Y u d i S u t a r s o

Kuliah Manajemen Pemasaran

Memahami Merek dalam Produk

 cocacola.jpg

Merek adalah nama, terminologi, tanda, simbul atau desain atau kombinasi diantaranya, yang ditujukan untuk mendidentifikasi barang atau jasa dari satu penjual atau kelompok penjual dan untuk mebedakannya dari pesaing. Beberapa bagian merek antara lain adalah nama merek, tanda merek, merek dagang, dan copyright. Nama merek adalah bagian dari merek dimana bagian dari merek yang dapat disebutkan atau dieja. Tanda merek adalah bagian dari merek yang tidak dapat dieja atau disebutkan, seperti simbol, desain atau warna atau huruf yang berbeda. Merek dagang adalah merek atau bagian merek yang diberikan untuk melindungi secara hukum-yaitu melindungi penjual untuk menggunakan hak eksklusif untuk menggunakan nama merek atau tanda merek. Copyright adalah hak hukum eksklusif yang diberikan untuk menggandakan, mempublikasikan, dan menjual segala sesuatu yang berbentuk buku, musik atau karya artistik.

Termasuk dalam kebijakan merek adalah memilih sponsor merek, dimana terdapat tiga pilihan sponsor merek, yaitu : merek perusahaan (national brand), privat brand (midleman brand, distributor brand, atau dealer brand), dan mixed-brand. Perusahaan yang akan menggunakan merek perusahaan akan memiliki empat pilihan strategi, yaitu individual brand names, a blanket family name for all products, separate family names for all products dan company trade name combination with individual product names. Beberapa strategi merek dapat diidentifikasi, misalnya brand extention dan multibrand strategy. Brand extention adalah usaha untuk menggunakan merek yang sudah berhasil untuk memperkenalkan produk baru atau produk yang dimodifikasi.

Kadang kita mendapati perusahaan atau pemasar menggunakan merek yang sama atau serupa yang telah dipakai oleh perusahaan lain. Seperti kasus logo sama dipolisikan (Jawa pos hari senin 14 Mei 2007). Kasus lengkapnya bisa didownload di sini (Kasus logo sama dipolisikan).

Berilah komentar atas kasus tersebut dalam perspektif marketing produk.

About these ads

May 14, 2007 - Posted by | Manajemen Pemasaran

35 Comments »

  1. Merek sangat penting dalam penjualan produk atau jasa. Konsumen melihat merek sebagai bagian produk yang penting dam merek dapat menambah nilai produk. Nama merek membantu konsumen mengidentifikasi produk yang memberikan manfaat bagi mereka. Merek juga memberikan keuntungan bagi penjual. Perusahaan yang menggunakan atau meniru atau menjiplak merek perusahaan lain. Berarti perusahaan tersebut menjalankan marketing yang sangat tidak etis dan sama sekali tidak kreatif. Perusahaan yang menjiplak merek tersebut mungkin iri dengan perusahaan lain yang menghasilkan produk yang sama tetapi penjualannya laku keras. Sehingga perusahaan tersebut menggunakan merek perusahaan yang terkenal tersebut agar penjualannya juga laku keras. Penjiplak merek tersebut berpikir akan lebih mudah dan lebih banyak meraih untung jika meluncurkan produk yang sudah memiliki merek terkenal. Sebagian besar konsumen akan berpendapat bahwa semen putih jaguar mempunyai kualitas yang tinggi, bagus dan juga terkenal. Tetapi semen putih yang tidak berkualitas dan tidak bagus jika dimasukkan ke dalam kemasan dan menggunakan merek semen putih jaguar akan dinilai mempunyai kualitas yang tinggi pula, walaupun produk dan kualitasnya tidak sama. Itulah strategi yang dilakukan oleh si penjiplak merek. Karena mereka tahu produk tersebut sudah terkenal dan konsumen pada saat membeli pasti akan langsung memilih merek yang terkenal itu. Mereka tidak tahu bahwa di dalam kemasan tersebut kualitas semennya berbeda. Ini merupakan pemasaran dan cara persaingan yang tidak etis karena telah melanggar UU hak cipta. Perbuatan ini juga merugikan baik perusahan yang digunakan atau dijiplak mereknya maupun bagi konsumen yang menggunakan produk tersebut. Seharusnya perusahaan tersebut menggunakan penetrasi yang lain. Selain merek bisa harga, tingkat kualitas, kemasan, desain dan yang lainnya untuk menarik konsumen. Dan saya sangat mendukung sekali polisi akan menyelidiki dan memproses lebih lanjut bila terbukti ada pelaku pemalsuan. Karena kalu masalah ini didiamkan bagaimana pemasaran di Indonesia bisa maju kalau mereka menjiplak merek lain.

    Comment by nurul hikmah | May 14, 2007 | Reply

  2. merek adalah identitas suatu perusahaan yang sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, dengan merek masyarakat dapat membedakan suatu produk satu dengan yang lain. dan apabila suatu merek produk dianggap mempunyai kualitas yang baik sangat besar kemungkinan konsumen akan selalu membeli merek produk tersebut.dan tentu saja akan meningkatkan nilai perusahaan baik penjualan dan keuntunganya. ini dapat digunakan oleh pihak pihak tertentu yang ingin memperoleh untung yang sama dengan menjiplak merek atau logo suatu perusahaan yang besar dengan brand image yang sudah diakui kualitasnya. hal ini merupakan suatu tindak pidana karena hak cipta atau paten dilindungi oleh undang undang oleh sebab itu menurut saya perusahaan yang menjiplak pada kasus tersebut mempunyai modus yang menginginkan mendapat untung yang sama dengan perusahaan semen putih jaguar meski dari segi kualitas jauh berbeda tetapi kemasan mirip dengan logo atau merek perusahaan tersebut ,hal ini selain merugikan perusahaan yang bersangkutan juga merugikan masyarakat yang menggunakan karena dengan kemasan yang mirip. masyarakat akan sulit membedakan dan ketika di pakai kualitas yang diharapkan tidak terpenuhi dan ini berakibat pada perusahaan aslinya,yang mendapat rugi. selain itu juga kepercayaan pembeli atau konsumen hilang ,hasil penjualan juga menurun. saya sangat setuju jika polisi menyelidiki kasus tersebut dan bagi manajemen perusahaan yang menjiplak tidak mempunyai kreatifitas ,ide yang baik serta etika yang buruk karena sudah melanggar hukum

    Comment by nelly nurilmi o | May 15, 2007 | Reply

  3. Salah satu yang turut andil dalam penjualan sebuah produk adalah merek.Merek adalah hal sensitif dari sebuah produk karena dengan merek identitas suatu barang akan teredeteksi.Merek juga memberikan suatu ciri khas suatu produk yang nantinya akan menjadi sebuah pembeda dengan produk lain.Setelah membaca kasus yang ada di Jawa Pos tentang penjiplakan merek dari semen putih Jaguar,menurut saya hal itu merupakan suatu tindakan yang melanggar Undang-Undang tentang hak cipta suatu produk karena telah merugikan pihak yang mempunyai hak paten.Salah satu hal yang menyebabkan penjiplakan terjadi adalah suatu ambisi untuk mendapatkan keuntungan yang besar.Mereka iri dengan profit yang telah diraih oleh perusahaan semen putih Jaguar.Mereka menggunakan merek yang sama tapi barang yang mereka jual tidak sama dalam hal kualitas.Hal ini jelas saja merugikan pihak konsumen karena ini merupakan kebohongan publik.Mungkin yang sebelum ada penjiplakan merek,semen putih jaguar adalah semen putih yang berkualitas bagus tapi kemudian ada penjiplakan merek oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan mengeluarkan produk yang kualitasnya rendah maka hal itu akan membuat omset penjualan perusahaan Jaguar yang asli menjadi turun karena adanya penurunan kualitas semen padahal kualitas semen putih Jaguar yang sebenarnya tidak berubah.Selain itu masyarakat juga tidak akan percaya lagi terhadap produk semen putih Jaguar.Karena terjadi pelanggaran terhadap hukum maka wajar kalau tindakan penjiplakan harus dilaporkan kepeda pihak yang berwajib.Dengan itu pihak polisi akan menyelidiki motif-motif dibalik kasus itu.Dan jika kasus tersebut sudah terbukti secara hukum maka pihak penjiplak harus mempertangungjawabkannya secara hukum dan harus membayar ganti rugi kepada pihak perusahaan asli.Dan sebagai tindakan selanjutnya perusahaan Jaguar yang asli sebaiknya melakukan publikasi atas kasus tersebut sehingga konsumen tidak berpersepsi negatif lagi terhadap produk semen Jaguar.Dan juga tim manajemen pemasaran lebih sering melakukan pengawasan terhadap produknya sehingga kemungkinan terjadi penjiplakan dapat diminimalkan.Karena banyaknya tindakan penjiplakan akhir-akhir ini sebaiknya pemerintah melakukan suatu tindakan yang lebih keras terhadap penindak penjiplakan, bila perlu hukuman yang dijatuhkan lebih berat sehingga penjiplak tidak berani lagi melakukan aksinya dan dengan begitu hak cipta akan dilindungi dengan sebaik-baiknya.Dan Indonesiapun akan terbebas dari penjiplakan.

    Comment by rizka choirunnisa | May 15, 2007 | Reply

  4. Merek bagi para penjual adalah suatu tanda bahwa penjual atau pedagang telah membuat suatu barang, yang digunakan untuk membedakan produk barang yang satu dengan barang yang lain dari penjual. Merek juga sangat penting bagi para penjual agar para masyarakat atau konsumen bisa mengenali produk mereka. Bahkan tidak sedikit dari para penjual itu melakukan usaha untuk membuat agar produk mereka tidak ditiru oleh orang yang ingin menjiplak barang mereka dengan memberikan merek atau hal lainnya. Pada zaman seperti sekarang ini banyak para pembajak yang menjiplak merek bahkan barang dari produk-produk para penjual yang telah terkenal. Yang tentunya hal itu akan mengakibatkan kerugian bukan hanya kepada penjual melainkan para masyarakat atau konsumen yang telah dibohongi oleh si pembajak. Dalam hal hukum para pembajak telah melanggar hak cipta dari si penjual karena mereka telah mengambil hak yang seharusnya bukan menjadi milik mereka. Meskipun para pembajak itu memerlukan konsumen, tetapi hal tersebut tidak pantas dilakukan karena mereka telah mengambil kekreatifitasan dari penjual. Untuk menghentikan pelaku dari para pembajak memang tidak mudah dan harus timbul dari hati nurani si pembajak sendiri, dan tentunya kesadaran dari para konsumen agar tidak membeli barang bajakan. Dan tentunya harus ada kerja sama dari penjual, konsumen dan pemerintah untuk menegakkan anti pembajakan. Misalnya seperti hal jaguar tadi, para konsumen pastinya akan mengelurakan uang yang banyak untuk membeli yang asli. Jadi para pembajak membuat yang palsu dan konsumen pasti memiliki keinginan untuk membeli karena harganya lebih murah daripada yang asli.

    Comment by maulia fitriasih | May 15, 2007 | Reply

  5. Sebuah stretegi yang paling mendasar dan yang paling utama dari sebuah perusahaan adalah dalam hal penentuan merek,karena merek dapat mengambarkan image dari suatu perusaahan dimana yang nantinya akan berpengaruh pada kinerja serta pendapatan dari perusahaan yang bersangkutan.Dengan adanya merek konsumen dapat membedakan produk-produk yang beredar di pasaran, merek juga dapat digunakan sebagai alat untuk memperkenalkan sebuah produk agar dapat mudah dan selalu di ingat oleh para konsumennya. Dalam kaitanya dengan kasus yang di berikan,proses penjiplakan atau pembajakan sebuah merek tentunya akan mengurangi pendapatan dari perusahaan yang mereknya dijiplak, karena barang yang di pasarkan adalah palsu tapi harga yang di berikan sangatlah berbeda. Kebanyakan masyarakat tidak mengetahui perbedaan antara produk yang asli dan produk yang palsu sehingga proses penbajakan merek/pemalsuan produk semakin gencar dilakukan oleh oknum-oknum yang tak bertanggung jawab oleh karena itu apabila da yang melanggar harus dikenai hukum pidana yang seberat beratnya karena hal ini berkaitan dengan hak konsumen serta hak produsen.Tentu saja dalam prosesnya antara pihak konsumen, produsen dan pemeritah harus bekerja sama untuk meminimalkan penjiplakan merek dagang ini.

    Comment by Aminatus.S | May 15, 2007 | Reply

  6. Dalam kasus yang terjadi pada harian Jawa Post pada tanggal 14 Mei 2007 terjadi karena sebuah oknum yang tidak bertanggung jawab,selain itu kondisi pemasarannya juga mendukung hal tersebut,antara lain yaitu konsumen yang mengonsumsi produk tersebut, selain itu harga yang ditawarkan oleh pemasar relatif murah dari produk aslinya.Hal itu mendukung terjadinya proses pemalsuan,pembajakan,penjiplakan.HUKUMAN bagi oknum-oknum tersebut adalah pembersihan produk-produk yang sudah terlanjur beredar di masyarakat dan memberi hukuman. perdata bagi oknum tersebut sesuai dengan hukum yang berlaku di negara Indonesia.Selain itu juga masyarakat harus membantu para penegak hukum dalam memberantas kasus pemalsuan,penjiplakan,pembajakan produk-produk yang asli.Saya setuju sekali karena hal tersebut akan merugikan baik perusahan yang digunakan atau dijiplak mereknya maupun bagi konsumen yang menggunakan produk tersebut. Seharusnya perusahaan tersebut menggunakan daftar registrasi pada pemerintah serta mempunyai pasal-pasal yang jelas mengenai pemasaran produknya sehingga jika terjadi pemalsuan,penjiplakan,pembajakan akan segera diatasi.Karena kasus-kasus seperti itu negara bisa dirugikan,pemasaran produk yang asli juga menanggung kerugian yang tidak sedikit serta konsumen merasa dibohongi.

    Comment by Dion Yanuar P. | May 15, 2007 | Reply

  7. Merek adalah suatu ciri khas dari suatu perusahaan terhadap barang hasil produksinya.Dengan adanya merek para konsumen mengerti dan memahami barang mana yang lebih berkualitas dan tidak. Serta dengan adanya merek yang sah dan resmi berdasarkan hukum perusahaan tersebut dapat bebas memasarkan hasil produknya kepada pelanggan atau pasar. Mustahil suatu perusahaan yang ingin hasil produksinya dipasarkan dan ingin terkenal sudah pasti perusahaan tersebut menggunakan merek yang menjadi ciri khas dari produk yang sudah terkenal, sehingga para konsumen dapat dengan mudah mengenalinya. Tidak jarang merek dari suatu perusahaan dapa tdengan mudah dijiplak oleh para oknum pembajaknya, biasanya para oknum pembajak memakai merek-merek yang sudah dikenal oleh para konsumen hanya untuk menarik pelanggan. Kita sebagai konsumen harus bisa membedakan merek yang asli dan tiruan dengan cara melihat kualitas dari produk tersebut. Contohnya saja semen putih jaguar yang mana merek ini sudah dikenal oleh konsumen atau pelanggan sehingga para pemalsu merek dengan mudahnya memakai merek tersebut hanya untuk memperoleh keuntungan yang banyak atau tinggi tanpa memikirkan akibatnya yang akan datang. Dengan demikian masalah ini menjadi tugas bagi penjual, konsumen dan pemerintah untuk menindaklanjuti akan hal pemalsuan merek.

    Comment by ika kharisma a | May 15, 2007 | Reply

  8. suatu produk dapat dikenal oleh masyarakat dari sebuah merek.sebuah perusahaan akan membuat merek atau logo yang unik agar mudah diingat oleh konsumen untuk memudahkan pemasaran tentunya.tak jarang merek yang terkenal dipalsukan oleh orang yang hanya ingin mengeruk keuntungan dengan mudah, karena merek dapat di patenkan, penjiplakan suatu merek dapat dihukum pidana dan perdata.penjiplakan juga dapat merugikan perusahaan karena menghambat penjualan dari pemegang merek yang asli.tak jarang konsumen juga dirugikan biasanya produk yang dijual oleh penjiplak isinya berbeda dengan label yang tertera.misalnya dalam kasus semen putih jaguar dipalsukan karena produk itu laris dan profit yang diraih oleh perusahaan pemegang merek itu besar.si pemalsu melihat itu sebagai suatu kesempatan yang mudah untuk meraih keuntungan yang besar tanpa susah susah berpromosi.konsumen akan kesulitan membedakan merek yang asli dengan yang aspal.karena merek yang asli sulit sekali membedakannya,bila tidak dipakai secara langsung.pembajakan merek dapat dikategorikan perbuatan melanggar hukum dan harus dihukum sesuai dengan kerugian yang dialami oleh perusahaan pemegang merek tersebut.

    Comment by sigid adri s | May 15, 2007 | Reply

  9. merek merupakan suatu identitas dari suatu produk,bila suatu merk sudah dipalsukan maka terjadi penyimpangan didalamnya…dan kerugian akan diderita,baik dari konsumen dan perusahaan yang memiliki merk dagang tersebut…akan teapi kini sudah banyak terjadi dimasyarakat…merk – merk palsu sudah banyak dipasarkan dimasyarakat luas,karena oknum yang tidak bertanggung jawab,,,hal ini merupakan kebohongan publik,dan hal ini harus diberantas….mungkin dengan cara…
    1. menindak lanjut kepada pelaku kejahatan ( disini pelaku pemalsuan merk)
    2. memberikan sangsi – sangsi kepada pelaku kejahatan

    Dan saya sangat mendukung sekali polisi akan menyelidiki dan memproses lebih lanjut bila terbukti ada pelaku pemalsuan. Karena kalou masalah ini didiamkan bagaimana pemasaran di Indonesia bisa maju kalau mereka menjiplak merek lain…
    ….so hidup merk dagang….jangan ada lagi kepalsuan,penjiplakan produk lagi…

    Comment by yudi kurniawan | May 15, 2007 | Reply

  10. Apa yang terjadi pada kasus di harian jawa post edisi 14 mei 2007,merupakan salah satu tindakan kriminal yang harus segera di tindak lanjuti oleh para perusahaan yang dijilak produknya dan para penegak hukum.Terjadinya hal tersebut karena faktor pembelian yang dilakukan oleh konsumen karena kita tahu harganya jauh di bawah harga produk yang asli.
    Cara untuk mencegah hal tersebut adalah dengan memberikan daftar registrasi pada produk-produk yang akan di pasarkan oleh suatu perusahaan dan pemberian pasal-pasal yang mengatur tentang perdagangan produk tersebut dalam masyarakat,serta hukuman bagi para pemalsu,penjiplak,pembajak yang akan membajak produk mereka.
    Apa yang dilakukan oleh penjiplak,pembajak,pemalsu tersebut sangat merugikan negara dan perusaahan yang memasarkan produk yang asli serta para konsumen karena barang palsu yang dibeli oleh para konsumen mempunyai efek samping tidak sesuai dengan produk yang asli.
    Dengan dukungan dari perusahaan produk yang asli dan para konsumen akan membantu para penegak hukum untuk meringkus para pemalsu,penjiplak,pembajak tersebut dan memberi hukuman yang seberat-beratnya sesuai dengan hukum yamg berlaku di Indonesia.
    Dengan demikian hal tersebut dapat membantu dalam pemberantasan barang-barang palsu di Indonesia.Sehingga masyarakat akan membiasakan diri dengan membeli barang-barang asli atau sesuai dengan merk dagang yang di pasarkan oleh suatu perusahaan.

    Comment by Dion Yanuar Purba | May 15, 2007 | Reply

  11. Menurut saya, pemerekan membantu pembeli untuk mengenali produk yang mereka butuhkan dan juga memberitahu kualitas produk itu sendiri. Akan tetapi, apabila ada ada pembuatan logo yang persis dengan produk yang sudah ada agar sebuah produk tersebut cepat laku di pasaran sangat disayangkan. Karena konsumen pasti akan tahu mana produk yang pertama membuat logo tersebut. Dan mengira produk tersebut adalah pembajak dari produk sebelumnya. Logo yang digunakan tersebut oleh CV Santoso Kaya Bersama yang menurut pengakuannya telah didaftarkan ke Dep. Hukum dan HAM di Jakarta Dirjen Hak Cipta,Desain Industri, Desain Tata letak, dan Sirkuit Terpadu dan Rahasia Dagang. Dan telah mempunyai hak cipta selama 50 tahun. Jika pernyataan tersebut ternyata benar maka CV Santoso Karya Bersama dapat dituntut secara hukum karena telah memakai hak cipta sebuah perusahaan tanpa melakukan perizinan terhadap merk tersebut. Seharusnya CV Santoso Karya Bersama haruslah melakukan pengkajian ulang secara cermat tentang produk dan manfaatnya, apa ada perusahaan yang memakai logo tersebut, pasar yang dijadikan sasaran, dan strategi-strategi apa yang harus digunakan. Atau jika perusahaan menggunakan merk perusahaan haruslah memperhatikan strategi merk :
    1.Perluasan lini : Merk yang telah ada diubah ke dalam bentuk, ukuran, dan rasa yang baru tetapi produknya tetap sama.
    2.Perluasan merk : Merk yang telah ada tidak diubah tetapi produknya yang diubah.
    3.Aneka merk : Produk yang telah ada doperkenalkan dengan nama merk yang baru.
    4.Merk baru : Nama merk yang baru untuk produk yang baru juga.
    Semoga dengan memperhatikan hal ini, tidak ada pemakaian merk yang sama yang sampai dipolisikan. Demikian komentar saya, apabila ada kata-kata yang kurang berkenan. Saya mohon maaf. Terima kasih….

    Comment by Lia Dahniar | May 15, 2007 | Reply

  12. Hal yang terjadi pada perusahaan semen putih jaguar merupakan hal sudah sering kita lihat dalam pemalsuan merek. Para pembajak dengan seenaknya menggunakan merek tanpa seijin penjual terlebih dahulu. Menurut hukum hak cipta itu dapat dikenakan sanksi, tetapi apabila penjual tersebut belum mendaftarkan produk barangnya kepada lembaga hak cipta maka pihak pembajak tidak dikenakan sanksi, karena belum terlindungi oleh hukum. Hal tersebut yang mungkin memicu para pembajak untuk melakukan pembajakan produk yang sudah terkenal dikalangaa masyarakat. Dengan melakukan pemabajakan akan menyebabkan poerusahaan tersebut menerima kerugian yang diakibatkan oleh para permbajak. Untuk mengatasinya seharusnya pemerintah bertindak tegas kepada para pembajak dengan mengeluarkan undang – undang tentang hak cipta agar para pembajak tidak melakukan hal tersebut. Pemerintah seharusnya memberikan sanksi yang besar kepada pembajak agar pembajak tidak melakukan hal tersebut lagi. Para pembajak juga tidak menyadari bahwa hal tersebut telah merugikan penjual karena telah melakukan pelanggaran hak cipta dan merusak kekreatifitasan dari para penjual. Demikian komentar saya.

    Comment by Dian Istiqomah | May 15, 2007 | Reply

  13. Merek adalah merupakan sebuah simbolatau tanda bahwa penjual telah memproduksi barang tersebut. Dan merek berguna untuk meyakinkan kepada para konsumen bahwa produk yang mereke produksi adalah barang yang berkualitas tinggi sehingga akan sulit bagi para pembajak untuk melakukan pemalsuan. Hal yang dilakuakn oleh para pembajak adalah hal yang tidak diperbolehkan dalam hal hukum karena terlah melanggar hak cipta dari penjual. Meraka telah melakukan suatu tindak pidana yang mengakibatkan kerugian. Sehingga dapat menyebabkan turunnya harga pasaran dari produk yang asli. Hal yang terjadi pada perusahaan semen putih jaguar adalah hal yang sering terjadi dalam pemalsuan merek dikalangan pengusaha. Para pembajak meniru produk sampai merek mereka yang sudah dikenal oleh masyarakat atau konsumen. Dengan adanya pembajak mengakibatkan masyarakat lebih memilih barang bajakan tersebut daripada yang asli itu dikarenakan harganya yang lebih murah dan kualitasnya sama, meskipun mungkin agak di bawah kualitas aslinya. Para penjual seharussnya mendaftarkan produk mereka kepada lembaga hak cipta sehingga apabila diketahui pembajak membajak merek mereka, mereka akan dikenakan sanksi yang sangat berat. Pemerintah juga harus bertindak tegas dalam meghadapi kasus tersebut dengan mengeluarkan undang-undang hak cipta. Demikian komentar saya . Terimakasih

    Comment by Arif Ramadhan | May 15, 2007 | Reply

  14. menurut saya kasus seperti itu sudah banyak terjadi di kalangan masyarakat. hanya saja kita belum bisa memastikan siapa yang bersalah dalam masalah yang ada di harian Jawa Post itu. bisa saja pihak yang pertama kali merupakan pihak penjiplak atau sebaliknya. dan untuk menghindari penjiplakan merek,Indonesia sudah memiliki Undang-Undang yang berlaku.
    sudah banyak kita ketahui bahwa merek dagang merupakan identitas yang dimiliki oleh suatu perusahaan untuk diketahui oleh masyarakat umum. sebuah merek pasti memiliki kelebihan tersendiri. misalnya produk air mineral yang ada di pasaran meskipun bentuk dan rasanya sama antar produk air mineral tersebut tetapi mereka memiliki hak untuk mengedarkan merek tersebut. lagipula merek biasanya mempunyai tujuan memberi ciri khas tersendiri bagi perusahaan untuk mengenalkan produknya. biasanya juga merek diasumsikan sebagai tempat perbandingan harga bagi para konsumennya. misalnya produk air mineral AQUA, ADES, AQUASE dan lain sebagainya mereka memiliki tujuan yang sama untuk pelanggannya yaitu adalah untuk memenuhi kebutuhan cairin bagi para palanggan. tapi para pelanggan untuk kelas menengah bawah lebih memilih yang murah tanpa memperhatikan merek. sedangkan pelanggna kelas menengah atas hingga kelas atas mereka lebih memilih untuk mengkonsumsi AQUA.
    semoga pendapat ini bermanfaat dan dapat sebagai pertimbangan untuk tidak melakukan penjiplakan lagi.jazzaakumullah

    Comment by fitri rahmasari | May 15, 2007 | Reply

  15. pemberian merek pada sebuah produk yang dimiliki oleh sebuah perusahaan merupakan hal yang sangat penting ,karena pemberian sebuah merek dapat mengangkat profit + nilai -nilai yang lainnya menjadi lebih dikenal oleh masyarakat yang luas apalagi dengan kualitas yang dimilikinya .tetapi apa yang terjadi , segala cara untuk menhalalkan perbuatan-perbuatan yang sangat merugikan bagi pihak lain . dalam kasus yang diberikan yaitu kasus penjiplakan logo ataupun merk benar-benar kasus yang perlu ditangani dengan benar-benar melakukan penyelidikan secara konsisten . dalam kasus ini pihak yang sangat dirugikan adalah pihak semen putih jaguar ,dulunya masyarakat telah mengenal bagaimana kualitas yang dimiliki semen jaguar tetapi berbalik durian musibah yang menimpa perusahaan tersebut (menjadi pencemaran nama baik+pencemaran keaslian kualitas produk ). untuk dapat meminimalisasi penjiplakan-penjiplakan antara lain
    1. pemberian kode produksi pada 1sak semen disetiap produk tersebut.
    memberikan satu kode pada setiap produk +stiker berhologram dengan
    menggambarkan kode kejayaan bagi perusahaan tersebut.
    2. sistem waralaba
    waralaba yang dimaksudkan dalam hal ini adalah semua orang dapat
    menjual tetapi tidak dapat memproduksi dengan sendiri (hanya dalam
    kegiatan pemasarannya)
    mungkin kedua cara tersebut dapat mengurangi pembajakan , penjiplakan serta modus yang mengarah pada penipuan yang akhirnya dapat merugikan pihak lain dan mudahmudahan pihak yang berwajib dapat menindak lanjutinya.

    Comment by fariz rachman | May 15, 2007 | Reply

  16. menurut pendapat saya kasus menjiplak merek di kalangan masyarakat sudah banyak bahkan tidak asing lagi. merek suatu barang di perusahaan amatlah penting karena dengan merek masyarakat bisa mengindentifikasi atau mengetahui suatu barang yang diproduksi perusahaan dengan baik. meskipun hal itu sudah bayak di kalangan masyarakat. namun suatu barang yang dimerekkan oleh perusahaan tersebut pasti memiliki kelebihan baik dari segi kualitas maupun dari segi-segi lainnya suatu barang tersebut.
    misalnya minyak goreng minyak goreng ada yang curah biasa terdapat di pasar tradisional dengan harga murah. dan banyak dibeli oleh masyarakat menengah bawah. sedangkan minyak goreng yang biasa dijual di Supermarket memiliki brand merek tersendiri biasanya lebih mahal. tapi karena kebutuhan makin kompleks. banyak merek minyak goreng terkenal dijiplak mereknya hingga komposisi bahannya.misalnya produk BIMOLI melewati proses dua kali penyaringan. dan banyak vitamin dan meneral yang terkandung di dalamnya. belum lagi yang non-koelsterol. hal tersebut belum tentu terdapat di minyak goreng curah. dan dari contoh tadi biasanya para produsen minyak goreng curah ingin mendapatkan keuntungan dari merek yang terkenal maka terjadilah penjiplakan merek dan minyak goreng tersebut dijual dengan harga murah, di bawah standar harga jual merek terkenal tersebut. sehingga masyarakat menengah bawah bisa menikmati produk minyak goreng yang mereknya terkenal.
    semakin terkenal merek tersebut, semakin mahal merek atau produk tersebut. dan mahalnya merek bisa juga dilihat dari segi kualitasnya yang baik.
    demikian pendapat saya. semoga menjadi masukan untuk yang lainnya.

    Comment by putri ocdritte a | May 15, 2007 | Reply

  17. suatu perusahaan pasti mempunyai nama atau sering disebut brand image atau merek . merek adalah merupakan suatu identitas perusahaan dengan ini masyarakat bisa membedakan perusahaan satu dengan yang lain. jika merek perusahaan dipandang baik atau berkualitas akan menaikan nilai perusahaan dan juga profit perusahaan dan kasus yang yang saya baca di koran jawa pos tentang penjiplakan adalah suatu tindak kriminal dan saya setuju tentang tindakan yang dilakukan polisi karena menjiplak hak paten seseorang maupun perusahaan adalah tindakan pelanggaran hukum yang ada dalam undang undang karena selain merugikan perusahaan yang bersangkutan pastinya konsumen pun merasakan karena kualitas yang diharapkan konsumen tidak terpenuhi dan ini menimbulkan kepercayaan konsumen hilang dan pasti merugikan perusahaan yang ditiru

    Comment by yohana ratih c | May 15, 2007 | Reply

  18. Assalamualaikum wr.wb.

    Merk adalah sesuatu yang sudah melekat pada suatu produk dimana produk tersebut akan dikenal oleh pelanggan maupun masyarakat luas.Setiap jenis produk pasti tidak sembarangan dalam memakai sebuah nama merk, simbol, tanda, desain pada produk mereka.Hal ini dikarenakan pada dampak selanjutnya yaitu merk bisa menjadi IMAGE dalam suatu produk sehingga suatu produk mempunyai IMAGE yang berbeda-beda.Apabila suatu produk mempunyai IMAGE yang baik maka produk tersebut tidak akan pernah ditinggalkan oleh pelanggan setianya dan begitu pula sebaliknya apabila suatu produk sudah pernah mengalami masalah satu kali yang bisa mencemarkan nama baik perusahaan maka dampaknya para pelanggan akan berpindah ke produk lain.Di dalam penamaan merk sebaiknya diharuskan dengan memakai nama yang SIMPLE agar mudah diingat oleh masyarakat khususnya pelanggan.
    Mengenai penamaan merk harus memperhatikan apakah merk yang akan dipakai tersebut sudah digunakan oleh perusahaan yang lain atau belum?
    Di setiap negara pasti ada yang namanya suatu perundang-undangan tentang masalah merk dagang sehingga meminimalisasi adanya kesamaan dalam suatu merk dagang tertentu.
    Baru-baru ini sudah terjadi adanya penjiplakan dalam logo suatu produk dimana sekarang ini masih dalam tahap penyelidikan.
    Menurut saya, kejadian ini sangat disayangkan karena akan merugikan pihak yang nama logonya dijiplak.Sebagai pihak yang dirugikan sudah terlihat jelas dampak dari perbuatan orang yang menjiplak yaitu semakin berkurangnya pelanggan.Hal ini dikarenakan pelanggan menganggap bahwa produk yang dibelinya tersebut benar atau yang asli ternyata produk tersebut bukan dari hasil produksi perusahaan yang pertama memberi nama produk tersebut.
    Dengan adanya masalah ini undang-undang yang ada di Indonesia tidak dihiraukan oleh masyarakat Indonesia.
    Sebaiknya para aparat melakukan penyelidikan dengan mendetail siapa pihak yang salah dan siapa pihak yang benar dan dihukum sesuai dengan hukum yang berlaku.Selanjutnya pihak yang bersalah dan yang benar melakukan klarifikasi kepada publik agar publik mengetahui apakh yang dipakai selama ini yang asli atau bukan.
    Ada juga perusahaan yang memperbolehkan untuk memakai merk dagang, simbol, desain bahkan sampai manajemennya yang dibantu oleh yang memiliki kuasa tersebut yaitu yang disebut dengan WARALABA.
    Misalnya pada makanan cepat saji seperti Mc Donalds, KFC, TEXAS dan masih banyak yang lainnya.
    Demikianlah pendapat dari saya mengenai merk dagang dan masalah yang ada di koran Jawa Post.

    Wasalamualaikum wr.wb.

    Comment by Catur April Lia Sari | May 15, 2007 | Reply

  19. Merk merupakan hal yang sangat penting bagi suatu produk. Merk adalah identitas produk yang mencerminkan ciri atau kekhasan produk tersebut. Merk dalam suatu produk sangat penting karena jika suatu produk tidak memiliki merk maka masyarakat tidak akan dapat dikenal oleh masyarakat, sehingga hal ini akan menyebabkan perusahaan tidak dapat memasarkan produknya dengan baik sehingga ia akan mengalami kerugian.
    Dalam suatu produk merk sangatlah berharga. Maka apabila merk tersebut dijiplak atau ada produk lain yang menggunakan merk atau logo yang sama dengan produk tersebut maka hal sepertim itu akan melanggar hukum, sehingga pelaku penjiplakan harus dikenakan sanksi atas pelanggaran tersebut. Karena bisa saja merugikan perusahaan yang bersangkutan. misalnya semen putih jaguar yang terkenal dengan semen yang kuat dan tahan lama, namun karena penjiplakan tersebut ternyata produk yang menjiplak sama persis itu tidak memiliki kualitas yang baik seperti semen putih jaguar. Maka masyarakat akan mengira produk tersebut memang semen putih jaguar, sehingga dari penjualan yang tinggi menjadi tidak laku karena masyarakat berpikir semen putih jaguar tidak baik lagi.
    Merk yang sudah dikenal atau dipercaya oleh masyarakat akan mempengaruhi tingkat penjualan dan harga produk tersebut. misalnya merk yang sudah terkenal dengan kualitas yang baik, maka tentu saja harganya lebih mahal dari produk yang sejenis yang tidak begitu terkenal.

    Comment by Rizka Aprilia Hapsari | May 15, 2007 | Reply

  20. Dalam upaya meningkatakan pengenalan dan pemahaman masyarakat terhadap barang atau produk yang kita buat, jalan yang efektif yang biasanya dilakukan adalah melalui iklan, selain itu adapun cara lain yang biasanya dilakukan oleh suatu perusahaan yaitu pembuatan merek.hal ini dilakukan agar masyarakat bisa lebih mengenal atau lebih menghafal produk kita. Namun disaat produk kita digemari atau diminati banyak orang, biasanya ada oknum2 tertentu yang memanfaatkan hal ini. Misalnya seperti kasus pembajakan atau penjiplakan logo merek semen putih Jaguar, yang mana sebagai pemasar atau pemilik perusahaan pastinya merasa dirugikan oleh adanya pembajakan atau penggunaan merek dagang. Karena apabila perusahaan lain yang menjiplak/meniru produk kita memproduksi barang dengan kualitas yang buruk, maka itu juga akan merugikan/mengakibatkan image perusahaan menjadi buruk dimata masyarakat atau pelanggan. Dan juga selain merugikan perusahaan atau produsen hal ini juga akan merugikan konsumen karena konsumen merasakan di bohongi,itu menjadikan para konsumen tidak mau membeli produk tersebut dikarenakan mereka trauma dengan adanya pembajakan/pemalsuan. Berkaitan dengan hal tersebut, penegak hukum harus tegas dalam menangani kasus-kasus yang terjadi seperti kasus tersebut diatas. Tujuan dari supremasi hukum itu adalah :
    1. Melindungi hak merek dagang suatu perusahaan.
    2. Meminimalisasi adanya pemalsuan/pembajakan yang terjadi di negara ini.
    Bagaimanapun juga pemalsuan/pembajakan merupakan suatu tindakan kriminal yang melanggar Undang-Undang dan tidak bisa dibenarkan,karena pembajakan dapat merugikan berbagai pihak.

    Comment by Dian Rosalina P | May 15, 2007 | Reply

  21. pemberian merk dagang memang perlu sekali untuk mengenalkan produk, banyak kasus produk asli indonesia kemudian yang mematenkan produk tersebut dari pihak luar negeri.sehingga pihak indonesia harus membayar hak paten tersebut di negara tersebut.makanya saya setuju sekali setiap merk dagang harus dipatenkan.tetapi orang indonesia sering seklai meremehkan apa arti sebuah merk dagang alias malas untuk mendaftarkannya.atau tidak tahuan bagaimana membuat hak paten tersebut . makanya perlu sosialisasi

    Comment by paijo dewantoro | May 16, 2007 | Reply

  22. Merk menurut orang awam merupakan suau ciri tanda khas dari suatu produk atau jasa,sehingga itu merupakan hal penting bagi sebuah perusahaan.Bila sebuah merk ditiru atau dibajak itu dapat menyebabkan hal negatif,misalnya saja kualitas yang menjadi kurang dibandingkan dengan yang aslinya,karena biasanya pembajakan produk atau jasa harganya lebih murah dibandingkan dengan aslinya.sehingga itu menimbulkan dampak negatif terhadap produk asli.

    Tidak hanya itu saja kasus yang tengah diselidik oleh Polresta surabaya Selatan tentang 2perusahaan yang mempunyai merk,logo produk yang sama yaitu SEMEN PUTIH JAGUAR,namun pihak pertama yang telah melaporkan kasus tersebut mempunyai bukti kepemilikan karena terlah mendaftarkan tertanggal 26 April 2007 kepada Dirjen Hak Cipta, Desain Industri,Desain Tata letak dan Sirkuit Terpadu dan Rahasia Dagang, sehingga memiliki hakpaten selama 50 tahun kedepan.setelah saya amati saya berpendapat bahwa merktersebut baru didaftarkan sehingga menimbulkan perdebatan.

    Oleh karena itu jika kita akan menciptakan sebuah produk hendaknya mendaftarkan dulumerk kita kepada pihak-pihak yang berwenang.

    saya juga berharap di Indonesia yang marak dengan pembajakan,dapat diminimalisasi dengan partisipasi oleh semua pihak,baik aparatur pemerintah maupun masyarakat.karena pembajakan juga dapat menyebabkan decrease income suatu perusahaan.

    terima kasih………

    Comment by TitIK PriHAtIN | May 18, 2007 | Reply

  23. Assalamualaikum wr.wb

    Seperti yang telah kita ketahui, merek sangat berpengaruh dalam penjualan suatu produk. Merek juga merupakan identitas dari penjual atau pembuat produk. Salah satu tujuan pembentukkan merek adalah membantu konsumen mengenali produk yang dapat memberikan manfaat atau tidak. Dan menurut pendapat saya, salah satu kasus yang terjadi pada harian Jawa Pos tentang jiplak – menjiplak merek adalah berita yang tidak kaget lagi untuk didengar di masyarakat umum. Seperti kasus yang terjadi pada perusahaan Semen Putih Jaguar ini. Dan alasan kasus penjiplakan ini tidak salah lagi adalah untuk mendapatkan profit seperti perusahaan Semen Putih Jaguar. Si penjiplak menggunakan merek yang sama tapi berbeda kualitas. Si penjiplak tidak sadar dengan tindakannya bahwa secara tidak langsung dapat merugikan semua kalangan. Baik dari perusahaan Semen Putih Jaguar dan juga konsumen yang sudah terlanjur percaya akan produk dari perusahaan Semen Putih Jaguar. Dan kasus ini sudah termasuk pelanggaran hukum yang sepatutnya untuk ditindak lanjuti oleh pihak yang berwajib. Untuk mengembalikan rasa percaya konsumen terhadap perusahaan Semen Putih Jaguar, perlu dilakukan pemberitahuan secara menyeluruh misalnya lewat media cetak ataupun elektronik. Setelah itu mengumumkan tempat – tempat yang mudah dijangkau dan telah dipercaya oleh perusahaan Semen Putih Jaguar. Tidak lupa memberikan tips untuk mengetahui mana yang asli dan mana yang palsu. Dan menyakinkan konsumen bahwa perusahaan Semen Putih Jaguar memiliki kelebihan yang tidak kalah dengan perusahaan si penjiplak.
    Demikian pendapat dari saya, apabila ada kesalahan saya minta maaf.
    Terima kasih….

    Wassalamualaikum wr.wb

    Comment by Wahyu Lestari Ekawati | May 19, 2007 | Reply

  24. Dalam daur kehidupan suatu produk merek adalah salah satu yang paling terpenting, mereklah yg membedakan produk dengan pesaingnya.. merek merupakan suatu identitas suatu produk bagaimana produk tersebut akan dikenal masyarakat dan akan ada terus dalam ingatan masyarakat. apabila merek tersebut sudah memiliki tempat d hati masyarakat tentunya merek tersebut memiliki produk yang sangat bagus atau kualitas yg bagus, dgn kemasan yang sangat menarik,desain2 terbaru dan produk tersebut memberikan fitur-fitur yang sangat modern dan sangat sesuai dengan apa yang diinginkan masyarakat hal ini akan sangat mendorong nama merek tersebut menjadi sangat terkenal dan dikenal oleh masyarakat. hal ini juga yang mendorong suatu perusahaan membuat suatu produk yang menjiplak nama merek yang sudah terkenal, mereka ingin mendapat keuntungan dengan cepat, secara mereka melihat pasar yang begitu trtarik terhadap barang yang memiliki merek yang bagus namun dengan harga yang terjangkau pada umumnya yang terjadi.
    apabila kita melihat pada kasus yang terjadi pada koran jawa pos yaitu semen putih jaguar yang dipalsu oleh perusahaan lain sama persis namun dengan kualitas yang berbeda, hal inilah dampak yang terjadi apabila suatu produk yang sudah dikenal dimasyarakat dan dipercaya kualitasnya dengan nama merek yg telah dibuat, orang akan berfikir dengan membuat merek yang terkenal akan mendapatkan keuntungan yang banyak dengan cepat daripada harus membuat merek baru, padahal hal tersebut mungkin akan sangat merugikan produk semen putih jaguar yang aslinya dan juga konsumen yang menikmatinya. apalagi dengan kualitas produk yang dihasilkan sangat jauh berbeda dengan aslinya ini akan dapat merusak citra produk aslinya. tindakan seperti ini seharusnya lebih diwaspadai karena bagimanapun pemlsuan seperti sulit untuk ditangani dan diusut,dan bukan hanya dikota-kota besar saja hal ini terjadi didaerah-daerah pun juga sering terjadi.

    yang paling terpenting adalah bagaimana konsumen dapat menbedakan bagaimana produk yang asli dan yang palsu, dan bagaimana perusahaan itu sendiri dalam proses packaging memiliki ciri khas dan desain yang sangat menarik dan sulit untuk ditiru meskipun para penjiplak-penjiplak sudah sangat mahir dalam membuat produk-produk dengan merek terkenal. namun menurut saya pemalsuan seperti itu akan terus terjadi apabila masih ada keingnan mayarakat untuk menggunakan produk dengan merek terkenal namun dengan harga yang relatif murah, karena merek benar2 sudah sangat mempengaruhi masyarakat bagaimana apabila kita dapat memiliki produk yang sama dg kualitas yg sama namun mereknya berbeda atau tidak bermerek. misalnya celana jins yang lebel dan mereknya dipalsu, itu jg karena pasar yang masih menginginkan hal tersebut! hal ini juga harus menjadi kesadaran kita semua apabila produk itu seperti manusia yang dilahirkan berbeda mempunyai tampilan atau pembungkus yg berbeda dan diberi merek sendiri-sendiri agar dapat dibedakan dengan yang lain, dan semakin produk itu tumbuh produk jg harus disahkan, dan produk jg harus berkembang dengan merek yng tlh dibuat sesuai produk yg dihasilkan. dan apabila produk itu menyamai merek dan tidak lebih baik dr merek produk aslinya produk itu tidak akan mempunyai nilai di hati konsumen.

    Comment by Dian Ayu | May 22, 2007 | Reply

  25. merk adalah simbol atau identitas dari duatu pruduk.merk jg bertujuan supaya konsumen mengetahui tentang produk atau lebih mengenal produk.pemberian merk itu pun tidak semudah yang kita bayangkan.maka sangat amat sangat disayangjan jika terjadi peniruan atau pembajakan merk.memang dizaman sekarang ini apa yang tidak bisa diperbuat oleh manusuia.menurut saya peran masyarakat sangatlah berpengaruh,karena saya yakin banyak dari masyarakat mengetahui mana yang asli atau yang tiruan.pihak yang berwenang jg seharusnya lebih meninjak lanjuti dan tidak hanya diam.peniruan atau penjiplakan adalah pelanggaran hak cipta,dan hal ini sudah ada sanksinya dan termasuk tindak pidana.pihak yang berwenang seharusnya lebih tegas dalam menangani hal ini,dikarenakan hal ini sudah sangat serius.ssalah satunya dengan kasus semen putih jaguar..

    Comment by yulia kurniawati | May 22, 2007 | Reply

  26. salh satu faktor yang mendorong pemasaran suatu perusahaan ialah merk produk. selain sangat vital dengan adanya merk itu sendiri maka konsumen dapat membedakan produk yang satu dengan yang lain .
    salh satu fungsi dibuatnya merk itu sendiri sebagai pembantu agar produk preusahaan itu dapat di kenal oleh masyarakat.
    suatu perusahaan harus membuat merk yang midah di kenal oleh masyarakat dan juga pegemasan yang menarik simpati para konsumen .dengan adanya nama merk tersebut maka konsumen dapat membedakan dengan produk pesaing lainnya.seperti contoh wingsfood maemberikan merk `mie sedap` kepada para masyarakat .dengan demikian maka masyarakat dapat membedakan mana yang produk dari wingsfood dan mana yang produk lain .
    kasus penjiplakan nama dan pembajakan produk di indonesia merupakan suatu yang biasa terjadi .misalkan kasus yang terjadi di harian jaewqa pos baru ini yaitu kasus`semen pitih jaguar` yang memiliki nama produk yang ternyata nama prodk tersebut sama dengan produk lain . kasus tersrbut merupakan suatu kesalah pahaman di karenakan pihak pertama tersebut mendaftarkan nama produk tersebut baru-baru ini sehingga menimbulka suatu per debatan .dan pihak ke dua sebaiknya mengganti namanya karena p[ihak pertanma teklah melaporkan terlebih dahulu nama produknya .
    tindakan penjiplakan nama tersebut merupakan hal yang tidak bisa di maafkan karena menyangkut hak cipta seseorang .

    Comment by ikhwani | May 22, 2007 | Reply

  27. Merek sangatlah erat kaitannya dengan penjualan produk perusahaan. merek suatu produk memberikan karakteristik tentang produk dan berfungsi sebagai pembeda dengan produk lain.hal ini juga sebagai tolak ukur bahwa merek adalah suatu identitas untuk mengenal produk yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan dengan produk yang dihasilkan oleh perusahaan lain.dalam kasus penjiplakan merek yang dilakukan oleh perusahaan lain ini,membuktikan adanya suatu kecurangan dalam hal persaingan,hal ini akan menghancurkan suatu produk asli yang dijiplak oleh perusahaan lain karena hasil penjiplakan merek oleh perusahaan lain telah menyimpang dan memberikan perbedaan dalam segi kualitas dan kuantitas suatu produk asli dari perusahaan pemroduksi. hal ini perlu ditindak lanjuti dengan pemberian sanksi dan hukuman yang sesuai dari pemerintah atas kasus penjiplakan merek dari suatu produk,hal ini dimaksudkan agar kualitas dan kuantitas dari produk asli tetap terjaga dan kepercayaan konsumen akan suatu produk tersebut tetap terjaga. dalam kaitannya dengan marketing produk hal itu akn sangat merugikan bagi pihak produsen asli karena beralihnya minat konsumen kepada merek yang sama dengan harga yang lebih murah,dilain piha hal ini juga akan membuat omset penjualan dari produk asli akan semakin menurun.untuk itu disini yang paling berperan penting adalah hukum dan sanksi itu sendiri dan peran dari tim inteligent perusahaan pembuat produk asli agar lebih waspada dan berhati-hati terhadap kasus tersebut,serta harus mengawasi terhadap penjualan produknya agar tidak diduplikasi oleh perusahaan lain.

    Comment by Prastyo dwi utomo | May 24, 2007 | Reply

  28. Konsumen memandang merek sebagian bagian terpenting dari suatu produk, dan menetapkan merek dapat menambah nilai lebih suatu produk. Merek adalah sebuah nama, istilah, tanda, simbol rancangan, atau kombinasi dari semua ini yang dimaksudkan untuk mengenali produk atau jasa dari seorang atau kelompok penjual dan untuk membedakannya dari produk pesaing. Merek mempunyai nilai merek lebih tinggi kalau mempunyai loyalitas merek, kesadaran merek, anggapan mutu, asosiasi merek lebih tinggi dan aset lain seperti paten, merek dagang, dan hubungan saluran, seperti contohnya Jaguar sebagai merek semen putih yang sedang menjadi salah satu kasus yang harus diselesaikan oleh polisi. Berdasarkan berita yang dimuat di Jawa Pos, Senin 14 Mei 2007, disebutkan bahwa telah terjadi pemalsuan atau plagiat mengenai merek dagang semen putih Jaguar. Disitu disebutkan juga bahwa merek Jaguar kali pertama diproduksi oleh CV. Santoso Kaya Bersama, yang berkedudukan di Rungkut. Seharusnya CV. Santoso Kaya Bersama harus memperhatikan dahulu langkah apa saja yang perlu diperhatikan sebelum maupun sesudah membuat merek dagang, seharusnya ia mematenkan merek dagangnya pada saat ia baru meluncurkan merek dagang tersebut agar tidak ada pihak yang meniru merek dagangnya. Kemudian mengenai CV. Santoso Karya Bersama, pada awalnya saja nama perusahaan mereka hampir mirip, hal ini mungkin merupakan awal dimulainya rencana penjiplakan merek dagang, karena waktu membaca sekilas berita tersebut, saya menyangka bahwa nama perusahaan itu sama, tetapi setelah diperhatikan ternyata berbeda. Tindakan menggunakan merek dagang yang sama bahkan bisa dikatakan menjiplak merupakan suatu tindakan yang memang melanggar hukum, selain itu perusahaan tersebut menjalankan marketing yang tidak sehat bahkan bisa dikatakan sangat tidak etis sekali, dan sama sekali tidak kreatif, mungkin perusahaan tersebut merasa kalah bersaing, sehingga ia berani meniru merek dagang yang sudah pasti terkenal itu, baik dilihat dalam segi loyalitas merek, mutu, maupun asosiasi merek yang lebih tinggi berdasarkan anggapan para konsumen. Konsumen mungkin pada awalnya tidak merasa curiga dengan semen (hasil tiruan merek) yang ia gunakan, karena dilihat sekilas merek serta pembungkusnya yang sangat mirip, terlebih-lebih lagi nama perusahaan pembuat yang hampir mirip. Sehingga konsumen tidak tahu bahkan tidak berpikir panjang pada waktu membeli produk tiruan tersebut, padahal isi dan tingkat kualitasnya sangat berbeda. Sudah sepantasnya polisi menyelesaikan kasus ini, karena tindakan ini sudah melanggar Undang-Undang Hak Cipta tentang merek dagang. Mungkin jikalaupun perusahaan peniru melihat sistem pemasarannya yang kalah bersaing dengan perusahaan semen asli, ingin agar sistem pemasarannya bisa sama baik atau mungkin bisa lebih menyaingi, seharusnya ia menggunakan etika yang baik dalam berbisnis dan memperhatikan sistem pemasaran dalam menciptakan bahkan menggunakan merek dagang yang memiliki citra berkualitas di mata konsumen. Misalnya perusahaan peniru ingin menggunakan nama merek tersebut, seharusnya ia perlu meminta izin terlebih dahulu pada perusahaan semen asli, barangkali merek dagang tersebut bisa diwaralabakan, seperti kebanyakan brand franchisee restoran Amerika seperti McD, KFC, A&W dan sebagainya.

    Comment by Slamet Budi Waluyo | May 24, 2007 | Reply

  29. Merek dalam suatu produk adalah berfungsi sebagai identitas utama pada suatu produk. Merek biasanya berupa gambar, nama, kata, huruf, angka, susunan warna atau kombinasi dari suatu unsur yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang/jasa.
    Dalam kasus yang ada di koran jawa pos yang terbit pada 14 Mei 2007 tentang penjiplakan merk adalah suatu pelanggaran yang dapat merugikan pihak perusahaan yang mempunyai merek tersebut pertama kali. Dalam hal ini prusahaan sungguh sangat dirugikan oleh pihak penjiplak, karena biasanya produk-produk yang menggunakan merek jiplakan dari produk yang sudah terkenal memiliki kualitas yang rendah dan harga yang murah, sehingga konsumen banyak membeli produk yang palsu tersebut karena mereka tergiur dengan harga yang sangat murah.
    Selain itu perusahaan yang memiliki merek asli tersebut penjualannya jadi menurun karena konsumen tidak percaya lagi dengan kualitas produk dan akhirnya akan menrununkan kepercayaan konsumen terhadap suatu tersebut.
    Nah… dalam kasus yang ada di jawa pos tersebut saya sangat mendukung tindakan polisi yang menindaklanjuti untuk membuktikan kebenaran dalam kasus tersebut. Karena jika tidak ditindaklanjuti maka lambat laun akan lebih merugikan pihak perusahaan yang memiliki merek asli yang pertama.

    Comment by Noer Indah Permata Sari | May 25, 2007 | Reply

  30. Merek adalah komponen penting dalam suatu produk. Dalam strategi pemasaran, merek juga berperan dalam penjualan suatu produk. Konsumen melihat merek sebagai bagian produk yang penting dan merek dapat menambah nilai produk. Merek membantu konsumen mengidentifikasi produk yang memberikan manfaat bagi mereka. Merek juga memberitahu konsumen seberapa tinggi kualitas produk. Merek memberikan keuntungan bagi penjual. Merek menjadi dasar utama dalam mengenali kulitas khusus yang dimiliki oleh suatu produk. Hal ini menjadi motivasi para penjiplak merek untuk meniru suatu merek produk terkenal yang berkualitas. Tindakan ini jelas merugikan perusahaan yang memiliki merek produk yang terkenal itu. Misalnya saja para penjiplak merek memasarkan produk yang dari segi wujud mempunyai bentuk yang sama persis dan merek yang sama serta fitur-fitur yang sama persis, tetapi dari segi bahan dan kualitas sangat jauh berbeda karena para penjiplak memasarkan produk itu dengan harga di bawah harga produk asli. Konsumen yang membeli produk jiplakan itu menjadi kecewa karena produk yang mereka percaya karena mereknya ternyata tidak berkualitas sesuai mereknya.

    Comment by septi barunawati | May 25, 2007 | Reply

  31. Merk adalah merupakan salah satu strategi manajemen pemasaran yang digunakan oleh Perusahaan untuk mencapai tujuan dari pemasaran produk agar mampu bersaing dengan produk lainnya.Dimana strategi merk ini diharapkan akan mampu menjadi nilai tambah dari produk tersebut.Dengan adanya merk inilah konsumen akan dapat membedakan dg produk2 yang ada.Apabila suatu perusahaan dpt menentukan strategi penentuan merk dg tepat,maka konsumen akan sangat mudah mengingat apa kelebihan/keunggulan prodik tersebut.Dg adanya kasus pembajakan merk dari semen putih jaguar,jelas sudah melanggar UU hak cipta suatu produk yg sudah memiliki hak paten.Penyebab dari kasus tersebut diatas salah satunya adalah adanya ambisi para pesaing yang tidak mampu menciptakan produk yang berkualitas dipasaran,sehingga mereka menghalalkan segala cara agar mendapatkan profit yg sebesar besarnya dari produk tersebut tanpa memikirkan dampak/respon dari konsumen.Tindakan tersebut wajib dilaporkan kepada pihak yg berwajib,yang diharapkan nantinya para pembajak ini akan mempertanggungjawabkan perbiatannya secara hukum&membayar ganti rugi.Sedangkan pihak Perusahaan jaguar sendiri harus melakukan publikasi atas kejadian tersebut agar mendapatkan kepercayaan kembali dari konsumen.

    Comment by ayu bekti ningtyas | May 28, 2007 | Reply

  32. harga merupakan sejumlah biaya ayang dikeluarkan atas permintaan dari konsumen. harga menjadi faktor utama dalam memprodusi,mempromosikan barang hasil produk dari suatu perusahaan. dengan adanya harga perusahaan tersebut dapat mengetahu laba atau rugi yang didapat.dalam kasus president university tersebut menurut saya termasuk pendekatan harga berdasarkan nilai dan biaya. perndekatan harga berdasarkan nilai maksudnya nilai kualitas dari university tersebut, mereka menyakinkan para konsumen/ mahasiswa baru dengan fasilitas,dan kurikulum yang memadai sehingga para konsumen/mahasiswa baru tertarrik akan hal itu. sedangkan pendekatan harga berdasarkan biaya, pihak universitas telah memberikan beasiswa terhadap calon mahasiswa baru sehingga CAMA tersebut tertarik dan menjadi tolak ukur bagi yang berprestasi yang ingin melanjutkan keperguruan tinggi yang mana orang tuanya tidak mampu untuk biaya tersebut. selain itu juga pihak university melalui ajang pemberian beasiswa tersebut juga sebagai ajang promosi dan memberikan semangat kepada CAMA yang berprestasi agar tetap berprestasi. dengan adanya harga perusahaan yang baru dapat mematok/membandingkan harga jual mereka dengan harga jual para pesaingnya, karena tidak mungkin perusahaan yang baru mematok harga yang lebih tinggi dibanding pesaing walau dari segi kualitas dan kuantitasnya sama dengan pesaing, maka secara otomatis para pelanggan/konsumen tidak akan membeli produk-produk dari perusahaan yang baru dibuka tersebut.mereka berpikir, buat apa kita membeli suatu barang yang lebih mahal dari barang yang sudah kita kenal terlebih dahulu.

    Comment by ika kharisma arianti | May 29, 2007 | Reply

  33. Seperti yang diketahui bahwa merek adalah nama, tanda, simbol, yang dibuat untuk dapat membedakan penjual dari pesaing-pesaingnya. Akan tetapi saat ini merek tidak hanya sekedar simbol akan tetapi merek telah menjadi komponen utama pada suatu produk. Brand yang kuat akan menambah nilai yang diberikan oleh suatu produk, dalam hal ini brand sudah mencakup emosi di dalamnya, sehingga menghindarkan diri dari barang komoditas pada produk kita dan kita dapat menerapkan harga premium terhadap produk kita.
    untuk dapat membangun merek yang kuat membutuhkan waktu yang panjang dan terus menerus, dan ini memerlukan investasi yang besar. karena itu tindakan pelanggaran hak cipta tentu akan sangat merugikan, baik bagi konsumen maupun suplier. Suplier akan dirugikan karena pelanggar menggunakan namanya sebagai merek pada produknya yangbelum tentu kualitasnya bagus sehingga dapat menjatuhkan ekuitas merek produk tersebut sedangkan bagi konsumen, akan terjadi kebingungan karena menggunakan merek yang sama dengan produk yang memiliki kualitas yang berbeda. Pada kasus ini, perlu diperhatikan bahwa merek harus memiliki hak cipta sejak awal sehingga terlindungi oleh hukum, dan jika terjadi seperti di kasus ini maka merek yang memang sudah memiliki hak cipta dapat menuntut pelanggar itu.

    Comment by emyr prekahari | June 3, 2007 | Reply

  34. Merk sangat penting dan dapat menentukan branch image perusahaan tapi kalau kita amati merk kita terutama produk makanan kita masih belum mempunyai kekuatan jual terutama kalau sudah dipasarkan keluar negeri, menurut informasi produk jamu indonesia kalah brand dengan produk supplemen cina yang ternyata merknya biasa saja tapi persepsi masyarakat dunia sangat begitu bagus. sementara merk kita masih berkutat di dalam negeri. 1)Kenapa merk produk kita hanya jago kandang. masalah lain yang berhubungan dengan merk adalah 2) maraknya penjiplakan merk yang berakibat negatif bagi pemiliknya dan itu di indonesia. apa sih merk yang tidak bisa ditiru di Indonesia ? 3). kurang seriusnya pemerintah kita dalam membantu mensosialsiasikan merk para pengusaha kita di luar. perbaikan persepsi masyrakat dunia jelas harus dipikirkan kembali agar merk makanan dan minuman kita bisa sehebat COCA COLA yang mendunia.
    http://bobotohgarut.blogspot.com/

    Comment by ahmad kurnia | June 7, 2007 | Reply

  35. Merk sangat penting dalam dunia prdangan produk. ada banyak keuntungan yang didapat dari merk khususnya bagi para penjual. misalnya saja penjual memiliki perlindungan hukum atas produknya agar tidak bisa ditiru oleh pihak lain. pembeli juga akn setia membeli [pda merk yang sama jika mereka telah mersa cocok pad merk tersebut. pembeli akan muda mendidentifikasi produk yamg akam mereka beli jika mereka membeli produk yang sama.
    Selain itu merk juga sangat penting karena menentukan brand image suatu produk. seorang pembeli akan lebih merasa puas dan bangga jika dapat membeli merk yng tergoliong bergengsi biasanya sdich ara cewek yang suka belanja hehehe……
    tentunya pada kasus diatas prousem awal sangatlah irugikan. karena produsen lain telah meniru merknya. produsen awal bisa rugi karena konsumen mereka pindah pada prousem peniru tersebut. tentunya pendapatan merek akan berkurang.
    selain itu konsumen juga pusing mau membeli produk yamh mana karena pada merk dan kemasan yang sama memliki kualitas yang berbda yang tentunta kan menurunkan ekuitas merk produsen awal yang menyebabkan konsumen pindah ke produsen lain.
    oleh sebab itu kasus ini cepat dituntaskan agar para produsen baru tidak patah semangat membangun suatyu produk baru yanf akan membngun industri indonesia semangat………

    Comment by suci nurmawati | June 11, 2007 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: