Y u d i S u t a r s o

Kuliah Manajemen Pemasaran

RM di Perguruan Tinggi

Dinamika pendekatan, praktek dan teknik dalam pemasaran telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dalam organisasi bisnis perkembangan praktek pemasaran jauh lebih maju dari perkembangan pada organisasi sosial, khususnya perguruan tinggi. Dalam kacamata disiplin ilmu pemasaran, perguruan tinggi merupakan institusi yang menawarkan produk dalam kategori jasa, yaitu jasa pendidikan. Perguruan tinggi dalam kacamata disiplin ilmu pemasaran pula, sejajar dengan institusi lain seperti perusahaan manufaktur yang menjual produk barang (pakaian, kendaraan), partai politik yang menjual produk organisasi, artis yang menjual produk orang, dan sebagainya. Hal ini memberikan konsekuensi pada perguruan tinggi untuk mengimplementasikan beberapa prinsip pemasaran, serupa dengan apa yang dilakukan oleh beberapa institusi yang lain tersebut.  Artinya perguruan tinggi hendaknya melakukan beberapa kebijakan, yaitu meliputi : 1) kebijakan produk, dalam rangka menyediakan jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen; 2) menentukan kebijakan harga, agar pengorbanan konsumen sebanding dengan apa yang didapatkan (adil); 3) menentukan kebijakan promosi, agar jasa pendidikan yang disediakan dapat dikenal, dipahami, dan disikapi secara positip oleh konsumen, dan  4) menentukan kebijakan distribusi, agar jasa pendidikan yang ditawarkan dapat diakses oleh konsumen secara mudah. Dengan kata lain perguruan tinggi perlu melakukan disain dan implementasi kebijakan bauran pemasaran (Kotler 2001) dalam menjaga  keberlangsungan dirinya.

            Prinsip atau pendekaan pemasaran apa yang hendaknya diacu untuk dijadikan pijakan oleh perguruan tinggi, tentunya harus menyesuaikan dengan perkembangan lingkungan.  Sebab perkembangan lingkungan akan selalu menghasilkan tantangan-tantangan baru dan kesempatan-kesempatan baru bagi perguruan tinggi.  Potret atas tantangan perguruan tinggi kedepan adalah adanya persaingan yang tinggi sehingga sangat banyak penawaran jasa pendidikan tinggi, meningkatnya tuntutan pelanggan atau mahasiswa utamanya pada kualitas dan biaya, kemajuan tehnologi komunikasi, informasi dan komputer yang merubah semua segi kehidupan, dan sebagainya. Pada akhirnya yang menjadi perhatian perguruan tinggi adalah bagaimana dengan berbagai tantangan dan keterbatasan masih mampu bertahan hidup dan berkembang. Dan kata kunci atas hal tersebut adalah bagaimana meningkatkan loyalitas pelanggan perguruan tinggi, sehingga akan tetap mampu mempertahankan permintaan terhadap jasa perguruan tinggi.

March 2, 2007 - Posted by | Relationship Marketing

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: