Y u d i S u t a r s o

Kuliah Manajemen Pemasaran

mp: Marketing Ide untuk KTL

pic from www.jawapos.co.id

Surabaya dan kota-kota di Indonesia, tahun-tahun terakhir ini kebanjiran sepeda motor dijalan yang selain membuat mobilitas penduduk menjadi tinggi dan cepat, namun juga bikin jalan macet tidak tertib dan korban kecelakaan meningkat tajam. Kepolisian dan masyarakat (jawa pos misalnya) telah bahu membahu dalam ikut menangani dampak buruknya. Berbagai program telah dilakukan, program “klik” hingga saat ini ada Kawasan Tertib Lalu lintas (KTL). Pada hari selasa 6 September 2007 dihalaman 29, jawa pos menurunkan berita tentang KTL dengan judul “Bukan Sekedar Aturan Berkendala” yang juga bagian dari penanganan hal tersebut. Berita selengkapnya dapat didownload disini.

Tugas anda adalah bagaimana kira-kira ide tentang kawasan tertib lalu lintas dapat berhasil dipasarkan, dimana masyarakat dapat menerima ide tersebut, sehingga lalu lintas bisa tertib dan lancar. Juga bagaimana mahasiswa bisa ikut serta dalam pemasaran ide tersebut. Belajarlah dari marketing ide tentang KB yang pernah berhasil di Indonesia.

Selamat belajar…

September 6, 2007 - Posted by | Manajemen Pemasaran

38 Comments »

  1. Selama ini aturan aturan soal perilaku berkendara sebenarnya cukup lengkap.Namun,beberapa memang masih ditoleransi penerapannya oleh polisi.Satlantas polwiltabes surabaya akan berjanji menindak tegas pengendara yag berperilaku membahayakan.Hal itu terkait dengan tingginya angkat kecelakaan dijalanan surabaya dan harus ada langkah langkah tegas untukmengatasi hal itu.Tapi selama ini langkah – langkah mengurangi kecelakaan tersebut amat terbatas.Apalagi penambahan ruas jalan dan volume kendaraan tidak sebanding.Pembenahan sistem transportasi masal kota pun tidak bisa diharapkan dalam waktu dekat.
    Untuk itulah satu – satunya yang mendesak dilakukan adalah menertibkan para pengendara.Kalau mau tertib dan tidak maen serobot itu bisa menurunkan tingkat kecelakaan.Oleh karena itu polisi harus lebih tegas lagi menindak para pelanggar dengan cara:

    Pertama yang dilakukan polisi adalah penertiban batas kecepatan max 40 km/jm jika berjalandi dalam kota

    Kedua adalah menertibkan pengendara zigzag dan tidak ada toleransi lagi.Setiap pengendara yang pindah lajur seenaknya dan melanggar markah akan langsung ditindak.

    ketiga adalah kelengkapan kendaraan dan aksesoris yang membahayakan misalnya penambahan besi panjang akan ditindak

    keempat adalah dilarang menggunakan bel hewan karna seharusnya bel berfungsi mengingatkan bukan mengejutkan

    kelima adalah polisi harus memasang spanduk dan menyebarkan panplet ke masyarakat tentang pentingnya tertib dijalan raya

    selain itu juga pihak polwiltabes dan jawa pos menghadiahkan grandprize sebesar 50 juta dan hadiah mingguan 1 motor dan uang bbm untuk orang yang paling anda hargai.Hal tersebut tidak lain agar memacu tingkat kesadaran para pengendara untuk bertindak tertib dijalanan

    Comment by Rizky kurniawan | September 6, 2007 | Reply

  2. Memang sudah tidak asing lagi dan perlu kita terima kenyataannya jika kebanjiran sepada motor sudah membeludak di kota-kota yang ada di indonesia. Tidak hanya sepeda motor saja,akan tetapi mobil pun sudah terbilang kendaraan yang ikut meramaikan kepadatan kota-kota di Indonesia.

    Dengan adanya masalah-masalah tersebut diatas banyak ide-ide yang diutarakan dan dalam menghadapi ide tersebut,kita harus cepat dan tanggap untuk memasarkannya,salah satu tujuannya adalah agar ide yang ada dapat perhatian lebih dari masyarakat .Untuk memasarkan hal tersebut, kita harus mengetahui pangsa pasar,target pasar yang akan kita tentukan untuk dijadikan observasi yang menakjubkan.Akan tetapi,sulit juga bagi kita untuk memasarkan ide tersebut,sedangkan kenyataan yang kita hadapi belum juga dapat penanganan yang pasti.
    Contohnya pada kota Jakarta yang mendeskripsikan lebih banyak motor daripada jalan.

    Comment by revi arfamaini | September 7, 2007 | Reply

  3. Memang di kota surabaya atau kota besar lainnya saat ini sering kali terjadinya kecelakaan dan kemacetan yang dikarenakan banyaknya kendaran yang terlalu berlebihan. Padahal pemerintah dan kepolisian selalu memantau dan memperbarui sistem-sistem tata tertib lalu lintas misalnya saja saat ini pemerintah mengadakan program “klik”dan juga adanya kawasan tertib lau lintas(KTL).

    Tetapi sistem-sistem tersebut kurang dipublikasikan sehingga masarakat tidak tahu menau tentang adanya sistem tersebut. untuk itu sebaiknya pemeritah terutama kepolisian harus sering mengiklankannya misal di Televisii, radio, media masa dll lebih banyak lagi. Sedangkan untuk keberhasilan sistem tersebut dibutuhkan kesadaran masarakat sendiri terhadap tata tertib lalu lintas.

    Comment by Hardian Nurul .A. | September 7, 2007 | Reply

  4. Di Indonesia,terutama dikota-kota besar seperti Surabaya masalah yang selalu dihadapi adalah masalah kemacetan dijalan-jalan. Ini disebabkan karena banyaknya kendaraan bermotor yang membludak.Tidak hanya sepeda motor tetapi mobil-mobil juga ikut membuat macet dijalan-jalan besar.

    Dengan banyak masalah yang muncul,maka muncullah ide-ide yang banyak diutarakan oleh beberapa pihak,salah satunya adalah satlantas polwiltabes yang membuat peraturan baru dalam berkendaraan,yaitu memakai helm standart,bagi pengendara sepada motor dilajur kiri,tidak boleh mendahului kendaraan lain dengan cara zig-zag,menyalakan lampu bagi pengguna sepeda motor,batas kecepatan max 40 km/jam,peraturan yang dibuat ini berguna untuk keselamatan para pengguna jalan,dan mengurangi jumlah kecelakaan dijalan.

    Agar masyarakat dapat menerima ide tersebut maka satlantas polwiltabes tidak henti-hentinya memberikan pengarahan-pengarahan,membuat spanduk,pamflet,serta menindak tegas apabila ada yang melanggar,dan memberikan hadiah kepada setiap pengendara yang menaati peraturan yang ada,ini semua agar masyarakat lebih menghargai nyawa diri sendiri dan orang lain agar lebih tertib dijalan.Selain itu masyarakat harus mempunyai kesadaran sendiri untuk bertindak tertib dijalan.

    Dan semoga masyarakat bisa melaksanakan peraturan-peraturan yang telah dibuat demi keselamatan dalam berkendaraan.

    Comment by Meike Yulia Susanti | September 9, 2007 | Reply

  5. Jangan hanya kawasan tertentu yang dijadikan KTL oleh pemerintah tapi mari kita jadikan semua jalan adalah KTL agar semua pengguna bisa disiplin dijalan mana saja yang mereka gunakan,selain itu tindakan tegas bagi setiap pelanggaran yang terjadi dapat memberikan efek jerah kepada pengguna yang tidak disiplin,kesadaran akan keselamatan diri sendiri diwaktu berkendara akan sangat membantu dalam mendisiplinkan pengendara,ada hal yang lucu jika kita perhatikan,pengendar sepeda motor memakai helm bukan atas kesadaran bahwa helm bisa meminimalkan benturan saat terjadi kecelakaan tapi karena takut ditilang,aduh sangat disayangkan…..

    Comment by HENY LA POPO | September 9, 2007 | Reply

  6. Kemacetan lalu lintas bukan hal yang baru dinegara kita.kurangnya kesadaran masyarakat terhadap ketertiban harus mulai diberikan peringatan-peringatan yang tegas.misalnya dengan memperketat penjagaan lalu lintas,dan memberikan denda bagi masyarakat-masyarakat yang dengan atau tidak sengaja telah melanggar ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan.saran saya sebagai mahasiswa dan selaku pengguna jalan,seharusnya jalan untuk kendaraan roda dua dan roda empat dipisahkan dengan adanya pembatasan jalan.meskipun sekarang telah dilakukan tapi masih banyak pengguna jalan yang melanggar karna antara pengendara yang satu dengan yang lain saling ingin mendahului.
    pemerintah hendaknya bertindak tegas terhadap hal ini misalnya dengan membatasi jumlah kendaran yang boleh dimiliki oleh tiap penduduk,misalnya tiap rumah hanya dibatasi dengan satu mobil dan dua sepeda motor.
    budaya sepeda juga baik,dengan memakai sepeda kita juga bisa mengurangi polusi dan menghemat bahan bakar,disamping itu fisik kita juga bisa lebih sehat.
    salah satu penyebab terjadinya kecelakaan adalah kurang disiplinnya para pengendara dalam berlalu lintas,sehingga kesadaran berlalu lintas sangatlah penting.

    Comment by eka puspita wulandari | September 10, 2007 | Reply

  7. Selamat Sore Bapak! Pak saya boleh komentar kan Pak. Nah sekarang ini kan kita tau bahwa setiap orang pasti suka kan dengan uang, lha dari itu maka pemerintah sebaiknya membuat undian berhadiah disepanjang jalan, dengan cara setiap pengendara sepeda motor yang mematuhi aturan berlalu lintas diberi kupon undian gitu pak, nah kuponnya di isi nama dan alamat, kemudian diundi deh setiap bulan dengan hadiah menarik mulai dari HP 3G, sepeda motor sendiri, mobil, rumah mewah bahkan uang milyaran…. Nah pasti semuanya akan tertarik iya kan Pak… Hehehe…. Mungkin aja cara ini berhasil, kan sekarang jaman juga semakin berubah, apa-apa semakin mahal. Mungkin dengan diterapkannya undian berhadiah bagi para pematuh lalu lintas, lalu lintas Indonesia ga akan macet deh Pak…. Dijamin itu…….!!

    Comment by Slamet Budi Waluyo | September 10, 2007 | Reply

  8. memang indonesia itu tingkat kedisiplinan bagi pengendara sangat mengkhawatirkan,apalagi sebagian besar kemacetan ini disebabkan oleh kurangnya kedisiplinan bagi p[ara pengguna jalan untuk mematuhi tat tertib lalulintas dijalan.
    usaha buat pak polisi juga sudah bagus dalam menerapkan tertib lalulintas.
    tetapi lebih dari itu sanksi yang tegas juga perlu diterapkan supaya para pengendara bisa sedikit sabar dan tidak ugal-ugalan dalam berkendara dijalan
    klo bisa sanksi yang diberikan tidak hanya tilang tapi bisa ju dimasukkan penjara , jika tingkat kesalahannya sangat fatal

    Comment by arie budi kusuma | September 10, 2007 | Reply

  9. malam pak.
    wow kendaraan bermotor???
    memang akhir2 ne banyak sekali kendaraan bermotor yang dimiliki masyarakat bahkan ada dalam 1 keluarga memiliki kendaran bermotor lebih dari 2. adanya fenomena tersebut dikarenakan pemerintah telah gagal dalam penyediaan sarana transportasi masal akan kebutuhan masyarakat modern yang memiliki mobilitas tinggi. serta keinginan masyarakat yang menginginkan transportasi massal yang aman murah, cepat, mudah dan terjamin

    menurut saya, cara memasarkan tata tertib lalu lintas itu agar berhasil dengan dilakukannya penyuluhan dikalangan masyarakat terutama akan adanya tata tertib tersebut seperti halnya jalur kiri bagi kendaraan beroda dua/umum, memakai helm sesuai standart, menyalakan lampu dsb. tidak hanya dikalangan masyarakat tetapi juga para pelajar dan pegawai.

    penyuluhan tersebut dapat pula dilakukan ditempat-tempat umum yang strategis dengan konsep yang menarik untuk dibaca, ditaati dan dapat selalu diingat . tidak hanya penyuluhan melalui media elektronik dan cetak merupakan langkah yang baik untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya tata tertib ini.

    thanx

    Comment by suprianto | September 10, 2007 | Reply

  10. Masyarakat Indonesia sendiri dalam hal mematuhi peratuaran memang agak sulit, mereka selau menganggap remeh semua peraturan yang diberikan terutama tentang aturan dalm berkendaraan atau berlalu lintas. sebenarnya polisi sudah menerapkannya dengan baik dan hampir setiap hari mereka slalu mengingatkan seluruh masyarakat agar mematuhi peraturan yang ada. Semua peraruran itu mungkin sudah dijelaskan oleh saudari Rizky Kurniawan, tetapi masyaraka selalu saja tidak menghiraukannya.

    sehingga sering kali kecelakaan terjadi dimana-mana sampai menimbulkan korban jiwa itu semua bukan lagi kesalahan polisi melainkan masyarakat sendiri yang tidak mentaati semua peraturan tersebut. Jadi untuk menyikapi ini polisi harus lebih ekstra lagi untuk menghadapi semua ini agar tidak ada lagi kecelakaan dan lalu lintas menjadi tertib.

    Cara agar lau lintas kembali tertib adalah pihak kepolisian mengadakan kegiatan yang bertema ” ayo…. kembali tertib ” dengan mengajak seluruh masyarakat untuk melengkapi semua kelengkapan dalam berkendara dan polisi memberikan Helm standart secara gratis kepada pengendara yang tidak memakai helm satndart. serta memberikan hukuman yang tegas kepada pengendara yang melanggar lalu lintas dan menyebar polisi ke jalan raya.

    “””””””””””””””””””””””””””””” MARI TERTIBKAN LAGI LALU LINTAS “”””””””””””””””””””””””””””””‘
    SAFETY RIDING

    Comment by dian kusuma | September 10, 2007 | Reply

  11. menurut saya semua itu dapat di promosikan kpd masyarakat dengan baik dan dapat di terima oleh masyarakat salkan semua dari masyarakat dan kepolisian dapat saling bekerja sama dengan baik..jangan sampai melakukan penyuapan jika kita terkena tilangan.polisi juga harus bertindak tegas jangan seperti orang yang tidak punya prinsip.jika salah jangan dibilang benar kalau sudah di beri uang agar tidak menilang masyarakat yang melakukan kesalahan dalam lalu lintas…..
    BANTU LAH POLISI JIKA KENYAMANAN ANDA BERLALU LINTAS DAPAT BERJALAN LANCAR!!!!!!!!

    Comment by wahyu yustiharja | September 10, 2007 | Reply

  12. Menurut saya penanggulangan masalah – masalah yang terjadi di kawasan tertib lalulintas tergantung pada kesadaran dari tiap-tiap individu sebagai pengendara. kesadaran dimana tiap-tiap pengendara baik kendaraan beroda dua atau lebih untuk mau mengerti akan kepentingan bersama sebagai pengguna jalan.

    Saran – Saran saya untuk menertibkan lalu lintas :
    1. Menetapkan peraturan yang kuat dan tegas.
    2. Menumbuhkan kesadaran pengguna jalan dengan memberikan selogan – selogan dan gambar – gambar karikatur tentang pentingnya menaati rambu – rambu lalu lintas di setiap traffic light dan sepanjang jalan.
    misalnya memberikan selogan seperti ;
    ” APA SALAHNYA MENUNGGU….TOH GAK SAMPEK 5 MENIT!!!”.
    3. Kalau para pegendara masih tidak mau mengerti..sebaiknya setiap rambu – rambu lalu lintas difasilitasi seperti pembatas layaknya pada pembatas jalan berkendara pada waktu kereta api melintas..hehehe
    4. Menambah Fasilitas – Fasilitas jalan raya seperti alternatif jalan di karenakan jjumlah kendaraan yang semakin membumi untuk menghindari kemacetan.
    5. Sebaiknya pemerintah juga harus menanggulangi masalah penggangguran tak kentara seperti tukang becak yang juga dapat mengganggu tertib nya lalu lintas.misalnya saja dengan penggunaan jalur jalan, mana yang untuk kendaraan dan penggua jasa becak. atau memberikan lapangan kerja baru bagi mereka.dan tidak hanya sekedar melarang penggunaan jasa becak.
    6. Adanya aparatur negara yang siap siaga menjaga ketertiban lalu lintas dan menindak tegas bagi pengendara baik beroda dua atau lebih yang melaggar peraturan.

    saya rasa masih banyak lagi yang harus dilakukan untuk menertibkan pengguna jjalan di indonesia.Dan untuk mengatasinya dapat diambil contoh KTL dari negara lain seperti singapura, jepang dan negara yang lain yang selalu tertib, mentaati peraturan walaupun tanpa pengawasan dari aparatur negara ataupun pemerintah.

    Comment by fifit darmayanti | September 12, 2007 | Reply

  13. seperti yang saya baca diharian JAWA POS, dimana disiti mengekspose para polisi lalu lintas yang getol mengadakan kampanye Resposible Riding, diharapkan dengan suksesnya kampanye tersebut dapatmenyadarkan para pengendara maupun pengemudi akan pentingnya keselamatan akan berkendara, para polisi tersebut menilang para pelanggar peraturan lulu lintas, memang sebagian masyarakat ada yang kurang setuju dengan penilangan tersebut dan tidak jarang pula ada yang mengecap tindakan tersebut hanya untuk mencari ceperan , namun sebenarnaya yang diinginkan bukan itu (tapi ada juga yang memang seperti itu)mereka hany aingin menyadarkan masyarakat saja agar taat kepada peraturan, di harian jawapos juga di muat program yang di sponsori oleh Honda “Jepret Beruntung ” disitui dicari para pengendara yang mematuhi peraturan seperti, menggunakan lajur kiri, memakai helm standar, menyalakan lampu, spion komplit,barang siapa yang fotonyadi muat di koran tersebut akan mendapatkan beberapa hadiah menarik dengan menghubungi nomor CP yang tertera disitu, mungkin dengan itu akan bisa mensukseskan kampanye tertib lalu lintas.

    Comment by natalia stin sagita | September 13, 2007 | Reply

  14. Selamat pagi pak…!!

    Menurut pendapat saya mengenai KTL tersebut sangat perlu diperhatikan oleh semua pengguna jalan.Di mana KTL tersebut adalah kawasan tertib lalu lintas yang seharusnya dipatuhi&ditaati oleh pengguna jalan baik yang berkendara roda dua maupun berkendaraan roda empat.Karena KTL sendiri bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat lebih konkritnya lagi untuk menjamin keselamatan bagi para penggendara selain itu juga untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan bagi para pejalan kaki.

    Akan tetapi masyarakat pada umumnya sering kali melanggar peraturan lalu lintas yang telah diterapkan terutama khususnya di kota Surabaya.Yang mana mayoritas pengendara roda dua yang lebih sering melanggar peraturan dibandingkan pengendra roda empat.Misalnya:
    1. Masih banyak pengendara yang tidak memakai helm standar
    2. Masih banyak pengendara yang tidak melengkapi kendaraannya dengan kaca sepion standar
    3. Bersepada motor ada yang berboncengan 3-4 orang

    Dari beberapa masalah yang ada,saran saya adalah:
    Pada dasarnya peraturan ini tidak dapat dipaksakan akan tetapi sebaiknya ada kesadaran sendiri dari masyarakat untuk mematuhi peraturan tersebut sesuai keputusan yang telah dikeluarkan oleh POLWIL.Serta peran aktif dari pihak kepolisian untuk senantiasa mengawasi jalanya lalu lintas terutama di daerah yang rawan kecelakaan.

    Demikianlah komentar saya, atas perhatian bapak. Saya ucapkan terima kasih……

    Comment by ely endawati | September 15, 2007 | Reply

  15. Sebelumnya minta maaf ya Pak,Klo Komentar saya sedikit terlambat………….
    Bicara tentang tertib lalu lintas memang dibutuhkan kesadaran penuh bagi Pengguna lalu lintas…..dari waktu ke waktu emang tidak bisa dipungkiri bahwa transportasi merupakan salah kebutuhan masyarakat yang mobil…..

    Para pengguna lalu lintas biasanya memilih transportasi yang murah,aman, nyaman, dan efisien salah satunya adalah kendaraan bermotor roda dua…..
    Dari catatan kepolisian tentang kecelakaan lalu lintas ternyata yang palin banyak terjadi kecelakaan adalah dari kendaraan bermotor roda dua,dari kejadian tersebut dapat diambil suatu kesimpulan bahwa “Safety Riding” sangat penting diperhatikan bagi pengguna lalu lintas…….

    Untuk lebih memahamkan masyarakat tentang safety riding,langkah yang paling efisien adalah dengan sering diadakannya patroli dan opresi oleh POLANTAS karena dengan sering diadakannya patroli…maka orang yang akan berpergian dengan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat maka mereka akan berfikir berkali-kali jika berkendara……
    selain itu lankah yang sering digunakan yaitu membuat spanduk-spanduk yang menginstruksikan tentang pentingnya keselamatan dalam berkendara yang diletakkan di tempat-tempat yang strategis yang mudah dilihat dan di baca oleh pengendara…

    ” Go……..Go……….SAFETY RIDING” To safe Your Self….
    ……..Ayo Pak Polisi Tegakkan Lalu Lintas…………..

    Comment by Didik Nur Cahyono | September 16, 2007 | Reply

  16. lalu lintas di kota Surabaya khususnya, yang merupakan kota metropolitan sangat kacau kondisinya. pelanggaran, kecelakaan, dan kemacetan sudah menjadi pandangan sehari-hari kita sebagai penduduk kota Surabaya. padahal, sudah banyak POLANTAS yang berjaga-jaga dan siaga di hampir setiap sudut jalan utama kota Surabaya. akan tetapi berbagai masalah tersebut tetap tidak terhindarkan. sebenarnya, program-program yang sedang diterapkan di kota Surabaya sudah sangat cukup menarik dan mendapatkan respon yang cukup bagus dari masyarakat. seperti program KLIK “Jawa Pos” dan seharusnya polisi harus lebih gencar memberikan penyuluhan tentang bagaimana berkendara yang baik dan benar. dan polisi harus lebih tegas lagi kepada para pengendara kendaraan bermotor yang tidak patuh pada peraturan yang telah dibuat. terdapatnya spanduk-spanduk dijalan untuk mengingatkan para pengguna jalan untuk menaati peraturan lalu lintas juga bisa meningkatkan kesadaran mereka tentang peraturan lalu lintas.
    tidak hanya peraturan-peraturan saja yang bisa mengatasi berbagai masalah lalu lintas, ada juga kegiatan-kegiatan yang sifatnya “fun” yang juga bisa mengatasi masalah lalu lintas. contohnya KLIK. program tersebut menawarkan poin bagi para pengendara yang taat lalu lintas , dan semakin banyak poin yang dikumpulkan maka semakin besar kesempatan untuk mendapatkan hadiah. mahasiswa juga harus berperan aktif dalam penegakkan peraturan lalu lintas. tidak perlu membuat program yang muluk-muluk, dimulai dari kesadaran diri mahasiswa sendiri saja agar mau menaati peraturan lalu lintas. dengan banyaknya partisipasi dari masyarakat dan mahasiswa pada khususnya, maka dapat diharapkan lalu lintas Surabaya dapat dibenahi menjadi lebih baik lagi.

    Comment by Lidya Kristina | September 17, 2007 | Reply

  17. Masyarakat kita sekarang ini sangat sulit sekali untuk tertib. Tertib dalam hal apapun. misalnya saja tertib di jalan raya. toh tertib itu kan demi kebaikan kita sendiri. pemerintah kota sendiri telah membangun berbagai fasilitas-fasilitas umum agar kita tertib. seperti jemabatan penyebrangan jalan-jalan utama yang ramai dilewati kendaraan. tetapi lagi-lagi masyarakat lebih memilih menyeberang di jalan raya. dan kalau sampai ksrempet kendaraan gimana?? nyalahin pengendara motor atau mobil yang melintas, gitu??!!! bilang, pengendaranya nyetir gak bener atau ngebut2 lah… padahal kan dia sendiri yang salah.
    Masih banyak lagi lah fasilitas2 lain yang kurang dipergunakan dengan semestinya.
    Dan polintas pun tidak kalah dalam mengatasi ketidaktertiban pengendara motor yang makin tidak terkendali. Salah satunya yaitu yang lagi gencar2nya adalah Safety Riding. Dan sekarang adalah dengan pemberian hadiah-hadiah menarik bagi pengendara roda dua yang tertib dalam berkendara seperti memakain helm ‘klik’, kaca spionnya lengkap, dan berada di jalur kiri/R2. memang iya masyarakat kita mulai tertib kembali. tetapi apakah setelah program tersebut masyarakat kita akan tetap tertib????
    AYO TERTIB!!! DEMI KEBAIKAN KITA!!!

    Comment by Dewi Yuniar R | September 17, 2007 | Reply

  18. mengenai kawasan tertib lalu lintas,terutama di surabaya sebenarya sudah sesuai,tetapi pengguna jalan atau masyarakatnya sendiri yang susah di atur.saya sering melihat pengguna jalan sembarangan atau seenakmya sendiri mengemudikan kendarannya tanpa memperdulikan rambu-rambu yang ada di sekelilingnya.secara tidak langsung mereka sadari semua itu bisa membahayakan jiwa pengguna jalan yang lain.agar semua berjalan denga tertib semua itu harus di mulai dari individu masing-masing si pengguna jalan tersebut.walaupun sanksiya besar tapi masih ada yang melanggarnya,secara tidak langsung mereka tidak takut dengan sanksi yang ada.sebenarnya semua aparat sudah bekerja secara optimal, tetapi masih saja di langgar.memang benar di negara kita masyarakatya tidak takut dengan hukum yang ada.dari kalangan anak-anak sampai dewasa.

    Comment by Endang Suryati 2001 | September 17, 2007 | Reply

  19. Kawasan tertib lalu lintas ini dapat Kita jalankan dengan adanya kesadaran dari masyarakat itu terlebih dahulu, dan ketegasan dari aparat polisi lalu lintas [polantas] yang bertugas. Aparat polisi harus dapat menentukan garis batas kendaraan, apapun itu, entah motor atau mobil dan lainnya, pada setiap traffic light di Surabaya. Jika ada yang melanggar garis tersebut, akan dikenakan sanksi. Sehingga kota ini terlihat lebih rapi. Tetapi sebenarnya ide tentang pembatasan waktu yang ditunjukkan di beberapa kawasan traffic light di Surabaya itu sudah cukup bagus, hanya saja jika para pengendara itu masih tetap maju-maju ke depan, terutama pengendara motor, Kota ini akan tetap terlihat semrawut.
    Selanjutnya mengenai ketegasan aparat polantas, mereka harus tegas terhadap pengendara kendaraan yang tidak memenuhi aturan, jika memang semua pelanggar harus ditindaklanjuti di pengadilan menjadikan jadwal padat di pengadilan, maka mereka bisa mendendanya sesuai peraturan daerah. Kalau untuk saat ini belum ada[karena memang sebenarnya Saya kurang tahu akan ada atau tidaknya peraturan mengenai hal ini], maka tugas pemerintah daerahlah untuk memikirkan mengenai perihal denda tersebut. Tidak seperti saat ini, yang sifat denda lebih ke menyuap daripada sedang menjalani hukuman, melainkan memang ada aturannya, sehingga tidak masuk “kantong” polantas itu sendiri.
    Yang terakhir mengenai batas kecepatan maksimum dalam kota, baik untuk pengendara motor maupun mobil, harus benar-benar dijalankan. Memang sangat sulit untuk mengetahui dan menghukum para pelanggar satu persatu, dikarenakan begitu banyak para pengendara yang melanggar. Tetapi Kita bisa menyiasatinya dengan menggunakan media iklan di televisi yang sajiannya harus menjadi fenomenal dan mengena di benak seluruh masyarakat. Sehingga mereka akan selalu mengingat akan hal itu ketika berkendara.
    Saya kira, Saya hanya dapat mengutarakan beberapa ide di atas itu saja mengenai penanggulangan macet di Surabaya, serta menjadikan kota ini terlihat lebih indah. Sekian..

    Comment by SITTA SU’AIDAH | September 18, 2007 | Reply

  20. sebenarnya cukup sulit untuk mengendalikannya karena jumlah sepeda motor yang sangat banyak,tetapi demi ketertiban jln raya serta demi keselamatan, maka cara memasarkan ide tersebut dengan memasang spanduk2x tentang aturan2x yang diterapkan oleh pemerintah, kemudian disiarkan di TV,radio dan koran tentang aturan2x baru tersebut. dan berusaha menanamkan slogan2x tentang pentingnya tertib berlalu lintas. memasukkan aturan2x tersebut dalam MK etika peng.kepribadian,untuk SD hingga SMA melalui PPKN. minimal supaya masy bisa hapal,karena bila sudah hapal akan semakin mudah menerapkan

    Comment by irvan sulthoni haris | September 18, 2007 | Reply

  21. maaf saya mau menambahkan pentingnya adanya polantas di jalan tetapi jangan langsung menilang dulu tetapi dengan membimbing para pengendara motor supaya tertib. baru misalnya sekitar 1 bulan setelahnya yang melanggar akan ditilang. jadi adanya para polantas penting juga dalam hal membantu mengaplikasikan di lapangan tentang aturan2x baru yang dibuat oleh pemerintah

    Comment by irvan sulthoni haris | September 18, 2007 | Reply

  22. Ass.Wr.Wb

    …..wuuaahhh!!!klo bicara masalah safety riding dalam lalu lintas di Indonesia khususnya daerah SURABAYA tercinta!!! mungkin sangat sulit bagi saya untuk mendikripsikan dan memberi ide jika dilihat dari bahasa marketing…sebab kapasitas saya mengenai informasi tersebut sangat minim_waktu mengurus sim aja saya tidak ikut tes soalnya saya diurusin ama orang(makelar), jadi masalah2 tata tertib lalu lintas, saya sangat awam_duh2…..malu banget nech!!!

    Tapi kalo dilihat dari perilaku pengendara khususnya di daerah SBY_saya kira masyarakat sby kurang sekali memperhatikan keselamatan dalam berkenadra. Hal itu dikarenakan oleh beberapa faktor a.l :
    1 ) Minimnya pengetahuan masyarakat SBY tentang tata tertib
    berlalu lintas.
    2 ) Muncul opini-opini bahwa aparat hukum (POLANTAS)
    suka meresahkan public pengguna jalan raya.
    – Masyarakat menganggap polisi suka mencari-cari
    kesalahan untuk mendapatkan uang dari hasil TILANG
    – Mereka juga beropini kalau polisi adalah pelaku KORUP
    yang beralmamater hukum
    Sehingga masyarakat menjadi pusing dan malah suka
    melanggar peraturan2 yang ada.
    3 ) Munculnya kelompok2 pemuda yang membentuk CLUB
    MODIF sepeda motor tertentu_yang saya kira mereka
    kurang memperhatikan safety(keselamatan)buktinya:
    a. Tidak menggunakan spion_karena dianggap
    lebih keren.
    b. Menggunakan ban berukuran MINI (kecil).
    c. Menggunakan tambahan2 aksesoris sepeda
    motor yang membuat kurang nyaman dalam
    berkendara.
    d. dsb….

    …..Hal itu merupakan sebagian keci faktor-faktor yang menyebabkan rentannya kecelakaan sebagai akibat dari kelalaian khalayak . Tapi hal itu dapat di MINIMALISASI dengan memperbaiki infrastruktur jalan raya dan hukum yang berlaku. Agar masyarakat merasa diberikan service yang baik oleh Pemerintah. Dengan begitu tingkat Confidence masyarakat terhadap kinerja aparat yang berwenang semakin MANTAP.

    …saya berharap para Bapak-Bapak Polisi agar bertindak sesuai prosedur yang berlaku khususnya dalam urusan tata tertib lalu lintas hal itu akan menimbulkan IMAGE yang baik dalam pandangan masyarakat. Kalau antara public dan aparatur negara terjadi relationship yang baik, maka tidak menutup kemungkinan terjadi suasana yang kondusif dalam LALU LINTAS jalan raya….PASTI-nyaaa!!!! jumlah kecelakaan jalan raya dapat di minimalisasi_oh iya!!! Sebaiknya kita harus mencontoh negara2 seperti Malaysia dan Singapura, meskipun mereka negara kecil tapi pemerintahan mereka dapat menciptakan masyarakat tertib hukum. Mungkin hukum di sana lebih bersifat tegas dan memberatkan-jadi dengan begitu warga mereka takut untuk melanggar hukum.

    ……TIDAK seperti di Indonesia hukum dapat di BELI dan Aparatur negara mudah disuap_Buktinya:
    Dari pengalaman pribadi saya_waktu itu saya hendak pulang dari rumah dengan mengendarai sepeda motor. Memang sich saya bagian dari masyarakat kurang tertib hukum, saat itu sepeda saya tanpa spion di tengah perjalanan ech…!!! ada operasi sepeda motor…. akhirnya saya menepi dan pak Polisi memeriksa kelengkapan surat2 sepeda saya. Anehnya setelah pak polisi tadi melihat STNK dan SIM dia mengalihkan perhatian ke sepeda terutama pada bagian spion_(khan spion saya tidak saya pasang)_lebih anehnya lagi dia langsung berkata”Mas, 25.000″_kalimat yang singakat dan sangat lugas_truzz saya tanya”Lho pak kenapa?”, dia jawab”Spionnya mana? kalau titip memang segitu dendanya”tanpa bosa basi saya langsung memberikan uang 25.000_di situ saya masih bingung koq gak di kasih kartu tilang(dalam hati berkata)tapi saya tidak menanyakannya soalnya keburu ditunggu Ibu tercinta di rumah.

    ……Dari pengalaman pribadi ini saya berfikir kalau hukum di Indonesia Koq gini!!!Capek dech……..!!!!!!!,,,, lebih baik “TITIP” dari pada repot2 bayar ke pengadilan(pikir saya)_bukan maksud NYINDIR aparat Lho!!!_tapi kalo ada yang merasa tersindir YAch…maap dech!!!!Ok…..

    …Tapi saya yakin koq kalau aparat sekarang ini tidak berperilaku seperti ini_PASTI_soalnya sekarang ini banyak keluar peraturan2 PERDA baru menyikapi masalah2 yang terjadi dalam LALU LINTAS….GOOD LUCK to bapak2 POLISI yang bertugas dan kepanasan demi lancarnya lalu lintas jalan_trim’s atas JASA – JASA mu…….saya menulis ini agar dapat dimanfaatkan semua elemen masyarakat untuk bahan INSTROPEKSI, jangan selalu berpikir buruk pada POLISI mereka kan juga manusia pasti punya kekuranagan dan kelebihan_jadi kita harus merubah PARADIGMA lama tentang image buruk POLISI.

    Ayo……..!!!!!!! Teman-Teman mulai sekarang kita harus turut serta membantu tugas POLISI demi lancarnya LALU LINTAS dan menjadi masyarakat tertib hukum.Ok! galakkan SAFETY RIDING mungkin kita menjadi salah satu pengendara beruntung masuk koran JAWA POS dan dihubungi MBAK TITIN…….haX10….heX20….ok prend’s jangan lupa lho beneran yach nanti kalau tidak temen2 jadi Malin Kundang_Lho bicaraku koq tambah ngawur_wes…udach yach DaX2…

    Wss.Wr.Wb

    Comment by Feri Setiawan | September 18, 2007 | Reply

  23. Selamat Malam Bapak……KawasanTertib Lalu-lintas(KTL)itu sangat-sangat berarti karena dengan kita bisa tertib dalam berlalu-lintas maka setidaknya kita bisa menghargai diri kita sendiri maupun orang lain ataupun kita juga akan terhindar darisuatu masalah sepertihalnya “Kecelakaan”.Selain itu dengan adanya ketertiban lalu-lintas maka kita juga diajarkan disiplin maupun tanggung jawab karena kita sudah mentaati peraturan yang ada maka kita sudah menjalankan suasana disiplin dalam berlalu-lintas dan juga kita sudah menjalankan tanggung jawab kita sebagai Warga Indonesia yang baik.Jika kita perduli degan keselamatan kita maka setidaknya kita juga harus mentaati peraturan yang ada.Seperti kita ketahui banyak orang-orang khususnya orang indonesia meninggal karena kecelakaan,penyebab dari kecelakaan yang ada karena faktor dari orang yang bersangkutan.oleh karena itu menurut saya kawasan Tertib Lalu-Lintas(KTL)sangat berarti buat diri kita terutama keselamatan kita.

    Comment by Dwi Indah P Sari | September 18, 2007 | Reply

  24. Jika melihat kawasan tertib lalu lintas khususnya di kota metropolis seperti kota surabaya dan kota- kota besar lainnya,sangatlah rumit dan padat. Karena begitu banyaknya para pengguna kendaraan bermotor yang lalu lalang dengan seenaknya dan jika pada waktu pagi hari di mana semua orng memulai dengan aktifitasnya berebut ingin mendahului dan segera ingin sampai ke tempat tujuan yang di tuju, sering mengabaikn perintah terhadap kawasan tertib lalu lintas. Itulah yang menyebakan sulitnya para pengguna kendaraan untuk mematuhi perintah atau rambu- rambu yang ada. kesadaran diri dan rasa tanggung jawab yang kurang membuat banyak hal yang terjadI. Diantaranya ada kecelakaan lalu lintas dan berbagai hal yang lain.

    Maka dari itu kita sebagai penerus generasi mudah hendaknya sejak dini mematuhi peraturan- peraturan yang berlaku. dan dengan adanya kawasan tertib lalu lintas harap lebih diperhatikan dengan lebih baiik dan bisa menjadikan kita dalam berkendara menjadi lebih mudah.

    Comment by Ariza Anggraini | September 18, 2007 | Reply

  25. MACETTTT????!!!wah tu c dah hal yg biasa palg bt negara kita ne…peraturan lalu lintas yg d tetapkn oleh pemerintah sepertinya hny selayang pandang saja bagi masyarakat…cz mgkn jg d karenakn oleh adanya polisi yg mo d suap lalu dgn mudah nglepas mreka yg aslinya kena hukuman…hal sprti tu mstinya hrs d cegah mulai skrg… JIKA INGIN MASYARAKATNYA MENTAATI PERATURAN YG DAH ADA&JIKA PARA APARAT KEPOLISIAN YG D TUGASKN MENERTIBKAN LALU LINTAS TSB INGIN D HORMATI OLEH MASYARAKAT…

    Comment by francisca maria kristina | September 19, 2007 | Reply

  26. Dalam kehidupan bermasyarakat di kota Surabaya ini, agaknya sudah bukan menjadi hal yang menggagetkan apabila lalu lintas dikota metropolis seperti ini sangatlah ramai dan terkadang tidak beraturan ( kalau orang Surabaya mengatakan SEMRAWUT). Dalam kehidupan seperti ini tidak dapat dipungkiri menjadikan Surabaya sebagai tempat bisnis kedua setelah Jakarta, sehingga kepadatan lalu lintas tidak dapat terelakan.

    Berbicara tentang kemacetan pikiran kita langsung tertuju pada jalan-jalan yang ada dikota Surabaya terutama dipusat kota seperti jalan darmo, basuki rakhmat, dsb. Apakah pengguna jalan sudah menaati rambu-rambu lalu lintas yang telah ada??? realitas yang terjadi saat ini banyak sekali kecelakaan yang terjadi, hal ini sudah tidak dapat terelakan karena para pengguna jalan kurang mematuhi peraturan tata tertib lalu lintas. Pihak kepolisian pun sudah berusaha untuk mencegah kemacetan dengan cara mengadakan program penyuluhan tentang pentingnya berlalu lintas dengan tertib, mengadakan safety riding dan klik. Upaya yang dilakukan pihak kepolisian sampai sejauh ini sudah memperlihatkan hasil yang positif.

    Sebagai generasi muda kita seharusnya memiliki jiwa kesadaran akan tertibnya berlalu lintas agar tercipta situasi yang aman dan tertib karena pada dasarnya kita juga membantu pihak kepolisian agar tidak terjadi kemacetan dimana-mana.

    “LETS GOOOOOOOO GUYS KITA GALAKKAN TERTIB BERLALU LINTAS”

    Comment by santy | September 20, 2007 | Reply

  27. Agar KTL dapat berjalan lancar,menurut saya ;
    1.Dengan membuat jalur khusus sepeda, mobil, dan pejalan kaki,biar tidak RIBET, kemudian di tengah-tengahnya ada penghijauan biar tidak banyak POLUSI.
    2.Sedikit memperlebar jalan raya, biar tidak MACET.
    3.Mempertegas peraturan secara langsung bagi masyarakat pengguna jalan yang tidak taat pada peraturan. terutama bagi yang tidak memakai helm dan tidak mempunyai SIM.
    SAYA RASA CUKUP SEKIAN SEMOGA MASYARAKAT INDONESIA SADAR DIRI DAN DAPAT MELAKSANAKAN KTL DENGAN BAIK!!!!!!!!!!!

    Comment by liona eralong | September 28, 2007 | Reply

  28. Ada sebuah cerita, ” Kek, abiz qta makan, lalu qta ngapain kek ?? Lalu apa ya cu ??? Lalu lintas mungkin cu……!!!????!!!! ( Cucu : ” Lho Koq ? ” )
    Ya mungkin kakekx itu mantan polantas kali yach.. jadi terngiang 2 trz..
    Gpp… Tua – Tua Keladi…. Makin tua Makiiiiinn Menjadi….. ( Dikutip dari sebuah pantun …)
    Kalau tua kakek yang tua bisa berjiwa muda, bisa gak qta lebih berjiwa muda pwol dalam berlalu lintas.
    Kakek tadi masih rajin promo ke cu2x, qta2 hrs tmbh rajin promo ke pak polisi..
    byar mereka tmbh sayang sama qta, byar pengendara lain juga sayang sama produk qta ….
    Produk ???
    iya, qta ini produk yang kweren abiz low awalnya…
    Tapi, klo lebih dipolesin lagi ma Responsible Riding yang tmbh +++ kwerenx, maka qta juga berhasil memasarkan diri sendiri, jadi perhatian pengendara lain, dan akhirnya mereka langsung sadar n insaf dengan membeli ” produk” qta dengan mencontekx ( Tabungan masa depan = pahala ), pake helm yg bner, jaket, sarung tangan dll, dan akhirnya dapet duit ( klo kepotret ma kru ” JP ” (oopz!!) )
    Enak khan???
    Makanya, beli produk saya…!!!!
    Dijamin selamat dunia akhirat….!!!
    Amin!!

    Comment by siti fatimah | September 28, 2007 | Reply

  29. Ada sebuah cerita, ” Kek, abiz qta makan, lalu qta ngapain kek ?? Lalu apa ya cu ??? Lalu lintas mungkin cu……!!!????!!!! ( Cucu : ” Lho Koq ? ” )
    Ya mungkin kakekx itu mantan polantas kali yach.. jadi terngiang 2 trz..
    Gpp… Tua – Tua Keladi…. Makin tua Makiiiiinn Menjadi….. ( Dikutip dari sebuah pantun …)
    Kalau tua kakek yang tua bisa berjiwa muda, bisa gak qta lebih berjiwa muda pwol dalam berlalu lintas.
    Kakek tadi masih rajin promo ke cu2x, qta2 hrs tmbh rajin promo ke pak polisi..
    byar mereka tmbh sayang sama qta, byar pengendara lain juga sayang sama produk qta ….
    Produk ???
    iya, qta ini produk yang kweren abiz low awalnya…
    Tapi, klo lebih dipolesin lagi ma Responsible Riding yang tmbh +++ kwerenx, maka qta juga berhasil memasarkan diri sendiri, jadi perhatian pengendara lain, dan akhirnya mereka langsung sadar n insaf dengan membeli ” produk” qta dengan mencontekx ( Tabungan masa depan = pahala ), pake helm yg bner, jaket, sarung tangan dll, dan akhirnya dapet duit ( klo kepotret ma kru ” JP ” (oopz!!) )
    Enak khan???
    Makanya, beli produk saya…!!!!
    Dijamin selamat dunia akhirat….!!!
    Amin!!!

    Comment by siti fatimah | September 28, 2007 | Reply

  30. Ada sebuah cerita, ” Kek, abiz qta makan, lalu qta ngapain kek ?? Lalu apa ya cu ??? Lalu lintas mungkin cu……!!!????!!!! ( Cucu : ” Lho Koq ? ” )
    Ya mungkin kakekx itu mantan polantas kali yach.. jadi terngiang 2 trz..
    Gpp… Tua – Tua Keladi…. Makin tua Makiiiiinn Menjadi….. ( Dikutip dari sebuah pantun …)
    Kalau tua kakek yang tua bisa berjiwa muda, bisa gak qta lebih berjiwa muda pwol dalam berlalu lintas.
    Kakek tadi masih rajin promo ke cu2x, qta2 hrs tmbh rajin promo ke pak polisi..
    byar mereka tmbh sayang sama qta, byar pengendara lain juga sayang sama produk qta ….
    Produk ???
    iya, qta ini produk yang kweren abiz low awalnya…
    Tapi, klo lebih dipolesin lagi ma Responsible Riding yang tmbh +++ kwerenx, maka qta juga berhasil memasarkan diri sendiri, jadi perhatian pengendara lain, dan akhirnya mereka langsung sadar n insaf dengan membeli ” produk” qta dengan mencontekx ( Tabungan masa depan = pahala ), pake helm yg bner, jaket, sarung tangan dll, dan akhirnya dapet duit ( klo kepotret ma kru ” JP ” (oopz!!) )
    Enak khan???
    Makanya, beli produk saya…!!!!
    Dijamin selamat dunia akhirat….!!!
    Amin!!!
    QQ

    Comment by siti fatimah | September 28, 2007 | Reply

  31. banjir da kemacetan merupakan hal yangntidak asing lagi bagi masyarakat surabaya. beberapa langkah dan antisipasi telah di lakukan oleh pemda suarabaya tetapi langkah -langkah itu tidak pernah berjalan dengan efektif.

    hal itu tidak akan nerjalan dengan efektif tanpa adanya kesadaran dari masyarakat surabaya sendiri.
    ]
    aturan yang baru-baru ini di terapkan oleh pemda surabaya.merupakan hal yang sangat saya setujui karena dengan adanya aturan tersebut maka akan mengembali kan citra kota surabaya sebagai kota hijau. citra tersebut telah lama hilang hal itu di karenakan kurang bertanggung jaawabnya
    masayarakat surabaya tehadap lingkungannya.

    saya berharap dengan di terbitkannyaaturan baru terhadap lingkungan bagi nmasyarakat surabaya akan berjalan secara efektif. amiiiin

    Comment by amaal | October 8, 2007 | Reply

  32. Ass.wr.wb.
    Ok….sekarang kita membicarakan masalah Kawasan Tetib Lalulintas (KTL)
    Bagi pengendara sepeda motor, sebaiknya mengikuti aturan-aturan yang berlaku. Seperti yang kita ketahui, saat ini kendaraan roda 2 sangatlah banyak di kota-kota besar. Karena kendaraan roda 2 ini, lebih cepat menuju lokasi yang kita inginkan daripada mempergunakan mobil yang kemungkinan terhambat oleh kemacetan.
    Diberlakukannya KTL itu agar pengendara mobil dapat terhindar dari kemacetan selain itu KTL juga dipergunakan sebagai cara agar pengendara roda2 lebih tertib berada di jalanan.
    Cara agar program ini dapat berhasil yaitu pertama yaitu polisi jangan segan-segan untuk memberikan surat tilang bagi mereka yang melakukan pelanggaran, sehingga hal tersebut dapat menimbulkan efek jera pada mereka. Yang kedua menurut saya yaitu dengan sering-sering mengingatkan mereka, seperti program “klik” yang dulu diadakan Jawa Pos. sehigga masyarakat lebih berhati-hati dalam berkendara. Yang ketiga mungkin juga dengan memasang poster-poster besar yang berisi gambar-gambar di jalan mengenai enaknya jika kita mengikuti peraturan-peraturan lalulintas atau kejadian-kejadian yang kita alami jika kita tidak mengikuti peraturan yang berlaku. letak KTL menurut saya sebaiknya di kawasan- kawasan yang Padat lalulintas. Dan cara mahasiswa dalam mempromosikan Ide KTL ini yaitu dengan memberikan brosur-brosur di jalanan sekitar kota, dan lebih mengikuti peraturan yang ada.
    Sekian dulu pendapat saya semoga bermanfaat bagi sita semua (amin…….)terima kasih.
    Wss.Wr.Wb

    Comment by Haryo | October 11, 2007 | Reply

  33. aslkm..
    menurut saya progam2 yang diterapkan pihak polisi dari program klik atau tilang sudah membuah para penguna jalan raya baik yang mengunakan mobil atau motor sudah efektif.hampir 70% darim penguna jalan raya di surabaya dipenuhi dengan motor dan selebihnya mobil.tapi kadang bayak motor2 yang kurang mengerti arti peringatan tersebut mereka kira hanya untuk menakut-nakuti para pengemudi motor,padahan angka kecelakaan paling besar adalah penguna motor.saya juga ingin sedikit mengomentari pihak polisi yang berada di sekirat daerah somolo waru kadang polisinya sedikit mengunakan kekerasan,apabila ada penguna motor atau penguna mobil yang ngawur,seharusnya langsung saja di tilang atau dikenakan sangsi. cup sekian trim..

    Comment by zulfi ramadhan(2006310161) | October 23, 2007 | Reply

  34. Ass..
    Saya sebagai orang Surabaya sangat senang sekali dan bangga jika Surabaya menjadi kota yang tertib kawasan lalu lintas. Hal itu InsyaAllah dapat terwujud jika para pemakai jalan dan para petugas lalu lintas juga tertib dalam manaati peraturan yang ada. Buat Pak Polisi jangan di budayakan menerima suap dari pengguna jalan yang melakukan pelanggaran. Kalo’ memang pengguna jalan tersebut salah, silahkan di tilang. Dan buat pengguna jalan, jika salah jangan pernah juga menyuap polisi, terima aja tilang yang dikenakan polisi . Jika Hal tersebut sama- sama dilakukan oleh kedua belah pihak, baik aparat maupun pengguna jalan. InsyaAllah Surabaya akan menjadi kawasan tertib lalu lintas.Amin

    Comment by Marika | October 25, 2007 | Reply

  35. ass…wr.wb
    singkat saran saya, karena masalah ketertiban ini erat kaitanya dengan kedisiplinan, sedangkan masyarakat indonesia sangat sulit untuk diajak untuk disiplin atau berlaku tertib di kehidupannya…..
    dewasa ini yang tampak adalah masalah tentang ketertiban lalu lintas yang sudah menjadi masalah akut sekarang ini. bagaimana tidak, pak polisi yang biasanya bekerja sanati, kini dituntut bekerja extra demi tercapai ketertiban seperti apa yang telah diharapkan……
    kerja extra pak polisi dianggap sia2 jika melihat permasalahan kebelakang, bahwa masyarakat indonesia sekarang ini sangat sulit untuk diajak tertib…..
    jika sudah begini instansi-instansi yang terkait harus memutar otak dan berpikir extra….bagaimana caranya agar pengendara jalan mau diajak kompromi..???
    satu contoh, perusahaan media jawa pos, akhir2 ini gencar memberikan kampanye untuk KTL……
    saran saya agar kampanye selanjutnya bisa berjalan lancar dan sukses dilakukan, para pengendara yang sebagian besar adalah pengendara motor ini harus diberi perhatian lebih, karena seringkali kita lihat banyak pengendara motor yang ugal-ugalan di jalan, jika sudah begini pihak terkait harus menggunakan cara halus untuk mengambil hati para pegendara, setiap perhentian khusus misalnya, para pengendara yang tertib diberikan satu kejutan atau berupa hadiah langsung yang dapat diberikan…..
    sehingga dengan begitu, mungkin keesokan harinnya banyak pengendara lain yang meniru dengan mencoba tertib dijalan raya……..
    sekian—–

    Comment by Achmad Fauzi | October 27, 2007 | Reply

  36. assalamualaikum,wr.wb

    memasarkan KTL memang susah -susah gampang. sperti yang telah saya katakan seblumnya jika dalam pemasarn untuk mencapai target yang tepat maka pahami dulu kondisi pasar dalam berbagai sisi.baik dari sisi budayanya, sosialnya, Tingkat SDM nya ,Tingkat ekonominya dan sisi yang lain. To the poinnya untuk mensukseskan budaya Tertib Lalu lintas seperti KB(keluarga Berencana)dengan melihat kondisi tingkat awareness masyarakat saat ini, cma satu yang paling efektif. yakni:
    Paksakan Kebiasaan itu dengan perketat HUKUM.

    utuk menunggu masyarakat kita menjadi sadar akan pentingnya tertib berlalu lintas akan terlalu lama. Paling cepat gunakan media untuk memasarkan hukum/pidana yang akan mereka dapat jika tidak tertib berlalu lintas. setelah itu tunjukkan pula realita nyatanya dengan penerapan nyata dilapangan oleh aparat untuk menindak tegas segala pelanggaran.dan ekspos besar-besaran di media akibat pengguna jalan yang melanggar. saya rasa itu sudah cukup efektif dengan membuat para pengguna jalan utuk tertib berlalu lintas…..

    wassalammualikum wr.wb

    Selamat Idul Fitri 1429 H
    Mohon Maaf Lahir Batin

    Comment by M.Satria A | September 24, 2008 | Reply

  37. Selamat siang,,pak yudi
    Rasanya memang sangat penting sekali menciptakan kawasan yang tertib lalu lintas, sebab kendala yang sering terjadi adalah adanya kemacetan lalu lintas. Tata tertib lalu lintas perlu ditegakkan mulai dari memotivasi diri si pemakai jalan untuk tetap selalu berada pada jalur yang benar. sepertinya,,,,memasarkan atau memberlakukan hukum perlu lebih digalakkan. Karena hal yang bersifat memaksa akan lebih membuat si pemakai jalan sadar bahwa mereka haruslah menciptakan KTL baik untuk kepentingan diri sendiri maupun orang lain. Dengan memperhatikan aspek budaya dan sosial yang sudah ada dan berkmbang dikawasan sekitar, aparat hukum harusnya dapat membuat semua ini menjadi suatu kebutuhan yang nantinya akan berkembang lagi menjadi suatu kebiasaan si pemakai jalan. salah satu cara/alternatif jitu untuk menciptakan KTL ialah dengan memberikan himbauan (visual maupun verbal)yang belandaskan hukum di berbagai media dan memberikan AWARD bagi mereka yang telah menaati peraturan lalu lintas yang ada. DEngan contoh, menampilkan wajah mereka pada halaman depan koran, dengan begitu sipemakai jalan itu bahkan pengguna jalan lainnya akan lebih memotivasi mereka sendiri untuk menjadi seorang pemakai jalan yang lebih baik dan akan berlomba-lomba dalam menciptakan kawasan yang tertib lalu lintas. Tentunya hal ini sangat akan menguntungkan bagi semua kalangan, baik si pemakai jalan maupun si pengatur jalan.

    Comment by Kartika Triana Putri (2007310083) | September 25, 2008 | Reply

  38. Selamat siang Pak Yudi,,,
    Tertib dalam berlalu lintas adalah hal yang sulit diterapkan di negara kita terutama di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya dengan jumlah penduduk yang sangat padat dan luas wilayah yang tidak sebanding dengan banyaknya transportasi atau pengguna jalan raya. Adapun ekspansi wilayah yang sering kali dilakukan untuk pembangunan gedung-gedung, perumahan, dan lingkungan bisnis lainnya. Peraturan tanpa penerapan pun tidak akan dapat merealisasikan kawasan yang tertib lalu lintas. Adapun beberapa cara memarketkan KTL dengan membuat peraturan yang tidak memperbolehkan PKL berdagang sembarangan di pinggir jalan yang dominan padat kendaraan. PKL hendaknya dibuatkan tempat khusus sehingga tidak mengganggu kawasan lalu lintas. Selain itu hukuman bagi pelanggar lalu lintas hendaknya benar-benar dijalankan tidak hanya untuk menakut-nakuti saja. Hal di atas tentu saja tidak lepas dari keikutsertaan aparat dalam mengawasi keadaan jalan raya. Alangkah baiknya jika dapat dilakukan ekspansi jalan raya dengan membuat jembatan layang/ jalan alternatif. Pemasangan plakat akan tertib lalu lintas tetap dibutuhkan sebagai cara tertulis dalam memarketkan dan membuat para pasar sadar akan tata tertib lalu lintas. Baik itu tentang sanksi bila melanggar, cara tertib lalu lintas dengan ilustrasi-ilustrasi yang menarik sehingga dapat menarik atensi dan berusaha untuk menjalankannya. Selain itu, keadaan jalan raya dapat dibuat seindah dan semenarik mungkin baik dengan adanya pohon-pohon di pinggir jalan dan taman atau air mancur di tengah kota, dsb, agar mereka tetap merasa sefty dalam mengendarai.

    Terima Kasih….
    Selamat siang,,,

    Comment by Anike Wulan Sari (2007310100) | September 25, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: