Y u d i S u t a r s o

Kuliah Manajemen Pemasaran

Kualitas Jasa, Kepuasan Pelanggan dan Respon Perilaku dalam Pendidikan Akuntansi

Accounting education in Indonesia is one of organizations that should develop quality performance. One of the developing quality perspectives in Accounting education is through measuring service quality, customer satisfaction and behavior responses. Service quality anda customer satisfaction is recognized as important aspect to acheive success on developing quality in organization. The development of measuring service quality and customer satisfaction as quality indicators was widely implemented on business organization, although its has not yet been in higher education particularly in Accounting education in Indonesia. The objective of this research is to examine the model of relationships and effects of service quality and satisfaction on behavior responses in Accounting education. The survey was conducted in Surabaya, with 14 university and 149 student as the respondents. This research was using convenience sampling, and data collection was conducted by direct survey. Statistical method used in this research is Two-step Structural Equation Model (SEM). The findings of this research shows that service quality positively and directly influence satisfaction. The others finding also shows that satisfaction positively and directly on word-of-mouth communication as well as negatively on intention to switch. Managerial and research implication is also discussed in this article.

Keywords : Service quality, satisfaction, intention to switch, word-of-mouth communication, response behavior, accounting education, higher education.

Telah dipublikasian pada tahun 2004 di Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 7 (2), 1-20.

April 12, 2007 - Posted by | Relationship Marketing

16 Comments »

  1. Saya sangat membutuh kan karya iLmiah yang Bapak terbitkan ini,,,
    dan Saya ingin mempelajari nya lebih lanjut lagi,,,
    tapi, kendala yang saya hadapi sekarang,
    Ingin membaca karya Bapak yang seutuhnya,..
    jadi, tanggapan Saya,,,
    “Bisa kah Bapak menampilkan karya Bapak yang menabjubkan ini secara lebih detail lagi???”

    atas waktu nya, Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

    Comment by Leksi Satria | June 15, 2007 | Reply

  2. saya sangat membutuhkan materi tentang sistem informasi kualitas jasa (service quality),sekiranya Bapak bisa menampilkannya… Terima kasih

    Comment by edx | July 3, 2007 | Reply

  3. saya sangat membutuhkan karya ilmiah/jurnal mengenai Service quality, satisfaction, intention to switch, word-of-mouth communication, response behavior, sudikah bapak mengirimkan artikel-artikel mengenai hal tersebut diatas. terima kasih

    Comment by feri | September 28, 2007 | Reply

  4. tambahan sedikit pak, bolehkah saya minta materi mengenai teknik analisis data menggunakan SEM terima kasih

    Comment by feri | September 28, 2007 | Reply

  5. Saya sangat membutuhkan materi mengenai kepuasan pelanggan jasa,kualitas jasa. Kiranya Bapak dapat membantu saya. Atas perhatian dan waktunya saya ucapkan terima kasih….

    Comment by hanny | October 18, 2007 | Reply

  6. Pa,kalau ada bhs Inonesia aja yah…
    Trims…..

    Comment by hanny | October 18, 2007 | Reply

  7. saya sangat tertarik dengan jurnal penelitian yang Bapak tulis mengenai Service quality, satisfaction, intention to switch, word-of-mouth communication, response behavior ini, karena saya sangat membutuhkannya sebagai referensi penelitian yang sedang saya lakukan.Saya akan sangat berterimakasih kepada bapak apabila sudi mengirimkan jurnal tersebut kepada saya. saya sangat membutuhkan bantuan bapak.atas waktunya saya ucapkan terimakasih banyak.

    contact email : pecel_nak@yahoo.com

    Comment by Richa Martina | December 17, 2007 | Reply

  8. saya akan menyusun tesis pasca sarjana tentang marketing jasa pendidikan SMK, bisakah saya memperoleh artikel ilmiah terkait via e-mail ?

    Comment by atik | January 22, 2008 | Reply

  9. saya sangat membutuhkan artikel/jurnal tentang SERVQUAL dan kepuasan konsumen, sekiranya sudilah Bapak mengirimkan artikel/jurnal tentang SERVQUAL dan kepuasan konsumen. terima kasih

    Comment by farida | March 17, 2008 | Reply

  10. Saya sangat membutuhkan tentang SERQUAL ini karena saya sedang membuat skripsi, saya sanagt berharap bapak mau mengirimkan artikel-artikel yang terkait. Terima Kasih

    Comment by Mustika Kurnia Cesaria | May 27, 2008 | Reply

  11. Saya sangat membutuhkan karya ilmiah/jurnal mengenai Service quality, satisfaction,dan yang berhubungan dengan behavioral intentions, sudikah bapak mengirimkan artikel-artikel mengenai hal tersebut diatas. Terima kasih

    Comment by tia | May 29, 2008 | Reply

  12. Selamat siang pak,

    Saya sedang menyusun penelitian dengan judul “Identifying Key Success Factor for Optimizing the satisfaction Level of student – a case study on private institutions in Banten Province”, oleh karena itu saya membutuhkan artikel-artikel terkait dengan judul penelitian saya tersebut dan saya sangat berterima kasih jika bapak dapat mengirimkan artikel2 tersebut, thx

    Comment by suhadarliyah | January 3, 2009 | Reply

  13. saya sangat memebutuhkan karya ilmiah bapak ini, guna menambah referensi saya dalam menyelesaikan skripsi saya yang membahas mengenai kepuasan dan layanan dalam pendidikan. mohon bantuannya.

    Comment by david | May 6, 2009 | Reply

  14. mas…..saya mengalami kesulitan…..bisa bantu saya tidak,,,,saya mau mencari jurnal yang membahas tentang dimensi kulaitas jasa dengan alat ukur yang digunakan parasuraman dengan 10 dimensi………terimakasih…kalo sudah ada tolong ya mas hubungi ke no saya 085640755559…………..terimakasih

    Comment by oki | November 24, 2009 | Reply

  15. Saya membutuhkan jurnal tentang service quality, satisfaction, word of mount di bidang asuransi kesehatan. Mohon bantuannya ya pak..Trima kasih

    Comment by diana | July 20, 2010 | Reply

  16. saya tertarik dengan jurnal penelitian yang Bapak tulis mengenai Service quality, satisfaction, intention to switch, word-of-mouth communication, response behavior ini, lakukan.Saya akan sangat berterimakasih kepada bapak apabila mau mengirimkan jurnal tersebut kepada saya. saya sangat membutuhkan bantuan bapak.atas waktunya saya ucapkan terimakasih banyak.

    Comment by seprianti eka | May 24, 2011 | Reply


Leave a Reply

