Y u d i S u t a r s o

Kuliah Manajemen Pemasaran

“dARI dISKUSI” tentang Promosi


Beberapa catatan dari diskusi kelas yang penting dijadikan acuan dalam mempelajari bab komunikasi pemasaran teriintegrasi adalah sebagai berikut dibawah ini.

  • Jika kita memasarkan produk minuman keras, langkah – langkahnya apa saja dan seperti apa kegiatan promosinya ?
  • Bagaimana agar produk direspon baik oleh masyarakat ?
  • Apa maksud metode penentuan aggaran promosi dengan teknik semampunya ?
  • Apakah metode ini bisa efektif Bagaimana memilih strategi agar perusahaan laba dan faktor – faktor apa saja ?
  • Pemasaran STIE Perbanas menggunakan metode promosi apa ?
  • Bagaimana agar iklan dapat ditonton oleh konsumen ?
  • Bagaimana mengatasi gangguan komunikasi ?
  • Jika anda menjadi perusahaan unggul, kemudian turun oleh pesaing apa yang anda lakukan agar bisa unggul kembali

pic from www.zerobook.co.kr

Untuk kelompok lima ada masukan untuk Anda semua, lihat kata-kata teman-teman Anda berikut ini.

  1. Suarannya kurang keras
  2. Terlalu text book, kurang improvisasinya
  3. Yang pakai baju merah, kok ga aktif sih, sariawan ya ? Tanya kenapa
  4. Jangan didominasi orang – orang itu saja !!!
  5. Contohnya dari dulu kok Nokia sih, cari yang lain dong !! Misalnya : tentang voucher yang lagi marak , gitu
  6. Tolong dibaca ya sarannya
  7. Presentator kurang bisa mengembangkan logika untuk menjawab pertanyaan. Penyaji kurang bisa mengembangkan teori yang sudah ada
  8. Beri kesempatan anggota kelompok yang belum menjawab pertanyaan sama sekali
  9. Ketika ditanya salah satu dari kelompok pembahas, jangan meringis – meringis …..!!!
  10. Sudah capek ya, kok kelompok yang belum saatnya maju disuruh maju ….
  11. Slide dan cara menjawab sudah bagus……… Salut buat kelompok 5 !!! Hore…!!!
  12. Maaf kalau saran dari kelompok kami agak sedikit terkesan ” menusuk hati ” kelompok anda, semoga kelompok anda bisa menerima saran dari kelompok kami dengan senyuman, kalau kalian tersnyum akan terlihat maniezt …. Semanizt gula jawa …… Ha 3 !!!!
  13. Arif emang muka lho mesum dech
  14. Mbak yang jaket merah kalau senyum maniez dech
  15. Slidenya sudah bagus, motifnya sama kayak baju aminatus

    Slide kelompok 5 rupanya nggak bisa ditampilkan soalnya kelompok lima belum menyerahkan. Ari, Dian, Rizka, Aminatus, Maulia, Nelly dan David perlu kiranya mendengarkan masukan kelas..

    Semoga sukses…selamat belajar…

    June 22, 2007 - Posted by | Manajemen Pemasaran

    10 Comments »

    1. >agar produk direspon baik oleh masyarakat pendapat saya dengan mempromosikan keunggulan dari produk tersebut,misalnya dari segi harga,kemudian dari pendistribusiannya apakah sudah tepat sasaran apa tidak
      > agar iklan dapat ditonton oleh konsumen saya berpendapat dari media apakah produk tersebut diiklankan bila dari media cetak iklan itu harus ditempatkan di halaman utama agar iklan itu(pasti)di tonton atau dibaca oleh konsumen dan konsumen tersebut tertarik untuk menggunakannya,, apabila dari media elektronik pemasangan iklan harus di buat unik yang kemudian dapat diingat dengan mudah oleh konsumen,, pemasangan iklan di media elektronik juga harus memperhatikan jam penayangannya ga mungkin dunk iklan di tayangkan pada jam 1 dini hari pasti yang liat cuma sedikit…..dan mungkin aja cetan yang liat iklan tersebut hiii sereeem……..

      Comment by sigid adri saputra | June 23, 2007 | Reply

    2. 1. Yang harus kita lakukan jika menjadi pemasar produk minuman keras adalah menaati standar alkohol sesuai dengan aturan pemerintah, dalam produk minuman keras itu juga harus diberi tulisan tentang kadar alkohol (berapa %), serta larangan bagi umur dibawah 21 tahun untuk mengonsumsi. Promosi yang dilakukan adalah membuat iklan melalui media massa (koran, majalah), poster, spanduk, serta media elektronik (radio, televisi, internet). Tetapi juga harus seijin pemerintah apakah memperbolehkan dan megijinkan untuk melakukan cara promosi-promosi tersebut. Pemasar juga harus melihat target market yang dituju-antara lain pub, diskotek, tempat bermain bilyard, karaoke, dll. Dan target keuntungan yang diperoleh (misal selama 1 tahun) harus realistis karena di Indonesia, minuman keras merupakan salah satu barang yang umumnya jarang dikonsumsi, tidak seperti dinegara-negara Eropa dan Amerika pada umumnya. Karena itu pemasar harus realistis terhadap market yang akan dituju, promosi yang digunakan, serta keuntungan yang diperoleh.

      2. Produk yang direspon dengan baik oleh konsumen apabila produsen menggunakan sistem pemasaran yang sesuai dengan target marketnya. Jika memasarkan suatu produk harus sesuai dengan apa yang kita paparkan dan kita janjikan pada promosi yang kita lakukan. Serta menutupi kelemahan dengan kelebihan produk tersebut. Dana yang kita keluarkan untuk promosi produk tersebut juga harus sesuai dengan dana yang dimiliki oleh produsen, semakin sering konsumen melihat iklan atau promosi, maka konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut. Harga dan kemasan serta tampilan poduk tersebut juga mempengaruhi respon masyarakat terhadap produk yang kita pasarkan, dapat mendatangkan keuntungan yang besar bagi produsen.

      3. Yang dimaksud dengan metode penelitian anggaran konsumsi dengan tehnik semampunya, adalah menetapkan anggaran promosi dengan atau pada level (dana) yang dianggap mampu dikeluarkan oleh perusahaan. Dan juga hendaknya dipikirkan secara matang dan realistis terhadap dana yanmg dimiliki oleh perusahaan agar agar tidak menimbulkan kerugian pada perusahaan, minimal sesuai dengan target penjualan (misal selama 1 tahun),ika mungkin melebihi standar target penjualan produk atau jasa perusahaan tersebut.

      4. Efektif atau tidak tergantung dari kebijakan perusahaan itu sendiri dalam menentukan promosi seperti apa yang diambil serta seberapa banyak dana yang dikeluarkan perusahaan, jika dapat menarik konsumen agar tertarik untuk membeli maka keuntungan yang diperoleh perusahaan juga akan besar. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah dana yang dimiliki oleh perusahaan untuk untuk promosi, target penjualan yang realistis, terget market yang dituju, promosi seoerti apa yang akan digunakan, dan keinginan konsumen untuk membeli produk itu sendiri

      5. STIE Perbanas Surabaya menggunakan metode promosi tujuan dan tugas. Metode itu memerlukan definisi tujuan promosi khusus, menentukan tugas-tugas yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, memperkirakan biaya untuk melakukan tugas-tugas tersebut, serta metode promosi melalui media massa, spanduk, poster, dan menggunakan perantara-perantara (dosen yang dikirim langsung keluar pulau) untuk memasarkan STIE Perbanas Surabaya pada konsumen (calon-calon mahasiswa) agar tertarik untuk masuk pada STIE Perbanas Surabaya.

      6. Iklan dapat ditonton oleh masyarakat, jika iklan tersebut diberi ijin oleh pemerintah untuk dipromosikan, lewat media massa, elektronik, poster, spanduk. Iklan dapat menjadi salah satu alat promosi yang menarik untuk mendatangkan keuntungan jika iklan tersebut mampu “merangsang” konsumen untuk membeli. Iklan juga dapat menjadi ikon suatu perusahaan untuk memasarkan produknya.

      7. Komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu, lewat elektronik dan media massa, spanduk, poster, srta face to face. Perusahaan dapat mengatasi gangguan komunikasi tersebut dengan cara melakukan tinjauan langsung ke konsumen melalui orang-orang yang dipilih langsung oleh perusahaan dan memberikan jasa layanan saran dan kritik (no telp, email, fax, dll) yang tertera dan dicantumkan pada produk barang atau jasa tersebut.

      8. Mengevaluasi kinerja bagian pemasaran perusahaan, jika ada yang harus diperbaharui dan dilakukan perbaikan dan melakukan tinjauan pada masyarakat baik melalui perantara atau tidak. Saran dan kritik yang tercantum pada produk barang atau jasa tersebut untuk mengetahui kelemahan dan apa yang membuat produk tersebut turun dipasaran, jika sudah ditemukan maka perusahaan harus meningkatkan produk tersebut baik dari segi harga, kualitas, cara pemasaran yang digunakan, dan promosi yang dilakukan.

      Comment by Dion Yanuar Purba | June 23, 2007 | Reply

    3. 1. Yang harus ditaati yakni yang utama adalah peraturan pemerintah, yang mana standart alkohol yang digunakan untuk produk minuman keras harus berdasarkan standart yang telah ditetapkan oleh pemerintah kita, selain itu di label produknya harus diberikan keterangan mengenai seberapa besar kadar alkohol yang terkandung dalam minuman keras tersebut. Dalam hal promosi sebaiknya meminta persetujuan pada pemerintah lebih dahulu, apa cara promosi yang diperbolehkan pemerintah. Selain itu target marketnya harus disesuaikan dengan produk minuman keras itu, yang mana pemasarannya hanya ditempat-tempat tertentu saja seperti diskotik, bar ataupun pub.

      2. Produk yang kita produksi bisa direspon dengan baik oleh masyarakat apabila penerapan sistem pemasarannya tepat, seperti target market yang dituju, selain itu apa yang di iklankan atau dipromosikan harus sesuai dengan keadaan dan kondisi dari suatu produk tersebut, kita juga harus pintar-pintar menarik minat konsumen terhadap produk kita dengan menunjukkan kelebihan produk kita dari pada produk pesaing bukan malah sebaliknya dengan menunjukkan kekurangan produk kita. Selain itu kemasan produk harus menarik serta hargfa yang ditawarkan bisa dijangkau oleh pasar.

      3. Yang dimaksud dengan metode penelitian anggaran konsumsi dengan tehnik semampunya yaitu adalah menetapkan anggaran promosi dengan atau pada level dana yang dianggap mampu dikeluarkan oleh perusahaan. Dan juga hendaknya dipikirkan secara matang-matang dan lebih realistis terhadap dana yang dimiliki oleh perusahaan tersebut agar nantinya hal ini tidak menimbulkan kerugian pada perusahaan, minimal sesuai dengan target penjualan (misal selama 1 tahun), jika mungkin melebihi standar target penjualan produk atau jasa perusahaan tersebut.

      4. Efektif atau tidak metode tersebut mungkin tergantung dari kebijakan perusahaan itu sendiri dalam menentukan promosi seperti apa yang diambil, serta seberapa banyak dana yang dikeluarkan perusahaan, jika dapat menarik konsumen agar tertarik untuk membeli maka keuntungan yang diperoleh perusahaan tentunya akan lebih besar. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah:
      a. Dana yang dimiliki oleh perusahaan untuk untuk promosi,
      b. Target penjualan yang realistis,
      c. Target market yang dituju,
      d. Promosi seperti apa yang akan digunakan, dan
      e. Keinginan atau minat konsumen untuk membeli produk itu sendiri.

      5. STIE Perbanas Surabaya menggunakan metode promosi tujuan dan tugas. Metode itu memerlukan definisi tujuan promosi khusus, menentukan tugas-tugas yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, memperkirakan biaya untuk melakukan tugas-tugas tersebut, serta metode promosi melalui media massa, spanduk, poster, campus expo dan menggunakan perantara-perantara (dosen yang dikirim langsung keluar pulau) untuk memasarkan STIE Perbanas Surabaya pada konsumen (calon-calon mahasiswa) agar tertarik untuk masuk pada STIE Perbanas Surabaya.

      6. Agar ikklan dapat ditonton oleh masyarakat, iklan tersebut harus memiliki ijin penayangan yang diberikan oleh pemerintah untuk mempromosikan produknya, baik dengan cara melalui media massa, elektronik, poster, spanduk. Iklan juga dapat menjadi salah satu alat promosi yang menarik untuk mendatangkan keuntungan jika iklan tersebut mampu “merangsang” konsumen untuk membeli. Iklan juga dapat menjadi ikon suatu perusahaan untuk memasarkan produknya, dan memberikan citra atau kesan lebih pada suatu produsen.

      7. Komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu, lewat elektronik dan media massa, spanduk, poster, srta face to face. Perusahaan dapat mengatasi gangguan komunikasi tersebut dengan cara melakukan tinjauan langsung ke konsumen melalui orang-orang yang dipilih langsung oleh perusahaan dan memberikan jasa layanan saran dan kritik (no telp, email, fax, dll) yang tertera dan dicantumkan pada produk barang atau jasa tersebut.

      8. Mengevaluasi kinerja bagian pemasaran perusahaan, jika ada yang harus diperbaharui dan dilakukan perbaikan dan melakukan tinjauan pada masyarakat baik melalui perantara atau tidak. Saran dan kritik yang tercantum pada produk barang atau jasa tersebut untuk mengetahui kelemahan dan apa yang membuat produk tersebut turun dipasaran, jika sudah ditemukan maka perusahaan harus meningkatkan produk tersebut baik dari segi harga, kualitas, cara pemasaran yang digunakan, dan promosi yang dilakukan.

      Comment by Slamet Budi Waluyo | June 25, 2007 | Reply

    4. • Agar iklan dapat ditonton oleh konsumen haruslah mempunyai daya tari iklan. Daya tarik iklan ada tiga yaitu bermakna, dipercaya, dan khas.Bermakna menunjukkan manfaat2 yang membuat produk tersebut lebih menarik konsumen. Dipercaya, konsumen haruslah percaya bahwa produk tersebut akan memberikan manfaat seperti yang dijanjikan. Dan yang terakhir khas, iklan tersebut harus menceritakan betapa produk tersebut lebih unggul atau menarik daripada merk2 yang lain. Misalnya pada iklan sampoerna ataupun A mild yang selalu memberikan kesan bagi konsumen dan mempunyai pesan iklan yang mengena sekali ke benak konsumen, sehingga konsumen itu terus menunggu iklan tersebut. Dan tentu saja dengan iklan tersebu penjalan terhadap produk tersebut juga laris manis.

      • Jika saya mempunyai perusahan unggul kemudian turun oleh pesaing maka yang dapat saya lakukan untuk dapat unggul kembali adalah melakukan inovasi dan berpikir kreatif untuk memajukan produk kita kembali. Kita tahu bahwa ada sistem produk yang harus dijalani oleh sebuah produk yaitu tahap pengenalan, tahap pertumbuhan, tahap pendewasaan, dan tahap penurunan. Dan disaat tahap penurunan inilah harusnya perusahaan terutama manager untuk memotivasi karyawan agar memajukan prosuk perusahaan tersbut. Apa yang perlu dibenahi atau ditambah, Bagaimana kalau saluran promosi yang dilakukan ditambah lagi dengan menggunakan artis ini? Iutlah tugas yang harus dikerjakan oleh perusahan yang produknya sedang menglami tahap penurunan.

      Comment by Lia Dahniar | June 25, 2007 | Reply

    5. 2. Sebagai pemasar yang profesional maka kita sebaiknya harus bisa menciptakan hal yang beda dari cara2 pemasaran produk2 yang lain dan pemasar juga harus mengetahui siapa target marketnya dan menciptakan promosi yang menarik dan menggunkapkan sisi positif dari produk tersebut.
      3. metode penelitian anggaran konsumsi dengan tehnik semampunya adalah menetapkan anggaran promosi dengan atau pada level dana yang dianggap mampu dikeluarkan oleh perusahaan.
      6. Suatu iklan agar dapat di tonton oleh masyarakat adalah menciptakan iklan tersebut dengan menentukan target marketnya terleih dahulu dan menciptakan sesuatu hal yang beda dan kretifitas di sini sangatlah dibutuhakan agar iklan tersebut dapat menarik konsumen. Dan pastinya iklan tersebut sudah mendapatkan izin periklanan.

      Comment by Mukhammad Yusuf Efendi | June 26, 2007 | Reply

    6. Sebuah produk yang dibuat oleh perusahaan hendaknya perusahaan dapat menempatkannya secara efektif dan eficien mis: jika masyarakat tertarik dangan mobil yang bertenaga cukup 3000cc hendaknya perusahaan dengan kapasitas 3000cc jika perusahaan menjual mobil yang berkapasitas 10000cc didaerah tersebut maka mobilnya tidak akan laku didaerah tersebut , sebaiknya perusahaan tersebut menjual mungkin pada seorang pembalap berarti perusahaan tersebut menjual produknya tidak efektif . Dalam hal ini produk yang berkapasitas 10000cc tidak mendapat respon yang baik
      Yang dimaksud dengan metode penentuan anggaran promosi dengan tekhnik semampunya adalah bagaimana perusahaan tersebut dalam kegiatan promosinya dengan meminimkan dana yang dikeluarkan tetapi mendapat laba yang max ( menetapkan anggaran untuk kegiatan promosi yang lebih berpengaruh dan diterima dengan pekat oleh konsumen)
      Iklan yang ditonton oleh konsumen hendaknya tidak sekedar dilihat saja tetapi tugas promosi dari kegiatan periklanan adalah bagaimana kosumen menjadi penasaran yang mengandung makna positifdan iklan tersebut hendaknya dengan mudah terekam dalam otak konsumen ( iklan tersebut ditampilkan berulang kali jika perlu 5jam sekali)

      Comment by fariz rachman | June 26, 2007 | Reply

    7. 2. Sebuah produk agar direspon baik oleh masyarakat, yaitu :
      – Produk tersebut memiliki kualitas yang bagus sehingga pelanggan merasa puas atas produk yang telah dibeli dan dikonsumsinya.
      – Produk tersebut memiliki ciri khas yang imajinatif baik ide, bentuk, warna, maupun komposisi dari produk tersebut.
      – Produk tersebut bukan produk yang kontroversial. Seperti kandungan komposisinya yang berbahaya apabila dikonsumsi sehingga tidak layak beredar.
      – Memiliki kemasan produk yang sangat menarik dan berbeda dari produk yang lain akan mendapat respon yang baik dari masyarakat.

      6. Agar iklan dapat ditonton oleh konsumen adalah :
      – Harus menciptakan iklan yang lebih menghibur dan imajinatif setiap periode.
      – Iklan tersebut harus sesuai dengan kebutuhan konsumen. Seperti iklan dibuat harus sesuai dengan usia.
      – Iklan tersebut dapat menyampaikan pesan yang jelas dari sebuah produk.

      7. Untuk mengatasi gangguan komunikasi yaitu komunikasi antar penerima dan pengirim pesan diupayakan menyampaikan secara efektif sehingga dapat memahami komunikasinya agar tidak terjadi komunikasi yang menghambat. Selain itu, dengan menanggapi pesan yang diterima dengan baik akan meminimalisasi terjadinya miscommunication.

      8. Jika perusahaan saya menurun, saya akan melakukan evaluasi kembali pada kinerja perusahaan yang gagal dan melakukan kembali revisi ulang dengan mencari kelemahan dari turunnya perusaahaan kami yang mungkin disebabkan oleh manajemen perusahaan, para karyawan atau dari produk yang kurang komersial. Kemudian kami akan meningkatkan produktivitas perusaahan kami dan belajar dari kegagalan tersebut. Perusaahan kami juga akan meningkatkan positioning dan citra agar nama perusahaan yang turun dapat menjadi diterima kembali oleh pasar dan konsumen, yaitu dengan promosi penjualan serta komunikasi yang baik dan menarik.

      Comment by Kiekie Justitiane Abdi | June 29, 2007 | Reply

    8. 1. produk minuman keras di indonesia masih dianggap produk yang terlarang atau aneh untuk dikonsumsi sehari-hari hanya untuk sedikit orang saja tidak seperti di negara barat. Langkah yang digunakan agar tidak terjadi masalah, dalam promosinya kebanyakan produk minuman keras dijual di tempat diskotik, kafe, bar dan sejenisnya. agar tidak dikonsumsi sembarangan oleh konsumen.
      2. Agar produk direspon baik oleh masyarakat, produk yang dihasilkan merupakan produk yang berkualitas baik, banyak memberikan manfaat pada konsumen, menarik dan bagus baik kemasannya maupun produknya, dan juga produk tersebut dapat melindungi konsumennya seperti kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi produk. memberikan informasi yang benar, jelas dan jujur tentang produknya. menjamin mutu barang sesuai dengan standar mutu, memberi kompensasi atau ganti rugi akibat penggunaan produk dan juga memberi ganti rugi jika tidak sesuai dengan yang dijanjikan.
      selain itu juga produk disampaikan melalui komunikasi pemasaran seperti periklanan, penjualan personal, promosi penjualan , hubungan masyarakat atau pemasaran langsung.
      6. Agar iklan dapat ditonton konsumen iklan harus dibuat semenarik mungkin dari segi produknya, cara membujuk konsumennya, nasehat atau kata-kata yang kan disampaikan, mempunya image atau ciri khas. sehingga produk tersebut selalu diingat dan tidak mudah dilupakan dalam benak konsumen. Dan iklan yang di tontonkan harus bisa menciptakan ketertarikan dan rasa penasaran konsumen. Sehingga konsumen terus menunggu iklan yang bagimana lagi yang akan ditampilkan berikutnya.
      Daya tarik iklan sebaiknya mempunyai 3 karateristik bermakna, dapat dipercaya dan khas.
      3. Beberapa perusahaan menggunakan metode sesuai kemampuan. mereka menetapkan anggaran promosi sebatas yang mereka perkirakan dapat ditanggung perusahaan.

      Comment by nurul hikmah | June 30, 2007 | Reply

    9. 1.Pemasaran mengenai produk minuman keras harus melihat kondisi yang bagaimana untuk bisa dipromosikan, karena sebagian besar dari masyarakat Indonesia mengkonsumsi minuman keras.Mengingat adanya larangan dari agama maupun pemerintah.Minuman keras di Indonesia dijual illegal karena pemerintah melarangnya kalaupun itu dijual biasanya kadar alkoholnya sedikit.Maka dari itu langkah-langkah untuk mempromosikannya adalah dijual di cafe, diskotic, dan tempat-tempat hiburan lainnya.
      2.Agar suatu produk dapat direspon baik oleh masyarakat adalah:
      -Produk harus menampilkan ciri khas yang berbeda dengan memberikan penampilan yang berbeda dari produk pesaing baik itu mulai dari kemasan produk, promosinya, pendistribusian, pemasarannya dan yang tidak kalah pentingnya adalah mengenai apakah produk tersebut memberikan manfaat serta harus menyesuaikan dengan keinginan masyarakat.
      5.STIE perbanas menggunakan metode promosi dengan adanya iklan melalui brosur, spanduk, dan memasang iklan di jawa pos.Bukan hanya itu saja tetapi STIE Perbanas juga menggunakan pengurangan harga, diskon bahkan beasiswa penuh untuk menarik minat masyarakat dengan adanya prestasi yang bisa dibanggakan.
      6.Agar iklan dapat ditonton oleh masyarakat adalah memberikan makna, ciri khas, nasehat, sindiran politik(seperti pada iklan A-mild) serta iklannya mudah diingat oleh masyarakat dan iklan tersebut menimbulkan adanya ketertarikan tersendiri oleh masyarakat.

      Comment by Catur April Lia Sari | July 13, 2007 | Reply

    10. helo, saya afif dari malaysia… sy nk mintak tolong dari anda semua tentang isu arak ni. dari segii pemasaran…

      boleh anda ceritakan masalah yang dihadapi syarikat arak yang ada sekarang..
      dan masalah pemasaran yang dihadapi syarikat ini…

      jika anda dapat, sila email kan kepadaa saya di soft_cracker2002@yahoo.com
      secepat mungkin… plz…

      Comment by muhammad afif | October 2, 2007 | Reply


    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: