Y u d i S u t a r s o

Kuliah Manajemen Pemasaran

Deskripsi manajemen pemasaran Gasal 07/08(kelas F)

Mata kuliah ini bertujuan agar Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan secara komprehensif berbagai konsep dasar dalam manajemen pemasaranmulai dari analisis lingkungan, penyusunan strategi dan bauran pemasaran serta mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam bentuk contoh-contoh konkrit dalam praktek manajemen pemasaran perusahaan. Mata kuliah ini menggunakan proses perkuliahan baik melalui off line dikelas maupun online melalui blog. Mahasiswa diharapkan aktif pada dua jenis perkuliahan, dan diharapkan menyampaikan alamat email-masing-masing. aktif memberikan komentar dan diskusi di blog yang telah disediakan. Perkuliahan di blog juga dapat dikuti siapa saja yang berminat dan ingin terlibat dalam perkuliahan ini.

Kepada mahasiswa diingatkan agar memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang selama ini untuk proses belajar-mengajar. Kelak berbagai keterampilan penggunaan media ini akan membantu dalam karir dan kehidupan Anda. Mudah-mudahan bermanfaat dan selamat belajar.

Beberapa bahan pedoman perkuliahan dapat didownload dibawah ini.

Kontrak pembelajaran manajemen pemasaran (F) 07/08

Panduan presentasi

Panduan Penilaian

September 6, 2007 - Posted by | Manajemen Pemasaran

24 Comments »

  1. Saya sangat setuju sekali dengan tugas-tugas ataukah info-info yang diberikan lewat blog.Dengan ini, mahasiswa dapat mengetahui kehidupan global secara nyata,salah satunya bergabung dengan dunia internet,dunia yang tak asing lagi dibumi ini,dunia yang harus kita kenal,bagaimana pun alasannya.

    Jujur,saya hobby sekali pergi ke warnet.saya pernah hampir tiap hari menghampiri warnet untuk mencari info-info yang menarik selain itu jg chat.hehehe………

    Beruntung sekali saya mendapatkan mata kuliah manajemen pemasaran yang metodenya menyangkut masalah internet dalam setiap langkah yang akan diberikan.

    Buat pak yudi,jangan bosan-bosan menampilkan info-info terbaru seputar pemasaran yang dapat mengubah pola pikir mahasiswa untuk menjadi kreatif,kritis dan berdaya saing tinggi.

    Comment by revi arfamaini | September 7, 2007 | Reply

  2. Tentang kontrak pembelajaran manajemen pemasaran ini saya sangat merespon positif. Sekalian dng ini bisa menambah wawasan mahasiswa tentang perkembangan IT.

    Walaupun saya bisa dikatakan jarang ngenet, tapi dengan sistem pembelajaran ini bisa mendekatkan saya dengan dunia internet.

    Diharapkan kepada pak YUDI sistem ini dapat dijalankan oleh mahasiswa didikan bapak

    Comment by arie budi kusuma | September 7, 2007 | Reply

  3. saya rasa penerapan tugas melalui email dan blog melalui internet ini sangat baik karena lebih efektif dan efisien serta relevan sesuai dengan perkembangan jaman pada saat ini. selain itu juga memberikan nuansa yang baru bagi mahasiswa. Apalagi ini mengenai manajemen pemasaran dalam memperkenalkan/mempromosikan produk maupun bisnis pada kalayak ramai yang tidak hanya dalam satu wilayah negara saja.sehingga dapat menambah ide dan wawasan mahasiswa di bidang manajemen pemasaran dengan info-info yang diberikan melalui blog tersebut.

    sudah terbukti bahwa pemasaran melalui internet jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan melalui media selain internet.

    terus terang…meskipun pengetahuan saya tentang komputer itu sendiri masih minim dibanding dengan teman-teman saya yang lain,tapi karena saya suka yaa..di buat have fun aja!

    Comment by fifit darmayanti | September 8, 2007 | Reply

  4. Assalamu Alaikum wr wb,selama kuliah di PERBANAS,bapak adalah dosen pertama yang mempunyai blog seperti ini dan memberikan tugas lewat blog ini,ini keren banget pa…selain praktis juga lebih canggih menjadikan kami lebih sering kewarnet biar tidak gaptek,
    terimakasih juga saya ucapkan karena dengan tugas yang bapak berikan akhirnya saya menambah pos pengeluaran bulanan saya untuk kewarnet tapi itu tidak masalah karena akan lebih banyak mendapat manfaat dari tugas-tugas matakuliah ini dibandingkan dengan biaya kewarnet.

    Comment by HENY LA POPO | September 9, 2007 | Reply

  5. hehehe
    menurut saya ini hal yang langka dalam proses [pembelajaran yang baru karena ini dapat meningkatkan kinerja mahasiswa baik secara langsung maupun tidak. so ini bagus sekali menjadi bahan materi pak
    tahnx

    Comment by suprianto | September 12, 2007 | Reply

  6. menurut saya sangat bagus ekali gagasan untuk mata kuliah ini dengan cara on line, dikarenakan agar para mahasiswa-wi dapat mengoprasikan internet dengan benar supaya mereka tidak gagap tentang perteknologian yg ada sekarang…………
    so..tingkatkan cara pembelajaran dengan metode seoerti ini…….

    Comment by wahyu yustiharja | September 13, 2007 | Reply

  7. saya sih setuju2 saja, tapi ya begitu… ada tetapinya!!
    menurut saya cara yang on line seperti ini ada kekurangannya, yaitu :
    1. Memakan biaya, alasannya karena setiap kali ke warnet kan tidak gratis.
    2. Tidak tahu kapan ada tugas yang baru, karena saya juarang banget ke warnet kecuali ada tugas
    Demikian pandapat dari saya.
    Kurang dan lebihnya SAYA MOHON MAAF YANG SEBESAR2NYA.

    Comment by liona eralong | September 14, 2007 | Reply

  8. Saya sangat setuju sekali dengan adanya email dan blog ini karena dengan cara seperti ini saya bisa lebih mengefisiensi waktu, dan disamping itu mahasiswa memperoleh tambahan wawasan tentang berita apa yang terjadi pada saat ini. Dan sudah banyak sekali yang bilang kalau pemasaran lewat internet jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan melalui media selain internet. Sekian pendapat dari saya…

    Comment by siti fatimah | September 14, 2007 | Reply

  9. ASSALAMU ALAIKUM WR.WB
    dengan majunya IPTEK yang berkembang sangat pesat saya sangat setuju dengan adanya sistem pembelajaran seperti ini (blog). selain itu, dengan adanya sistem pembelajaran seperti ini dapat memberikan pegetahuan serta ketrampilan yang berbasis komputer. Perlu ditingkatkan pada semester-semester berikutnya…..

    jujur saja,,,,,,,,,,,, meskipun kadang ngantuk tapi saya tidak lupa kewarnet untuk mendownload tugas dari bapak he..he..he.. thank you pak Yudi….

    Comment by SYIFA | September 14, 2007 | Reply

  10. Ass.Wr.Wb

    Bila dilihat dari sudut pandang global, teknologi saat ini sudah maju dengan pesat banyak sekali manfaat yang kita dapat. Sehigga saya sangat,sangat setuju dengan sistem pembelajaran melalui blok. Karena dengan begitu tidak dikhwatirkan kita akan ketinggalan tentang informasi IPTEK&kita tidak akan takut lagi bersaing bila masuk ke dalam dunia kerja. Karena kita sudah mengetahui tata cara pembelajaran(blok).
    Itu saja yang bisa saya sampaikan.Sekian&terima kasih.

    Comment by ELY ENDAWATI | September 17, 2007 | Reply

  11. wah… baru kali ini saya menjumpai ada materi perkuliahan yang juga disampaikan secara online atau melalui sarana teknologi seperti manajemen pemasaran ini. saya cukup senang dan bangga saya bisa mengikuti manajemen pemasaran klas F saat ini karena tidak hanya mendapatkan ilmu atau informasi tentang marketing namun juga sekaligus bisa mempelajari dan memanfaatkan IPTEK. dengan begitu, saya bisa menjadi seorang mahasiswa yang berkualitas tidak hanya pada pengetahuannya namun juga skill teknologinya. manajemen pemasaran kelas F ini sangat menguntungkan saya pada berbagai bidang, terutama yang saya rasakan bertambahnya wawasan saya tentang internet.

    Comment by Lidya Kristina | September 17, 2007 | Reply

  12. Menurut saya, ide bapak dalam menggunakan fasilitas internet sebagai sarana perkuliahan sangat sangat bagus sekali. Disamping efisien waktu dan kertas (hehehe), proses perkuliahan online semacam ini memberikan manfaat kepada kita sebagai generasi muda agar tidak GAPTEK alias gagap teknologi karena teknologi sekarang ini sangat cepat sekali berkembang dan berubah.
    Ya jujur aja nee.. saya jarang banget ke warnet. Kalo nggak ada yang ngajak ke warnet ya gak ke warnet. Abis kadang2 warnet yang saya datengin, LOLA banget alias Loading Lama. jadi malez ke warmet.
    Sekali lagi.. Cara ini TOP BGT…

    Comment by Dewi Yuniar R | September 17, 2007 | Reply

  13. Assalam Mualaikum Wr. Wb.

    Bapak, saya sangat setuju sekali dengan apa yang bapak terapkan sekarang ini. Dengan cara seperti ini mahasiswa maupun mahasiswi dapat dan lebih mengetahui tentang informasi – informasi yang ada di luar sana dan agar mahasiswa dapat mengenal tentang dunia maya. Agar mahasiswa sekarang tidak ketinggalan jaman atau ketinggalan informasi baik dari bapak atau dari luar.

    Banyak sekali manfaat yang saya dapat dari metode yang bapak terapkan ini mulai dari lebih tahu tentang internet, lebih mudah mendapatkan informasi yang saya inginkan dll. serta ini juga mendidik mahasiswa agar siap menghadapi persaingan dalam mencari suatu pekerjaan

    mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan dan saya sangat setuju sekali dengan metode yang bapak terapkan dengan pembelajaran blok melalui media internet. Terima Kasih

    Comment by dian kusuma | September 17, 2007 | Reply

  14. jujur saja sebenarnya pegiriman tugas lewat e-mail lebih bagus dan efektif,selain biayanya murah dan juga tidak banyak membuang waktu. selain hal di atas kalau kita sering ke internet secara tidak langsung menambah wawasan yang ada,soalnya di zaman sekarang semua serba canggih.

    Comment by Endang Suryati 2001 | September 17, 2007 | Reply

  15. Saya cukup excited dengan sistem perkuliahan on-line seperti ini, yang memang harus Kita lakukan untuk menghindari ketertinggalan perkembangan zaman di era seperti sekarang ini.
    Yang membuat Saya lebih setuju adalah kebutuhan para mahasiswa terhadap hal ini akan dapat memberi kesempatan bagi mereka untuk melihat “dunia luar” yang sangat luas tentunya.
    Saya kira hanya itu yang dapat Saya sampaikan mengenai sistem perkuliahan on-line manajemen pemasaran ini. Terima kasih.

    Comment by SITTA SU’AIDAH | September 18, 2007 | Reply

  16. Ass….Pak
    baru kali ini saya mengerjakan tugas dengan cara seperti ini, dengan mengerjakan tugas melalui internet. saya rasa hal ini sangat bagus mengingat sarana tekhnologi yang semakin lama semakin maju, dengan menggunakan sistem pembelajaran online ini kita jadi banyak tahu tentang mengapa kita harus mengikuti tekhnologi……
    jika tidak sekarang kapan lagi pak, terima kasih buat bapak yang telah menyadarkan mahasiswa STIE PERBANAS atas pentingnya suatu tekhnologi.

    Comment by Achmad Fauzi | September 18, 2007 | Reply

  17. Ass.Wr.Wb

    Ucchhh….!!!GOOD IDEA Pak, sebelumnya saya mengucapkan terima kasih pada bapak soalnya sebelum ada tugas seperti ini saya kurang hobi maen INTERNET_sampai-sampai buat email aja saya minta ajari temen apalagi denger BLOG ju2r sebelemnya saya ngga’ tahu, apa sich itu Blog?_tapi karena ada tugas dari bapak via email saya jadi bisa sedikit tahu tentang apa itu Blog, bagaimana cara buat email, pentingnya IT dan ternyata uenak lho pak bisa maen2 internet dan bisa menggunakan informasi serta fasilitas2 yang ditawarkan, sekarang saya tidak GAPTEK lagi lho..!! trim’s yach Pak…pokoknya saya teruzz mendukung digalakkannya IT Awarness di STIE Perbanas JAYA.

    Wss.Wr.Wb

    Comment by Feri Setiawan | September 18, 2007 | Reply

  18. Menurut Saya…apa yah…jujur pak!waktu bapak mengatakan bahwa tugas yang akan di berikan akan selalu dan harus dikirim lewat e-mail,wah..jujur saya gelisah karena saya jarang ke internet atau bisa dikatakan sama sekali tidak pernah atau bisa di katakan dalam satu minggu hanya sekali,he..he..he.. apalagi jika saya tidak bertemu dangan Bapak Yudi mungkin sampai sekarang saya belum mempunyai e-mail.Oleh karena itu dengan adanya pembelajaran seperti ini saya sedikit lebih maju karena sekarang saya sedikit hobby ke internet.jadi menurut saya pembelajaran seperti ini sangat bisa membangun para mahasiswa terutama di perbanas lebih maju.

    Comment by Dwi Indah P Sari | September 18, 2007 | Reply

  19. wahhhhh…. baru kali ne saya mendapatkn materi perkuliahan macam sprti ne pak…VERY GOOD bt bapak…saya rasa pengajaran sprti ne yg bagus u/ d terapkan pd masa skrg /pun masa mendatang…ju2r saja awalnya saya g th kekmn crnya bikin email palg klo bikin tugas2 tu hrs d kirim lewat email&blog pun aslinya jg g ngerti tu pa…klo saya d bilang gaptek c gaptek cm stlh th eh tryt enak jg…mkch bgt y pak…trs tingkatkan pembelajaran sprti ne pak… saya yakin akan byk mahasiswa/i perbanas yg g gaptek akan masalah teknologi…

    Comment by francisca maria kristina | September 19, 2007 | Reply

  20. Saya sangat setuju dengan sistem pembelajaran seperti ini, Karera hal tersebut menggambarkan kemajuan dalam dunia pendidikan. tugas dan pembelajaran tidak hanya di sampaikan dalam teori di kelas tetapi juga dengan adanya blog seperti. Itu bisa menjadikan kita mengerti akan kemajuan IPTEK dan berwawasan luas. Saya baru mengetahui adanya tugas seperti ini, pada saat saya mengambil Manajemen Pemasaran di kelas Pak Yudi. Sungguh dengan adanya blog seperti ini sangat membantu dan efektif dalam tugas dan pembelajaran. ^_^ Terima Kasih ^_^

    Comment by Ariza Anggraini | September 19, 2007 | Reply

  21. Teknologi yang ada saat ini sudah berkembang sangat pesat hal ini dibuktikan dengan adanya fasilitas yang mendukung seperti internet. Menurut saya apa yang Bapak lakukan sudah benar karena saya dapat mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan Manajemen Pemasaran selain dikelas juga dapat diakses melalui internet sehingga saya mempunyai banyak refrensi. Melalui mata kuliah ini juga saya menjadi sadar akan pentingnya internet untuk mencari informasi lain yang saya butuhkan karena saya mengetahui pentinganya internet dari mata kuliah ini. Semoga apa yang Bapak lakukan dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi mahasiswa PERBANAS.

    Comment by santy | September 20, 2007 | Reply

  22. Ass.wr.wb
    Menurut pendapat saya program yang diadakan dalam mata kuliah ini sangatlah mengasyikan sekali. Karena kita sebagai mahasiswa dituntut, selain aktif didalam kelas (offline) kita juga harus aktif didalam program online yang telah tersedia. Sehingga kita dapat lebih banyak mendapatkan manfaat dan wawasan kita lebih luas.
    Sejujurnya saya belum begitu bisa mengerti dunia internet, tetapi saya sangatlah bersemangat untuk dapat mengerjakannya. walaupun saya harus sering-sering ke warnet, hal ini tentu saja sebanding dengan manfaat yang saya peroleh di dunia internet tsb.
    Semoga teman-teman saya disekitar juga berfikiran sama, sehingga program didalam matakuliah ini dapat terlaksana dengan lancar. Amin……..
    Wss.wr.wb

    Comment by Haryo | October 11, 2007 | Reply

  23. keren.. saya juga pengen jadi mahasiswa bapak..!
    richa martina universitas sebelas maret surakarta…

    Comment by Richa Martina | December 17, 2007 | Reply

  24. Ini yang namanya ilmu bisa didapatkan dimana saja.
    semoga lancar dan sukses selalu untuk Indonesia.

    Salam,
    Jam’s Columbus

    Comment by jamscolumbus | December 22, 2009 | Reply


Leave a Reply

