Y u d i S u t a r s o

Kuliah Manajemen Pemasaran

Marketing Public Relation Perguruan Tinggi

pic from www.slac.rso.wisc.edu

Perguruan tinggi sebagai organisasi non profit, seperti juga halnya organisasi bisnis juga melakukan kegiatan pemasaran. Tujuannya agar perguruan tinggi tinggi dapat memelihara dirinya secara ekonomi, disamping dengan begitu, cita-cita mulia perguruan tinggi yang mendidik anak bangsa menjadi insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif bisa tetap dipegang, dan tentu saja diraih. Tanpa kegiatan pemasaran modern, perguruan tinggi akan sulit memperoleh mahasiswa, sulit mendapat dana hibah masayarakat, dan sulit mendapat dana penelitian. Apalagi ditengah minimnya dana dari pemerintah, institusi raksasa, yang kalau jujur, paling bisa dan menentukan serta bertanggung jawab atas cita-cita pendidikan. Bangsa yang besar,kalau kita lihat datanya, pasti pendidikannya okey punya….

Kegiatan pemasaran perguruan tinggi tentu berbeda dengan organisasi bisnis. Perbedaan tersebut tentu disebabkan oleh tujuan, skala, dan pelanggan yang berbeda. Perguruan tinggi, tentu bukan organisasi bisnis yang kadang lebih permisif dalam banyak hal, sehingga ada batasan-batasan bagi perguruan tinggi dalam melakukan kegiatan pemasaran.

Boleh di bilang pemasaran perguruan tinggi lebih sebagai pemasaran kehumasan. SEhingga perguruan tinggi lebih banyak mengandalkan pemasaran yang porsi kehumasannya lebih besar. Sedangkan periklanan, promosi penjualan, dan penjualan peribadi, akan lebih kecil.

Ada salah satu contoh baik tentang kehumasan yang justru sering membesarkan nama perguruan tinggi. Contohnya adalah kasus berita  di Jawa Pos 18 Juni 2007, yaitu berita tentang jurusan akuntansi yang mendapat hibah A3 dari dikti. Berita selengkapnya dapat didownload  disini. 

Coba kita diskusikan apa yang terjadi jika perguruan tinggi dapat menghasilkan pemberitaan-pemberitaan seperti itu. Bukan hanya diberitakan misalnya melalui advertorial, tetapi memang layak diberitakan. Apa yang dipersepsikan oleh orang tua mahasiswa, oleh calon mahasiswa, oleh dunia industri dan oleh  publik.

Minggu ini, kelompok terakhir adalah kelompok enam. Kita akan mendiskusikan, advertising, public relation, dan promosi penjualan (Chapter 15, Kotler 2006).  Lia D, Titik, Yudi, Effendi, Sigit dan Lia A, siap-siap jadi presentator penutup. Pasti lebih baik dari sebelumnya..

Selamat bekerja…..

June 18, 2007 - Posted by | Manajemen Pemasaran

26 Comments »

  1. kegiatan pemasaran adalh suatu kegiatan yang sangat di perlukan oleh sang pemasar sebagai suatu promosi yang dilakukan untuk produknya…
    disini yang menjadi topik adalah suatu perguruan tinggi yang sedang mendapatkan dana hibah…
    suatu dana hibah yang diberikan kepada suatu perguruan tinggi merupakan sebuah penghargaan lalu sekarang yang menjadi pertanyaan bisakah perguruan tinggi tersebut mewujudkan keinginan tersebut???ataukah hanya sebuah klise untuk menarik para pelanggan atau mahasiswa..karena yang sering kita jumpai saat ini adalah demikian dana yang ada digunakan untuk keperluan lain yang dianggap tidak sesuai dengan keinginan dari sang pemberi dana…..kalu kita lihat yang dikemukakan pada harian jawa pos 18 juni 2007 yang diharapkan adalah suatu perguruan tinggi yang dapat mewujudkan smua potensi untuk mewujudkan secara nyata potensi yang dimiliki setiap mahasiswanya dengan memberikan semakin banyak klulusan yang berpotensi..dan memberikan kelulusan yang lebih banyak diterima di perusahaan bonafit ataupun dengan meberikan suatu perestasi dsalah satu ajang perlombaan kmahasiswaan yang berpotensi meningkatkan nama suatu instansi perguruaan tinggi…bila yang diberitakan hal tersebut dilakukan dengan baik saya yakin nama perguruan tinggi yang dimaksud akan menjadi lebih baik..karena dengan sedikit hal nyata tersebut sudah termasuk dari strategi pemasaran dan memberikan nilai tambah nama suatu P.T dan presepsi wali mahasiswa,calon mahasisawa ataupun dunia kerja..dengan diciptakan strategi pemasaran yang seperti ini diharapkan akan lebih baik contohnya awalnya suatu instansi P.T membuat stategi pendidiakn yang bertujuan meciptakan mahasiswa yang berkompetensi dengan menciptakan berbagai kegiatan yang bertujuan meningkatkan skill (kemampuan) mahasiswa dan tidak memberikan celah kepada instasi untuk tidak konssisten dengan apa yang mereka ekspose dan bukan merupakan suatau kebohongan publik,dengan menggembor gemborkan suatu yang dimiliki tetapi tidak dilaksanakan dengan baik,tetapi saya yakin dengan STIE PERBANAS dengan dapat dana bantuan hibah dikti tersebut akan meningkatan kinerja para mahasiswa agar mereka dapat bersaing dan tentu saja dapat memberikan nilai tambah nama suatu P.T dan presepsi wali mahasiswa,calon mahasisawa ataupun dunia kerja…
    thanks

    Comment by yudi kurniawan lastanto | June 18, 2007 | Reply

  2. Alat promosi yang paling baik untuk perguruan tinggi adalah hubungan masyarakat. Dimana perguruan tinggi harus membangun hubungan baik dengan berbagai publik perusahaan dengan memperoleh publisitas yang menguntungkan, membentuk citra korporasi yang bagus, dan menangani atau menghilangkan rumor, cerita, dan peristiwa yang tidak menguntungkan. Jika hubungan masyarakatnya baik akan dapat membesarkan nama perguruan tinggi seperti pasa kasus STIE PERBANAS. STIE PERBANAS menggunakan hubungan masyarakat untuk mempromosikan dirinya, menjadi alat pembangun merek yang kuat, untuk membangun kembali minat calon mahasiswa agar kuliah di dana, dan mengubah citranya secara total . Salah satu alat yang digunakan STIE PERBANAS dalam hubungan masyarakat adalah berita yaitu tentang jurusan akuntansi perbanas yang mendapatkan hibah A3 dari dikti. Dan jika perguruan tinggi dapat menghasilkan pemberitaan-pemberitaan yang baik seperti STIE PERBANAS, yang akan dipersepsikan oleh:
    1. Orang tua mahasiswa: mereka akan sangat bangga, puas, dan merasa tenang anaknya di tempat yang benar karena masa depannya sudah terjamin sehingga orang tua tidak khawatir. Dan bisa saja orang tua tersebut menceritakan ke orang lain tentang perguruan tinggi anaknya sehingga perguruan tinggi tersebut menjadi terkenal.
    2. Calon mahasiswa: Antusias calon mahasiswa akan naik sehingga mereka termotivasi untuk kuliah di sana. Karena menurut mereka perguruan tinggi tersebut dapat memberikan masa depan yang baik, lulusan yang berkualitas, siap kerja, dan dicari oleh banyak industri.
    3. Dunia industri: Lulusan dari perguruan tinggi tersebut akan banyak dicari oleh industri. Karena lulusan dari perguruan tinggi terdebut sudah jelas kualitasnya dan soft skillnya. Mereka pasti tidak akan mengecewakan dunia industri dan dapat menjadikan dunia industri untuk maju dan berkembang dengan baik di masa depan.
    4. Publik: akan mendapat citra yang baik dari masyarakat. Sehingga masyarakat akan berbondong-bondong untuk memasukkan anknya kuliah di sana karena sudah terjamin kualitasnya.

    Comment by nurul hikmah | June 19, 2007 | Reply

  3. Promosi penjualan terdiri dari alat intensif yang beraneka ragam, kebanyakan untuk jangka pendek, dirancang untyuk merangsang pembelian produk tertentu lebih cepat dan kuat oleh konsumen atau pedagang. Dimanapun, periklanan selalu menawarkan alasan untuk membeli. Maksud dari alat promosi penjualan tidak dapat dirumuskan secara tunggal karena bentuknya yang beraneka ragam. Para penjual menggunakan promosi jenis insentif untuk menarik para pembeli baru dan memberi hadiah pada para pelanggan. Tujuan promosi penjualan bersumber pada tujuan komunikasi pemasaran. Tujuan ini dijabarkan dari tujuan pemasaran yang lebih mendasar, yang dirancang untuk produk tertentu. Public Relation merupakan salah satu alat promosi atau komunikasi yang penting. Selama ini Public Relation tidak lebih dari sekedar alat promosi atau komunikasi yang paling sedikit digunakan, tetapi alat ini memiliki potensi yang besar untuk membangun kesadaran dan frekuensi di pasar, untuk memperkuat kembali posisi produk. Alat-alat Public Relation yang utama adalah:

    1. Berita,
    2. Pidato,
    3. Acara,
    4. Kegiatan pelayanan masyarakat,
    5. Bahan tertulis,
    6. Media identitas perusahaan,
    7. Pelayan informasi telepon.

    Pda kasus yang terjadi pada harian Jawa Pos 18 Juni 2007, tentang jurusan akuntansi yang mendapat hibah A3 dari Dikti, menurut saya itu adalah salah satu advertising yang mungkin bisa dilakukan oleh Perguruan Tinggi yang memperoleh hibah A3 dari Dikti jurusan Akuntansi pada Perguruan Tinggi tersebut. Perguruan Tinggi tersebut akan mendapat nilai yang lebih di mata konsumen ( calon mahasiswa baru ) karena tidak semua Perguruan Tinggi dapat dengan mudah mendapatkannya, dikarenakan proses seleksi yang sangat ketat yang dilakukan oleh Dikti. Sedangkan promosi penjualannya dilakukan kampus dengan memasang spanduk dan poster untuk menarik minat para konsumen ( calon mahasiswa baru ) untuk mendaftar, dan untuk lebih memberi prestige ( nilai lebih ) pada spanduk atau poster itu ditulis juga hibah A3 yang diperoleh Perguruan Tinggi tersebut, promosi yang lain juga bisa dilakukan dengan cara Open House ( membuka stan di sekolah-sekolah, baik itu negeri maupan swasta ). Sedangkan Public Relation berfungsi sebagai penghubung antara Perguruan Tinggi ( beberapa pihak yang ditunjuk ) dengan konsumen ( calon mahasiswa baru ),jika terdapat pertanyaan dan konsumen membutuhkan informasi yang lebih rinci tentang kampus tersebut. Jadi fungsi Hibah A3 yang diperoleh suatu Perguruan Tinggi adalah untuk memberi kemudahan kepada para mahasiswa dalam proses perkuliahan, yaitu berupa fasilitas yang lebih lengkap dan terjamin mutunya serta prestige ( nilai lebih ) bagi Perguruan Tinggi itu sendiri dalam menarik minat konsumen ( calon mahasiswa baru ).

    Comment by Dion Yanuar Purba | June 19, 2007 | Reply

  4. Dalam melakukan pemasaran, promosi adalah hal yang paling penting untuk memasarkan suatu produk. Disini fitur2 Perguruan tinggi yang menjadi produknya, misalnya saja STIE Perbanas Sby yang memperoleh Hibah Dikti. Menurut saya itu adalah peluang yang sangat bagus bagi Perbanas, karena dengan memperoleh hibah itu berarti Perbanas mempunyai kualitas yang bisa diakui oleh masyarakat. Selain itu hibah tsb bisa memacu semangat para mahasiswa karena mereka bisa memanfaatkan fasilitas yang lebih lengkap. Dengan begitu Perbanas bisa memiliki kualitas mahasiswa yang baik. Dalm promosi tentunya hal ini dapat diunggulkan,Perbanas bisa aja memasang spanduk untuk menarik konsumen yaitu calon mahasiswa baru. HIbah yang diperoleh STIE Perbanas SBY merupakan hal yang luar biasa dan membanggakan.Dengan adanya hibah tsb tentunya Perbanas mendapatkan dana yang cukup besar dan nantinya dana tsb bisa mempengaruhi kualitas SDM nya atau mahasiswanya dan ini bisa menjadikan Perbanas unggul dari Perguruan Tinggi lainnya.Atau bisa saja dana tsb digunakan untuk biaya promosi seperti pemasangan iklan, spanduk, baleho, agar nantinya Perbanas bisa dikenal oleh masyarakat luas dan akhirnya banyak calon mahasiswa baru yang tertarik kuliah di STIE Perbanas SBY karena kualitasnya yang sangat baik. Dan semoga hibah yang diperoleh tidak disalahgunakan,,,
    Hidup STIE Perbanas SBY,,,,,,

    Comment by Dian Rosalina P | June 19, 2007 | Reply

  5. Hubungan masyarakat adalah hubungan baik dengan berbagai publik perusahaan dengan memperoleh publisitas yang menguntungkan, membentuk citra korporasi yang bagus, dan menangani atau menghilangkan rumor, cerita, dan peristiwa yang tidak menguntungkan.
    Humas dapat mempunyai dampak yang kuat pada kesadaran publik dengan biaya yang jauh lebih murah daripada pemasanagan iklan walaupun mempunyai potensi yang besar, terbatas dan berceceran.Manajer pemasaran dan praktisi humas tidak selalu bicara denagn bahasa yang sama.Alat humas yang utama adalah BERITA.Para humas biasanya menemukan atau menciptakan berita yang menguntungkan tentang perusahaan, poduk ataau orangnya dan biasanya kadang2 berita terjadi secara alami atau kegiatan yang dapat menciptakan berita.Seperti halnya yang terjadi pada STIE Perbanas Surabaya yang merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Indonesia yang mendapatkan hibah dari DIKTI.Usaha STIE Perbanas patut dibanggakan apalagi yang membentuk TIM EAGER-Program (Enchanging Accounting Graduate Employability Program) atau program peningkatan Kterserapan Lulusan Akuntansi.
    Nah dengan adanya berita ini, maka masyarakat lebih mengetahui bahwa STIE Perbanas merupakan perguruan tinggi yang membantu mahasiswa supaya cepat terserap oleh industri, peningkatan penerimaan gaji pertama kali saat bekerja, mendorong mahasiswa meraih IPK tinggi, dan menyiapkan mahasiswa bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lain.
    Dengan adanya pemberitaan yang berdampak positif ini pada STIE Perbanas Surabaya, mudah-mudahan STIE Perbanas semakin laris manisssssssssss………………AMIEN^_^

    Comment by Catur April Lia Sari | June 19, 2007 | Reply

  6. Untuk membuat suatu produk atau jasa dikenal oleh masyarakat kemudian yang nantinya akan laku di pasaran adalah dengan membuat periklanan, promosi, penjualan dan hubungan masyarakat.Setelah membaca kasus yang ada di jawa pos tentang STIE perbanas, saya benar-benar bangga dengan perbanas karena perbanas telah dipercaya oleh Dikti sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai potensi tinggi.Dana hibah yang diberikan oleh Dikti tidak lepas dari perjuangan perbanas dalam mempromosikan dirinya agar menjadi lembaga pendidikan yang bisa dipercaya dengan kualitas tinggi.Perbanas menggunakan beberapa media dalam periklanan yaitu brosur yang didesain semenarik mungkin agar pasar dapat tertarik.Perbanas juga menggunakan alat promosi dagang yang berupa diskon bagi mahasiswa baru yang anggota keluarganya masih kuliah atua yang sudah menjadi alumni.Selain itu untuk menarik perhatian pasar perbanas juga melakukan hubungan masyarakat melalui special events yaitu campus expo dan juga open house.Cara ini dinilai ampuh karena pasar akan lebih tau bagaimana perbanas itu secara langsung oleh orang humas perbanas.Dan untuk perolehan hibah,ini juga bisa dijadikan ajang promosi kalau perbanas mendapat kepercayaan untuk lebih memberikan mutu yang baik sehingga pasar akan lebih percaya kerena perbanas sudah mendapatkan kepercayaan dari Dikti yang tidak sembarang perguruan tinggi mendapatkan dana hibah dari dikti.

    Comment by rizka choirunnisa | June 19, 2007 | Reply

  7. Seperti halnya bab yang lalu kasus diatas juga sangat erat hubungannya dengan promosi penjualan,perbedaannya hanyalah terdapat pada hubungan masyarakatnya,baik dengan pihak calon pembeli,pelanggan maupun dengan pemerintah.Mengenai persoalan hibah yang diberikan kepada STIE Perbanas melalui dikti yaitu suatu hal yang seharusnya dpt dijadikan sebagai peluang dari pihak Perbanas sendiri untuk dapat lebih meningkatkan kwalitas pendidikan dalam perkuliahanya,selain itu dengan adanya berita seperti ini juga dapat menarik calon2 mahasiswa karena dengan adanya ADVERTISING seperti ini dapat membuka pemikiran para konsumen untuk lebih mengenal,mengetahui informasi mengenai produk dari produsen itu sendiri.
    Sebenarnya advertising tidak hanya dapat dilakukan dengan hal ini saja tetapi juga dapat dilakukan melalui iklan,brosur,baliho atau kampus expo yang diadakan di setiap sekolah2, ataupun dapat juga dilakukan dengan mengadakan live musik yang di adakan di kampus-kampus yang bersangkutan. Hal ini di tujukan agar masyarakat dapat mengetahui lokasi-lokasi kampus yang menjadi sasarannya , sebab terus terang saja sampai saat ini masih banyak orang yang tidak mengetahui lokasi dimana lokasi suatu kampus berdiri.

    Comment by Aminatus.s | June 19, 2007 | Reply

  8. Pada suatu kegiatan promosi suatu jasa, sangat diperlukan yang namanya Public Relation karena itu sangat berpengaruh terhadap perkembangan usaha jasa tersebut. Dalam kasus ini STIE Perbanas melakukan strategi yang tepat dalam mempromosikan produknya sehingga bisa mendapatkan hibah tersebut. Humas dapat mempunyai dampak yang kuat pada kesadaran publik dengan biaya yang jauh lebih murah daripada pemasanagan iklan walaupun mempunyai potensi yang besarenurut saya itu adalah salah satu advertising yang mungkin bisa dilakukan oleh Perguruan Tinggi yang memperoleh hibah A3 dari Dikti jurusan Akuntansi pada Perguruan Tinggi tersebut. Menurut saya Perbanas sudah bekerja keras untuk bisa mendapatkan hibah tersebut dan tim dari EIGER telah bekerja keras dalam memperjuangkan Perbanas dalam mendapatkan hibah tersebut. Hibah yang diperoleh STIE Perbanas SBY merupakan hal yang luar biasa dan membanggakan.Dengan adanya hibah tsb tentunya Perbanas mendapatkan dana yang cukup besar dan nantinya dana tersebut bisa mempengaruhi kualitas SDM nya atau mahasiswanya dan ini bisa menjadikan Perbanas unggul dari Perguruan Tinggi lainnya.

    Comment by Mukhammad Yusuf Efendi | June 19, 2007 | Reply

  9. Publikasi merupakan salah satu alat advertising yang acapkali dilakukan oleh marketing sebagai media pemberitaan (publikasi) yang bertujuan untuk menjembatani antara perusahaan/instansi-instansi yang berorientasi profit atau non-profit dengan orang luar (konsumen) dalam hal penyampaian suatu informasi. Informasi sangatlah penting dan kadang dibutuhkan sebagai bahan referensi atau pertimbangan oleh seorang konsumen pada waktu dihadapkan pada saat memilih (membeli) produk/jasa. Pemberitaan yang positif akan membawa dampak yang signifikan terhadap perusahaan, yaitu konsumen akan “merasa jatuh hati” pada perusahaan tersebut. dan juga sebaliknya, jika informasi berupa pemberitaan yang negatif jangan harap perusahaan tersebut akan “dilihat” oleh seorang konsumen, bahkan “melirik” pun enggan.
    Terkait dengan pemberitaan perguruan tinggi STIE Perbanas di media massa pada tanggal 18 Juni 2007, itu merupakan pemberitaan yang dapat dikatakan positif yang akan membuat persepsi seorang konsumen atau calon konsumen kepada STIE Perbanas sebagai perguruan tinggi swasta yang berkompetensi, masyarakat akan menilai terutama orang tua yang akan memilih perguruan tinggi untuk anaknya sebagai perguruan tinggi yang tepat untuk men-sekolahkan. Dan bukan tidak mungkin industri-industri atau perusahaan-perusahaan akan mengganggap STIE Perbanas sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang lulusannya merupakan lulusan yang berkualitas karena ditunjang dengan kemampuan atau skill yang memungkinkan lulusan tersebut dapat bekerja dengan baik serta memberikan manfaat bagi perusahaan tersebut. Yang paling penting disini, persepsi masyarakat yang ingin diperoleh oleh STIE Perbanas adalah suatu perguruan tinggi swasta yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia bangsa Indonesia. bukankah itu merupakan visi mulia dari dunia pendidikan tak terkecuali STIE Perbanas dan bahkan seluruh perguruan tinggi atau universitas yang lain. dan tidak kalah pentingnya bagi mahasiswa STIE Perbanas dan juga alumni STIE Perbanas akan sangat bangga kepada almamaternya.

    Comment by Hari susanto | June 20, 2007 | Reply

  10. Jika PT dapat menghasilkan pemberitaan-pemberitaan seperti itu maka dapatlah meyerap mahasiswa barunya. Misalnya pada kasus Perbanas Peroleh Hibah Dikti (Jawa Pos 18 Juni 2007). Kita akan tahu bahwa Perbanas adalah suatu PT yang mempunyai keunggulan dibandingkan yang lain. STIEP menerima hibah tersebut untuk meningkatkan kompetensi dan soft skills para mahasiswa dalam menjalankan EAGER program. Dan disinilah peran kehumasan sangat penting, bagaimana tidak mereka(kehumasan) berperan dalam mejelaskan dengan bahasa komunikasi yang baik tentang kegiatan2 program yang akan dilakukan dalam EAGER program tersebut. Seperti AAB, peningkatan keterampilan dan kemampuan praktik akuntansi dan auditing, peningkatan kemampuan akuntansi berbasis TI, peningkatan kemampuan bahasa Inggris dan soft skills, peningkatan entreprenuership skills,peningkatan sistem penempatan kerja melalui PCC. Sehingga persepsi oleh orang tua mahasiswa akan memberikan kesan yang baik terhadap STIEP dan tahu bahwa anaknya telah kuliah di tempat yang dapat menciptakan lulusan yang terbaik. Kemudian persepsi oleh calon mahasiswa, STIEP akan di cap sebagai PT yang baik daripada PT yang lain karena keunggulan2 nya tersebut sehingga banyak lulusan SMU/SMK/sederajat yang mendaftar ke STIEP dan oleh dunia industri para lulusan STIEP akan dipandang berebda dan mempunyai kompetensi dan soft skills yang lebih dari lulusan PT yang lain, sehingga lulusan STIEP akan banyak dicari oleh dunia industri. Dan yang terakhir persepsi oleh publik mereka menilai STIEP adalah PT yang mampu menghasilkan lulusan yang terbaik karena mempunyai kemampuan, kompetensi, dan skills yang diatas rata2 dan juga banyak ditempatkan di dunia industri yang terkenal.
    Terima kasih…

    Comment by LiaDahniar | June 20, 2007 | Reply

  11. Memang jika suatu institusi pendidikan mendapatkah hibah seperti itu,yaitu hibah A3 itu sangat menggembirakan dan sangat menguntungkan betapa tidak dengan adanya hibah tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan soft skill serta memperbaiki fasilitas yang dimiliki oleh institusi pendidikan tersebut.Tidak terkecuali STIE PERBANAS SURABAYA jurusan akuntansi yang telah mendapatkan hibah A3 dari DIKTI.

    Selain itu mahasiswa PERBANAS juga memiliki keuntungan karena dengan adanya fasilitas baru yang mendukung untuk kemajuan soft skill dan juga kemampuan lainnya agar kita siap untuk memasuki dunia kerja.

    Oleh karena itu mahasiswa lulusan dari STIE PERBANAS SURABAYA akan dicari oleh banyak perusahaan,karena telah memiliki kemampuan untuk menghadapi dunia kerja dengan memiliki soft skill yang cukup baik.

    Comment by Titik Prihatin | June 20, 2007 | Reply

  12. Kegiatan pemasaran adalah suatu kegiatan yang sangat diperlukan bagi sang pemasar sebagai sarana promosi yang dilakukan pada produk yang dihasilkannya. Pada dasarnya promosi penjualan terdiri dari alat intensif yang sangat beraneka ragam, hal ini kebanyakan untuk promosi jangka pendek dan dirancang agar sebuah produk lebih cepat sampai ke tangan konsumen, karena dimanapun periklanan pada dasarnya selalu menekankan agar konsumen mau membeli produknya. Promosi merupakan suatu komunikasi dari produsen pada konsumen, yang mana kebanyakan hal ini dilakukan oleh PR (Public Relation) atau yang sering disebut sebagai Humas. Humas mempunyai potensi yang sangat berpengaruh dan dapat membangun kesadaran serta frekuensi pasar. Alat-alat atau sarana yang biasanya digunakan oleh PR dalam melakukan kinerjanya antara lain seperti melalui pemberitaan, pidato, melakukan sebuah acara, mempromosikan produk melalui kegiatan pelayanan masyarakat, media berita dari suatu perusahaan terkait, bahkan melalui komunikasi via telepon dan masih banyak yang lainnya. Berbicara tentang promosi, seperti yang diberitakan oleh Jawa Pos pada 18 Juni 2007, mengenai perguruan tinggi yang mendapatkan Hibah A3 dari DIKTI, merupakan suatu hal yang sangat luar biasa bagi perguruan tinggi penerima tersebut, karena tentunya kita semua tahu, tidak semua perguruan tinggi bisa mendapatkan hibah tersebut dengan mudah, karena tentunya perguruan tinggi penerima tersebut telah lolos dari beberapa tes dan persyaratan yang mungkin diperlukan untuk bisa mendapatkan hibah tersebut. Dengan adanya hibah ini, mungkin image dari suatu perguruan tinggi penerima bisa menjadi terangkat dan lebih baik lagi, karena hal ini tentunya akan menimbulkan kesan pada masyarakat bahwa perguruan tinggi tersebut memiliki kualitas yang sangat bagus, dan memiliki nilai lebih. Mungkin hal ini juga akan bisa membuat calon konsumen nyasar ke perguruan tinggi tersebut, karena persepsi masyarakat akan perguruan tinggi tesebut sangat baik, seperti saja jika perguruan tinggi tersebut diiklankan dan diberi informasi bahwa perguruan tinggi tersebut merupakan pemeroleh dana hibah. Masyarakat juga akan berpendapat bahwa mahasiswa yang kuliah disitu memiliki kualitas yang sangat baik, sehingga nantinya setelah wisuda, para mahasiswa diharapkan bisa langsung bekerja. Dana hibah ini, bagi perguruan tinggi penerima bisa saja digunakan untuk memperbaiki sarana dan prasarana agar kedepannya proses belajar mengajar bisa lebih leluasa. Dana hibah bisa digunakan untuk menambah sarana dan prasarana yang belum ada, bisa juga untuk mengiklankan serta mempromosikan perguruan tinggi tersebut seperti membuat spanduk, brosur-brosur bahkan acara open house dan expo kampus, seperti diadakan di SMA-SMA atau ditempat umum seperti mal-mal, yang nantinya diharapkan dengan adanya program promosi tersebut, banyak siswa yang lulus SMA mendaftar masuk perguruan tinggi tersebut, karena kualitasnya yang sudah terjamin, selain intu dengan adanya penambahan sarana kampus diharapkan semakin banyak lulusan mahasiswanya yang berpotensi, siap kerja dan tentunya memiliki skill. Sehingga nantinya banyak lulusan perguruan tinggi tersebut yang bekerja di suatu perusahaan yang besar, terkenal dan bonafit, dan tidak hanya itu saja dan yang terpenting bisa mendapatkan gaji awal yang tinggi. Selain yang dapat dilakukan diatas dengan adanya dana hibah dari DIKTI, mungkin dana hibah tersebut bisa saja digunakan untuk memberikan beasiswa pada mahasiswa yang berprestasi, tidak hanya dari akademik-nya saja tetapi dari prestasi non-akademik-nya juga, hal ini tentunya akan mengangkat citra perguruan tinggi tersebut di mata masyarakat, seperti kampus kita tercinta STIE PERBANAS Surabaya, yang memperoleh Hibah A3 dari DIKTI. Semoga saja dana hibah yang diperoleh tersebut dapat digunakan sebaik-baiknya oleh STIE PERBANAS Surabaya untuk meningkatkan kualitas mahasiswanya dan tentunya yang paling penting tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum atau pihak-pihak yang tidak berwenang yang hanya ingin memperoleh untung tanpa mempedulikan nasib orang lain yang lebih memerlukan.

    Comment by Slamet Budi Waluyo | June 20, 2007 | Reply

  13. perguruan tinggi harus membangun hubungan baik dengan berbagai publik perusahaan dengan memperoleh publisitas yang menguntungkan, membentuk citra korporasi yang bagus, dan menangani atau menghilangkan rumor, cerita, dan peristiwa yang tidak menguntungkan.Pemberitaan yang positif akan membawa dampak yang signifikan terhadap perusahaan, yaitu konsumen akan “merasa jatuh hati” pada perusahaan tersebut.Terkait dengan pemberitaan perguruan tinggi STIE Perbanas di media massa pada tanggal 18 Juni 2007, itu merupakan pemberitaan yang dapat dikatakan positif yang akan membuat persepsi seorang konsumen atau calon konsumen kepada STIE Perbanas sebagai perguruan tinggi swasta yang berkompetensi, masyarakat akan menilai terutama orang tua yang akan memilih perguruan tinggi untuk anaknya sebagai perguruan tinggi yang tepat untuk men-sekolahkan. Dan yang terakhir persepsi oleh publik mereka menilai STIEP adalah PT yang mampu menghasilkan lulusan yang terbaik karena mempunyai kemampuan, kompetensi, dan skills yang diatas rata2 dan juga banyak ditempatkan di dunia industri yang terkenal.

    Comment by sigid adri saputra | June 20, 2007 | Reply

  14. Suatu perguruan tinggi seharusnya bisa mempromosikan produknya yang berupa pendidikan kepada masyarakat luas. Oleh sebab itu perguruan tinggi hendaknya bisa menjalin hubungan dengan berbagai perusahaan, agar nantinya perguruan tinggi tersebut bisa mempromosikan produknya dengan mudah. Dengan adanya hibah A3, seharusnya STIE PERBANAS hendaknya menggunakan dengan sebaik-baiknya dana yang diberikan oleh pemerintah tersebut dengan sebaik-baiknya, tanpa adanya penyelewengan dana. Sehingga kualitas STIE PERBANAS di kalangan perguruan tinggi yang lainnya layak diperhitungkan. STIE PERBANAS sebagai perguruan tinggi yang bonafit di Surabaya menurut saya, seharusnya bisa mempromosikan produknya dengan baik dan dengan adanya hibah tersebut hendaknya perbanas bisa lebih mengekspos STIE PERBANAS SURABAYA, hendaknya ke seluruh Indonesia bahkan mungkin ke seluruh dunia. Karena menurut semua informasi yang saya dengar, orang lebih mengetahui STIE PERBANAS di Jakarta daripada yang ada di Surabaya. Bahkan orang Surabaya sendiri sedikit yang mengetahui STIE PERBANAS, mereka lebih tahu Perguruan tinggi-perguruan tinggi swasta yang letaknya berdekatan dengan STIE PERBANAS, padahal kalau menurut kualitas, STIE PERBANAS jauh dibanding dengan perguruan tinggi swasta didekatnya, tetapi mengapa banyak orang yang tidak mengetahui STIE PERBANAS???? Seharusnya itulah tugas STIE PERBANAS untuk lebih giat memasarkan produknya. Jangan hanya orang tertentu saja yang mengerti STIE PERBANAS.

    Comment by Dian Istiqomah | June 22, 2007 | Reply

  15. STIE PERBANAS merupakan perguruan tinggi yang sangat baik secara kualitas mahasiswanya. Tak salah apabila STIE PERBANAS mendapatkan hibah. STIE PERBANAS menurut saya layak mendapatkan hibah tersebut. Tetapi menurut saya setiap perguruan tinggi hendaknya bisa mempromosikan produknya. Maka itu setiap perguruan tinggi hendaknya bisa menjalin hubungan dengan perusahaan-perusahaan lain. STIE PERBANAS sebagai perguruan tinggi yang mencetak sumber daya yang berkualitas pada bidang ekonomi, seharusnya lebih mempromosikan produknya kepada masyarakat luas. Karena STIE PERBANAS tidak begitu dikenal dikalangan masyarakat Surabaya. Mungkin untuk kalangan masyarakat sekitar STIE PERBANAS mereka tau, tetapi untuk masyarakat Surabaya yang lain, jarang sekali ada yang tau tentang STIE PERBANAS. Sehendaknyalah STIE PERBANAS bisa segera lebih dikenal oleh masyarakat Surabaya, atau bahkan para penduduk Indonesia atau malah mungkin seluruh dunia. Jadi STIE PERBANAS tidak hanya ada di Jakarta, tetapi juga ada di Surabaya. Semoga saja dengan adanya hibah A3 yang diterima oleh STIE PERBANAS Surabaya, STIE PERBANAS Surabaya dapat lebih dikenal oleh seluruh masyarakat Surabaya khususnya atau Indonesia atau bahkan dunia. Thank’s!!!

    Comment by Arif Ramadhan | June 22, 2007 | Reply

  16. Kegiatan pemasaran adalah suatu kegiatan yang sangat diperlukan bagi pemasar sebagai sarana promosi yang dilakukan pada produk yang dihasilkannya.Alat promosi yang paling baik untuk perguruan tinggi adalah hubungan masyarakat. Dimana perguruan tinggi harus membangun hubungan baik dengan berbagai publik perusahaan dengan memperoleh publisitas yang menguntungkan, membentuk citra korporasi yang bagus, dan menangani atau menghilangkan rumor, cerita, dan peristiwa yang tidak menguntungkan. Mengenai persoalan hibah yang diberikan kepada STIE Perbanas melalui dikti yaitu suatu hal yang seharusnya dpt dijadikan sebagai peluang dari pihak Perbanas sendiri untuk dapat lebih meningkatkan kwalitas pendidikan dalam perkuliahanya,selain itu dengan adanya berita seperti ini juga dapat menarik calon2 mahasiswa karena dengan adanya kabar seperti ini dapat membuka pemikiran para konsumen untuk lebih mengenal,mengetahui informasi mengenai produk dari produsen itu sendiri.Usaha STIE Perbanas patut dibanggakan apalagi yang membentuk TIM EAGER-Program atau program peningkatan Keterserapan Lulusan Akuntansi.STIE Perbanas merupakan perguruan tinggi yang membantu mahasiswa supaya cepat terserap oleh industri.Pemberitaan yang positif akan membawa dampak yang positif terhadap perusahaan, yaitu konsumen pindah pada perusahaan tersebut.

    Comment by Rizka Aprilia Hapsari | June 22, 2007 | Reply

  17. menurut saya promosi yang baik untuk sbuah lembaga pndidikan ialah image yang baik dari laembaga tersebut.jika sebuah perguruan tinggi telah memiliki brand image yang baik di mata masyarakat maka pasti akan mudah dalam mendapatkan custemer.
    selain dengan image yang baik sebuah lembaga pendidikan juga bisa mempromosikan lewat ikalan di tv,koran,brosur,dll.asalkan jangan pake spanduk aja,karana sebagian masyarakat sekarang berpikiran kalau sebuah perguruan mempromosikan lembaganya pake’ spsnduk pazti tu perguruan yang tidak berkwalitas pa lagi spanduknya di pinggir kali.
    seperti sekarang STIE PERBANAS mempromosikan lembaganya lewat televisi(saya sering lit d Jtv).tu juga menunjukan kwalitas dari stie prbanas tu sediri.
    sebaiknya stie perbanas juga dapat mempromosika ka\eunggulan yang lain yang i miliki oleh stie perbanas (seperti hibah yang baru saja d dapat tersebut)

    Comment by ikhwani | June 23, 2007 | Reply

  18. Perguruan Tinggi Swasta saat ini menghadapi persaingan yang amat kuat. Sehingga masig-masing dari sebuah perguruan tiggi swasta harus menciptakan kualitas dan SDM mahasiswanya yang bermutu. Tidak hanya menetapkan biaya kuliah yang relatif mahal namun juga mementingkan aspek pendidikannya. STIE Perbanas Surabaya telah dapat membuktika bahwa sekolah ini adalah sekolah yang berkualitas dan bermutu dengan bukti, kampus ini telah mendapatkan hibah A3 dari DIKTI. Mengenai persoalan hibah yang diberikan kepada STIE Perbanas melalui dikti yaitu suatu hal yang seharusnya dapat dijadikan sebagai peluang.Hibah yang diperoleh STIE Perbanas SBY merupakan hal yang luar biasa dan membanggakan. STIE Perbanas telah membuktikan hal tersebut dengan menggunakan Public Relation secara baik sehingga mendapatkan hibah tersebut. Sehingga STIE Perbanas mendapatkan respon positif dari semua pihak atas prestasinya.

    Comment by Kiekie Justitiane Abdi | June 25, 2007 | Reply

  19. Sebuah sistem pemasaran harus berfungsi untuk merasakan,melayani,dan memuaskan kebutuhan konsumen dan meningkatkan kualitas hidup konsumen .Dalam kegiatan seorang marketer mengambil tidakan-tindakan tertentu yang mungkin kurang disenangi dan kurang bermanfaat bagi setiap orang seorang marketer harus waspada terhadap kritik-kritik yang penting
    Dampak pemasaran terhadap kesejahteraan konsumen sering kali dikecam . Karena harga produk yang terlalu tinggi , praktek pemasaran yan penuh tipu daya , penjualan dengan penuh tekanan , produk jelek dan berbahaya mis:banyak perguruan tinggi swasta yang menjanjikan mereka dapat mencetak mahasiswa yang berkualitas (berkualitas nilai atau berkualitas SDM_nya ya……….??????)kenyataannya banyak sebagian perusahaan yang tidak mau menerima mahasiswa yang lulusan dari perguruan yang tidak berfavorite .Banyak perguruan tinggi swasta yang mencetak nilai coumlote tetapi tidak mencetak SDM yang berkualitas

    Dalam kasus berita jawa pos 18 juni 2007 tentang jurusan akuantansi yang mendapatkan hibah A3 dari dikti merupakan image yang sangat berarti dimiliki oleh STIE PERBANAS , dalam hal ini STIE PERBANAS diberi kepercayaan dalam membentuk SDM yang berkualitas . Dan saatnya STIE PREBANAS mempromosikan perguruannya kepada para konsumennya , yang tak terlupakan juga perbanas juga memiliki sistem SAP dimana sistem ini hanya dimiliki oleh dua perguruan tinggi swasta diSurabaya ( perbanas dan ciputra)

    Comment by fariz rachman | June 26, 2007 | Reply

  20. menurut saya pemberitaan-pemberitaan seperti yang ada pada koran jawa pos pada tanggal 18 juni 2007 adalah salah satu cara dari sebuah promosi dalam dunia pendidikan. sebagai contohnya adalah STIE Perbanas yang saat ini sudah mendapatkan hibah A3 dari Dikti. pemberitaan semacam ini tentunya akan menjadi modal bagi STIE Perbanas dalam menarik minat para calon mahasiswa baru untuk masuk menjadi mahasiswa di STIE Perbanas. selain itu pemberitaan semacam itu juga akan memberikan kesan yang baik terhadap para orang tua calon mahasiswa baru bahwa STIE Perbanas memiliki fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang dalam proses pengajaran yang nantinya juga akan berguna bagi para lulusan di dalam dunia kerja, karena di dunia kerja saat ini yang dibutuhkan adalah orang-orang yang berkompeten dalam bidangnya selain itu juga menguasai teknologi yang sedang berkembang sesuai dengan perkembangan jaman. manfaat lain yang di dapat dari pemberitaan-pemberitaan tersebut yakni STIE Perbanas menjadi semakin dikenal oleh banyak orang dan STIE Perbanas bisa menjadi salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di surabaya yang bersaing dengan perguruan tinggi lainnya.

    Comment by Noer Indah Permatasari | July 1, 2007 | Reply

  21. Assalamualaikum wr.wb

    Perguruan Tinggi adalah salah satu pilihan setelah usai menempuh Sekolah Menengah Atas.Disinilah peran dari Hubungan Masyarakat dibutuhkan.Oleh karena itu, Hubungan Masyarakat perlu berupaya keras untuk mempromosikan suatu Perguruan Tinggi.Salah satunya dengan mengadakan promosi diberbagai sekolah dan campus expo agar Perguruan Tinggi tersebut dapat dikenal.Selain promosi Perguruan Tinggi,prestasi yang diperoleh perlu juga dipromosikan agar banyak peminat.Contohnya,Perguruan Tinggi STIE Perbanas Surabaya yang mencoba mempromosikan prestasinya bahwa STIE Perbanas Surabaya adalah salah satu dari 16 Perguruan Tinggi penerima PHK A3 ditanah air.Itu berarti STIE Perbanas Surabaya dipercaya oleh Dikti untuk meningkatkan kompetensi dan soft skill para mahasiswa.
    Berita itu adalah modal utama untuk menarik minat calon mahasiswa maupun publik.Karena untuk menerima program Hibah A3 tersebut tim STIE Perbanas membutuhkan kerja ekstra keras.Oleh karena itu,saya sangat bangga sekaligus bersyukur karena saya tidak salah pilih Perguruan Tinggi.Karena Perguruan Tinggi adalah pendidikan akhir yang kemudian dilanjutkan untuk masuk dalam dunia kerja.

    Wassalamualaikum wr.wb

    Comment by Wahyu Lestari Ekawati | July 4, 2007 | Reply

  22. bantuin gue cari tentang strategi marketing public relations dan ada dibuku mana dan belinya dimana thxs send back asap

    Comment by rohana | July 5, 2007 | Reply

  23. hal promosi yang terbaikuntu sebuah yayasan pendidikan ialah kwalitas dari perguuan tinggi tersebut dan fasilitas yang ada dalam lembaga yersebut…,
    pemasaran dalam perguruan dapat di lakukan dengan beberapa cara yang antara lain ada;lah iklan di televisai,spandu2,dll

    Comment by taufik al rizal | July 6, 2007 | Reply

  24. promosi yang ingin dicapai dalah dengan memberikan berita-berita yang aktual sehingga yang membaca berita atau promosi tersebut dapat jelas adapun dalam memberikan berita,kita harus melalui media masa agar didapat denagn mudah oleh seluruh masyarakat indonesia

    Comment by bulki | August 1, 2007 | Reply

  25. bapak Yudi yang terhormat,
    menurut saya walau universitas merupakan org. non profit,tapi merupakan kebutuhan pokok bagi manusia, yaitu sebagai saraana untuk memperoleh ilmu. oleh karena itu sangat perlu dipublikasi tentang univ.2 mana saja yang terbaik, kalaupun sebuah univ. jd diekspos karena memperoleh prestasi maka itu hal yang wajar2 saja asalkan memperoleh prestasi itu dengan cara yang benar. masy. pasti mendukung publikasi terhadap prestasi2 sebuah perg. tinggi baik negeri maupun swasta.

    Comment by irvan sulthoni haris | September 26, 2007 | Reply

  26. SUATU PROMOSI HARUS MEMPUNYAI PERENCANAAN YANG BAIK DALAM MENAWARKAN SESUATU AGAR DAPAT DI CERNA/DITERIMA OLEH KONSUMEN SEHINGGA TIDAK MEMBUAT KONSUMEN KECEWA/MENYESAL SETELAH MEMBELI,HAL INI MEMPERLIHATKAN BAHWA BETAPA PENTINGNYA PUBLIK RELATION DALAM SUATU PROMOSI.

    Comment by cahyo | May 13, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: