Y u d i S u t a r s o

Kuliah Manajemen Pemasaran

Marketing, kepuasan, dan produk

Memahami marketing dapat dengan mudah melalui pengertian mendapatkan laba melalui kepuasan. Pengertian ini sebenarnya sudah agak lama, yang baru versi Kotler menyatakan bahwa kepuasan saja tidak cukup kecuali dengan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Kalau penjualnya banyak seringkali kita lalu membeli kepada mereka yang dekat dengan kita. Memberikan kepuasan, saat ini bukan hal baru, dan belum cukup untuk meningkatkan laba perusahaan.

Demikian juga masalah pengertian produk, seringkali agak bingung antara pengertian produk, jasa, dan barang. Jika kita melihat dibuku, maka sebenarnya ketiganya adalah berbeda dan sama. Jenis produk bisa barang, jasa, orang, aktivitas, tempat dan organisasi.

Bagi mahasiswa peserta kuliah manajemen pemasaran, tugas Anda minggu ini, adalah :

1. berilah contoh masing-masing jenis produk diatas diluar contoh yang disampaikan dikelas, dan

2. berilah contoh bagaimana menciptakan kepuasan pada masing-masing jenis produk tersebut.

3. Jasa akuntan termasuk jenis manakah dari produk diatas, dan bagaimana menciptakan kepuasan dalam bisnis jasa tersebut.

Kelompok satu, minggu depan mempresentasikan tugas tersebut, kurang lebih 15 menit. Mohon kelompok satu siap-siap,sebaiknya menggunakan powerpoint, agar lebih hidup.

Terima kasih.

March 14, 2007 - Posted by | Manajemen Pemasaran

5 Comments »

  1. Manajemen Pemasaran
    Kelas G
    Ternyata dewasa ini, marketing yang mempunyai pengertian untuk mendapatkan laba melalui kepuasan pelanggan belumlah cukup tanpa adanya jalinan hubungan baik dengan pelanggan. Perusahaan yang kehilangan pelanggan berarti kehilangan pula penjualannya. Oleh karena itu perusahaan saat ini memilih langkah untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan membina hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Karena membina hubungan baik dengan pelanggan dapat juga menghasilkan laba.

    Comment by wahyu lestari ekawati | April 1, 2007 | Reply

  2. Manajemen Pemasaran sangat erat kaitannya dengan marketing suatu produk baik berupa barang atau jasa, marketing sangat penting dalam memasarkan suatu produk agar lebih dikenal oleh masayarakat luas,serta dapat meningkatkan laba atau keuntungan yang akan diperoleh oleh suatu perusahaan.Perusahaan dapat meningkatkan marketing suatu produk dengan dilakukan dengan macam macam strategi antara lain memberikan kuesioner atau demo produk kepada para konsumen atau dengan meningkatkan mutu dengan harga yang pas untuk para konsumen.

    Comment by Dion Yanuar Purba | May 31, 2007 | Reply

  3. yang saya cari adalah pengertian produk,ko ga ada yawW…padahal saya sangat butuh sekali untuk kelangsungan tugas akhir saya….

    Comment by gilang nugraha | April 5, 2008 | Reply

  4. Produk adalah barang atau jasa yang ditawarkan oleh seseorang untuk diperjual belikan. Gitu kali yaa

    Comment by www.sampara.com | June 3, 2008 | Reply

  5. met mlm pak yudi,saya punya usaha di bidang advertising,yaitu huruf timbul.saya ingin bertanya bagaimana cara yang efisien dalam menjalankan usaha saya yang benar?trims

    Comment by aan | April 3, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: