Y u d i S u t a r s o

Kuliah Manajemen Pemasaran

Distribusi Kreatif Ala Mayora

mcd.jpg

Saluran distribusi pada dasarnya adalah sekumpulan organisasi yang saling berhubungan yang terlibat dalam proses membuat produk tersedia untuk digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen. Kapan produk dibutuhkan pada saat itu saluran distribusi dapat menyediakan, dimana produk dikonsumsi disitu saluran distribusi bisa menyediakan, berapa produk yang akan dikonsumsi dalam jumlah itu pula saluran distribusi bisa menyediakan. Kadang untuk membiayai kemampuan ini pemasar harus memiliki saluran distribusi yang sangat lengkap, namun kadang pule mereka numpang pada saluran yang telah ada. Sepanjang fungsinya okey, mereka akan gunakan selama mereka butuhkan.

Tentang distribusi ini ada ulasan menarik, yaitu distribusi kreatif, dari markplusnews.com. Ulasan selengkapnya dapat didownload disini.

Yang maju minggu ini adalah kelompok empat. Chapter yang didiskusikan adalah tentang saluran distribusi (Chapter 12 Kotler 2006). Dian, Rizka,Nurul, Dion, Faris, Slamet dan Adhadim selamat bekerja dan presentasi. Yang lain jangan lupa baca bukunya.

SElamat bekerja dan belajar…

June 4, 2007 - Posted by | Manajemen Pemasaran

24 Comments »

  1. Sebagia besar produsen menggunakan perantara untuk menyalurkan produk mereka ke pasar. Perantara digunakan karena efesiensinya yang lebih tinggi dalam penyediaan barang untuk pasar sasaran. Mereka mencoba membangun sebuah saluran distribusi. Keputusan saluran distribusi adalah salah satu diantara keputusan paling penting yang dihadapi manajemen. Keputusan distribusi secara langsung mempengaruhi setiap pemasaran lainnya.
    Perusahaan harus banyak memberi perhatian kepada saluran distribusinya, karena dapat memberikan keuntungan. PT.Mayora mencoba menyesuaikan saluran distribusinya dengan kebutuhan pelanggannya. Saluran distribusi yang kreatif dan luar biasa ini menjadi sumber dari keunggulan bersaingnya. Sehingga PT.Mayora dapat memperoleh banyak pangsa pasar dan dapat menjangkau populasi sasaran yang tersebar luas. Sehingga dapat melayani berbagai kebutuhan dari beberapa segmen dengan cepat dan terfragmentasi.
    Sistem saluran seringkali berkembang agar dapat memenuhi peluang dan kondisi pasar. Maka untuk mendapatkan efektivitas maksimum, analisis dan pengambilan keputusan saluran distribusi harus lebih ditekankan pada tujuan. Mendesain sebuah sistem saluran membutuhkan analisis terhadap kebutuhan layanan konsumen. Mendesain saluran distribusi dinilai dengan menemukan nilai apa yang diinginkan oleh berbagai segmen sasaran dari saluran distribusi.
    Pada kasus PT.Mayora. PT.Mayora menjual energen kepada konsumen segmen 1 lewat perantara rumah sakit. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan sarapan yang bergizi dan sehat dikonsumsi ketika sakit. Pada konsumen segmen 2, PT.Mayora menjual vitazone lewat perantara tempat-tempat olahraga seperti gym dan golf. Dan tidak tertutup kemugkinan, ke depannya PT. Mayora akan menjual Torabika atau energen lewat perantara tukang koran untuk mencari konsumen segmen baru yaitu pelanggan yang sedang bersantai membaca koran sambil ditemani kopi Torabika.
    Pada masing-masing perantara yang berbeda tersebut. PT. Mayora dapat mengembangkan cakupan penjualan dan pasarnya serta mendapatkan peluang pada kebutuhan-kebutuhan khusus dari segmen pelanggan yang beragam. PT.Mayora menawarkan bauran produk yang berbeda kepada segmen pasar yang berbeda. Pola demikian dapat meniadakan konflik dengan saluran distribusi luar, yakni banyaknya produk-produk sejenis di pasar serta banyaknya saluran pendistribusian produk yang bisa dipilih. Untuk itu PT.Mayora menciptakan saluran distribusi yang kreatif tersebut, dengan mencoba menyesuaikan saluran distribusinya dengan kebutuhan pelanggannya. Namun para pemasar dapat menghadapi konflik internal berkenaan dengan beberapa banyak dukungan keuangan yang layak diberikan kepada masing-masing saluran.

    Comment by nurul hikmah | June 5, 2007 | Reply

  2. Keputusan mengenai saluran pemasaran merupakan salah satu keputusan yang sangat penting yang dihadapi manajemen. Keputusan mengenai saluran distribusi suatu perusahan berhubungan erat dengan setiap keputusan pemasaran lainnya. Penetapan harga dalam suatu perusahaan tergantung pada pearusahaan tersebut memanfaatkan penjual yang menjual barang secara masal atau memanfaatkan toko khusus yang menjual barang yang berkualitas tinggi. Sebagian besar produsen memanfaatkan pedagang perantara untuk memasarkan produk mereka. Saluran distribusi lebih dari sekedar kumpulan perusahaan yang terkait bersama oleh beberapa aliran. Mereka merupakan system perilaku yang kompleks dimana orang orang dan juga perusahaan berinteraksi untuk mencapai sasaran individu,perusahaan,dan saluran.Perusahaan dengan modal terbatas biasanya melakukan penjualan pada area pasar yang terbatas,masalahnya adalah bagaimana meyakinkan seseorang atau beberapa perantara pemasaran yang baik supaya bersedia menangani lini produk perusahaan.
    Setelah perusahaan mengkaji berbagai alternatif saluran dan yang terbaik maka perusahaan tersebut harus mengimplementasikan dan mengelola saluran yang telah dipilih tersebut.
    Pada kasus yang terjadi pada PT.Mayora sebagai produsen konsumer goods, seperti Vitazone, Torabika, mencoba menyesuaikan saluran distribusi dengan kebutuhan pelanggannya. PT.Mayora menggunakan strategi model 24 hours yaitu pemasar harus melihat aktivitas dari pelanggan, baik pada pagi hari, siang hari, malam hari. Produk Mayora, baik Energen dan Vitazone digunakan pada tempat-tempat olahraga,seperti Gym dan tempat berenang menyediakan minuman Vitazone dan energen dijual pada rumah sakit sebagai sarapan yang bergizi dan sehat. PT.Mayora menggunakan strategi bauran produk dengan membuat 2 produk yang berbeda yang mempunyai fungsi yang berbeda, yaitu Energen dan Vitazone.

    Comment by Dion Yanuar Purba | June 5, 2007 | Reply

  3. Dalam perekonomian dewasa ini, sebagian produsen tidak menjual langsung barang-barang mereka kapada para pemakai akhir (end-consumers). Banyak keputusan mengenai saluran pemasaran termasuk sebagai keputusan terpenting dalam manajemen. Penetapan harga yang dilakukan oleh perusahaan tergantung pada para distributor, banyak keputusan tentang pemakaian saluran distribusi oleh perusahaan secara relatif melibatkan keterikatan jangka panjang dengan perusahaan-perusahaan lain. Kebanyakan produsen bekerjasama dengan perantara pemasaran untuk mendistribusikan produk-produk mereka ke pasar. Pemasaran langsung, akan menuntut banyak produsen untuk menjadi distrributor bagi produk komplementer dari produsen yang lain untuk mencapai ekonomi distribusi masaal. Produsen yang mampu membentuk saluran pemasaran sendiri, seringkali bisa mendapatkankeuntungan yang lebih besar, dengan cara meningkatkan investasi dalam bisnis pokokya. Akan tetapi beberapa produsen ingin menata sistem distribusi kepemilikannya secara parsial. Keunggulan sistem ini adalah bahwa perusahaan dapat mengelola sebagian pengecer bebasnya dan performansinya dapat dilaksanakan oleh operator perusahaan itu sendiri. Kelemahan sistem ini, bahwa operator perusahaan dapat saja bersaing dengan toko milik perusahaan. Dengan kata lain, distribusi ganda sering menimbulkan konflik saluran. Penggunaan perantara akan sangat mengurangi pekerjaan perusahaan, sehingga bisa mencapai efisiensi sangat tinggi dalam menciptakan produk hingga banyak tersedia dan dapat memenuhi sasaran pasar. Dalam ulasan singkat di MarkPlusNews.com dengan judul Mayora: Menciptakan Saluran Distribusi yang Kreatif, banyak hal yang dapat dipelajari. Theo T. Gazali, seorang Sales Director Mayora, meneliti aktivitas para pelanggannya mulai dari yang dilakukan para pelanggannya dari pagi hingga para pelanggan tersebut pulang dari kantor. Hal ini untuk merencanakan saluran distribusi yang efektif, serta menentukan segmen pasar mana saja yang akan dilayani dan saluran terbaik manakah yang perlu digunakan untuk masing-masing segmen tadi. Karena kebanyakan (mungkin juga), pada dasarnya produk-produk Mayora merupakan consumer-goods yang tak tahan lama (yang langsung perlu dikonsumsi), maka produk ini lebih membutuhkan pemasaran langsung, karena apabila rantai saluran ditribusinya panjang, bisa-bisa produk tersebut menjadi tidak bisa dikonsumsi karena kadaluwarsa. Saluran distribusi langsung yang diterapkan oleh Mayora juga diharapkan dapat menghindari para pesaingnya yang memasarkan produk yang sejenis. Produk-produk Mayora yang dipasarkan ditempat-tempat yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan diharapkan dapat menjangkau seluruh tingkat konsumen, mulai dari konsumen tingkat rendah, menengah sampai tingkat atas. Hal ini juga untuk memperoleh pangsa pasar yang sebesar-besarnya. Selain itu saluran distribusi langsung yang diterapkan oleh Mayora diharapkan dapat menekan biaya distribusi sehingga harga produk yang ditanggung oleh konsumen relatif rendah. Hal inilah mungkin yang diinginkan Mayora untuk memperoleh profit yang tinggi dengan pangsar pasar yang tinggi pula. Sehingga Mayora bisa memperoleh keuntungan yang lebih seperti yang diharapkannya.

    Comment by Slamet Budi Waluyo | June 5, 2007 | Reply

  4. Keputusan mengenai penentuan saluran pemasaran adalah keputusan yang penting bagi manajemen. Keputusan mengenai saluran distribusi perusahaan berkaitan erat dg keputusan lain seperti keputuisan pemasaqran. Dalam hal ini penentuan harga suatu produk dari perusahaan bergantung pada apakah perusahaan tsb memanfaatkan penjual yang menjual barang secara masal atau memanfaatkan toko khusus yang menjual barang berkualitas tinggi. Keputusan mengenai tenaga penjualan dan periklanan dalam perusahaan dipengaruhi juga oleh pelatihan, motivasi dan dukungan yang diperlukan olehy para dealer. Pengembangan produk atau perolehan produk tertentu juga bergantung pada seberapa jauh kesesuaian produk tsb dg kemampuan anggota2 dalam saluran distribusi.
    Sebagian produsen memanfaatkan pedagang perantara untuk memasarkan produk mereka. Mereka berusaha keras membentuk saluran distribusi. Dimana saluran distribusi itu sendiri adalah sekumpulan organisasi yang saling bergantung yang terlibat dalam proses yang membuat produk atau jasa siap digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis.
    Pada kasus PT. Mayora ini saya rasa perusahaan ini menggunakan distribusi tidak langsung karena perusahaan ini memasarkan produknya dengan perantara hingga sampai kepada konsumen. Seperti contoh produk vitazone yang djual melalui tempat olahraga seperti gym dan kolam renang hal itu bisa menguntungkan bagi perusahaan karena konsumen mebutuhkan produk tsb. Dengan saluran distribusi yang bervariasi maka akan menyebabkan produk2 PT.Mayora akan dikenal oleh masyarakat. Tentunya itu akan menguntungkan pihak perusahaan. Kreatifitasnya untuk memasarkan produknya pada segmen2 atau tempat yang tepat dapat diacungi jempol,,,,,,,,,,,

    Comment by Dian Rosalina P | June 5, 2007 | Reply

  5. Saluran distribusi merupakan sekumpulan organisasi yang saling bergantung yang terlibat dalam proses yang membuat produk atau jasa siap digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis. Dalam saluran distribusi terdapat tingkatan saluran, yang merupakan lapisan perantara yang melaksanakan beberapa pekerjaan guna mendekatkan produk dan kepemilikannya kepada pembeli akhir, yang terdiri dari saluran pemasaran langsung, dan saluran pemasaran tidak langsung. Suatu perusahaan harus memperhatikan saluran distribusinya. Pada kasus PT. Mayora, perusahaan tersebut sangat memperhatikan kelangsungan distribusinya. PT. Mayora tidak hanya memperhatikan dari segi produknya saja, namun juga memperhatikan dari segi konsumennya, misalnya kebutuhan konsumennya. Perusahaan tersebut memperhatikan bagaimana aktivitas konsumennya, sehingga ia berusaha bagaimana supaya produknya dapat dikonsumsi oleh konsumennya, yaitu dengan cara menyesuaikan apa yang dirasa dibutuhkan konsumen dalam keadaan tertentu. Hal ini merupakan salah satu cara perusahaan untuk menciptakan saluran distribusi, agar dapat memasarkan produknya dengan baik dan dapat dinikmati oleh konsumennya. Keputusan mengenai saluran pemasaran merupakan salah satu keputusan yang sangat penting yang dihadapi manajemen. Keputusan mengenai saluran distribusi suatu perusahaan berhubungan erat dengan setiap keputusan pemasaran lainnya.

    Comment by Rizka Aprilia Hapsari | June 5, 2007 | Reply

  6. Perusahaan harus banyak memberi perhatian kepada saluran distribusinya, karena dapat memberikan keuntungan.Keputusan saluran distribusi adalah salah satu diantara keputusan paling penting yang dihadapi manajemen. Kebanyakan produsen bekerjasama dengan perantara pemasaran untuk mendistribusikan produk-produk mereka ke pasar. Mereka berusaha keras membentuk saluran distribusi. Dimana saluran distribusi itu sendiri adalah sekumpulan organisasi yang saling bergantung yang terlibat dalam proses yang membuat produk atau jasa siap digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis. Produsen yang mampu membentuk saluran pemasaran sendiri, seringkali bisa mendapatkankeuntungan yang lebih besar, dengan cara meningkatkan investasi dalam bisnis pokokya.Setelah perusahaan mengkaji berbagai alternatif saluran dan yang terbaik, maka perusahaan tersebut harus mengimplementasikan dan mengelola saluran yang telah dipilih tersebut.Pada kasus yang terjadi pada PT.Mayora menyesuaikan saluran distribusi produknya menurut kebutuhan konsumen.hal ini dapat dilihat dari PT.Mayora menjual energen kepada konsumen lewat perantara rumah sakit.lalu dan dengan cara menjual vitazone lewat perantara tempat-tempat olahraga seperti gym dan golf.penjualan produk pada tempat-tempat tersebut dapat meningkatkan penjualan dan dapat memperkenalkan produk pada masyarakat luas.dengan menciptakan saluran distribusi yang kreatif tersebut,tentunya PT.Mayora mendapatkan keuntungan sesuai dengan targetnya.

    Comment by sigid adri saputra | June 5, 2007 | Reply

  7. saluran distribusi akan memberikan pada suatu produk untuk memasarkannya,hal ini akan berkaitan dengan produk apa dan yang bagaimana produk tersebut akan dipasarkan. Perusahaan pun akan melihat dari segi efisiensi dan produk akan secara cepat tersalur kepada konsumen.Banyak keputusan tentang pemakaian saluran distribusi oleh perusahaan secara relatif dan mempengaruhi terhadap berapa banyak produk baru yang akn di produksi,sehingga perusahaan akan memperolsh profit yang lebih besar pula jika produknya akan cepat habis dipasarkan,dari pihak konsumen pun akan lebih memilih tentang produk yang paling unggul atau yang paling laku di pasaran,oleh karena itu ansumsi mereka menganggap bahwa yang mana produk yang paling banyak terjual di pasaran,maka produk itulah yang paling baik. Pada saluran distribusi harus melihat secara aktif tentang pangsa pasar yang sesuai untuk untuk memperoleh umpan balik yang sesuai dengan kebutuhan konsumen,aktivitas yang terjadi di pasar sasaran akan sangat menentukan bagaimana saluran distribusi tersebut akan memasarkan dengan cara yang sesuai dari produk perusahaan.
    Pada PT.Mayora sebagai produsen konsumer goods melihat dari kebutuhan konsumen dan tempat-tempat tertentu yang sesuai untuk memasarkan produknya. Seperti yang disebutkan, PT.Mayora menjual energen kepada konsumen segmen 1 lewat perantara rumah sakit,hal ini akan sangat menguntungkan bagi PT.Mayora sendiri dan dari pihak konsumen yang segaligus sebagai pasien di rumah sakit,karena untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan sarapan yang bergizi dan sehat dikonsumsi ketika sakit. Selain itu PT.Mayora menjual vitazone lewat perantara tempat-tempat olahraga seperti gym dan golf.Dari hal itu PT.Mayora melihat peluang dari keuntungan yang diperoleh hasil penjualan produk peda tempat2 yang sesuai tersebut. Serta saluran distribusi yang efektif dari segmen pasar yang diinginkan akan didapt oleh PT.Mayora itu sendiri sehingga produk dari pendistribisian PT.Mayora akan cepat terjual kpd konsumen.

    Comment by prastyo dwi utomo | June 5, 2007 | Reply

  8. Perantara pemasaran adalah untuk mengubah kombinasi produk yang dibuat oleh produsen menjadi kombinasi produk yang diinginkan oleh konsumen.Produsen membuat kombinasi produk secara sempit dalam jumlah besar akan tetapi, konsumen menginginkan kombinasi produk yang luas dalam jumlah kecil.
    Dalam saluran distribusi, perantara membeli produk yang dalam jumlah besar dari berbagai produsen dan memecahnya ke dalam kuantitas yang lebih kecil serta dengan kombinasi barang yang lebih luas yang diinginkan konsumen.
    Disinilah peranan perantara pemasaran untuk menyesuaikan antara penawaran dari pihak produsen dan permintaan dari pihak konsumen.
    Konsep saluran distribusi tidak hanya terbatas hanya pada penyaluran produk yang berwujud.
    Pada kasus PT.Mayora, menurut saya, memakai saluran distribusi pemasaran secara tidak langsung dan memakai saluran distribusi konvensional.Hal ini disebabkan saluran distribusi konvensional merupakan saluran yang terdiri produsen ,pengecer.Pada PT.Mayora penempatan pengecer tersebut pada produk yang ditempatkan pada bagian2 yang berhubungan seperti Energen penempatan pemasarannya pada rumah sakit dan Vitazone penempatannya pada tempat-tempat olahraga seperti gym dan golf.
    Dengan saluran distribusi yang diterapkan oleh PT.Mayora menampakkan hasil yang memuaskan dengan omzet tinggi.Hal ini membuat para pesaing merubah saluran distribusi yang berbeda atau bahkan mengikuti apa yang dilakukan oleh PT.Mayora.

    Comment by Catur April Lia Sari | June 5, 2007 | Reply

  9. Salah satu hal yang tidak kalah pentingnya agar suatu produk dapat laku di pasaran adalah bagaimana cara yang digunakan untuk menyalurkan,menyebarkan,mengirimkan serta menyampaikan produk kepada konsumen secara tepat kepada konsumen.Kita harus mengetahui lokasi dimana penyaluran produk yang efektif dan efisien,inilah yang dinamakan saluran distribusi.Salursn distribusi dibagi menjadi 2 yaitu
    1)Saluran distribusi langsung,yaitu dimana pengusaha menyalurkan barang-barang yang dibeli oleh konsumen secara langsung ke tempat tinggal konsumen.
    2)Saluran distribusi tidak langsung,yaitu dimana pengusaha menggunakan pihak luar yaitu perantara untuk membantu menyalurkan barang-barangnya kepada konsumen.Dalam hal ini pengusaha dapat menggunakan bentuk-bentuk saluran distribusi ( sal.distribusi selektif,sal.distribusi eksklusif dan sal.distribusi intensif ).
    Menurut saya PT.Mayora menggunakan saluran distribusi tidak langsung yaitu tepatnya menggunakan bentuk sal distribusi intensif dimanapenyaluran barang dengan menggunakan penyalur sebanyak-banyaknya agar menjangkau lokasi konsumen sehingga produknya banyak dijumpai konsumen di banyak tempat.Hal ini memudahkan konsumen untuk mengkonsumsi produk PT Mayora.Dengan ide yang seperti ini memungkinkan sekali bagi PT Mayora untuk meraih untung sebanyak-banyaknya.Saluran distribusi yang kreatif ini mungkin akan ditiru oleh perusahaan lain agar produknya menyebar di pasaran sehingga pemasaran berjalan efektif dan efisien

    Comment by rizka choirunnisa | June 5, 2007 | Reply

  10. Setelah produk di desain dengan bagus dan ditetapkan dengan harga yang menarik serta dengan promosi yang gencar siste peasaran belu menjamin untuk berhasil. oleh karena itu saluran distribusi sangat penting. distribusi adalah suatu kegiatan menyalurkan,menyebarkan, mengirimkan serta menyampaikan barang atau produk pada konsumen oleh karena itu dibutuhkan penyalur cth: agen ,pengecer, dll. Saluran distribusi dibagi menjadi 2 yaitu : yaitu
    1)Saluran distribusi langsung,yaitu dimana pengusaha menyalurkan barang-barang yang dibeli oleh konsumen secara langsung ke tempat tinggal konsumen.
    2)Saluran distribusi tidak langsung,yaitu dimana pengusaha menggunakan pihak luar yaitu perantara untuk membantu menyalurkan barang-barangnya kepada konsumen.Dalam hal ini pengusaha dapat menggunakan bentuk-bentuk saluran distribusi ( sal.distribusi selektif,sal.distribusi eksklusif dan sal.distribusi intensif ).
    menurut saya PT.Mayora menggunakan saluran distribusi tdk langsung yang tepatnya adalah bentuk saluran distribusi intensif yang mana menggunakan penyalur yang sebanyak banyaknya agar produk dapat sampai atau berada dekat konsumen dimanapun juga mereka berada hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan selain produk dapat dikenal lebih luas keuntungan pun memungkinkan untuk meningkat

    Comment by nelly nurilmi o | June 5, 2007 | Reply

  11. Distribusi merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh pengusaha untuk menyalurkan,menyebarkan,mengirimkan serta menyampaikan barang yang dipasarkan kepada para komsumen;oleh karena itu diperlukan penyalur atau perantara guna pemasaran yang lebih baik.Hal penting yang lain adalah jenis produk dan area/lokasi pemasaran karena ke-2 hal tersebut sangat erat kaitannya dengan efektif tidaknya suatu distribusi pemasaran,distribusi macam inilah yang disebut dengan Sal.Distribusi Tidak langsung.Sedangkan untuk Sal.Distribusi langsung adalah dimana para pengusaha menyalurkan barang produksinya secara langsung kepada pelanggan,dengan demikian produsen dapat melakukan pendekatan secara langsung kepada pelanggan.Dalam barang industri informasi yang didapat tersebut akan berpengaruh penting sebab dalam hal ini pengambilan keputusan pembelinya sangat kompleks(Kompleks Decision Making).
    Pada kasus ini, PT.Mayora menggunakan saluran distribusi tidak langsung(tepatnya distribusi intensif)yaitu penyaluran dengan menggunakan penyalur yang sebanyak-banyaknya agar dapat menjangkau lokasi konsumen yang menyebar,target yang ingin di capai adalah penjualan dengan frekwensi tinggi dimana jumlah pembelian yang di tawarkan adalah pembelian dengan skala kecil atau eceran.Hal ini juga dimaksudkan supaya para pembeli dapat cepet mengenali produk-produk yang di tawarkan oleh PT.Mayora

    Comment by Aminatus .S | June 5, 2007 | Reply

  12. Saluran distribusi merupakan sekumpulan organisasi Atau kelompok yang saling ketergantungan atara yang satu dengan yang lain yang terlibat dalam proses yang membuat produk atau jasa siap digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis.Penetapan harga dalam suatu perusahaan tergantung pada perusahaan tersebut memanfaatkan penjual besar atau memanfaatkan toko khusus yang menjual barang yang berkualitas tinggi. Sebagian besar produsen memanfaatkan pedagang perantara untuk memasarkan produk mereka..

    disini saluran distribusi dibagi menjadi 2
    1. distribusi lagsung –> produsen –> konsumen
    2. distribusi tidak langsung –> produsen –> perantara –> konsumen

    kalau kita lihat disini bagaimana PT. Mayora memasarkan suatu produknya ke konsumen lewat sebuah perantaran yaitu sebagai contoh vitazone sebagai minuman bervitamin dan sebagai pengganti ion tubuh dipasarkan oleh PT Mayora ke tempat – tempat olah raga sebagai minuman pengganti stamina..hal ini PT Mayora menggunakan sistem saluran distribusi tak langsung,yang mana PT . Mayora tidak menjual produk – produknya langsung ke konsumen melainkan lewat sebuah perantara disini yaitu tempat olah raga…strategi ini merupakan strategi yamg baik untuk mempromosikan produk mereka dan lagi pula akan lebih banyak orang yang akan mengenal produk tersebut dan akan memungkinkan pada PT.Mayora untuk merauk keuntungan yang tinggi..dan mugkin karena strategi yang bagus ini tidak menutup kemungkinan perusahaan lain akan mencontoh bagaimana strategi yang telah PT. Mayora lakukan…dan pada pihak PT.Mayora harus hati – hati dan selalu sigap atas akan datangnya pesaing – pesaing baru yang menggunakan strategi yang sama… dan PT.Mayora harus bekerja dan selalu memutar otak dan selalu mempunyai ide – ide yang baru demi untuk mempertahankan produknya , otomatis semakin kita diatas smakin besar anginnya,,.
    thanks..
    .

    Comment by yudi kurniawan lastanto | June 5, 2007 | Reply

  13. Penentuan Saluran distribsi yang dipakai suatu perusahan untuk memasarkan produknya sangatlah penting dilakukan suatu perusahaan.Karena sukses atau tidaknya volume penjualannya juga dipengaruhi oleh saluran distribusinya. Perusahaan yang menggunakan saluran distribusi yang imajinatif dan kreatif akan memperoleh keunggulan bersaing daripada pesaing2nya.
    Pada kasus Mayora:Menciptakan Saluran Distribusi yang Kreatif. Pada dasarnya saluran industri yang dipakai adalah saluran distribusi langsung yang dikemas secara kreatif.Ide ini berawal dari respect Mayora tersebut sendiri terhadap para pelanggannya. Mereka melihat aktivitas dari pelanggannya secara terus menerus dan memperhatikan kegiatan apa yang mereka lakukan di pagi hari, sore atau malam. Dan mereka mencoba mengambil tempat di hati pelanggan tersebut. Konsumen akan merasa puas jika produk yang diinginkan itu cepat didapat dan pada waktu yang tepat dan waktu yang tepat juga. Misalnya saja pada produk minuman vitazone yang disediakan oleh Mayora di Gym ataupun di tempat2 olahraga, bila suatu saat pengunjung merasa haus dan membutuhkan minuman penambah ion tersebut maka ia langsung membeli produk vitazone di tempat tersebut daripada produk lainnya yang belum tersedia di are tsb. Dengan kata sederhananya begini, produk itu ada pada saat yang tepat dan waktu yang tepat.Jadi jelas bahwa saluran distribusi yang dimiliki oleh Mayora ini sangat kreatif seakan2 Mayora yang sangat membutuhkan konsumen. Dengan cara ini mungkin volume penjualan produk mereka juga akan meningkat.

    Comment by Lia Dahniar | June 6, 2007 | Reply

  14. Saluran distribusi sangat penting dalam usaha penyampaian produk akhir. Oleh karenanya saluran distribusi memeainkan peran penting untuk menyesuaikan permintaan dan penawaran.

    Dlam kasus MAYORA ini saluran distribusi yang dipilih sangat efektif, karena saluran diasstribusi yang dipakai adalh menyesuaikan apa yang diinginkan oleh konsumen. Dan menurut saya ide yang dipakai oleh Sales Director MAYORA itu sangat efektif. Sebagai pemasar ia melihat aktivitas apa yang dilakukan oleh pelanggan, apa yang mereka lakukan dipagi hari, bagaimana mereka bepergian, kemana mereka pergi, dll.Dan itu sangat efektif dibandingkan dengan membuka banyak saluran yang akan menimbulkan penawaran.

    Namun perlu digaris bawahi bahwa kesuksesan saluran distribusi secara individual bergantung pada kesuksesan keseluruhan saluran distribusi, yang mana keseluruhan saluran distribusi harus bekerja sama untuk mencapai tujuan sasaran distribusi secara keseluruhan.

    Comment by TiTik prhatin | June 6, 2007 | Reply

  15. Assalamualaikum wr.wb

    Dari sudut pandang sistem ekonomis, peran dari perantara pemasaran adalah mentransformasi bauran produk yand dibuat oleh produsen ke dalam bauran produk yang dibutuhkan konsumen. Produsen membuat bauran produk yang sempit dalam jumlah yang besar, tapi konsumen menginginkan bauran produk yang lebar dalam jumlah yang kecil. Di dalam saluran distribusi, para perantara membeli dalam jumlah yang besar tersebut dari berbagai produsen dan memecahnya menjadi jumlah yang lebih kecil dan bauran yang lebar yang diinginkan konsumen. Oleh karena itu, perantara memainkan peran yang penting dalam memadukan pasokan dan permintaan.
    Pada PT.Mayora menggunakan saluran distribusi tidak langsung dimana saluran berisikan satu atau lebih tingkatan perantara. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan tersendatnya kegiatan produksi.
    Oleh karena itu, salah satu produk dari PT.Mayora yaitu energen.Energen dijual dibanyak tempat untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Salah satunya dirumah sakit, energen memberi gizi cukup yang dibutuhkan oleh orang yang sedang sakit.

    Wassalamualaikum wr.wb

    Comment by Wahyu Lestari Ekawati | June 7, 2007 | Reply

  16. keputusa-keputusan saluran distribusi merupakan keputusan yang paling kompleks dan penuh tantangan yang harus dihadapi oleh semua perusahaan. Setiap saluran distribusi menciptakan tingkat penjualan dan biaya yang berbeda-beda. Apabila sebuah saluran pemasaran tertentu yang sudah dipilih, perusahaan biasanya harus setia saluran pilihannya itu untuk jangka waktu tertentu .Saluran distribusi yang sudah dipilih itu akan memberi pengaruh yang besar dan akan dipengaruhi oleh saluran distribusi yang lainnya dalam kegiatan pemasarannya .Setiap perusahaan harus memprediksikan sebuah saluran distibusi jika mengalami sebuah kegagalan . banyak saluran distribusiyang membawa dampak terhadap umur perusahaan . masing-masing divisi saluran harus dievaluasi secara continued dangan cara memperbandingkan prestasi penjualan mereka dengan prestasi mereka dimasa lalu dan dengan prestasi penjualan divisi-divisi saluran yang lainnya .kebanyakan peodusen menghadapi masalah ketika mereka mencari cara untuk melakukan kerja sama dengan para perantara salah satu tugas dari Pihak manajemen yaitu perlu memberikan berbagai motivasi agar pekerjaannya menjadi lebih baik ( berlaku bagi para perantara ) .Distribusi fisik merupakan bidang yang mampu menghemat biaya tinggi dan menungkatkan kepuasan konsumen mulai dari pemrosesan pesanan,perencana gudang, persediaan,transportasi membuat keputusan mereka akan mempengaruhi pengeluaran biaya . oleh karena itu tugas perancang distribusi fisik adalah memperkecil seluruh biaya namun bisa memenuhi tingkat jasa yang diinginkan para konsumen .

    Comment by fariz rachman | June 9, 2007 | Reply

  17. Pada saat ini saluran distribusi sangatlah penting oleh suatu perusahaan dalam menyalurkan hasil produksinya untuk mendapatkan keuntungan.
    Dalam kasus seperti Mayora ini menurut saya saluran distribusi yang digunakan oleh Mayora sudah sangatlah bagus dan kreatif karena strategi saluran distribusi yang digunakan disesuaikan dengan keadaan dimana seorang konsumen membutukannya sesuai denagn aktivitas atau kegiatan yang dilakukannya disaat mereka membutuhkannya, kalau yang saluran distribusinya melalui dititipkan pada penjual koran menurut saya juga sangatlah bagus dan kreatif. Saluran distribusi yang dilakukan Mayora merupakan saluran distribusi yang efektif untuk disampaikan ke konsumen, karena distribusinya tidak hanya disalurkan ke toko-toko saja, tapi bisa juga ditempatkan di tempat seperti tempat olah raga, rumah sakit, dll.Untuk dapat menarik konsumen saluran distribusi seperti yang digunakan Mayora sangatlah bagus, kreatif dan efektif untuk mencapai tujuan dari sebuah perusahaan.

    Comment by Mukhammad Yusuf Efendi | June 10, 2007 | Reply

  18. …………..lanjutan pada kasus MAYORA sitem saluran distribusi yang digunakan adalah saluran distribusi tak lagsung , dimana cara yang digunakan oleh MAYORA ini menggunakan perantara-perantara yang sebanyak mungkin mis:produk yang dimiliki olenya adalah consumer goods seperti energen,torabika,vitazone .Untuk energen mereka bisa memasarkan di rumah sakit ,menurut Theo T Gazali:produk ini sangat bermanfaat dan sehat untuk dikonsumsi ketika sakit(mis:ketika sakit tipes sang pasien tidak bole memakan makanan yang kasar )atau bisa juga diberikan bagi orang sibuk ketika pekerjaan yang tak dapat ditunda lagi karena energen dikonsumsi siap saji .Produk-produk yang lainnya seperti vitazone juga disediakan ditempat-tempat olahraga seperti gym dan golf (disaat melakukan aktivitas yang berlebihan dan mengeluarkan banyak cairan tubuh , produk ini masuk untuk mengisi kembali cairan yang terlalu banyak yang hilang .Untuk produk Torabika , produk ini cocok untuk ditempatkan pada konsumen yang menyukainya seprti cocok untuk ditempatkan pada kios koran yang sekaligus membuka warkop(saat membaca koran sambil minum segelas kopi).

    Comment by fariz rachman | June 10, 2007 | Reply

  19. Pada suatu perusahaan saluran distribusi sangatlah penting dalam menyalurkan produk-produknya ke konsumen. Saluran distribusi yang dilakukan oleh Mayora merupakan distribusi tidak langsung tapi Mayora melakukan modifikasi terhadap saluran distribusinya, karena Mayora membuat saluran distribusi yang kreatif dan inofatif yang belum tentu strategi yang digunakan Mayora digunakan oleh perusahaan lain. Tujuan Mayora dalam menciptakan strategi yang kreatif ini adalah agar para konsumen lebih mudah untuk mendapatkan/mengkonsumsi disaat mereka sedang membutuhkan dalam suatu kegiatan yang sedang dilakukannya, misalnya pada saat olah raga para konsumen bisa secara langsung mendapatkannya di tempat tersebut.Tujuan Mayora menciptakan strategi distribusi yang lain dari pada yang lain adalah untuk mengenalkan produknua dan memasarkan produknya ke konsumen secara cepat pada saat mereka membutuhkan.

    Comment by Kiekie Justitiane Abdi | June 11, 2007 | Reply

  20. Saluran distribusi aalah perangkat penting dalam kegiatan produksi. Kelancaran tidaknya produk untuk sampai ke tangan konsuman tergantung pada jalannya saluran distribusi.
    Suatu produk sampai ke tangan konsumennya berkat saluran distribusi yang lancar. Saluran distribusi yang diterapkan oleh mayora sangat brilian, hal itu masih belum banyak dipikirkan oleh banyak orang. Dengan memperluas saluran distribusi sampai ke tempat-tempat yang jarang dipertimbangkan, secara tidak langsung dapat meningkatkan marketing dari perusahaan yang bersangkutan.
    Tindakan Mayora yang kreatif dalam menyalurkan produknya, lama-kelamaan membuat produk Mayora melekat di benak konsumen, dan mempunyai brand image bagus.

    Comment by Septi Barunawati | June 12, 2007 | Reply

  21. distribusi kreatif ala mayora ini adalah distribusi yang sangat menarik,dan saya sangat amat setuju dengan hail ini karena saluran distribusi ini penting keberadannya.dengan mengetahui apa yang diinginkan pelanggan kita pasti bisa meningkatkan penjualan produk kita. denga distribusi ala mayora ini kita lebih bisa mengetahui kebutuhan masyarakat. memang seharusnya dari dulu kita menerapkan diistribusi kreatif ala mayora.

    Comment by yulia kurniawati | June 12, 2007 | Reply

  22. distribusi merupakan sesuatu yang di laukan oleh perusahaan untuk menyalurkan produknya agar sampai di tangan konsumen.sebagai suatu manajer untuk mendistribusikan produk haruslah dapat mengefesiensi anggaran untuk pendistribusian tersebut.
    dalam pendistribusian di bagi menjadi 2 sistem distribusi. yaitu distribusi lanngsung dan ditribusi tidak langsung.
    pendistribusian tidak langsun yang di lakukan MAYORA merupakan ide yang sangat kreatif karena dengan demikian PT mayora di sini sambil menyelam juga minum air di sini mayora selain melakukan pendistribusian mayora juga melakukan promosi kepada masyarakat.

    Comment by ikhwani | June 13, 2007 | Reply

  23. pengertian2 ini yg saya perlukan cukup bagus, tapi sya mohon dan apabila ada sya minta informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi petani dalam menggunakan saluran tataniaga, karena itu sebagai judul skripsi sya sebagai mahasiswa akhir, kalau ada bahan2 sudilah kiranya bapak melampirkan ke e-mail saya yang di atas, atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih

    Comment by asum sumpena | July 5, 2007 | Reply

  24. “Hubungan saluran distribusi dalam peningkatan pangsa pasar”.
    Kira-kira kuesionernya bagaimana untuk melakukan suatu penelitian?

    Comment by Petrus | September 5, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: