Y u d i S u t a r s o

Kuliah Manajemen Pemasaran

“Gol Tangan Tuhan”: Antara Kebenaran dan Ketenaran

pic from www.jawapos.com

Kita mengetahui bahwa salah satu aspek penting dari kegiatan pemasaran adalah promosi atau komunikasi pemasaran. Hal ini berlaku baik untuk pemasaran barang, jasa, organisasi, ide ataupun pemasaran orang. Komunikasi pemasaran ini diharapkan akan menjadikanpasar sasaran menjadi tahu, mengerti, tertarik, atau bahkan membeli dan melanggan.

Salah satu kegiatan promosi, yang seringkali dimanfaatkan oleh pemasar adalah public relation (PR). PR merupakan fungsi promosi yang mendorong pemasar untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan atau publik. Salah satu hal penting dari PR adalah bagaimana menciptakan popularitas melalui pemberitaan di media masa. Praktisi PR akan berusaha menaikkan image dengan mati-matian menjadikan setiap event yang diadakan dapat diberitakan maksimal, bahkan jika tidak ada event dibuatlah event yang laku “dijual” kepada media.

Tidak terkecuali, hari ini Senin 11 Juni 2007, kita disuguhi pemberitaan mengenai Lionel Messi, yang beru saja mencetak gol dengan tangannya. Kasusnya dapat didownload disini. Mencetak gol bukan luar biasa, namun mencetak dengan tangannya adalah luar biasa. Lebih luar biasa lagi jika itu benar-benar dinyatakan sebagai gol, yang artinya wasitnya kecolongan. Kasus yang sama pernah terjadi pada maestro sepakbola Maradona pada saat PIala Dunia 1986. Sehingga Messi dijuluki sebagai “titisan Maradona”, Ingat gambar dibawah ini ?

Dalam perspektif marketing, popularitas Messi tidak terbantahkan. Banyak yang mengelu-elukan, diberitakan dibanyak media, dan semua orang tahu. Ketenaran menjadi predikat bagi Messi, dan lihat saja jika ketenaran menyertai seseorang, maka dibelakangnya materi akan mengikuti. “Kembali ke laptop” ingat fenomena suksesnya “Tukul Arwana”.

Jika Anda adalah Messi, seorang pemain sepakbola yang memasarkan dirinya agar menjadi “celebrity”. Apa yang seharusnya dilakukan, haruskan dia memilih ketenaran dengan Gol tangan Tuhan, atau mungkin dia akan menyadari kebenaran yang terjadi. Pilihannya adalah ketenaran atau kebenaran.

Minggu ini kelompok yang maju adalah kelompok lima. Arif, Dian, Rizka, Aminatus, Maulia, Nelly dan David siap-siap lho… Berlatihlah. Oh ya, ada yang mau bawa konsumsi lho atas keterlambatan datang kuliah minggu kemarin. Kita lihat saja….

Selamat belajar…..

About these ads

June 11, 2007 - Posted by | Manajemen Pemasaran

29 Comments »

  1. Perusahaan harus melakukan lebih dari sekedar menghasilkan produk (barang,jasa,organisasi, ide, atau orang) yang bagus. Perusahaan harus menginformasikan kepada konsumen tentang manfaat-manfaat produk itu dan dengan cermat memposisikan produk tersebut di benak konsumen. Dalam kasus “gol tangan Tuhan” pemasar menggnakan alat promosi masa yaitu hubungan masyarakat (public relation). Dimana, pemasar menbangun hubungan baik dengan berbgai publik perusahaan dengan memperoleh publisitas yang menguntungkan, membentuk citra korporasi yang bagus dan menangani atau menghilangkan rumor, cerita, dan peristiwa yang tidak menguntngkan.
    Hubungan masyarakat dapat mempunyai dampak yang kuat pada kesadaran publik dengan biaya yang jauh lebih murah. Dalam kasus “gol tangan Tuhan” perusahaan tidak membayar ruang dan waktu di media massa. Yang perlu dilakukan, perusahaan membayar staf untuk menciptakan dan menyebarkan informasi serta untuk mengelola event. Jika perusahaan membuat cerita yang menarik, cerita tersebut dapat diambil oleh beberapa media yang berbeda, yang memiliki dampak yang sama dengan pemasangan iklan. Cerita tersebut akan mempunyai kredibilitas yang tinggi daripada pemasangan iklan. Hasil-hasil hubungan masyarakat kadang-kadang dapat spektakuler seperti “gol tangan Tuhan”
    Salah satu alat hubungan masyarakat yang utama adalah berita. Pemasar menemukan atau menciptakan berita yang dapat menguntungna orangnya. Seperti pada kasus Messi berita “gol tangan Tuhan” terjad secara alami. Dan dengan tak disangka Messi menjadi selebrity terkenal dan mendapatkan ketenaran dengan adanya berita tersebut. Ketenaran sangat baik untuk dijadikan media pemasaran. Tetapi jika saya menjadi Messi saya akan memilih kebenaran. Ketenaran pada diri seseorang tidak selamanya abadi. Lambat laun ketenaran itu juga akan hilang. Dan jika ada berita-berita yang sama seperti Messi misalnya Beckham, Inzaghi, Totti, atau Owen juga melakukan “gol tangan Tuhan” maka berita tersebut akan dianggap berita yang umum, biasa dan tidak spektakuler lagi dan ketenaran Messi juga akan hilang, karena banyaknya pemain-pemain sepakbola yang melakukan “gol tangan Tuhan”. Dan menurut saya kebenaran lebih baih daripada ketenaran. Karena kebenaran yang terjadi sifatnya lebih lama daripada ketenaran yang hanya sesaat. Kebenaran untuk menjadi pemain sepakbola yang terbaik dan profesional bukan karena ketenaran dengan “gol tangan Tuhan” yang dengan ketidak sengajaan.

    Comment by nurul hikmah | June 12, 2007 | Reply

  2. Komunikasi pemasaran adalah salah satu dari 4 elemen utama bauran pemasaran. Pemasar harus tahu bagaimana menggunakan iklan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan personal untuk mengkomunikasikan suatu produk beserta nilainya pada konsumen yang dituju atau ditarget.
    Proses komunikasi terdiri dari 9 elemen:
    1. Penyampai pesan,
    2. Penerima pesan,
    3. Penyandian,
    4. Pembacaan sandi,
    5. Pesan,
    6. Media,
    7. Tanggapan,
    8. Umpan balik,
    9. Gangguan.
    Untuk menetapkan program promosi diperlukan tahap-tahap, pertama komunikator harus mengidentifikasi khalayak dan ciri-cirinya, termasuk citra mereka terhadap produk. Kemudian komunikator harus menentukan tujuan komunikasi, apakah untuk menciptakan perkenalan, pengetahuan, kesukaan, pilihan, keyakinan, pembelian. Kemudian pesan harus dirancang meliputi isi yang efektif, struktur, format dan sumber. Saluran-saluran komunikasi personal maupun non personal harus diseleksi. Selanjutnya anggaran promosi yang menyentuh harus ditetapkan. Biaya promosi harus didistribusikan menurut alat-alat utama promosi yang digunakan. Komunikator harus menelusuri seberapa banyak pasar yang mengenal produk tersebut, mencoba serta puas terhadap produknya selam proses promosi. Terakhir semua komunikasi harus dikelola dan dikomunikasikan agar konsisten, tepat, dan efektif.
    PR (Public Relation) adalah salah satu yang dapat mendorong pemasar untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan/publik. Yang paling penting adalah bagaimana PR dapat membantu sebuah perusahaan dalam memasarkan produknya pada konsumen dan memberikan kepuasaan yang nyata serta menampung semua kritik dan saran dari konsumen demi kemajuan perusahaan.
    Harian Jawa Pos (olah raga) senin 11 juni 2007, Messi tidak mau mempersoalkan apakah itu gol dari tangan atau heading tapi yang Messi persoalkan adalah bagaimana minggu depan Barcelona harus menang, dan Madrid tak boleh menang. Seandainya saya menjadi Messi, saya akan memilih kebenaran. Jika memang saya melakukan gol tersebut dengan tangan, begitupun sebaliknya. Karena apapun yang dikatakan Messi, tidak akan mengubah hasil pertandingan keputusan wasit itu mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Tanpa gol itupun Messi sudah memperoleh ketenaran, tapi yang paling penting adalah kebenaran atas tindakan yang dia lakukan. Bukankah kebenaran itu awal dari kejujuran.

    Comment by Dion Yanuar Purba | June 12, 2007 | Reply

  3. Promosi merupakan aspek penting yang digunakan perusahaan untuk memasarkan produknya. Mereka harus dapat menentukan bagaimana cara menginformasikan produk tersebut secara tepat dan cermat sehingga produk tersebut dapat mempunyai tempat yang baik di benak masyarakat. Kita telah mempelajari bahwa produk bukan hanya barang saja tetapi ada produk orang,organisasi, tempat dsb juga termasuk produk.Alat promosi yang digunakan pada setiap produk juga tentu berbeda-beda sesuai dengan kebijakan yang digunakan perusahaan tersebut. Ada beberapa alat promosi yang digunakan seperti pemasangan iklan, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat.
    Pada kasus “Gol Tangan Tuhan” antara kebenaran dan ketenaran. Jika saya adalah Messi seorang pemain sepak bola yang memasarkan dirinya agar menjadi celebrity. Saya akan lebih prefer untuk memilih akan menyadari kebenaran yang terjadi. Mungkin sebagian orang akan merasa dirinya bahagia dengan predikat menjadi “TERKENAL”. Tetapi apakah itu cukup? Maksudnya sekarang apakah kita menjadi terkenalnya karena apa. Misalnya saja kita ngerpek waktu ujian, kita juga akan terkenal seantero kampus kan?Tetapi terkenalnya karena yang negatif. Begitupun jika saya menjadi seorang Messi. Apakah terkenal dengan predikat gol tangan tuhan dan julukan sebagai titisan maradona membuat saya bahagia?belum tentu..Apakah tidak sebaiknya kita mengukir tinya emas dengan prestasi yang baik kita miliki dan bukanlah dikait-kaitykan dengan sang legendaris sepak bola. saya lebih memeilih menyadari kebenaran yang terjadi karena adanya bukti otentik yang berupa siaran ulang rekaman pertandingan. Jika semua orang tahu bahwa yang terlihat adalah Messi menjemput bola dengan tangan dan bukan dengan kepala bagaimana? Mungkin karir seorang Messi akan hancur dengan predikat pemain sepak bola yang curang. Jadi lebih baik kita memasarkan diri kita menjadi seorang yang mengukir tinta emas dengan nama kita.
    Terima kasih

    Comment by Lia Dahniar | June 12, 2007 | Reply

  4. Dalam kasus ini yaitu gol tangan tuhan sebenarnya banyak terjadi unsur ketidak sengajaan. tetapi bagi menejemen perusahaan yang melihat peluang, hal ini dapat dijadikan sebagai strategi pemasaran yang bagus dengan menggunakan hubungan dengan publik. dengan pemberitaan pemberitaan di media massa maka secara tidak langsung nama atau citra perusahaan akan naik ,terlebih aktor yang di beritakan sehingga popularitas langsung naik. tanpa harus susah susah untuk membiyayai untuk mengiklankan pada publik atau menyadarkan kepada publik tentang sosok messi.
    Dan ini pun tak lepas dari penjualan personal oleh messi sendiri dia ingin menunjukan dengan melakukan gol ke gawang akan menaikan popularitasnya meski dengan melakukan gol tangan tuhan. jika saya menjadi messi munkin saya akan mengklarifikasi tentang go litu kepada wasit karena jika popularitas yang ada di ambil dengan cara kebohongan maka itu tidak akan bertahan lama.
    Mungkin dengan cara saya mengklarifikasi tentang gol itu adalah sebuah kesalahan. saya akan menjadi lebih terkenal karena kejujuran atau karena berani mengakui kesalahan .

    Comment by nelly nurilmi oktavia | June 12, 2007 | Reply

  5. Memang promosi merupakan hal terpenting dalam pemasaran suatu produk. Tetapi promosi yang dilakukan suatu pemasar harus sesuai dengan etiket dalam memasarkan suatu produk.Seperti halnya jika seseorang menginginkan ketenaran, ia harus melakukan beberapa cara agar ia dapat terkenal.Tetapi sebuah ketenaran haruslah dimulai dengan adanya promosi, yang mana promosi dapat dilakukan beberapa cara.Dan suatu promosi haruslah sesuai dengan apa yang diinginkan apakah untuk memperkenalkan suatu produk,untuk mengajak,mempenaruhi ataupun untuk memperingatkan.

    Menanggapi kasus GOL TANGAN TUHAN yang dilakukan oleh Lionnel messi saya mengangap itu seperti ada unsur kesengajaan yang dilakukan oleh Messi. Tetapi apakah messi pernah berfikir jika melakukan hal tersebut maka nama baiknya akan tercemar.Bukankan jika sebuah ketenaran dilakukan dengan promosi yang tidak sesuai dengan etiket itu sangat merugikan diri sendiri????????

    Disini saya berharap bawasanya promosi dilakukan sesuai dengan hal yang sebenarnya,dengan adanya hal tersebut konsumen tidak dikecewakan ataupun merasa dirugikan.Dan ingatlah selalu akan sebuah KEBENARAN…….

    Comment by Titik Prihatin | June 12, 2007 | Reply

  6. segala sesutu yang terjadi pada orang yang telah di kenal masyarakat akan selalu menyita perhatian. Hal ini dapat dimanfaatkan pihak manajemen sebagai sebuah peluang untuk lebih di kenal masyarakat. Maka itu seorang PR harus pintar-pintar memanfaatkan peluang yang ada yang akan berpengaruh pada popularitas seseorang.
    Seperti pada kasus Lionel Messi lewat fenomena Gol dengan tangan. Kejadian ini mau tidak mau menjadi buah bibir di kalangan para pecinta bola karena gol yang dilakukan dan ternyata wasit pun mengakui keberadaan gol itu.
    Jika menjadi Lionel Messi, setelah permainan usai saat itu, mengkonfirmasikan kesalahan itu langsung ke wasit, dan tidak menganggap itu sebuah score.
    Mungkin dengan kejujuran itu, popularitas Lionel Messi akan bertambah naik dan dia memiliki kesan yang baik di dalam benak para pecinta bola.

    Comment by Septi Barunawati | June 12, 2007 | Reply

  7. Komunikasi pemasaran adalah salah satu dari 4 elemen utama bauran pemasaran. Pemasar harus tahu bagaimana menggunakan iklan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan personal untuk mengkomunikasikan suatu produk beserta nilainya pada konsumen yang dituju atau ditarget.
    Perusahaan harus melakukan lebih dari sekedar menghasilkan produk (barang,jasa,organisasi, ide, atau orang) yang bagus. Perusahaan harus menginformasikan kepada konsumen tentang manfaat-manfaat produk itu dan dengan cermat memposisikan produk tersebut di benak konsumen.
    PR (Public Relation) adalah salah satu yang dapat mendorong pemasar untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan/publik. Yang paling penting adalah bagaimana PR dapat membantu sebuah perusahaan dalam memasarkan produknya pada konsumen dan memberikan kepuasaan yang nyata serta menampung semua kritik dan saran dari konsumen demi kemajuan perusahaan. Seandainya saya menjadi Messi, saya akan memilih kebenaran. Jika memang saya melakukan gol tersebut dengan tangan, begitupun sebaliknya. Karena apapun yang dikatakan Messi, tidak akan mengubah hasil pertandingan keputusan wasit itu mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Tanpa gol itupun Messi sudah memperoleh ketenaran, tapi yang paling penting adalah kebenaran atas tindakan yang dia lakukan. Bukankah kebenaran itu awal dari kejujuran.

    Comment by Slamet Budi Waluyo | June 12, 2007 | Reply

  8. Perusahaan harus melakukan lebih dari sekedar menghasilkan produk yang bagus. Untuk melakukan itu pemasar harus terampil menggunakan alat2 promosi massa, pemasangan iklan, dan hubungan masyarakat. Selain itu,perusahaan harus menginformasikan kepada konsumen tentang manfaat-manfaat produk itu dan dengan cermat memposisikan produk tersebut di benak konsumen.Pemasar harus tahu bagaimana menggunakan iklan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan personal untuk mengkomunikasikan suatu produk beserta nilainya pada konsumen yang dituju atau ditarget, karena promosi merupakan aspek penting yang digunakan perusahaan untuk memasarkan produknya.
    Menurut saya kasus gol di tangan tuhan merupakan suatu ketidasengajaan. Namun melalui media massa hal ini dijadikan hal yang “wah”, sehingga Messi menjadi dikenal oleh banyak masyarakat. Dalam kasus ini menggunakan hubungan masyarakat/public relation. Hal ini menjadi suatu kebetulan bagi Messi karena tiba2 menjadi seorang “selebritis” tanpa dengan perjuangan yang cukup berarti. Kalau saya menjadi seorang Messi, saya akan mengklarifikasi kejaadian tersebut di hadapan banyak orang melalui media massa, dan mengakui adanya ketidaksengajaan. Karena popularitas tersebut tidaklah seimbang dengan apa yang telah dilakukan (tidak sesuai/bohong). Kalau saya menjadi messi, saya akan lebih memilih kebenaran, karena kepercayaan konsumen lebih penting.

    Comment by Rizka Aprilia Hapsari | June 12, 2007 | Reply

  9. Promosi adalah kegiatan yang paling penting yang harus dilakukan oleh perusahaan, setelah menetapkan harga. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar meningkatkan penjualan jangka pendek atau membantu menciptakan pangsa pasar untuk jangka panjang. Promosi penjualan terdiri dari insentif2 jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan produ atau jasa.Jika pemasangan iklan dan penjualan pribadi menawarkan alasan2 untuk membeli produk atau jasa tertentu, promosi penjualan menawarkan alasan2 untuk membeli sekarang. Maka dari itu perusahaan harus melakukan lebih dari sekedar menghasilkan produk yang bagus. Perusahaan juga harus menginformasikan kepda konsumen tentang manfaat2 produk itu dan dengan cermat memposisikan produk tersebut di benak konsumen. Perusahaan menggunakan alat2 promosi masa dan untuk kasus yang ada di jawa pos tentang “gol ada di tangan tuhan” ini menurut saya menggunakan alat promosi hubungan masyarakat. Dimana dengan menjalin hubungan baik dengan berbagai publik untuk memperoleh publisitas yang menguntungkan, membentuk citra korporasi yang bagus, dan menghilangkan rumor, cerita dan peristiwa yang tidak menguntungkan. Messi misalnya, ia bisa mendadak terkenal hanya karena beritanya diangkat lewat berita, hal itu tentunya menguntungkan bagi Messi, meskipun ia tidak melakukan promosi. Selain terkenal Messi juga mendapatkan ketenaran, namun ketenaran yang didapat Messi percuma karena pada dasarnya kebenaran itu lebih berharga daripada ketenaran. Jadi menurut saya untuk apa kita bangga dengan ketenaran kalau kita melakukan kecurangan. Betul kan…

    Comment by Dian Rosalina Purnamasari | June 12, 2007 | Reply

  10. Untuk membuat pemasaran dari sebuah produk bisa berjalan dengan efektif maka perusahaan harus menggunakan alat promosi untuk memperkenalkan produknya kepada pasar.Dalam hal ini yang dimaksud alat pemasaran antara lain: periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat ( PR ) dan pemasaran langsung.Dalam kasus yang terjadi pada Lionel Messi ini cara yang digunakan adalah hubungan masyarakat.Sebagai seorang PR haruslah mempunyai keahlian yang dapat membuat apa yang sedang dipromosikan yaitu klub sepakbolanya mendapat citra yang baik di depan masyarakat.PR harus benar-benar dapat membuat suatu inovasi yang dapat menigkatkan popularitas organisasinya.Inilah yang dilakukan oleh Messi.Dia berusaha untuk membuat suatu inovasi yang dapat meningkatkan citra klubnya,meskipun apa yang terjadi adalah hal yang tidak benar.Ketidak benaran itu dibenarkan oleh wasit.sebagai seorang yang mempunyai andil atau katakanlah dia sebagai icon dalam klubnya dia tentu senang dengan keputusan wasit.Dia salah tapi dia masih tetap memperoleh popularitas.Tentu saja Messi akan memilih membenarkan keputusan wasit agar dia semakin terkenal karena telah mencetak gol.Kalau seandainya saya menjadi Messi saya akan memilih kebenaran dan menjelaskan kalau saya telah berbuat curang.Dan saya akan meminta maaf kepada masyarakat atas perbuatan saya itu.Dengan pengakuan kejujuran itu mungkin masyarakat akan beranggapan kalau Messi adalah pemain handal yang sportif sehingga pamor Messi menjadi naik dan klubnya akan ikut terkenal juga.

    Comment by rizka chaoirunnisa | June 12, 2007 | Reply

  11. Menkomunikasikan suatu produk adalah salah satu hal yang paling penting dari strategi pemasaran,karena image suatu perusahaan biasanya akan terpancar dari cara atau bagaiman suatu produk itu di perkenalkan.Dimulai dari sebuah perusahaan yang mempromosikan produknya lewat iklan atau sebuah pemberitaan yang dapat menarik minat,saran ataupun kritik dari para konsumennya yang kemudian akan menhasilkan sebuah umpan balik bagi produsennya untuk mrngukur seberapa besar pengaruh informasi yang di berikan kepada pelanggannya.
    Berkaitan dengan kasus diatas messi yang beritanya menyebar karena gol yang berasal dari kesalahan wasit dalam menyikapi kesalahan dari messi sendiri(yg mungkin terdapat unsur kesengajaan)adalah hal yang di berbolehkan,bahkan diluar negeri juga melakukan hal yang sejalan dengan messi untuk mencoba mempromosikan jasa/produknya,yang perlu diperhatikan disini adalah kita seharusnya mendefinisikan apa atau siapa atau dimana serta kapankah kita harus mempromosikan produk kita agar bisa di terima oleh masyarakat secara global sehingga produk yang kita pasarkan bisa bertahan lama,karena biasanya jika promosinya dilakukan dengan cara diatas produk yang dipromokan tidak akan bertahan lama.

    Comment by aminatus.s | June 12, 2007 | Reply

  12. Komunikasi pemasaran atau promosi sangat penting dalam bidang pemasaran dengan tujuan untuk mengenalkan produk suatu perusahaan pada masyarakat atau konsumen dan diharapakan agar membeli atau bahkan untuk berlangganan produk perusahaan tersebut. Tapi jika kita mengenalkan suatu produk baik itu barang, jasa ataupun orang/ide tapi tidak diikuti kebenaran produk tersebut tentunya produk tidak akan bertahan lama karena konsumen mersa tertipu oleh produk itu. mungkin pada awalnya produk itu dapat berkembanh atau maju karena promosi yang besar2an dengasn kualitas awal yang menjanjikan tapi pada akhirnya tidak diikuti denagn kebenaran produk tersebut, tentunya konsumen merasa kecewa dan berpindah pada perusahaan yang lain.
    Jika dikaitkan dengan kasus di atas saya akan memilih kebenaran daripada ketenaran yang sesaat. mungkain saat ini messi sanagn tenar dan diiodalakn oleh para kaum pencinta football. tapi jika dia hanya mengandalkan permainannya yang curang tentunya masyarakat akan kecewa oleh tindaknnya tersebut. masyarakat tidak kau hanya dengan ketenaran tapi semua hanya omong kosong atau masyrakat hanya dibohongi. hal ini juga berlaku pada promosi barang, jasa. orang/ ide….

    Comment by suci nurmawati | June 12, 2007 | Reply

  13. perbuatan hanya bisa dilakukan bila kita melakukan sesuatu..dan itu merupakan sesuatu hal yang mudah tetapi untuk membuat suatu image yang baik dalam perbuatan kita itu merupakan suatu hal yang tidak mudah…karena yang bisa meliha image kita baik atau buruk adalah orang lain…dan apabila perusahaan ingin mempunyai image yang berbeda mereka harus melakukan sesuatu,suatu contoh dengan melakukan promosi yang membuat orang berpikir tentang produk kita,otomatis semakin kita dipikirkan orang,smakin kita diingat orang

    Dalam kasus ini messi telah melakukan hal yang benar..dengan memasukkan bola kegawang dengan tanganya itu merupakan suatu promosi yang sangat jitu, tentunya bagi dirinya…dulu memang nama messi kurang begitu dikenal dibandingkan dengan beckham,ronaldo atau yang lain tetapi saya yakin ketenaran yang dimiliki messi akan smakin menajak setelah ini…karena sesungguhnya suatu ketenaran itu perlu memerlukan suatu pengorbanan,,disini messi lebih memilih ketenaran dari pada kebenaran..suatu hal yang impas khan????walaupu tidak sedikit khususnya para penggila bola mengeluh eluhkan kecurangan yang dilakukan oleh messi..

    Lalu bagaimana dengan kebenaran??????
    memang kebenaran itu merupakan sesuatu yang akan membawa kita pada kejujuran..tapi pada kenyataannya kebenaran itu nomor sekian…
    yang dibutuhkan seorang dalam bidang entertment adalah ketenaran…
    sebagai bukan orang yang munafik ..ketenaran bukan keburukan,karena ketenaran akan membuat kita diatas..dan itu yang diinginkan oleh setiap orang…skali lagi Smakin kita dipikirkan seseorang,smakin kita diingat oleh seorang tersebut..

    Comment by yudi kurniawan lastanto | June 12, 2007 | Reply

  14. Didalam pemasaran keberadaan komunikasi sangatlah penting. Dikarenakan tujuan dari komunikasi adalah memperkenalkan sesuatu (produk) ke khalayak ramai (konsumen). Salah satu bentuk komunikasi pemasaran adalah memasarkan diri sendiri.kejadian yang dilakukan oleh seorang pesepak bola (Messi) akan menjadi suatu pilihan (dilematis) bagi seorang seumuran Messi. Messi adalah bocah yang masih hijau (baru) didalam sepak bola, yang menginginkan sebuah ketenaran untuk sebuah nama. Messi mencoba mengkomunikasikan dan memasarkan dirinya melalui kehebatan, skill atau kemampuannya dalam permainan sepak bola yang tidak lain salah satu tujuannya (mungkin) adalah agar semua tahu bahwa saya (Messi) hebat. Yang akan memberikan sebuah merk (nama Messi) banyak dikenang para insani sepak bola bahkan non sepak bola dan akan membawa nama Messi tertulis dalam sejarah persepakbolaan didunia, dan itu menjadi keinginan abadi bagi seluruh atlit sepak bola. Tetapi Fair Play dalam sepak bola sangatlah diagungkan oleh badan organisasi sepak bola (FIFA). Kelicikan, ketidak jujuran, serta kecurangan para pemain sangat merusak profesionalitas dalam bermain sepak bola dan dapat mencoreng nama baik sang pemain tersebut. Namun apa yang dilakukan seorang Messi (GOL Tangan Tuhan) adalah suatu bentuk kehebatan didalam menyarangkan bola ke gawang lawan (bukan suatu kebetulan), karena dengan kehebatannya itu Dia bisa menipu semua orang termasuk pengadil (wasit) yang men-sah kan gol tersebut. Tetapi ada baiknya seorang Messi untuk melakukan konferensi press di publik sebagai wujud kerendahan hati, kejujuran seorang Messi dan itu secara tidak langsung akan memperkuat merk Messi dalam dunia sepak bola (pasar).Bagaimanapun didalam merebut loyalitas seseorang (konsumen), disamping ingin memperoleh ketenaran haruslah diikuti dengan kebenaran (kejujuran). Karena dengan hal itu akan menambah loyalitas seseorang (konsumen) menjadi tinggi terhadap nama (merek) messi karna kebenarannya.

    Comment by Hari susanto | June 12, 2007 | Reply

  15. promosi atau komunikasi pemasaran adalah aspek yang terpenting dalam kegiatan pemasaran karena dengan tidak adanya promosi maka kegiatan pemasaran tersebut bakal tersendat karena tidak adanya komunikasi pemasaran..seperti juga apa yang telah dilakukan messi,hal itu juga merupakan promosi. kalau saya menjadi mesi saya serba bingung,dilain pihak ketenaran buat jaman seperti sekarang ini juga sangat amat penting tapi kebenaran juga tidak bisa dikesampingkan.. tapi kalau mesti melihat kebenaran untuk jaman sekarang ini sangatlah amat jarang untuk ditemui. bahkan orang2 yang sukses sekarang ini banyak diantara mereka yang melakukan hal yang tidak benar,messi mungkin melakukan kesahan waktu itu tapi disini yang patut untuk disalahkan adalah wasit.kenapa wasit mesti mengesahkan gol tersebut.jadi menururt saya messi tidak melakukan hal yang salah.kalu saya menjadi messi saya akan memilih ketenaran dengan kebenaran..

    Comment by yulia kurniawati | June 12, 2007 | Reply

  16. Menurut komentar saya, kasus seperti messi ini jika dikaitkan dengan pemasaran termasuk menganut “selling concept”. selling concept itu sediri mempunyai makna yang berarti menjual sebanyak – banyaknya suatu produk tanpa memperhatikan kepuasan para pelanggan. Hal sepeti ini mempunyai dampak resiko yang sangat besar, dimana suatu sisi berkata “lionel messi sangat fenomenal dengan gol si Tangan Tuhan, betapa hebatnya gol yang dicetaknya sampai – sampai wasit tidak mengetahui bahwa gol yang dicetaknya tidak syah karena dibantu dengan tangan”. Sisi lain juga berkata “Sehebat – hebatnya gol yang diciptakan oleh lionel messi tidaklah sportif”. jadi kesimpulan yang dapat diambil ketenaran yang disandang si messi ialah pemain yang hebat dalam menutupi ketidak sportif-annya. Ketenaran si messi termasuk menghalalkan segala cara dalam menuai popularitasnya tanpa memperhatikan imagenya sebagai pemain terbaik dengan kesportif-annya. Semakin banyaknya sensasi yang dibuat oleh seseorang maka semakin gampang orang mengenalnya. Dan yang penting lagi Ketenaran menjadikan Kebenaran terbelaka……..

    Comment by Achmad Farid Riza | June 12, 2007 | Reply

  17. Hubungan masyarakat dapat mempunyai dampak yang kuat pada kesadaran publik dengan biaya yang jauh lebih murah. Dalam kasus “gol tangan Tuhan” perusahaan tidak membayar ruang dan waktu di media massa.Berkaitan dengan kasus diatas messi yang beritanya menyebar karena gol yang berasal dari kesalahan wasit dalam menyikapi kesalahan dari messi sendiri(yg mungkin terdapat unsur kesengajaan)adalah hal yang di berbolehkan,bahkan diluar negeri juga melakukan hal yang sejalan dengan messi untuk mencoba mempromosikan jasa/produknya,yang perlu diperhatikan disini adalah kita seharusnya mendefinisikan apa atau siapa atau dimana serta kapankah kita harus mempromosikan produk kita agar bisa di terima oleh masyarakat secara global sehingga produk yang kita pasarkan bisa bertahan lama. Karena popularitas tersebut tidaklah seimbang dengan apa yang telah dilakukan (tidak sesuai/bohong). Kalau saya menjadi messi, saya akan lebih memilih kebenaran, karena kepercayaan konsumen lebih penting.

    Comment by Sigid adri | June 13, 2007 | Reply

  18. Memang selain menghasilkan suatu produk yang mempunyai profit yang maksimal,hal yang terpenting adalah bagaimana memasarkan produk tersebut sehingga dikenal oleh masyarakat.Dan hal itu di sebut sebagai kegiatan promosi.Disini promosi bertujuan untuk mengenalkan suatu produk kepada khalayak ramai.Yang mana promosi tidak hanya sekedar mengenalkan produk melainkan juga memberikan informasi mengenai kegunaan,manfaat dari produk tersebutsehingga dapat memposisikan dibenak konsumen.

    Menanggapi kasus Lionnel Messi,yang mencetak gol dengan tangan,menurut saya hal itu adalah hal yang sangat memalukan,karena bukankah Messi seorang pemain profesional???Mengapa ia sampai melakukan hal yang tidak seharusnya ia lakukan dalam permainan sepak bola.Saya merasa Messi menginginkan sebuah ketenaran yang di dapat dengan instan.Dengan adanya kejadian tersebut saya menjadi bertanya-tanya, janga-jangan ketenaranya selama ini diperoleh dengan cara yang tidak benar……….

    Jika saya menjadi Messi,saya akan memilih kebenaran dari pada sebuah ketenaran,apalah arti dari sebuah ketenaran kalau kita mendapatkanya dengan cara yang tidak sewajarnya………

    Terimakasih…….

    Comment by Titik Prihatin | June 13, 2007 | Reply

  19. Promosi merupakan hal yang terpenting dalam bidang pemasaran suatu produk karena promosi adalah suatu bentuk pemasaran yang memperkenalkan pda publik akan sustu produk yang dipromosikan.
    Tugas yang mempromosikan adalah PR(Public Relation) yang merupakan fungsi promosi yang mendorong pemasar untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan atau publik, serta memberikan ataupun menciptakan popularitas melalui pemberitaan di media masa.Maka dari itu PR harus membuat sesuatu yang bisa menghebohkan baik itu merupakan kebenaran ataupun kecurangan.

    Pada kasus Messi ini sudah jelas bahwa ketenaran yang didapat berasal dari ketidaksengajaan dalam pertandingan sepakbola yang menggolkan dengan tangan.Maka banyak yang menganggap itu sebagai gol tangan tuhan padahal statement itu hanya dibuat-buat agar kesannya Messi tidak curang.
    Kalau misalnya saya menjadi Messi, saya akan lebih bangga dengan ketenaran yang dari kebenaran bukan dari kecurangan semata.
    Lagipula ketenaran tidak selamanya akan berjalan naik terus pasti ada turunnya juga.
    Kalau misalnya saya sebagai pemasar, saya tidak akan menghebohkan kejadian Messi karena kejadian Messi sudah banyak dilakukan oleh para pesepakbola lainnya.
    Kebenaran dan kejujuran merupakan awal dari kesuksesan seseorang dan biasanya bertahan lama akan tetapi bila memakai kecurangan akan berhasil tetapi tidak akan bertahan lama.
    Pokoknya kebenaran yang paling penting deh…………………….

    Comment by Catur April Lia Sari | June 14, 2007 | Reply

  20. saya berkata sikap yang dilakukan oleh messy dengan mencetak gol yang sangat populer apalagi ada kesamaan dengan legenda sepakbola (maradona) hal itu sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi messy sehingga dia slalu diingat walaupun dia termasuk produk yang mengekor produk yang telah ada dan menurut saya mengekor produk yang telah ada itu sangat bagus apabila produk yang ada tersebut menjadi pujaan atau legenda sepakbola dunia dengan ini nama messy sangat melambung, lagipula dia juga mempunyai permainan yang bagus dan menyerupai produk/kemampuan maradona yang sangat tenar. dengan menggunakan kejadian tersebut sebagai promosi menurut saya itu sangat benar dan sangat sukses untuk pemasaran seorang messy.

    Comment by ferry diananto (2005210429) | June 15, 2007 | Reply

  21. mengkomunikasikan produk kepada masyarakat sangatlah penting karena dengan demikian produk tersebut dapat di kenal oleh masyarakat.
    dalam melakukan promosi setiap manajer terkadang menghalalkan segala cara agar produknya itu dapat di kenal dan dikonsumsi oleh masyarakat.
    sama halnya dengan kasus messi,agar timnya dapat mempertahankan gelar musim ini messi juga menghalalkan segala cara agar peluang untuk mempertahankan gelar musim ini masih di tangan mereka,gol yang kontroversi tersebut juga dapat menaikkan pamor messi sebagai titisan dari diego maradona.
    dari sini terkadang seorang manajeer akan melakukan suatu kecurangan agar produknya dapat di kenal masyarakat.
    dan jika saya menjadi messi saya akan tetap pada keputusan wasit yaitu membenarkan kecurangan tersebut,lagian itu juga ngak sengaja kok,he3.dan satu lagi komentar dari saya saya merasa salut pada messi yang telah berhasil menjiplak persis 2 gol maradona dalam satu musim ini.

    Comment by ikhwani | June 15, 2007 | Reply

  22. Promosi merupakan salah satu dari empat bagian terpenting dari bauran pemasaran perusahaan . Alat-alat promosinya bisa berupa
    1.Periklanan
    Adalah setiap mentuk penampilan promosi tentang barang atau jasa oleh sponsor
    Tertentu
    2.Promosi penjualan
    Adalah insetif jangka pendek untuk mendorong pembelian dan penjualan sebuah
    Produk atau jasa
    3.Publisitas
    Adalahrespon dari customer demi permintaan akan sebuah produk atau jasa dengan
    Cara menyebarkan berita mengenai produk atau jasa di media cetak maupun media
    Yang lainnya
    4.Penjualan personal
    Penampilan secara lisan melalui percakapan dengan satu calon pembeli atau lebih
    Untuk tujuan penjualan
    Perusahaan harus memutuskan berapa besar biaya yang dikeluarkan untuk promosi seluruhnya . pendekatan-pendekatan popular adalah mengeluarkan biaya yang sesuai dengan kemampuan perusahaan ,menggunakan persentasi penjualan , pembiayaan tugas dan tujuan komunikasi
    Seperti kasus pemain sepak bola dari kesebelasan BARCELONA yaitu Lionel Messi seperti yang diberitakan GOL TANGAN TUHAN yang kini menjadi bahan pembicaraan , sebuah ketenaran yang didapat oleh messi sebetulnya sangat mudah sekali didapat tetapi predikat kebenaran yang susah dicari kali ini tim Barcelona benar-benar harus berjuang keras untuk membuktikan bahwa kebenaran lebih kekal untuk mendapatkan sebuah predikat (yang dimiliki oleh pemain titisan maradona).

    Comment by fariz rachman | June 16, 2007 | Reply

  23. promosi merupakan salah satu unsur terpenting dalam menegelola suatu produk hingga sampai ke tangan konsumen. Seorang pemasar produk harus bisa menjalin hubungan baik kepada pelanggan,bilamana mengiinkan produknya cepat terjual di pasaran,begitu halnya dengan bagaimana cara menginformasikan produk tersebut secara tepat dan cermat sehingga produk tersebut akan mempunyai tempat yang baik di masyarakat. berbicara mengenai ketenaran atau popularitas tidak luput dari bagaimana cara orang atau organisasi tersebut mempromosikannya,cara mempromosikannya juga ada dengan cara baik dan ada yang mempromosikan dengan cara yang tidak baik atau melanggar norma dan etika di masyarakat. Dan hasil yang dicapai dari bagaimana cara mempromosikan hal tersebut yakni mengenai pandangan masyarakat (mereka menganggap positif atau negatif).
    dicontohkan pada kasus ini yaitu mengenai Lionel Messi, yang baru saja mencetak gol dengan tangannya. Ketenaran yang dicapainya dilakukan dengan cara tidak benar atau melanggar peraturan dari peraturan sepak bola,alhasil kritik tajam dari masyarakat akan mengguyur padanya. promosi yang dilakukan Lionel Messi yang menirukan gaya Seniornya yang juga berasal dari argentina yakni maradona telah menyimpang dari kebenaran. Tetapi Seniornya Maradona telah dianggap dewa bagi masyarakat argentina karena telah menyelamatkan kubu argentina pada piala dunia. hasil promosi diri yang dilakukan Messi telah mengubah perspektif persepak bolaan dunia akan peraturan yang simpang siur,sebagin menganggap itu sah saja,tapi ada yang menganggap hal itu merupakn suatu kecurangan. Menurut saya cara promosi yang benarlah yang harus dilakukan Messi pada khususnya dan semua pihak pada umumnya,karena tidak akan mempengaruhi sudut pandang orang lain terhadap dirinya.

    Comment by Prastyo dwi utomo | June 19, 2007 | Reply

  24. Mempromosikan barang atau jasa adalah salah satu kegiatan dari kegiatan pemasaran. Alat – alat dari promosi yaitu pemasangan iklan, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat.
    Kasus yang terjadi pada Lionel Messi ini menggunakan salah satu alat promosi yaitu hubungan masyarakat (PR). Dimana PR bertugas untuk menciptakan dan menaikkan image dari Lionel Messi. Image Messi ini dikatakan sebagai ”Gol Tangan Tuhan”. Dan jika saya adalah Messi, saya akan memilih kebenaran dan menjelaskan kejadian yang sebenarnya. Dan meminta maaf kepada pihak – pihak yang telah dirugikan. Karena kejujuran adalah modal utama untuk mencapai keinginan.

    Comment by Wahyu Lestari Ekawati | June 23, 2007 | Reply

  25. Kegiatan Pemasaran erat kaitanya dengan Promosi dan Public Relation(PR) yang membantu terjadinya adanya hal pemasaran. Promosi merupakan aspek penting yang digunakan perusahaan untuk memasarkan produknya. Promosi yang dilakukan seseorang adalah untuk mendapatkan keuntungan / kesempatan emas yang lebih besar. Dalam membantu kegiatan promosinya maka PR harus menciptakan hal-hal atau berita yang dapat mendongkrak popularitas dari pemiliknya.

    Dalam kasus Lionel Messi menurut saya kasus gol di tangan tuhan merupakan suatu ketidasengajaan. Dalam hal ini sesuatu yang dikakukan ole Messi adalah sebuah ketenaran untuk mencari sensasi semata meskipun hal tersebut sebenarnya dilarang dalam aturan persepak bolaan. Apabila saya menjadi Messi saya lebih memilih untuk melakukan kebenaran, karena kebenaran dan kejujuran tersebut merupakan hal yang sangat penting dalam mempromosikan dirinya.
    Thank’s…

    Comment by Kiekie Justitiane Abdi | June 25, 2007 | Reply

  26. Salah satu aspek penting dari kegiatan pemasaran adalah promosi atau komunikasi pemasaran.Karena dengan adanya promosi masyarakat bisa tau akan sesuatu hal dan promosi itu di komunikasikan kle masyarakat dengan berbagai cara. Promosi adalah kuci dari keberhasilan dari memperkenalkan sesuatu ke kalayak masyarakat.
    Pada kasus “Gol Tangan Tuhan” antara kebenaran dan ketenaran yang dilakukan oleh messi adalah sesuatu ketenaran karena sudah jelas memasukan bola ke gawang dengan tangan merupakan tindakan yang tidak benar tetapi dia menganggap hal tersebut adalah sesuatu yang biasa dan dia bangaa sudah menjadi sorotan utama dalam dunia persepak bolaan. Dia mempromosikan dirinya sendiri dengan sesuatu hal yang tidak dibenarkan sesuai aturan permainan. Menurut saya, Apabila saya seorang messi saya akan melakukan kebenaran dan mengunkapkan bahwa tindakan yang saya lakukan tersebut salah. Menurut saya lebih baik kebenaran dari pada ketenaran karena kebenaran merupak kunci dari ketenaran.

    Comment by Mukhammad Yusuf Efendi | June 26, 2007 | Reply

  27. aku ngefans sama C. Ronaldo tapi aku juga ngefans leo messi, termasuk juga anda berarti kita setujuan Barcelonistas dan yang paling peduli sama peristiwa “The God Hand Gol”

    Comment by Ahmad adiansyah | September 28, 2007 | Reply

  28. bpk Yudi yang terhormat, menurut saya hal-hal ini sebenarnya sudah dari dulu dibuat oleh FIFA dan kroni2nya. karena hal ini sebagai penyedap bagi penonton. coba bayangkan, bagaimana cara sepakbola terus-menerus mendapat rating tertinggi diantara olaharaga lain di dunia ini. bahkan skandal seperti pengaturan skor sering terjadi dalam seri A, sebenarnya hal itu bukanlah sulit untuk direncanakan oleh mereka mengingat kemampuan sepakbola pemain eropa dll. jauh di atas indonesia. bahkan mungkin lionel messi memang sengaja disuruh klubnya untuk melakukan hal itu agar nama barcelona dan juga liga spanyol menjadi semakin menarik minat banyak orang.

    Comment by irvan sulthoni haris | October 2, 2007 | Reply

  29. maradona,you are the best, and the router you are Lionel Messi….

    Comment by tegar setiawan | March 20, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: