Y u d i S u t a r s o

Kuliah Manajemen Pemasaran

Beasiswa dan Harga dalam Pemasaran

 beasiswa1.jpg

Harga sering dipahami sebagai pengorbanan untuk mendapatkan produk. Istilah harga bisa bemacam-macam. Mulai dari harga dengan istilah harga, sewa, tarif, ongkos, premi, bunga, dan sebagainya. Bagaimana pemasar mengenakan harga juga macam-macam kiatnya.

Dengan perubahan lingkungan, pemasar seringkali dituntut untuk melakukan penyesuaian harga atas harga yang telah ditetapkan. Beberapa strategi dapat diimplementasikan oleh pemasar jika ingin melakukan penyesuaian harga. Terdapat lima strategi besar yang bisa digunakan yaitu discount pricing and allowances, discriminatory pricing, psychological pricing, promotional pricing, dan geographical pricing. Dengan strategi harga diskon, pemasar melakukan pengurangan harga karena pembayaran, kuantitas yang dibeli, fungsi tertentu, dan musim. Harga diskriminatif merupakan pembedaan penetapan harga oleh karena perbedaan segmen, bentuk produk, lokasi dan waktu pembelian. Harga psikologis adalah merupakan penetapan harga yang mempertimbangkan aspek psikologi dari konsumen. Harga promosi merupakan strategi penetapakn harga dimana pemasar menetapkan harga dibawah harga biasanya atau bahkan dibawah biaya yang dikeluarkan. Harga geografis adalah penetapan harga yang mempertimbangkan jarak antara perusahaan dan posisi konsumen.

Dalam kaitan harga ada berita di Jawa Pos Senin 21 Mei 2007, dengan judul President University Beri 10 Beasiswa. Kasus selengkapnya dapat disownload disini.

Coba kalau anda benar-benar baca buku seperti yang Anda janjikan, kasih komentar dong kasus President University tersebut. Ingat perspektifnya adalah Harga, seperti yang disampaiakn Mr Kotler dalam bukunya Principle of Marketing. (Eh btw..kalau beasiswa penuh kayak dikasus President University, STIE Perbanas sudah lama ada juga lho, tiap tahun ada 12 orang, gratis kuliah asal pinter dan hebat, mungkin ada diantara Anda yang penerima Beasiswa Penuh)

Kelompok yang Maju minggu ini adalah kelompok satu mbahas tentang harga. Fitri, Elok, Putri, Yohanna, Ika, Bagus dan Hari siap-siap. Untuk Hari, coba kamu aktif kali ini ya. Waktu persiapannya memang terbatas, memang desainnya gitu. Biar Anda semua bisa belajar arti kecepatan. Kita yakin Anda Bisa… Selamat bekerja….

May 21, 2007 - Posted by | Manajemen Pemasaran

30 Comments »

  1. Harga telah menjadi faktor utama yang mempengaruhi pilihan pembeli. Perusahaan atau organisasi menyesuaikan harga produk atau jasa untuk mencerminkan perubahan dalam biaya dan permintaan serta memperhitungkan variasi dalam pembeli dan situasi. Pada saat lingkungan persaingan berubah, perusahaan mempertimbangkan kapan memulai perubahan harga dan kapan memberi reaksi terhadapnya. Dengan perubahan lingkungan tersebut, president university dituntut untuk melakukan penyesuaian harga. Dalam kasus tersebut saya berpendapat bahwa president university menggunakan strategi penetapan harga promosi dan penetapan harga berdasarkan segmen pelanggan, yaitu pelanggan berbeda membayar harga berbeda untuk produk atau jasa yang sama. Dalam hal ini president university menarik konsumen yaitu lulusan SMA di seluruh Indonesia termasuk Surabaya untuk kuliah di sana. Salah satu caranya yaitu dengan menerapkan program beasiswa penuh dan beasiswa separo kepada lulusan SMA. Jika lolos seleksi maka ia mendapatkan biaya pendidikan gratis. Dan yang tidak lolos akan diseleksi untuk masuk ke kategori dua yaitu beasiswa separo. Strategi tersebut sangat bagus untuk mengatasi persaingan antar universitas dan dengan harapan dapat meningkatkan permintaan dan juga menumbuhkan citra dan nama baik universitas di mata masyarakat. Siswa yang pintar tetapi tidak mampu dapat kuliah dengan adanya beasiswa tersebut. Dan semua orang pasti suka dengan yang gratisan untuk mengurangi beban orang tua apalagi pada kondisi ekonomi sekarang ini. Dan juga universitas tersebut bagus dan berstandar internasional, sehingga lulusan SMA sangat tertarik kuliah di sana. Walaupun president university memberikan beasiswa, mereka tidak akan rugi. Kebijakan-kebijakan penetapan harga tersebut yaitu beasiswa. Sangat menguntungkan baik bagi president university yang mendapatkan calon-calon mahasiswa yang pintar, berprestasi dan berkualitas tinggi ( karena telah lulus tes dengan persaingan yang begitu ketat ), maupun bagi calon mahasiswa yang merasa puas, senang, dan terbantu dengan adanya beasiswa. Program beasiswa tersebut sangat bagus, karena ketika menetapkan harga president university tidak hanya memusatkan pada biaya-biaya dan labanya sendiri, sebaliknya president university memusatkan perhatian pada kebutuhan-kebutuhan pelanggan yaitu calon mahasiswa. dan meningkatkan nilai bagi calon mahasiswa.

    Comment by nurul hikmah | May 22, 2007 | Reply

  2. Benar apa yang dikatakan oleh bapak yudi sutarso bahwa..”Harga sering dipahami sebagai pengorbanan untuk mendapatkan produk”
    Pada saat lingkungan persaingan berubah, perusahaan mempertimbangkan kapan memulai perubahan harga dan kapan memberi reaksi terhadapnya. Dengan perubahan tersebut,
    president university dituntut untuk melakukan penyesuaian harga. Dalam kasus tersebut saya berpendapat bahwa president university menggunakan strategi penetapan harga promosi yaitu dengan kerja keras yang kita lakukan akan mendapatkan suatu imbalan..disini imbalan adalah suatu beasiswa..hal yang dilakukan tsb sangatlah positif….jadi para mahasiswa jadi ingin bersaing satu antar yang lain dalam bidang ini…..
    bagi mereka yang lolos akan diberikan beasiswa penuh,dan apabila ada yang tidak lolos akan diseleksi lagi untuk mendapatkan beasiswa separo..
    dan bagi mereka yang pintar dan ingin melanjutkan pendidikannya,inilah kesempatan bagi mereka
    hal ini tidak ada yang saling dirugikan,klo menurut saya hal tersebut saling menguntungkan antara kedua belah pihak..
    dari pihak presidend university : akan mendapatkan mahasiswa –
    mahasiswa yang pintar dan berkualitas
    serta dapat bersaing dengan universitas –
    universitas lain dan tentunya akan
    mempunyai citra yang baik dimata
    masyarakat
    dari pihak penerima beasiswa : Mereka bisa termotivasi lagi untuk belajar
    lebih giat lagi serta yang utama bagi
    mereka yang kurang mampu ini
    kesempatan bagi mereka untuk dapat
    meneruskan pendidikannya

    * intinya adalah Program beasiswa tersebut sangat bagus, karena ketika menetapkan harga president university tidak hanya memusatkan pada biaya-biaya dan keuntungan diri sendiri, sebaliknya president university memusatkan perhatian pada kebutuhan-kebutuhan pelanggan yaitu calon mahasiswa. dan meningkatkan nilai bagi calon mahasiswa..

    tHANKS…

    Comment by yudi kurniawan lastanto | May 22, 2007 | Reply

  3. Harga adalah sesuatu yang kita keluarkan untuk memperoleh sebuah barang atau jasa,yang mungkin menjadi faktor utama dalam mempengaruhi konsumen dalam pembelian barang atau jasa tersebut.Perusahaan yang menjual barang atau jasa tersebut juga harus dapat menyesuaikan harga barang atau jasa yang akan dibeli oleh konsumen.Perusahaan juga harus dapat menyesuaikan harga yang ditetapkan dengan perubahan segmen pasar yang terjadi pada konsumen.Dalam kasus yang terjadi pada harian surat kabar jawa pos edisi senin 21 mei 2007 dengan judul president university beri 10 beasiswa. Mungkin dalam kasus tersebut menurut saya termasuk salah satu langkah dalam penetapan harga yaitu penetapan harga promosi dan segmentasi pelanggan. Dalam kasus tersebut saya berpendapat bahwa president university menggunakan strategi penetapan harga promosi dan penetapan harga berdasarkan segmen pelanggan, yaitu pelanggan berbeda membayar harga berbeda untuk produk atau jasa yang sama.Pada berita tersebut dalam kota surabaya telah diperoleh sebanyak 4 mahasiswa yang lulus dalam beasiswa penuh tahun ini.President university memberikan 50 beasiswa untuk siswa surabaya,sebanyak 46 beasiswa adalah partial/separo sisanya beasiswa penuh.Hal tersebut sangat bagus untuk meningkatkan kualitas universitas dikalangan masyarakat.Sekaligus dapat menolong dan meringankan para siswa yamg ingin melanjutkan ke perguruan tinggi tetapi tidak mempunyai cukup biaya apalagi beasiswa yang diberikan merupakan beasiswa yang mempunyai taraf internasional.Siswa yang pintar tetapi tidak mampu dapat kuliah dengan adanya beasiswa tersebut. Kebijakan-kebijakan penetapan harga tersebut yaitu beasiswa.Sedangkan segmen pasarnya adalah para siswa-siswa yang mempunyai prestasi.Strategi tersebut juga dapat memberikan keuntungan lain bagi perguruan tinggi tersebut antara lain dapat meningkatkan citra dan kualitas kampus itu sendiri serta menghasilkan lulusan-lulusan yang berbaik pada bidangnya masing-masing.Dengan tidak memperhatikan dan menetapkan harga pada para siswa tetapi dengan meningkatkan kualitas dan kinerja pada kampus tersebut dengan pemberian beasiswa yang akan membuat masyarakat akan tertarik untuk menyekolahkan anaknya pada perguruan tinggi.

    Comment by Dion Yanuar Purba | May 22, 2007 | Reply

  4. Harga sering dipahami sebagai pengorbanan untuk mendapatkan produk.dalam perubahan lingkungan pemasar sering kali dituntut untuk merubah harga demi untuk mendapatkan pasar yang potensial.harga dari suatu produk juga mencerminkan kualitas dan kuantitas dari produk tersebut.semakin mahal suatu produk biasanya berbanding lurus dengan kulitas dan kuantitas produk.dalam kaitan pemberian beasiswa oleh president university,menurut pendapat saya president university menggunakan strategi penetapan harga promosi,karena president university menggunakan beasiswa penuh dan beasiswa separuh untuk menarik minat konsumen dengan cara seleksi,bagi calon mahasiswa yang lolos seleksi akan mendapatkan beasiswa penuh dan bagi mahasiswa yang tidak lolos seleksi akan mendapatkan beasiswa separuh.dalam sisi pomosi strategi tersebut sangat bagus untuk digunakan karena konsumen akan melihat harga dari suatu produk,strategi itu jugu memberikan keuntungan terhadap konsumen karena mendapatkan potongan harga dan bahkan tidak membayar sama sekali.

    Comment by sigid adri saputra | May 22, 2007 | Reply

  5. Harga adalah sejumlah uang yang dibayarkan atas barang atau jasa ,atau secara luasnya harga adalah jumlah semua nilai yang konsumen tukarkan dalam rangka mendapatkan manfaat (dari) memiliki atau menggunakan barang atau jasa. Secara historis, harga telah menjadi faktor utama yang mempengaruhi pilihan pembeli. Biasanya faktor-faktor non-harga telah menjadi lebih penting bagi perilaku pemilihan oleh pembeli selama dasawarsa-dasarwasa terakhir ini. Selain itu harga juga merupakan salah satu elemen bauran pemasaran yang paling fleksibel. Adapun faktor-faktor yang harus dipertimbangkan ketika menetapkan harga, yaitu : faktor internal dan faktor eksternal.
    Dalam kasus President University ini pendekatan strategy yang digunakan/yang ditonjolkan adalah :
    1. Strategi Harga Diskon
    dimana dalam hal ini pembayaran kuliah di President University secara normal sangatlah mahal karena Universitas ini memiliki kwalitas yang baik dengan berstandar internasional dimana pendidikan dikampus berbahasa pengantar Inggris tersebut berbeda dari perguruan tinggi ysng lain. Nah dengan adanya beasiswa membuat para mahasiswa membayar hanya 50%dari harga normal bagi mahasiswa yang memperoleh beasiswa separo dan adapun yang tidak dikenakan biaya apapun bagi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa penuh selama mereka dapat mempertahankan prestasi IP min 3,0. Semua ini dapat mendorong para mahasiswa berlomba-lomba untuk mendapatkan beasiswa tersebut dan juga dapat mengurangi beban orang tua. Dengan begitu banyak siswa lulusan SMA yang berminat untuk memilih Universitas ini, dan ini juga dapat membuat citra atau nama baik dimata masyarakat.
    2. Strategi Harga Promosi
    dengan adanya kebijakan-kebijakan penetapan harga yaitu beasiswa sangat menguntungkan baik masyarakat maupun dari pihak President University sendiri. Selain para mahasiswa mendapatkan beasiswa, pihak President University juga mendapatkan mahasiswa yang berkualitas.
    Secara tidak langsung mungkin President University akan mendapatkan laba dengan memasang strategi-strategi yang telah ditetapkan.

    Comment by Dian Rosalina P | May 22, 2007 | Reply

  6. Harga adalah salah satu unsur yang penting dalam bauran pemasaran yang dapat menghasilkan pendapatan penjualan bagi suatu perusahaan. Dalam proses penetapan harga jual suatu produk langkah-langkah yang biasa di ambil adalah menentukan tujuan pemasaran, menentukan kurva permintaan, memperkirakan perilaku biaya pada berbagai tingkat produksi serta menguji dan mengambil harga-harga pesaing sebagai penetapan harga jual.Perusahaan sering menetapkan modifikasi terhadap harga jualnya yang mencakup 4 golongan strategi yaitu strategi potongan harga, harga perwilayah geografis,diskriminasi dan strategi promosi. Dalam kasus pemberian beasiswa pada president university tedapat dua golongan strategi yaitu :
    -Strategi harga diskriminatif
    yaitu penetapan harga yang berbeda berdasarkan jenis konsumen yang bermacam-macam serta tempat yang berbeda pula.Presiden university memberikan beasiswa kepada pelajar di Indonesia yang telah lulus seleksi untuk masuk ke universitasnya, hal ini dimaksudkan untuk memperluas jangkauan pemasaran dari produktifitasnya.
    -Stategi harga promosi
    merupakan harga khusus yang di berikan oleh presiden university kepada para pelajar Indonesia yang lulus seleksi dengan memberikan beasiswa penuh dan memberikan beasiswa separoh kepada mereka yang tidak lulus seleksi tersebut.Hal ini dilakukan untuk menarik minat dari pelajar yang ada di Indonesia untuk menjadi konsumennya,selain itu strategi ini juga berperan positif karena kedua belah pihak dapat merasakan manfatnya.

    Comment by Aminatus.S | May 22, 2007 | Reply

  7. harga adalah satu satunya unsur dalam bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan penjualan. dengan harga maka dapat di ukur kualitas dan kuantitas suatu produk atau jasa,suatu perusahaan atau organisasi jika ingin menetapkan suatu harga harus mempertimbangkan kebijakan2 atas penetapan harga jual tersebut yaitu: menentukan tujuan harga, menentukan permintaan, memperkirakan biaya yg dikeluarkan,menganalisis harga dan tawaran pesaing,memilih metode penetapan harga dan menentukan harga akhir.

    Dalam memilih metode untuk penetapan harga ini harus disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai. dalam kasus diatas president university mengunakan metode penetapan harga menurut persepsi nilai atau citra perusahaan. president university adalah suatu universitas yang berstandart internasional baik mutu atau kualitas sangat di perhitungkan, oleh karena itu wajar jika mahasiswa harus membayar mahal jika kuliah disana. dalam kasus pemberian beasiswa kepada cama(calon mahasiswa) president university menggunakan strategi harga promosi dengan cara harga khusus dan pemotongan harga diskriminatif dgn bentuk berdasarkan segmen konsumen .

    *penetapan harga khusus ini dilakukan agar dapat lebih banyak menarik konsumen untuk kuliah di president university ,dengan adanya beasiswa .karena jika pada jalur normal untuk masuk ke president university sangat mahal, tidak semua orang dapat kuliah di situ yang hanya dapat dijangkau oleh orang orang kaya saja. dengan adanya beasiswa siapa saja boleh atau dapat masuk di president unifersity, yang harus dengan syarat2 tertentu ,salah satunya pintar dan berprestasi. agar kualitas dari president university tetap terjaga.

    *pemotongan harga diskriminatif dengan bentuk berdasarkan segmen konsumen ini yaitu produk atau jasa yang sama diberi harga yang berbeda beda bagi kelompok konsumen yang berbeda beda pula . beasiswa merupakan program yang tidak semua orang mendapatkanya yang dalam memperolehnya harus memenuhi kewajiban tertentu yang pintar dan berprestasi dan mampu mempertahankan nilai nilai akademiknya. terutama bagi mahasiswa yang pintar tetapi orang tua tidak sanggup membiayai dapat mengikuti beasiswa ini. selain dapat membantu orang tua mahasiswa masih tetap selalu berprestasi.

    president unifersity dapat meraih keuntungan dengan mendapatkan mahasiswa yang berkompeten dan berkwalitas yang bagus sehingga dapat mengharumkan almamater dan bagi alumni2nya dapat bersaing di dunia global

    Comment by nelly nurilmi oktavia | May 22, 2007 | Reply

  8. harga adalah sesuatu yang penting dan vital dalam bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan penjualan. dengan harga bisa dilihat mutu dan nilai suatu produk atau jasa yang diberikan. Dalam penentuan harga terdapat beberapa kebijakan yang dilaklukan yaitu menentukan tujuan, menentukan permintaan, memperkirakan biaya,menganalisis harga dan tawaran pesaing,memilih metode penetapan harga,menentukan harga akhir. dalam menentukan harga ada beberapa metode atau strategi yang dilakukan yaitu strategi potongan harga , harga wilayah atau geografi, harga diskriminatif dan promosi. dalam kasus di atas president unuversity melakukan strategi harga promosi dan harga diskriminatif.

    1. harga promosi
    dengan memberikan beasiswa, president university berharap agar dapat lebih banyak menarik konsumen untuk berkuliah di president university .yang mana beasiswa tidak dapat diikuti oleh semua orang hanya siswa siswa yang lolos seleksi saja yang mendapatkanya meski ada katagori kedua yaitu beasiswa separo ,tapi minimal harus lolos seleksi tertentu

    2 setrategi harga diskriminatif
    dengan bentuk berdasarkan segmen konsumen yang produk dan jasa yangsama di beri harga yang berbeda beda bagi kelompok konsumen yang berbeda beda pula. president university ingin memberi kesempatan bagi konsumen yang pintar dan berprestasi tetapi kurang mampu dalam bidang materi untuk bisa meneruskan kuliah agar masa depanya tidak berhenti sampai sma saja dan ini juga tidak menutup kemungkinan pada konsumen yang mampu dan berprestasi

    Comment by rizka c | May 22, 2007 | Reply

  9. Harga merupakan sejumlah uang yang dibayarkan atas barang dan jasa atau jamlah nilai yang konsumen tukarkan dalam rangka mendapatkan manfaat dari memiliki atau menggunakan barang dan jasa.

    Oleh karena itu bila sebuah organisasi dalam menetapkan sebuah harga sesuai dengan apa yang diberikan kepada konsumen maka organisasi tersebut akan berhasil dalam pencapaian targetnya, baik target profit maupun target dalam memperoleh konsumen.

    Menurut saya atas berita yang saya baca pada harian jawa pos senin, 21 mei 2007 yang berjudul “PRESIDENT UNIVERSITY BERI 10 BEASISWA” dalam penetapan harga adalah discount pricing and allowances ( strategi harga diskon ) yang bearti pemasar melakukan pengurangan harga ( pembayaran ). Itu bisa dilihat dari pemberian beasiswa penuh kepada sedikitnya 4 siswa dari SMA Surabaya yang memiliki kualitas sesuai dengan yang diharapkan untuk melanjutkan ke universitas yang bertaraf internasional dan pemberian beasiswa partial atau separo kepada 46 siswa SMA dari Surabaya.

    Berdasarkan keterangan diatas President University tidak hanya mendapatkan target profit saja melainkan juga dapat mempertahankan kelangsungan hidup sebuah organisasi dan bertahan lama dan juga mempunyai kualitas dan kuantitas.

    Comment by Titik Prihatin | May 22, 2007 | Reply

  10. Menurut saya padakasus President University yang memberikan beasiswa penuh maupun parsialkepada mahasiswabaru yang akan masuk ke universitas tersebut merupakan salah satu strategi penetapan harga yaitu stategi penetapan harga diskon yang memberikan potongan tertentu kepada pembeli dengan syarat-syarat tertentu. Strategi ini juga telah banyak dilakukan universitas / sekolah tinggi untuk menarik konsumen. Pengertian harga itu ada beberapa istilah misalnya ongkos untuk transportasi bis, kereta api, jika kita meminjam uang pada bank kita juga akan dikenai bunga.Kita kuliah di universitas akan mempertimbangkan biayanyaterlebih dahulu. Sebelum kita menetapkan harga maka kita perlu mempertimbangkan faktor-faktor apa saja yang perlu kita opertimbangkan dalam penetapan harga itu sendiri.
    Faktor Internal :
    1 Kita harus mengetahui terlebih dulu TUJUAN PEMASARAN yang ingin dicapai perusahaan misalnya pada kasus President University tersebut memilih tujuan pemasaran KEPIMPINAN KUALITAS PRODUK karena President University memasang biaya yang tinggi untuk mengenya pendidikan yang berstandart internasional dengan pengantar bahasa inggris tentunya mereka memilih pengajar2 yang tentu saja capable dalam hal tersebut. Selain itu ada juga beberapa tujuan pemasaran seperti :
    • KELANGSUNGAN HIDUP : menetapkan harga yang rendah agar dapat masuk ke pasar sehingga produk tersebut kelangsungan hidupnya terus berjalan.
    • MAKSIMALISASI LABA SEKARANG : sebagai sasaran penetapan harga, memperkirakan berapa permintaan dan juga biaya2yang harusdikeluarkan pada harga yang berbeda dan memilih harga mana yang dapat memperoleh laba yang maksimal sekarang.
    • KEPIMPINAN PANGSA PASAR : pada hal ini perusahaan ingin menjadi leader sebuah produk maka dengan haltersebut memacu perusahaan untuk menetapkan harga serendah mungkin.
    2.Strategi Bauran
    3. Biaya
    4.Pertimbangan Organisasional
    Faktor Eksternal :
    1.Sifat pasar dan permintaan
    2.persaingan
    3.Unsur lingkungan lain

    Comment by Lia Dahniar | May 22, 2007 | Reply

  11. Harga adalah sejumlah uang yang dibayarkan atas barang dan jasa, atau nilai yang konsumen tukarkan dalam rangka mendapatkan manfaat dari memiliki atau menggunakan barang atau jasa. Sehingga harga sangat mempengaruhi pilihan pembeli. Misalnya, orang akan lebih memilih barang yang bagus namun harganya yang murah.
    Sebelum menetapkan harga perusahaan harus memutuskan strategi produknya. Jika perusahaan telah memilih pasar sasaran dan melakukan positioning secara hati2, maka strategi bauran pemasarannya termasuk harga akan mudah. Strategi penetapan harga kebanyakan ditentukan oleh keputusan2 positioning di pasar.
    Pada waktu yang sama perusahaan bisa mengejar tujuan2 tambahan. Semakin jelas tujuan perusahaan maka semakin mudah perusahaan tersebut menetapkan harga. Tujuan umum adalah: Kelangsungan hidup (survival), Maksimalisasi laba sekarang (current profit maximization), kepemimpinan pangsa pasar (market share leadership), dan kepemimpinan kualitas produk (product quality leadership).
    Perusahaan dapat menetapkan harga rendah untuk untuk pesaing memasuki pasar. Harga ditetapkan untuk mempertahankan kesetiaan dan dukungan pedagang atau untuk menghindari campur tangan pemerintah. Harga dapat dikurangi secara temporer untuk menciptakan rasa senang terhadap sebuah produk atau untuk menarik lebih banyak pelanggan.
    Pada kasus President University yang sengaja memberikan beasiswa kepada sejumlah anak yang pandai. Hal ini merupakan penetapan harga, karena untuk menciptakan rasa senang terhadap universitas tersebut dan untuk menarik minat anak2 yang akan meneruskan ke jenjang perkuliahan agar mau kuliah di universitas tersebut. Walaupun universitas tersebut sudah diketahui masyarakat bahwa sangat mahal.

    Comment by RIZKA APRILIA HAPSARI | May 22, 2007 | Reply

  12. Di dalam menentukan suatu harga harus memperhatikan faktor-faktor baik itu internal maupun eksternal
    Faktor-faktor internal yang mempengaruhi keputusan penetapan harga :
    – Tujuan Pemasaran
    – Strategi Bauran Pemasaran
    – Biaya
    – Pertimbangan Keorganisasian Suatu Perusahaan
    TUJUAN PEMASARAN
    Sebelum menetapkan harga, perusahaan harus memutuskan strategi produknya.Jika perusahaan itu telah memilih pasar sasaran dan melakukan positioning secara hati-hati, maka strategi bauran pemasarannya.
    Tujuan pemasaran itu bermacam-macam yang terdiri sebagai berikut:
    1.Kelangsungan Hidup
    Untuk menjaga agar proses kelanjutan nasib perusahaan maka perusahaan menetapkan harga yang rendah, dengan harapan dapat meningkatkan permintaan.Akan tetapi kelangsungan hiodup hanyalah tujuan jangka pendek sedangkan tujuan jangka panjangnya adlah bagaimana suatu perusahaan menambah nilai dari konsumen akan bayar jika tidah perusahaan akan gulung tikar.
    2.Maksimalisasi Laba Sekarang
    Memperkirakan berapa permintaan dan biaya pada harga berbeda dan memilih harga yang akan menghasilkan laba, aliran kas, tingkat pengembalian investasi (ROI) sekarang yang maksimum.
    3.Kepemimpinan Pangsa Pasar
    4.Kepemimpinan Kualitas Produk
    Faktor- faktor eksternal yang mempengaruhi keputusan penetapan harga :
    a) Sifat Pasar dan Permintaan
    b)Persaingan
    c)Unsur-unsur Lingkungan lain
    Penetapan harga Berdasarkan Biaya
    Penetapan harga Berdasarkan Nilai
    Penetapan harga berdasarkan Persaingan
    Untuk kasus President University memakai strategipemulihan biaya sebagian (partial cost recovery).Hal ini saya katakan karena mengingat bahwa suatu organisasi nirlaba dan organisasi publik yang bisa memanfaatkan sejumlah tujuan penetapan harga lain, begitulah dengan universitas, Rumah Sakit, Layanan Sosial
    Untuk President University benar-benar memakai prinsip dengan harga mahal mendapatkan kualitas dan kinerja yang baik.

    Comment by Catur April Lia Sari | May 22, 2007 | Reply

  13. Harga adalah sejumlah uang yang dibayarkan atas barang atau jasa agar mendapatkan pendapatan penjualan bagi suatu perusahaan. Harga juga telah menjadi faktor utama yang dapat mempengaruhi pilihan pembeli. Selain itu Harga juga merupakan salah satu unsur yang paling penting dalam bauran pemasaran untuk dapat mengukur kualitas dan kuantitas dari suatu produk atau jasa yang sudah tersedia. Dalam menetapkan suatu Harga Perusahaan atau organisasi itu harus mempertimbangkan beberapa kebijakan-kebijakan yang dilakukan untuk penetapan harga jual tersebut yaitu : Manentukan Tujuan Harga, Menentukan Permintaan, Memperkirakan Biaya, Menganalisa Harga dan Tawaran Pesaing, Memilih Metode Penetapan Harga dan Menentukan Harga Akhir.
    Perusahaan sering menetapkan modifikasi terhadap harga jualnya yang terdiri dari 4 strategi besar yaitu : Strategi Potongan Harga, Strategi Harga Perwilayah Geografi, Strategi Diskriminasi, dan Strategi Promosi.
    Dalam kasus diatas Pemberian Beasiswa pada President University ini menggunakan 2 pendekatan strategi yaitu :
    1. Strategi Harga Promosi
    Adalah harga khusus yang diberikan oleh President University kepada Calon Mahasiswa (CaMa) yang lulus seleksi dengan memberikan beasiswa penuh maupun beasiswa separoh bagi mereka yang tidak lulus seleksi tertentu tersebut. Hal ini dilakukan untuk menarik minat dari para Calon Mahasiswa (CaMa) yang ingin mendaftarkan diri untuk kuliah di President University tersebut.
    2. Strategi Harga Diskriminasi
    Adalah Penetapan harga berdasarkan segmen konsumen yang berbeda-beda bagi kelompok konsumen yang berbeda-beda pula. President University memberikan kesempatan bagi Calon Mahasiswa (CaMa) yang pintar dan berprestasi tetapi kurang mampu dalam segi ekonomi atau materi karena dengan memberikan beasiswa penuh maka CaMa tersebut akan termotivasi untuk tetap bisa meneruskan kuliahnya di President University.

    Comment by Putri Ocdritte A | May 22, 2007 | Reply

  14. Menurut pendapat saya,harga adalah suatu nilai yang dimiliki oleh suatu barang produksi. menurut pendapat saya, sebelim menentukan suatu harga suatu perusahaan harus memutuskan strategi produknya. Jadi perusahaan tentunya harus mengetahui target pasarnya, apakah kalangan menengah keatas atau kalangan menengah kebawah. jadi menurut saya tentang kasus di dalam Jawa Pos itu, adalah merupakan suatu strategi penentuan harga, dalam hal ini yang menentukan adalah Presiden Universty. Jadi bisa dikatakan bahwa President Univarsity ini melakukan strategi promosi, dengan cara memberikan beasiswa kepada 10 mahasiswa. Menurut saya hal itu baik sekali dilakukan oleh president university. Dalam hal president university ini, president university melakukan:
    1. Strategi Harga Diskon, dalam hal ini president university memberikan beasiswa hanya kepada mahasiswa yang memiliki prestasi yang gemilang di dalam segi pendidikannya, seperti memiliki IP 3.00 atau bahkan lebih dari itu. Menurut saya tujuan president university ini selain memberikan harga diskon kepada konsumen, dalam hal ini mahasiswa, tetapi president university juga memberikan dorongan kepada tiap mahasiswa untuk bisa memiliki prestasi yang gemilang, agar mereka dapat menerima beasiswa.
    2. Strategi Harga Promosi
    President university memberikan keringanan kepada para mahasiswa yang tidak lulus di dalam tes penerimaan masuk presiden university. President university memberikan separuh harga pembayaran masuk president university, sedangkan yang lulus dalam tes masuk president university, maka president university memberikan beasiswa, dalam hal ini mahasisa tersebut tiak dikenakan biaya.
    Dengan adanya kebijakan-kebijakan dari president university ini, maka dapat menguntungkan pihak-pihak yang bersangkutan, dalam hal ini mahasiwa sebagai konsumen dan president university sebagai produsen.

    Comment by Dian Istiqomah | May 22, 2007 | Reply

  15. Menurut pendapat saya, Harga adalah sejumlah uang yang dibayarkan atas barang atau jasa atau bisa juga dikatakan sebagai nilai yang konsumen tukarkan dalam rangka mendapatkan manfaat suatu barang atau jasa. Dalam menentukan suatu harga, peruasahaan harus menentukan target pasar terlebih dahulu, dan perusahaan harus memiliki kebijakan-kebijakan yang tentunya akan menguntungkan produsen dan konsumen. Dalam kasus president university yang memberikan beasiswa kepada 10 orang mahasiswa, maka dalam hal ini menurut pendapat saya president university menggunakan strategi harga promosi dan strategi harga diskriminatif.
    1. Harga promosi
    President university memberikan kebijakan kepada mahasiswa yang lolos seleksi untuk diberikan beasiswa sepenuhnya dan memberikan separuh harga untuk mahasiswa yang tidak lolos seleksi. Dalam hal ini president university memberikan promosi kepada setiap mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di president university.
    2. Harga diskriminatif
    Berdasarkan segmen konsumen yang sama, president universuty dalam hal ini memberikan kesempatan kepada para mahasiswa yang berprestasi untuk bisa melanjutkan studi di presiden university tanpa dikenakan biaya, dalam hal ini yang lolos didalam seleksi yang diadakan oleh president universuty. Sedangkan para mahasiswa yang tidal lolos seleksi yang diadakan oleh preident university tetapi mereka masih bisa masuk kedalam president university, tetapi dengan membayar separuh harga.
    Jadi dalam hal ini president universuty memiliki kebijakan-kebijakn yang sangat menguntungkan semua pihak.

    Comment by Arif Ramadhan | May 22, 2007 | Reply

  16. Menurut saya, seperti kasus President University yang memberikan beasiswa kepada lulusan SMA ini juga dapat kita dapati di berbagai Perguruan Tinggi maupun Universitas lainnya. Pemberian beasiswa ini adalah salah satu cara dalam melakukan pemasaran untuk menyaingi para pesaingnya. Dalam pembberian beasiswa ini juga termasuk dalam suatu penetapan harga, maksudnya dengan pemberian beasiswa tersebut para mahasiswa baru tersebut bisa masuk ke Universitas dengan tidak membayar maupun mendapatkan potongan harga.
    Tujuan pemasaran dapat berupa:
    1. Mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan atau organisasi, maksudnya dengan penetapan harga yang sesuai dengan pasar maka kelangsungan hidup perusahaan atau organisasi tersebut akan tetap berjalan.
    2. Mendapatkan laba, maksudnya dengan penetapan harga yang sesuai diharapkan dapat mendapatkan laba untuk kelangsungan organisasi tersebut.
    Kasus President University dalam pemberian beasiswa ini pada dasarnya mengunakan metode pendekatan promosi dan potongan harga. Jadi pada intinya dengan pemberian beasiswa kepada lulusan SMA tsb baik beasiswa parsial maupun beasiswa penuh adalah sauatu penetapan harga oleh lembaga tsb. untuk menarik perhatian karena harga merupakan salah satu yang dapat menarik konsumen untuk menggunakan produk tsb.

    Comment by Mukhammad Yusuf Efendi | May 23, 2007 | Reply

  17. beasiswa seperti yang diberikan ke para mahasiswa baik berupa beasiswa penuh maupun beasiswa parsial sudah sering dilakukan oleh perguruan tinggi swasta. hal tersebut adalah salah satu jalan untuk menarik calon mahasiswa agar mau sekolah atau melanjutkan sekolahnya di kampus tersebut.
    perguruan tinggi tersebut dalam melakukan biaya SPP juga tidak main-main. walaupun tidak bayar sama sekali kuliahnya. tetapi ada harga yang harus dibayar yaitu harus mendapatkan dan mempertahankan nilai IPK lebih dari 3,0. universitas jjuga tidak mau rugi dalam mengambil mahasiswanya. dalam perspektif pemasaran mereka ingin mendapatkan mahasiswa yang berkualitas dan bermutu.di tingkat pendidikan tinggi harga sangat peka bagi masyarakat umum. apalagi di masa perekonomian dalam negeri yang belum pulih benar dalam menghadapi krisis. rata-rata banyak teman-teman calon mahasiswa tidak melanjutkan sekolahnya ke perguruan tinggi karena biaya. mereka ingin langsung kerja. maka dari itu jika President University menawarkan beasiswa tersebut maka akan menguntungkan bagi pihak yang memiliki keinginan untuk melanjutkan sekolah tetapi tidak punya biaya.
    dari dasar penetapan harga yang ditawarkan oleh President University, mereka melakukan pendekatan penetapan harga berdasarkan alokasi biaya dengan lebih cenderung pada pendekatan nilai. mengapa? karena mereka mempromosikan beasiswa penuh itu tidak hanya semata-mata gratis-tis, tetapi juga berdasarkan kualitas calon mahasiswa itu.
    buktinya setiap calon mahasiswa beasiswa penuh harus melalui tahap seleksi ketat yang diadakan oleh pihak universitas. dan banyak ketentuan-ketentuan lain setelah para calon mahasiswa berhasil mendapatkan beasiswa penuh maupun parsial.walaupun masih universitas baru tatapi mereka berusaha mendapatkan mahasiswa yang bekualitas dan siap kerja.

    Comment by fitri rahmasari | May 24, 2007 | Reply

  18. kita sebelumnya telah mengetahui bahwa konsep harga merupakan hal yang sangat penting dalam bidang pemasaran,disini harga sebagai faktor penting dalam penentuan minat konsumen atau pembeli untuk memilih atau membedakan produk perusahaan tersebut dengan produk pesaing. penentuan harga yang sesuai agar menarik pihak konsumen membutuhkan penetapan strategi yang tepat sesuai kondisi dan situasi yang terjadi di masyarakat secara umum. hal ini berkaitan dengan contoh kasus President University yang memberikan 10 beasiswa kepada beberapa mahasiswanya.tindakan yang dilakukan President university adalah sangat tepat mengingat persaingan menarik minat mahasiswa antar kampus semakin ketat.hal ini dimaksudkan untuk memberikan keringanan biaya bagi mahasiswa yang kurang mampu dan ingin terus melanjutkan pendidikannya.dengan pemberian beasiswa ini,president university telah menetapkan strategi diskriminasi dan strategi promosi. Dalam strategi diskriminasi dimaksudkan agar para calon mahasiswa baru yang kurang mampu dan telah mendapatkan beaSiswa lebih termotivasi untuk meningkatkan belajarnya,dan dari sini president university telah memberikan kepuasan dalam hal penetapan harga kepada konsument atau para calon mahasiswa baru. dilain pihak president university telah menetapkan strategi promosi dimana pemberian beasiswa kepada mahasiswa baru telah menarik minat calon mahasiswa baru lain untuk dapat kuliah di president university tersebut.

    Comment by Prastyo dwi utomo | May 24, 2007 | Reply

  19. Harga adalah jumlah uang yang ditagihkan untuk suatu produk atau jasa, jumlah nilai yang dipertukarkan konsumen untuk manfaat memiliki atau menggunakan produk atau jasa. Perusahaan biasanya menyesuaikan harga dasar mereka dengan memperhitungkan berbagai macam pelanggan dan situasi yang berubah-ubah seperti halnya President University, salah satu universitas di Bekasi, Jawa Barat. Menurut saya, President University menggunakan penetapan harga psikologis dimana ia memberikan harga dalam bentuk beasiswa penuh dan juga beasiswa partial (beasiswa separuh), tanpa mengurangi mutunya sebagai universitas dalam negeri berstandar internasional. Dengan adanya program beasiswa tersebut, baik beasiswa penuh maupun beasiswa partial juga, President University mencoba menarik konsumen yakni lulusan SMA di seluruh wilayah di Indonesia termasuk Surabaya untuk dapat menikmati kuliah dengan biaya rendah (bagi penerima beasiswa partial) dan bahkan gratis (untuk penerima beasiswa penuh) di universitas berkualitas ini. Strategi yang digunakan President University bisa dikategorikan sebagai penetapan harga psikologis karena strategi tersebut sangat bagus sekali, hal ini dapat membuat calon mahasiswa yang tidak mampu dalam hal ekonomi dapat mengikuti kuliah di sana, asalkan dia memang terbukti pintar, cerdas dan mempunyai kualitas dengan melewati beberapa tes yang dipersayratkan oleh President University, hal ini juga secara otomatis dapat mengurangi beban orang tua, dan terlebih lagi, orang tua akan bangga jika anaknya bisa diterima dengan cara mendapatkan beasiswa penuh di universitas berstandar internasional. President University tidak hanya memusatkan pada biaya-biaya yang dikeluarkannya serta laba yang diinginkannya, tetapi sebaliknya President University memusatkan perhatian pada kebutuhan calon mahasiswa akan universitas yang maju dan berkualitas, pada waktu President University menetapkan harga. Itulah cara President University mendapatkan calon-calon mahasiswa yang berkualitas, sehingga mereka semua dapat merasa puas baik dari pihak President University maupun dari pihak mahasiswa. Hal ini tentunya akan mengangkat image President University menjadi baik lagi di mata masyarakat. Di kampus kita STIE PERBANAS Surabaya juga ada lho program seperti ini, setiap tahunnya ada 12 orang yang terpilih dapat menikmati kuliah gratis dengan beasiswa penuh, dan bagi yang mengikuti program beasiswa penuh tetapi gagal sampai ditengah tes, mereka juga mendapatkan potongan biaya SPP (uang gedung) lho, seperti saya….. Hehehehehe…….

    Comment by Slamet Budi Waluyo | May 24, 2007 | Reply

  20. Harga hanyalah salah satu dari peralatan bauran pemasaran yang digunakan oleh Perusahaan untuk mencapai tujuan-tujuan pemasarannya. Tidak dapat dipungkiri, harga merupakan faktor yang sangat penting dalam sebuah pemasaran.Harga adalah sesuatu yang dibebankan kepada konsumen untuk mendapatkan manfaat dari sebuah produk.
    Dalam strategi pemasaran, harga sangat mempengaruhi tingkat penjualan.
    Perusahaan membebankan harga kepada konsumen berdasarkan biaya produksi dan laba yang diinginkan oleh perusahaan.
    Dalam kasus presiden university yang memberi beasiswa penuh dan beasiswa separuh, dapat mendorong calon-calon mahasiswa untuk memperebutkan beasiswa-beasiswa yang ditawarkan universitas ini, dengan cara menjadi orang yang berkualitas yang diharapkan para pemberi beasiswa. Penetapan harga ini juga bermanfaat sekali untuk calon-calon mahasiswa yang berprestasi yang tidak mampu untuk melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi menjadi mampu untuk menyalurkan bakat dan kemampuannya.
    jadi, tidak hanya mahasiswa dari golongan atas saja yang dapat merasakan pendidikan yang tinggi, mahasiswa dari golongan bawah dalam arti lain tidak mampu juga dapat merasakan dan menempuh pendidikan yang tidak akan mereka bisa dapatkan.
    Jadi saya sangat mendukung program -program sejenis ini, karena orang-orang cerdas harus dipelihara oleh pemerintah, sehingga mampu menjadi penerus bangsa yang berguna untuk negara.

    Comment by septi barunawati | May 25, 2007 | Reply

  21. Harga adalah angka nominal / ung yng ditetapkn pd produk barang/jasa. Konsumen akan membeli & menggunkan sebuah produk/jasa apabila produk tersebut memiliki hrga yang sesui dengan kualitasnya. Harga terbentuk melalui negosiasi ntr pembeli dan penjual. Sebelum menentukn harga, perusahn harus memutuskn strtegi produknya. JIka perusahan itu telah memilih pasar sasaran dan melkukan positioning secra hati-hati, maka strategi bauran pemasarannya, termsuk harga akan mudah saja.
    Seperti kasus President University menggunakan tujuan-tujuan pemasaran yaitu:
    1. Kepemimpinan pangsa pasar, University ini memimpin pangsa pasar. Penetapan harga university sangatlah tergolong mahal namun memiliki laba jangka panjang terbesar. Hal ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa yang mendaftarkan ke University ini
    2. Kepemimpinan kualitas pasar, dengan keputusan menetapkan harga yang tinggi harus memiliki kualitas kinerja yang lebih tinngi pula. Universits di Bekasi Jawa Barat membuktikan bahwa kualitas pendidikannya sangat bagus,shg menjdi universitas internasional.
    Dengan keberhasilan ini universitas internasional lebih unggul sebagi universitas terbaik di indonesia. President University memutuskan untuk menetpkan strategi dengan beberapa pendekatan:
    – Pendekatan biaya: President university memberikan biaya gratis/ beasiswa penuh & sebagian bagi calon mahasiswa berprestsi yang telah lolos seleksi. Hal ini beretujuan agar mahasiswa yang kondisi perekonomiannya terglong kurang mampu dapat mengenyam ke pendidikan lebih tinggi dan berkualitas

    Comment by Kiekie Justitine abdi | May 26, 2007 | Reply

  22. harga ialah sejumlah pengorbanan yang kita keluarkan yaitu berupa uang untuk mendapatkan suatu produk ato jasa . perusahaan menentukan harga dengan melakukan bbeberapa pertimbangan denagn melihat beberapa faktor .sebelum peruiahaan menentukan suatu haraga harus melihat beberapa faktor yaitu faktor internal dan eksternl.

    beberapa perusahaan sering melakukan beberapa variasi harga untuk meningkatkan laba yaitu degan beberapa kebijakan yang dilakukan.eperti yang di lakukan oleh president university untuk menarik minat maba
    yaitu hal ni juga sebagai motivasi bagi para mahasiswa untuk lebih giat lagi kuliahnya .penetapan harga yang di lakukan ntara lain antara lain:
    1. harga promosi
    lembaga memberikan beasiswa penuh bagipara mahasiswa yang lolos seleksi dan separoh beasiswa bagi yang tidak lolos.halini lembaga nenberikan promosi untuk bagi cama untukm melanjutkan kulnya di president university .
    2. harga diskriminatif
    lembaga memberikan variassi harga bagi mereka yang lolos seleksi maupun bagi yang tidak lolos seleksi.

    Comment by ikhwani | May 26, 2007 | Reply

  23. Selain manfaat atau fungsi dan juga kualitas, harga juga merupakan salah satu pertimbangan bagi konsumen jika hendak membeli suatu produk. Dalam hal ini harga adalah suatu pengorbanan yang diberikan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Dalam keputusan penentuan harga, ditentukan oleh beberapa faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal yang nantinya akan mempengruhi penjualan suatu produk nantinya.

    Dalam kasus yang terjadi tentang pemberian beasiswa penuh atau beasiswa partial (separo) pada “President Univercity” merupakan suatu bentuk strategi pemasaran dimana President University bertindak sebagai pihak yang menjual sebuah produk yaitu berupa pendidikan. Selain President Univercity, kampus kita STIE Perbanas juga memberikan beasiswa tersebut. Maka dalam hal ini President University maupun STIE Perbanas menggunakan suatu bentuk strategi pemasaran yaitu, Strategi Harga Diskriminatif, yang merupakan pembedaan penetapan harga oleh karena perbedaan segmen, bentuk produk, lokasi dan waktu pembelian. Jika dikaitkan dengan kasus yang ada di atas, maka disini pihak President Univercity maupun STIE Perbanas akan memberikan beasiswa penuh atau pun partial (separo) kepada mahasiswa atau mahasiswi yang lolos dalam seleksi yang telah dilaksanakan sebelumya. Dan bagi mereka yang lolos akan mendapatkan beasiswa tersebut.

    Jadi dalam hal ini President Univercity maupun STIE Perbanas memudaahkan para konsumennya yaitu dengan melalui pemberian beasiswa kepada mereka yang terpilih yang sesuai dengan kategori yang telah ditentukan……

    Comment by Noer Indah Permata Sari | May 27, 2007 | Reply

  24. Assalamualaikum wr.wb

    Kita telah mengetahui bahwa harga memiliki banyak istilah, seperti yang telah disebutkan oleh Pak Yudi sebelumnya. Dan salah satu pengertian harga yaitu sejumlah nilai yang dimiliki suatu barang atau jasa. Pengertian lain tentang harga yaitu sejumlah uang yang dibayarkan atas barang dan jasa atau sejumlah nilai yang konsumen tukarkan dalam rangka mendapatkan manfaat dari memiliki atau mengunakan barang atau jasa. Disamping itu harga juga sangat penting bagi perusahaan untuk mendapatkan profit dari hasil penjualan atas barang atau jasa tersebut. Dan sebelum dilakukannya penentuan suatu harga haruslah jelas tujuan dari pemasaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan tersebut. Dan untuk menentukan suatu harga perlu juga memperhatikan beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Setelah itu dapat dilakukan pendekatan atas strategi.
    Dan menurut pendapat saya atas berita pada harian jawa pos Senin,21 Mei 2007 yang berjudul President University beri 10 beasiswa adalah suatu hal yang positif guna membangkitkan semangat para pelajar berprestasi untuk terus melanjutkan pendidikannya. Apalagi universitas yang disodorkan adalah universitas yang bertaraf internasional. Sehingga para pelajar harus memanfaatkan kondisi ini dengan baik. Dan dalam kasus pemberian beasiswa yang dilakukan President University termasuk dalam strategi :
    1. Diskriminatif
    Penentuan harga karena pembedaan segmen, bentuk produk, lokasi dan kuantitas, fungsi dan musim. Seperti yang terjadi di indonesia, para pelajar dari berbagai tempat mengikuti seleksi untuk mendapatkan beasiswa yang diberikan oleh President university. Ini dilakukan guna mengenalkan universitas tersebut. Dan juga berguna untuk kelangsungan hidup universitas tersebut.
    2. Harga Promosi
    Penetapan harga dibawah harga biasanya atau bahkan dibawah biaya yang dikeluarkan. Terbukti, yang dilakukan oleh President University. Beasiswa penuh diberikan kepada para pelajar yang telah lulus tes. Dan beasiswa separo diberikan para pelajar yang telah gagal pada tahap tertentu. Hal ini dilakukan untuk menarik minat para pelajar dan juga menguntungkan bagi universitasnya.

    Wasalammualaikum wr.wb

    Comment by Wahyu Lestari Ekawati | May 27, 2007 | Reply

  25. Harga adalah sesuatu/sejumlah uang yang kita keluarkan untuk memperoleh suatu barang atau jasa untuk mendapatkan manfaat?nilai daro barang atau jasa tersebut.Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli barang atau jasa adalah harga.Harga juga merupakan salah satu bauran pemasaran yang paling fleksibel tergantung dengan perubahan segmen pasar.Dalam kasus President University tersebut,menurut saya President University menggunakan strategi penetapan harga promosi serta segmentasi pelanggan,yaitu pelanggan yg berbeda membayar dengan harga yg berbeda pula untuk produk atau jasa yg sama.President University menarik konsumen yaitu lulusan SMA untuk seluruh wilayah Indonesia agar melanjutkan jenjang pendidikannya(Perguruan Tinggi) di sana.Yaitu dengan memberikan rogram beasiswa penuh maupun separuh kepada lulusan SMA.Tentunya program beasiswa ini juga melalui tahap seleksi,jika lolos seleksi mereka akan mendapatka pendidikan gratis,namun jika tidak akan diseleksi ke kategori dua yaitu beasiswa separuh.Stategi yang diterapkan ini sangatlah bagus guna mengatasi persaingan antar universitas serta menambah nilai lebih dibanding universitas yg lain.Dari segi kualitasnya sudah sangatlah jelas mahasiswa yg kuliah di President unniversity adalah mahasiswa yg berkompetent,berprestasi dan benar2 berkulitas tinggi.

    Comment by ayu bekti ningtyas | May 28, 2007 | Reply

  26. harga merupakan sejumlah biaya ayang dikeluarkan atas permintaan dari konsumen. harga menjadi faktor utama dalam memprodusi,mempromosikan barang hasil produk dari suatu perusahaan. dengan adanya harga perusahaan tersebut dapat mengetahu laba atau rugi yang didapat.dalam kasus president university tersebut menurut saya termasuk pendekatan harga berdasarkan nilai dan biaya. perndekatan harga berdasarkan nilai maksudnya nilai kualitas dari university tersebut, mereka menyakinkan para konsumen/ mahasiswa baru dengan fasilitas,dan kurikulum yang memadai sehingga para konsumen/mahasiswa baru tertarrik akan hal itu. sedangkan pendekatan harga berdasarkan biaya, pihak universitas telah memberikan beasiswa terhadap calon mahasiswa baru sehingga CAMA tersebut tertarik dan menjadi tolak ukur bagi yang berprestasi yang ingin melanjutkan keperguruan tinggi yang mana orang tuanya tidak mampu untuk biaya tersebut. selain itu juga pihak university melalui ajang pemberian beasiswa tersebut juga sebagai ajang promosi dan memberikan semangat kepada CAMA yang berprestasi agar tetap berprestasi. dengan adanya harga perusahaan yang baru dapat mematok/membandingkan harga jual mereka dengan harga jual para pesaingnya, karena tidak mungkin perusahaan yang baru mematok harga yang lebih tinggi dibanding pesaing walau dari segi kualitas dan kuantitasnya sama dengan pesaing, maka secara otomatis para pelanggan/konsumen tidak akan membeli produk-produk dari perusahaan yang baru dibuka tersebut.mereka berpikir, buat apa kita membeli suatu barang yang lebih mahal dari barang yang sudah kita kenal terlebih dahulu.

    Comment by ika kharisma arianti | May 29, 2007 | Reply

  27. Harga adalah dilema utama yang dhadapi oleh para manajer pemasaran, selain itu menetapakan suatu harga menjadi peranan penting bagi suatu produk dlam membantu mencapai berbgai tujuan perusahaan. Tidak mudah dlam menetapkan harga, harga adalah faktor penting dlam memposisiskan suatau barang atau produk, hebatnya harga menjadikan masyarakat mencari produk yang memiliki harga yang mahal namun memberikan nilai yang paling baik bila diukur berdasarkn manfaat yang diterima harga yang dibyar. Biasanya cara yang paling sering digunakan adl dengan menetapkan target costing yaitu memperkirakan biayanya dan kemudian menentukan berapa harganya, mungkin cara ini sangat aman bagi perusahaan untuk mendapatkan laba, namun yang sering dilupakan adl harga ditetapakan berdasar biaya-biaya yang dikeluarkan saja asal bisa menutupi biaya dan menghasilkan laba perusahaan mereka akan berhenti berfikir, namun yang terjadi di masyarakat adalah mereka ingin lebih dari sekedar barang namun jg nilai dr barang itu sendiri. Maka sangat penting dlam penetpan harga yang berorientasi pada nilai pelanggan.
    Dari kasus yang saya baca berdasarkan koran jawa post mengenai president university yang memberikan beasiswa penuh kepada kuarang lebih 50 mahasiswa di surabaya. Harga dalam pendidikan disebut sebagai biaya pendidikan yang dikorbankan untuk mendapatkan nilai atau manfaat yang diharapkaan, namun terkadang biaya yang terlalu mahal yang harus dikeluarkan menjadi kendala masyarakat dlam menempuh pendidikan tinggi. Sebenarnya berdasarkan value based pricing mungkin sebuah universitas mampu menggeser pandangan masyarakat terhadap harga menjadi nilai yang diperoleh pelanggan, karena dengan kualitas yang baik fasilitas yang ditawarkan dan kenyamanan sebuah unifersitas harga bukan menjadi masalah. Namun ada beberapa strategy yang penting menurut saya untuk dilakukan yaitu discont pricing dan psycological pricing. Seperti kasus diatas pada event2 tertentu universitas memberikan beasiswa penuh atau partial kepada maba, ini dilakukan untuk menarik minat masyarakat atau pasar untuk bersaing dan juga dapat mempengaruhi psycology mereka dalam memenuhi kebutuhan bahwa ada biaya pendidikan yang gratis namun dengan syarat prestasi yng baik. Hal ini juga dapat mempengaruhi masyarakat dari harga menjadi nilai yang dirsakan.

    Comment by dian ayu | May 29, 2007 | Reply

  28. harga ialah suatu pengorabanan yang kita keluarkan yaitu berupa uang untuk mendapatkan suatu produk baik narang maupun jasa.selain itu menetapkan harga merupakan suatu yang sangat penting untuk mem pengaruhi pemasaran.
    harga merupakan suatu yang sangat penting karena harga sangat berpengaruh langsung dalam pemasaran .dengan produk yang berkwalitas yang kuta tawarkan belum tentu akan banyak diminati oleh kosumen, para konsumen akan mempertimnamgkan harganya terlebih dahulu apabila harganya cocok maka produk tersebut akakn di piih oleh konsumen .
    pada kebijakan yang di lakukan oleh president university dalam memberikan beasiswa penuh maupun sepaaruh. maka itu akan mendorong minat belajar para mahasiwa dan aakan secaraa langsung akan menambaah mutu dari pada universitas tersebut .
    saya berpendapaat bahwa kebijakan yang di lakukan tersebut sangat ssaya dukung karena hal itu akan menambah minat belajar fari pada nahasiswa tersebut.daan saya hal seperti itu juga di terapkan di stie perbanas surabaya .

    Comment by david minarta | May 29, 2007 | Reply

  29. harga adalah nilai yang dikeluarkan oleh setiap konsumen untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan. saat ini masalah ahrga menjadi suatu dilema para pemasar karena zaman sekarang persaingan antar perusahaan sangat ketat. berbeda sedkit saja tapi kualitas sama akan sangat berpengruh besar pad perusahaan.
    adapun faktor internal yang mempengaruhi penetapan harga : tujuan emasaran, strategi bauran pemnasarn, biaya, . dan untuk faktor eksternal yaitu : sifat pasar dan permintaan, persaingan, dan lain lain.
    tindakan yang dilakukan oleh president university adalah tindaka yang sangat menjanjikan baik untuk president university seniri maupun untuk mahsiswi atau calon mahasiswa disana. mereka sengaja menawarkan beasiswa penuh dan separo untuk menarik para mahasiswa baru diasan. selain tu tindakan terseut merupakan kian universitas tersebut dalam persaingan antar universitas saat ini.
    sapa gitu lho yng ga mau kuliah di unversitas yang dinilai baik dengan gratis atuau dengan separo harga. kan bisa ngeringanin beban ortu gitu hehehe….
    berdasarka fakta atas sifat manusia yang menginginkan kualitas produk yang baik dengan harga yang minimal mungkin. oleh ebab itu para produsen menetapka berbagai strategi atas harga misalnya diskon. dan pada universitas bisa saja dilakukan beasiswa.hal itu tidak lain dilakukan hanya untuk memnrik para konsumun baru.
    tindakan yang dilakukan oleh presideny universuty sanagt baik karena menguntungkan bagi mahasiswa dan lembaga itu sendiri. untuk mahasiswa, mereka memiliki semangat belajar yang tingga agar tiak kenen denda yang secara tidak langsung meningkatkan kualitas mereka. untuk lembaga itu sendiri dapat meningkatkan image karena lulusanya memiliki kalitas yang baik apalagi sistem belajarnya mengnunakn bahsa internasional

    Comment by suci nurmawati | June 11, 2007 | Reply

  30. menurut saya penetapan harga yang dilakukan oleh president university adalh penetapan harga diskon dan harga promosi.karena disini kita bisa melihat bahwa president university ini melakukan promosi terhadap calon2 mahasiswa untuk menempuh pendidikan disana,disisi lain president university juga melukan strategi harga diskon dengan contoh,disini mereka menetapkan persyaratan2 yang rumit untuk mendapatkan beasiswa di perguruan tinggi ini.

    Comment by yulia kurniawati | June 12, 2007 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: