Y u d i S u t a r s o

Kuliah Manajemen Pemasaran

Diskripsi Manajemen Pemasaran Gasal 0607

Mata kuliah manajemen pemasaran adalah mata kuliah pengantar bagi mahasiswa untuk memahami konsep dan praktek pemasaran mulai dari apa itu pemasaran, konsep penting dalam pemasaran hingga bauran pemasaran. Oleh karena pada semester ini banyak mahasiswa yang berasal dari jurusan akuntansi, maka tekanan pada perkuliahan semester ini adalah bagaimana mempelajarai pemasaran bagi profesi akuntansi.

Mahasiswa peserta mata kuliah ini akan dapat berhasil jika mau membaca buku mengenai prinsip-prinsip pemasaran, aktif berpartisipasi dikelas dan mau melakukan observasi individu mengenai fenomena-fenomena pemasaran yang ada disekitar kita. Ketentuan mengenai perkuliahan ini, mahasiswa bisa mendapatkan di kontrak pembelajaran yang bisa didownload dari blog ini. Mudah-mudahan mata kuliah ini akan berguna dan bermanfaat bagi peserta sekalian.

Kontrak pembelajaran Manajemen pemasaran


March 9, 2007 - Posted by | Manajemen Pemasaran

37 Comments »

  1. Manajemen Pemasaran
    Kelas G
    Pemasaran lebih berurusan dengan pelanggan. Karena pelanggan adalah orang yang paling penting dalam perusahaan. Oleh karena itu pemasaran mempunyai pengertian yaitu dengan memberikan kepuasan kepada pelanggan agar mendapatkan laba.

    Comment by wahyu lestari ekawati | April 1, 2007 | Reply

  2. Ada dua pengertian mengenai manajemen dan pemasaran, yang pertama manajemen selalu mengandung prinsip POAC, sedangkan pemasaran sendiri tidak terbatas pada pencarian laba semata, sebab pemasaran juga meliputi kepuasan pelanggan dan relationship terhadap customer

    Comment by erwin | May 7, 2007 | Reply

  3. Menurut saya MK Manajemen Pemasaran,adalah MK yang mempelajari tentang bagaimana kita memasarkan produk atau jasa pada pelanggan atau konsumen dengan memperhatikan target pasar yang akan dituju oleh perusahaan.Selain itu juga memperhatikan terget market tersebut dan strategi harga yang akan digunakan oleh suatu perusahaan,antara lain strategi tentang penyesuaian harga,strategi dalam mengatasi persaingan,stategi penggabungan produk,stategi produk mix,strategi skimming pricing,stategi penetration pricing.Yang paling penting menurut saya adalah cara kita memasarkan suatu produk harus ada etika manajemen yang digunakan yaitu tidak menjiplak dan membajak produk atau jasa dari perusahaan lainnya.

    Comment by Dion Yanuar Purba | May 31, 2007 | Reply

  4. MP adalah suatu kegiatan terencana untuk memperoleh laba dan kepuasan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan

    Comment by mutiara bs | July 6, 2007 | Reply

  5. menurut saya MK.manajemen pemasaran adalah ;mata kuliah yang mempelajari bagai mana cara untuk memahami memasarkan suatu produk sehingga bisa memuaskan konsumen/pelanggan.atau yang lebih di kenal 4.p
    price,promosi, produk,sehingga mampuh membina hubungan dengan pelangan dengan baik dan mampuh bersaing dengan sehat

    Comment by toni b.berkata | August 23, 2007 | Reply

  6. manajemen pemasaran membuka mata kita bahwa kita sangat butuh pelanggan bukan pelanggan yang butuh barang/jasa kita maka dari itu kita harus bangun tidak tidur menghadapi kompetitor kita karena itu vitamin

    Comment by DAMIS COOL | September 6, 2007 | Reply

  7. gw lg bingung banget nich akhir minggu ini ujian

    Comment by oghy | October 23, 2007 | Reply

  8. klu ngasih keterangan jangan nanggung dong!!!!

    Comment by canda | November 5, 2007 | Reply

  9. kasih ajaran ama yang masih belajar dong

    Comment by canda | November 5, 2007 | Reply

  10. Manajemen pemasaran adalah proses sodial dan manajerial dalam individu dan kelompok untuk mendapatkan kebutuhan dan keinginan dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain

    Inti dari kegiatan pemasaran adalah selling, branding dan positioning

    Comment by tresna dewi kharisma | November 7, 2007 | Reply

  11. pemassaran adalah memberi kepuasan kepada pelanggan agar mendapatkan laba

    Comment by willisius wagur | November 15, 2007 | Reply

  12. Manajemen pemasaran adalah mata kuliah yang sangat penting menurut saya.karena kita bisa mengenal lebih jauh bagai mana cara kita untuk menjalin hubungan dengan pelanggan bahkan bagai mana kita menarik pelanggan baru ,memuaskan para konsumen ,dan bukan itu juga kita perlu mengetahui etika,etiket dalam profesi usaha .

    Comment by toni | November 28, 2007 | Reply

  13. mau tanya buku manajemen pemasaran yang isinya ada PLC karangan siapa aja ya…ada tugas dari dosen neh

    Comment by susana | December 3, 2007 | Reply

  14. Menurut saya manajemen pemasaran adalah bagaimana kita memasarkan produk kita ke pasar dengan melihat price,promosi,place dan produk yang sesuai dengan kondisi daya beli konsumen dan kemampuan pesaing

    Comment by wawan | January 10, 2008 | Reply

  15. MP adalah manajemen pemasaran yang mengajarkan tentang bagaimana cara memasarkan suatu produk shingga tercapai kepuasan bagi pelanggan dan juga keuntungan bagi produsen yang memasarkan.

    Comment by Farid Abdullah | January 30, 2008 | Reply

  16. marketing adalah salah satu dasar dari inovasi dan renovasi produk

    Comment by tohan | February 3, 2008 | Reply

  17. manajemen pemasaran adalah kegiatan untuk mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan penjualan suatu barang dan jasa untuk memperoleh laba dan kontinuitas konsumen.

    Comment by wulan | February 18, 2008 | Reply

  18. mata kuliah manajemen pemasaran s2 ada ngak

    Comment by hartono | March 3, 2008 | Reply

  19. tolong kirimkan sistem pemasaran beras di pulau jawa, terima kasih

    Comment by purwanto | March 29, 2008 | Reply

  20. pemasaran adalah bagaimana kita bisa memuaskan konsumen untuk memperoleh laba,karena apabila pemasaraan tersebut tidak bisa memperoleh laba itu namanya bukan pemasaraan karena kita sedang tidak berbisnis

    Comment by alif | May 30, 2008 | Reply

  21. blognya cukup baik, saya sendiri kepingin buat, gimana caranya pak?

    Comment by SUSENO | June 12, 2008 | Reply

  22. menurut saya mata kuliah manajemen pemasaran merupakan mata kuliah yang sangat penting artinya bagi mahasiswa jurusan manajemen apalagi magister manajemen. karena dari sini kita bisa mengtahui bagaimana sebenarnya proses pemasaran yang baik dan mengtahui segmentasi pasar yan g menguntungkan bagi seornag pebisnis.MM UNP 2008

    Comment by zulhamdi | September 26, 2008 | Reply

  23. perbedaan agen dan distributor????

    Comment by endra | October 16, 2008 | Reply

  24. Saya tertarik dengan manajemen pemasaran, kalo bisa sih, sy minta artikel mengenai pemasaran yang lengkap

    Comment by Herman | December 25, 2008 | Reply

  25. Sangat seru melihat mata kuliah manajemen pemasaran tersebut……….ataupun yang di tawarkan oleh ilmu-ilmu pemasaran ini…….bagus sekali jika menimba lanjutan ilmu manajemen pemasaran ini….

    Comment by Susanto | December 26, 2008 | Reply

  26. Manajemen pemasaran adalah suatu proses yang terencana dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

    Comment by Triocs3 | January 18, 2009 | Reply

  27. Saya mau tanya pengertian tentang manajemen pemasaran, keinginan,kebutuhan,permintaan

    Comment by lindya | March 10, 2009 | Reply

  28. kenapa sih pemasaran itu selalu di kaitkan dengan kepuasan pelanggan padahal pemasaran itu,,,Usaha menukarkan barang.
    sementara “Kepuasan pelangan itu ada karakteristi dari sebuh produk”

    Comment by andri AK | March 27, 2009 | Reply

  29. mp:semua orang bisa mempelajari dan menjadi element dalam MP sendiri tanpa harus berguru pada siapapun.dengan pengalaman yang kita dapat sehari-haripun dapat membimbing kita mempelajari MP.kepuasan sang pelanggan tergantung bagaimana serfis kita terhadapnya.

    Comment by Hary prasetyo | April 25, 2009 | Reply

  30. minta tolong dijawab,apa perbedaan antara pemasaran dan penjualan ? makasih

    Comment by suzy | July 16, 2009 | Reply

  31. Pemasaran selalu mendorong orang untuk menemukan teknik baru yang semakin kreatif dan inovatif. Karena tujuan akhirnya bukan hanya customer mengenal, mengerti, dan akhirnya membeli barang atau jasa yang kita tawarkan tapi customer juga menjadi perpanjangan tangan untuk menawarkan jasa atau barang kita.

    Comment by Rental Komputer | July 23, 2009 | Reply

  32. Tlng ak minta makalah tntang manajemen pemasaran. Trim

    Comment by Arifin | November 8, 2009 | Reply

  33. pak,mohon contoh riset pemasarannya pa`?

    Comment by arianto HASIBUAN | November 25, 2009 | Reply

  34. gw seorang guru manajemen pemasaran di salah satu sekolah kejuruan perdagagan di Dili timor Leste, salah satu masalah yang saya hadapi sekarang adalah kurangnya fasilitas misalnya: Buku panduan untuk guru dan buku cetak bidang study tersebut tidak ada dengan demikian pak bantu aku n emaikqu lachongfong317@gmail.com

    Comment by longuinhos Afonso | January 12, 2010 | Reply

  35. aqu mohon bantuin aqu, sebab aqu sangat membutuhkan buku bidang study manajemen pemasaran tingkat SMEA

    Comment by longuinhos Afonso | January 22, 2010 | Reply

  36. apa si yang di pelAJARI dari mnjemen pemasaran???
    trus pembelajaranya lebih ke bidang apa??
    apa itung2 an atau apa???
    saya mau masuk kmnikasi,tp brhubung kmpus yg saya pilih belum ada kmnikasi,,jadi saya pilih manaj pemasaran..cocok ga si sbnrnya??

    Comment by andi | March 12, 2010 | Reply

  37. Marketing Management.

    Marketing management can be interpreted [by] as a(n) ” action science” consisted of [by] principles to increase affectivities transfer. Philip Kotler define management of marketing as analyzing, planning, execution and controller of programs which aim to generate transfer of personal the desired to advantage or with. Emphasis placed [at] adaptation and co-ordinate product, price, promotion and place to reach response effective.

    In this definition, marketing management

    1.Formulated [by] as a(n) management process, so that cover analysis, planning, execution and control
    2.Viewed as [by] a activity which aim to generate the desired transfer. Transfer [do] not only concerning goods and service, but also the object which can fulfill requirement psychologist, social and cultural.
    3.viewed as [by] a[n activity which can be [done/conducted] [by] goodness by seller, and also buyer [of] the desired process transfer
    4.Viewed as [by] a[n activity which can be [done/conducted] personal to advantage or the reciprocal advantage
    5.Viewed as [by] [of] activity which the dot weigh against [at] adaptation and co-ordinate product, price, place and promotion to reach response which effective. advertisement And product adapted for [by] a consumer behavior and attitude influenced in such a manner so that become as according to new product.

    Comment by Prof.Dr.H.Tirta Jaya Jenahar,SE, MSi | May 8, 2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: