangsung lebih lancar dan dapat memenuhi target. karena bagaimanapun juga dosen lebih berpengalaman.
    Namun, kalau misalnya kita belajar di rumah tapi masih ada koneksi internet dengan dosen, itu malah bagus sekali karena mahasiswa dapat menghemat energi untuk tidak bolak-balik ke kampus. Tapi kalau secara mutlak tanpa ada bimbingan dari dosen, menurut saya itu mustahil pak.

    Comment by Faris Fashihul Lisan | September 13, 2008 | Reply

  26. ass..

    saya sedikit ribet dengan metode bapak yang menyatakan, bahwa kita tidak memerlukan dosen (lecture) untuk kuliah, mungkin disatu sisi saya setuju, karena disamping kita bisa membuka mata lebih luas kita tidak gaptek karena kita selalu online di internet dan mendapatkan info lebih banyak. akan tetapi saya juga tidak terlalu setuju dengan metode ini karena kemampuan mahasiswa tentang tehnologi berbeda-beda, memang kita harus memaksakan diri bersahabat dengan tehnologi tetapi jika menerapkan nya secara tiba-tiba seperti ini (yang mewjibkan memiliki e-mail)sebagian mahasiswa akan merasa terbebani, sebaiknya jika kita akan membangun sistem perkuliahan E-ducation kita harus memulainya dari awal, sehingga tidak ada differensasi dalam tehnologi. misalnya setiap mahasiswa yang baru masuk sudah dibuatkan Email yang selalu di update informasi seputar kampus, sehingga mahasiswa mau tidak mau harus rutin membukanya sejak awal masuk kuliah.

    untuk pembelajaran yang online, saya merasa kurang efektif karena mahasiswa tidak akan bisa berkomunikasi secara langsung dengan lecture, dan akan menyebabkan mahasiswa tidak disiplin karena mahasiswa tidak terikat dengan peraturan.

    akan tetapi saya tetap mendukung dengan program pembelajaran bapak ini, dan semoga akan lebih maju lagi…

    terrima kasih..

    wass…

    Comment by Firdaus Arvidian Purnomo | September 13, 2008 | Reply

  27. ass,,

    Menurut saya metode pembelajaran Manajemen pemasaran yang dilakukan secara online atau offline sangat bagus sekali.
    mahasiswa dapat belajar melalui 2 metode pembelajaran. Tetapi dari kedua metode pembelajaran tersebut ada sisi positif dan negatifnya.
    sisi positifnya metode online, mahasiswa bisa belajar menggunakan internet dan bisa mengaplikasikiannya dengan baik agar tidak ketinggalan zaman. negatifnya, mahasiswa mungkin ada yang kurang mengerti tentang pembahasan yang disampaikan dosen secara online.
    sisi positif metode offline, menurut say kebalikan dari metode online.

    Comment by Hanny Yovita Anggraeni | September 13, 2008 | Reply

  28. ass,,

    menurut saya dengan zaman globalisasi seperti ini bukan masanya untuk menunggu informasi dari dosen saat di perkuliahan. karena mahasiswa sudah mampu mengakses via internet, sehingga pada saat itu kita sudah bisa mendapatkan informasi yang akurat.dan sistem pembelajaran dengan menggunakan metode online membuat mahasiswa lebih aktif dalam mengakses internet.

    teriamakasih,,
    wass,,

    Comment by Intan Kartikasari Putri | September 14, 2008 | Reply

  29. ass.

    menurut pendapat saya mengenai metode pembelajaran secara offline yang diberikan Bapak itu menarik sekali, hal itu dikarenakan tidak semua mahasiswa mengenal Internet contohnya saya sebagai Mahasiswa yang bisa dibilang Gaptek(gagap teknologi)hehe!!. dengan tugas yang diberikan Bapak saat ini saya minimal tiap seminggu sekali online.

    soal belajar tanpa dosen?? terkadang memang Mahasiswa harus mampu belajar ada atau tanpa dosen, karena masih banyak media yang bisa menunjang proses belajar contohnya:internet,buku bacaan dan yang terpenting adalah lingkungan.

    Comment by joko setiawan | September 14, 2008 | Reply

  30. assalamualaikum pak…..
    sebelumnya saya hanya mengira-ngira pelajaran apa yang akan saya dapatkan dalam mata kuliah menejemen pemasaran….. namun sekarang saya tertarik dengan metode yang bapak gunakan, karna saya yakin metode yang bapak gunakan akan lebih membuat gairah dalam mata kuliah ini… dan sebenarnya saya sangat suka dengan lebih banyak diskusi ketimbang teori yang disampaikan karna jujur saya mudah mengantuk…..🙂
    akhir kata semoga dalam mata kuliah yang bapak berikan dapat membuat perubahan yang sangat berarti dalam kehidupan pembelajaran saya
    wasamualaikum……

    Comment by mustaqim harianto | September 14, 2008 | Reply

  31. Ass ,,,

    Jaman semakin berkembang, teknologi pada jaman saat ini semakin canggih. Oleh karena itu, kita sebagi pelajar harus mengikuti perkembangan jaman biar tidak ketinggalan jaman. Dengan metode pembelajaran yang diterapkan oleh pak Yudi,, saya sebagai pelajar sangat mendukung. Karena metode yang bapak terapkan sangat berbeda. Dengan cara tiap minggu memberi tugas lewat e-mail, kita lebih sering membuka e-mail . Anak yang biasanya jarang sekali pergi ke warnet, sekarang dia harus pergi ke warnet tiap minggunya.

    Menurut pendapat saya,, Kita sebagai pelajar, seharusnya tidak tergantung dengan dosen-dosen kita. Kita bisa mencari ilmu dimana saja, termasuk dengan membuka internet. Dengan internet, kita bisa mendapatkan informasi apa saja yang kita inginkan. Apalagi sekarang jaman era globalisasi, persaingan sangatlah ketat. Jika kita tidak pernah peduli dengan perkembangan jaman saat ini, maka bersiap-siaplah kita akan kalah bersaing dengan negara lain.
    Sekian dari saya,,

    Wass,,

    Comment by nendy pramita shinta | September 14, 2008 | Reply

  32. Ass,,

    menurut saya, tekhnik pembelajaran masa kini tidak perlu menunggu dosen menjelaskan secara terperinci, karena sudah ada tekhnologi maju berupa internet yang sudah bisa mengakses informasi, bahkan sampai ke seluruh dunia. Para mahasiswa bisa memperoleh sendiri bahan-bahan perkuliahan dengan mengakses via internet. Selain itu, disediakan pula perpustakaan yang dilengkapi koleksi buku dari berbagai bahasa maupun berbagai pengarang. Jadi, saat ini dosen hanyalah penengan untuk materi-materi yang kurang dipahami oleh mahasiswa..

    Wass,,

    Comment by Fellayati.R | September 14, 2008 | Reply

  33. menurut saya, metode ini berguna untuk kemajuan mahasiswa, biar tidak gaptek. dan tau bahwa pembelajaran secara online memberi banyak pengaruh positif untuk mahasiswa. mahasiswa tinggal memasukkan keyword untuk mengakses banyak informasi.lewat media internet kita bisa juga berbisnis disamping belajar.

    Comment by Danny Iskandar A. | September 14, 2008 | Reply

  34. assalammualaikum…

    menurut saya, metode pembelajaran pak yudi berbeda dari dosen lainnya, meskipun ada dosen yang memakai email untuk tugas kuliah, tapi kita disini bisa memberi komentar. selain itu kita bisa menyampaikan saran atau pertanyaan yang tidak sempat disampaikan di kelas, dan media ini bisa digunakan untuk yang malu dalam menyampaikan saran atau pertanyaan di kelas. kita bisa belajar kapan saja dengan internet, karena sekarang dosen hanya sebagai fasilitator sehingga mahasiswa yang harus lebih aktif dalam perkuliahan.

    sekian,,,
    wassalammualaikum…

    Comment by Lidia Setia Santi | September 15, 2008 | Reply

  35. Ass, pak yudi…..
    menurut pendapat saya dalam belajar tidak harus dengan lectures. Karena sebaiknya lectures hanya sebagai mediator kita apabila kita merasa kebinggungan dengan penerapan materinya. Dalam praktek marketingnya pun, kita dapat belajar melalui environment yang ada disekitar kita, sarana belajar kita maupun cara belajar kita yang baik. Dalam environment, kita dapat memulainya dari lingkungan keluarga untuk dapat mengembangkan sikap yang independen dan kreatif dalam proses belajar, kemudian moved ke lingkungan masyarakat. Dalam sarana belajar, kita bisa menyediakan buku-buku yang berkualitas,suasana tempat belajar dan alat bantu seperti komputer dan koneksi internet Karena begitu banyak informasi berkualitas yang gratis dan tersedia di internet yang dapat dimanfaatkan dalam perkembangan belajar. Terakhir cara belajar kita yang baik yaitu • Belajar Sedikit Demi Sedikit dan membaca Cepat “Speed Reading”.
    sekian,trmakasih
    wass………

    Comment by Aulia Irdiani Putri | September 15, 2008 | Reply

  36. ass.wr.wb.
    saya toni mahasiswa angkatan ’07. saya sangat senang dengan metode pembelajaran secara offline ini karena selain memanfaatkan tekhnologi yang semakin hari semakin maju ini, saya juga belajar mengemukakan pendapat ssecara langsung. mungkin diddalam kelas banyak mahasiswa yang merasa canggung untuk mengeluarkan pendapat mereka tetapi dengan media ini saya pikir para mahasiswa dapat langsung mengemukakan pendapat atau uneg-unegnya. ada keuntungan pasti ada kerugiannya juga, yang saya takutkan adalah melalui media offline ini, kemungkinan tugas yang masuk tidak maksimal, mungkin pending atau juga mahasiswa tidak tahu cara menggunakan media melalui internet. tapi apapun bentuk kendalanya, saya sangat senang dengan metode ini. semoga metode ini dapat membantu saya dalam memahami pelajaran khususnya mata kuliah manajemem pemasaran.

    Comment by fathony ps | September 16, 2008 | Reply

  37. assalamualaikum wr.wb

    menurut pendapat saya sistem pengajaran yang sudah diterapkan oleh pak yudi sudah bagus dan mendidik mhs untuk lebih mandiri.

    TETAPI saya mengalami hambatan dalam hal untuk akses internet karena di rumah saya tidak tersedia layanan internet, kalau ingin mwnggunakan wifi saya tidak mempunyai laptop, mau ke warnet tidak begitu sempat karena banyak sekali tugas.

    sehingga kalau bisa jangan banyak sistem belajar onlinenya.

    Comment by mariyah ulfah | September 18, 2008 | Reply

  38. Ass,,,
    Menurut Pendapat saya, metode pembelajaran yang dilakukan Pak Yudi sangat bagus dan melatih dan mendidik mahasiswa untuk mandiri dan juga mahasiswa berlatih berargumen secara langsung dengan mengakses via internet.
    Dengan teknologi yang sangat ini, kita bisa belajar lewat internet tanpa menunggu dosen menjelaskan secara terperinci karana dosen sekarang sebagai media fasilitator dan mahasiswa yang harus lebih aktif dalam perkuliahan.
    Wass,,,

    Comment by Aditya Widiyanto .T 2007310289 | September 19, 2008 | Reply

  39. asSaLamuaLaikum wr.Wb..
    di duNia yang global dan semakin maraknya persaingan di dunia teknologi termasuk internet,,dunia tersebut semakin meluas tidak lepas dari campur tangan dunia pemasarn yang saat ini sdang menjadi trend..
    pemasaran dan dunia politik bisa menjadi satu kesatuan yang amat baik,dg adanya pemilihn cagub dan cawagub saat ini terutama di daerah kita khususnya jawa timur sedang melakukan perlombaan demi menarik perhatian dan simpati dari masyarakat..
    dan itu semua dilakukan untuk memasarkan dirinya agar dipilih oleh masyarakat..dunia iklan baik media massa atau elektronik meningkatkan kwalitasnya dan mutunya kepada pasar dan customer yg menjadi klien mereka,karena dengan adanya peningkatan respon maka banyak konsumen yAng akan lari kepada perusahaan mereka..

    dEmikaN koMen daRi saya,.
    wasSaLamuaLaiku wr.Wb..

    Comment by Tria putri | September 20, 2008 | Reply

  40. ass pak yudi..

    sy mahar angk’07 dari kelasnya pa burhan sy lupa kelas apa hehehe..
    wduh pak jujur sy bru sekali ini buka blog nya bapak ternyata artikel2 yg ada didalamnya keren2 apalagi buat mhsw yang mau ambil konsentrasi pemasaran..

    tp gpp kan pak walaupun bukan dari kelas nya bapak ikutan nimbrung disinim waduh jd iri nih sama mhsiw bpk uda dapet ilmu banyak dapet nilai pula..hehehe
    tp gpp laah yang penting kan sy juga bisa nge upgrade knowledge sy…

    terimakasih

    Comment by mahar Ayu KD | September 22, 2008 | Reply

  41. aSs..paK yudi.
    maap saya beri commentnya telat.

    menurut saya metode pembelajaran yang diterapkan pak yudi melalui blog ini sangatlah efektif. Dengan metode ini, saya beruntung karena saya dapat mengeluarkan pendapat-pendapat saya. Seperti saya ketahui bahwa saya tidak begitu pandai mengeluarkan uneg-uneg secara langsung di depan kelas.
    Metode ini sangat membantu saya dalam proses pembelajaran di kelas,,walaupun saya harus mengeluarkan sedikit uang saku saya untuk selalu ke warnet,, tapi gak papa kok pak biar saya gak jadi gaptek,,selalu jadi orang yang up To daTe.

    seKian comment dari saya.

    apabila terdapat kata-kata yang kurang pantas saya ucapkan.
    saya mohon maaf sebesar-besarnya.

    Terima kasih..
    wassalamuaikum,,Wr.Wb

    Comment by Aini Andhonowarih W | September 29, 2008 | Reply

  42. aSSaLamu’aLaekum pAk Yudi,.,

    we Don’t Need Lectures to Learn!!
    of Course I ReaLly Do.,.

    beCauze,.,(kLo Ni dLm b.IndoNesia aJa ya Pak!?)
    daLam proses pembelajaran, Sekarang ini metode sePerti ini sudah tidak Langka lg,.haL ini diKarenakn kEmajuan teKnoLogi yg tidak dPt kiTa pRediksikn,.,
    dan juGa kiTa tahu iLmu tiDak hanya dapat kita peroLeh dLm pRoses pRkuLiahan sJaja,.
    akan tetapi tiDak menutup kemungkinan,. proses perkuLiahan juGa diPerlukan guNa menunjang/pemantapan iLmu tersebut,. hNya sJ menurut saya keDuanya hRuz diKombinasikan dGn baEk,.

    Sekian pNdapat dR saya,.,tRm kash PerHatiannya,.,

    WaSSaLamu’aLaekum

    Comment by aZmi maFidah J. | October 11, 2008 | Reply

  43. ass..
    sy asha nak perbanas jkt..
    kbtulan sy ambil mata kuliah tmbhn ini..
    jujur sy mrasa streesss..
    tp lm2 sy mrasa trtarik jg dgn blog bpk yg byk sy bc..
    Pak makasih atas info ttg Mene.pemasarn..
    ngebantu sy untuk tgs presentasi..
    bsk senin tgl 2 mrt..

    Comment by ashaa | February 26, 2009 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: