Y u d i S u t a r s o

Kuliah Manajemen Pemasaran

Mengamati perilaku pasar konsumen

pasar.jpgMengamati pasar adalah kegiatan yang tidak pernah dilupakan oleh pemasar. Pasar adalah kumpulan orang-orang. Bayangan tentang pasar adalah orang orang dengan segala macam karakteritiknya. Mengikuti perkembangan pasar berarti mengikuti semua perubahan yang ada pada orang-orang kepada siapa produk atau jasa kita tawarkan.

KOtler memberikan kerangka kerja bagaimana mengamati perubahan pasar, apa saja yang mesti diperhatikan dan apa yang harus dilakukan. MOdel perilaku pasar konsumen, adalah contoh modelnya.

Tugas Anda minggu depan, adalah sebagai berikut :

1. Jelaskan pengertian dan maksud gambar model perilaku pasar konsumen ini. Bagaimana kita seharusnya melakukan pengamatan terhadap perilaku pasar, apa saja yang mesti diamati. Gambar disa didownload dari halaman ini. Model Perilaku Pasar Konsumen

2. Pilih produk tertentu yang Anda rasa cocok, dan bahaslah bagaimana mengamati perilaku pasar dengan kerangka kerja diatas.

Minggu depan, 11 april 2007, kita akan mendiskusikan sistem informasi pemasaran dan perilaku pasar konsumen. Kelompok yang maju kelompok 6, untuk sistem informasi dan kelompok 5 untuk perilaku pasar konsumen. Tiap kelompok mengerjakan dua tugas tersebut, dan dikirim melalui email.

Yang terpenting, dalam pengerjaan tugas, ketua kelompok agar mengatur cara kerja kelompok sehingga tugas-tugas ini dapat diselesaikan. Tugas diselesaikan terakhir hari selasa 10 April 2007. Untuk ketua kelompok, semester ini Anda menjadi leader dikelompok Anda. Kerja kepemimpinan Anda semester ini adalah latihan kecil bagi kepemimpinan Anda dimasa depan. Buktikan Anda bisa memimpin anggota kelompok Anda….

Jangan lupa, diskusi minggu lalu sudah kelihatan hasil membaca Anda semua, sehingga tanggapan dan pertanyaan bisa beragam dan pas. Minggu ini membacanya diperbanyak, kasih catatan atau tanda stabilo pada buku yang telah Anda baca. Minggu depan akan diperiksa buku-buku Anda, apakah sudah dibaca atau belum.

Dan yang tak kalah penting, seperti minggu kemarin yang diberikan dikelas tentang kebijakan dengan analogi wortel, telur dan kopi. Jangan jadi wortel atau telur, jadilah kopi. Kalau Anda selalu menjadi kopi, Anda akan terasa manis oleh orang lain, akan berguna dan pasti dicari orang.

Selamat bekerja dan belajar…..

April 5, 2007 - Posted by | Manajemen Pemasaran

30 Comments »

  1. Bpk. YTH. Mohon maaf, blog bapak tidak dapat disimpan sebagai dokumen web pada komputer saya, padahal blog bapak yang sebelumnya, sebelum perubahan tampilan dapat disimpan sebagai dokumen, yang sekarang ini tidak bisa, mengapa ya Pak? Terima kasih.

    Comment by Slamet Budi Waluyo | April 5, 2007 | Reply

  2. pak,sekarang tampilan blog yang bapak punya kok lain lagi!ga seperti yang kemarin.ga capek ta ganti2 tampilannya!jangan marah lho pak!!!!1

    Comment by Bagus Priyo Sudibyo | April 5, 2007 | Reply

  3. Assalamualaikum wr.wb.
    Pak, kalau kasih tugas jangan banyak-banyak coz membuat kita tambah bingung.Kalau habis membahas waktu kuliah tolong yang sudah dijelaskan dicopy di masing-masing flash disknya anak2 kelas g.Hal yang mengenai tugas harap d kasih tahu sebelumnya biar nantinya kalau kita kurang ngerti bisa d tanyakan langsung setelah kuliah biasanya.

    “KEKURANGAN, ADALAH MILIK SAYA SEPENUHNYA DAN KELEBIHAN SEPENUHNYA MILIK ALLAH SWT.”
    So, maafkan saya apabila ada kata2 saya yang menyinggung perasaan bapak.

    Comment by Catur April Lia Sari | April 6, 2007 | Reply

  4. Pak Yudi yang terhormat,

    Sebelumnya saya mau minta maaf atas kelalaian dalam mengumpulkan tugas individu mengenai komentar tentang blog bapak.

    Btw, blog bapak sangat bagus kok n saran saya agar ditambahkan foto bapak biar tambah bagus n sekalian profile bapak.

    Pak, tolong setelah kuliah agar dicopykan k flashdisknya masing2
    agar kita bisa buat belajar di rumah.

    Segala kekurangan, kekhilafan adalah milik saya sepenuhnya dan
    kelebihan adalah milik Allah sepenuhnya.

    Comment by Catur April Lia Sari | April 10, 2007 | Reply

  5. pak yudi maaf ya,saya salah kirim komentar hehehehe…oia saya jg minta maaf karena saya telat mengumpulkan tugas.klo menurut saya,blog bapak sudah bagus kok.saya salut dengan adanya blog ini….oia saya setuju dengan saran dari sausarai catur aprilia sari bahwa klo bisa profile bapak jg ikut tampil di blog ini

    Comment by yulia kurniawati | May 22, 2007 | Reply

  6. Konsumen membuat sejumlah keputusan dan pembelian setiap hari. Hampir seluruh perusahaan meneliti pengambilan keputusan pembelian konsumen secara mendetail untuk memperoleh jawaban apa yang konsumen beli, dimana mereka membelinya. Pemasar dapat mempelajari pembelian konsumen aktual untuk mengetahui apa yang mereka beli, dimana dan seberapa banyak. Namun mempelajari mengenai alasan perilaku pembelian konsumen tidaklah mudah seringkali tersembunyi jauh di dalam benak konsumen. Faktor-faktor budaya memiliki faktor terluas dan terdalam dal;am perilaku konsumen. Pemasar perlu memahami peranan yang baik yang dimainkan oleh budaya, subbudaya dan kelas sosial. Faktor-faktor sosial mengatur perilaku konsumen seperti kelompok kecil dan status yang melingkupi konsumen. Faktor-faktor pribadi mempengaruhi konsumen seperti umur, siklus hidup, pekerjaan, situsi ekonomi, gaya hidup, kepribadian dan konsep diri. Faktor-faktor psikologis mempengaruhi perilaku konsumen seperti motivasi, persepsi, pembelajaran, kepercayaan dan sikap.

    Comment by Dion Yanuar Purba | June 4, 2007 | Reply

  7. Konsumen sering memiliki alasan sendiri kenapa ia membeli produk A misalnya, dan kenapa produk B. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen amat beragam, ada yang beli karena selisih harga atas produk sejenis, ingin mendapatkan hadiah dari produk yang dijual, ada produk alternatif dari produk yang dimaksud, tetapi harganya jauh lebih murah. Oleh karena itu barang yang tersedia di pasar biasanya juga berjenis-jenis. Juga tentang informasi yang ditangkap konsumen pun beragam. Dengan demikian menciptakan persepsi yang beragam pula untuk suatu produk saja dari jenis yang sama.

    Comment by ibel | August 29, 2007 | Reply

  8. yang diamati cukup respon konsumen.
    respon pada saat pemebelian dan pasca pembelian produk.
    puas atau tidak puasnya konsumen dapat tercermin dari respon berupa loyal (repurchased) terhadap produk atau pindah ke lain merk.

    Comment by ibnu ahsan nugraha | September 6, 2007 | Reply

  9. Pak Yudi yg baik…

    saya mahasiswa sebuah perguruan tinggi di palembang…
    saya tertarik pada blog bapak, dan membaca2 komentar anda, yg rata2 semua_nya dari mahasiswa bapak..

    saya ingin meminta bapak menolong saya..
    saya mendapat tugas dari dosen saya untuk mencari definisi dan contoh dari situs2 di internet, yaitu:
    1. pasar konsumen
    2. pasar bisnis
    3. pasar global
    4. pasar nirlaba dan pasar pemerintahan

    saya sudah mencari kesemua situs…
    tapi tidak ada yg mengulas tentang definisi dan contoh ke 4 pasar tsb..

    saya mohon bapak dapat membantu saya secepat_nya, karena tugas itu harus segera dikumpul minggu dpn..
    sebelum dan sesudah_nya saya ucapkan terimakasih..

    Comment by eJhi | September 20, 2007 | Reply

  10. pak yudi Yth,
    saya mahasiswa PTN Medan
    saya mendapat tugas dari dosen saya membuat makalah mengenai perilaku konsumen saat ini..
    saya mau minta tolong pak,judul apa yang cocok untuk makalah saya
    dan kalau dari internet bahannya,saya harus bagaimana mencarinya.
    mohon bantuan bapak
    sebelu dan sesudahnya,terimakasih pak.

    Comment by christin | October 1, 2007 | Reply

  11. pk yudi yang terhormat ,saya mahasiswi PTN medan. saya mendapat tugas dari dosen saya untuk membuat tugas makalah tentang perilaku konsumen,yang ingin saya tanyakan judul apa yang cocok untuk makalah saya tersebut dan bagaimana aplikasi penjabaran dari makalah itu ? terima kasih

    Comment by heppi | October 30, 2007 | Reply

  12. pak yudi yang terhormat ,saya mahasiswi PTN medan. saya mendapat tugas dari dosen saya untuk membuat tugas makalah tentang perilaku konsumen,yang ingin saya tanyakan judul apa yang cocok untuk makalah saya tersebut dan bagaimana aplikasi penjabaran dari makalah itu ? terima kasih

    Comment by heppi | October 30, 2007 | Reply

  13. Dalam dunia pemasaran salah satu topik bahasannya adalah perilaku konsumen. Konsumen dalam hal ini (tulisan ini) konsumen disektor agrobisnis. Konsumen ototomotif tampaknya sudah jelas segmennya, namun kons agroindustri belum jelas. penyebabnya adalah semua konsumen terkadang membutuhkan barang yang sama contoh kebutuhan akan beras…..barang kali topik yang dibahas mendatang yang spesifik

    Comment by Imam Thohari | November 8, 2007 | Reply

  14. pak Yudi Yth,
    saya mahasiswi PTN di Padang, punya tugas untuk bikin artikel mengenai pemasaran global..
    saya minta tolong sama bapak, apa aja permasalahan yang lagi hangat-hangatnya terjadi dalam pemasaran global.
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

    Comment by lia | November 26, 2007 | Reply

  15. Bpk yudi yth.
    saya mahasiswi dari STIE IGI JAKARTA saya ada tugas untuk bikin artikel tentang perilaku konsumen dari dosen. Bapak saya bisa minta tolong untuk memberi saya bahan mengenai perilaku konsumen yang lebih luas lagi.
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

    Comment by cannia maya | November 30, 2007 | Reply

  16. yth. Pak Yudi, tolong dikomentari kasus yang terlampir. bagaimana menganalisa perilaku konsumen terkait kasus tersebut, trimakasih

    Comment by ririn | March 5, 2008 | Reply

  17. MAKASIH PAK SAYA MAHASISWA PASCA SARJANA DI SEBUAH PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SUMATERA.SAYA SUDAH BEKERJA SEBAGAI PNS.SAYA HOBBY MEMBELI DAN MENGOLEKSI BUKU,TAPI SAYA KESULITAN UNTUK MENGUASAI MATERI DALAM BUKU YANG SAYA BACA.BAGAIMANA KIAT-KIAT AGAR KITA BISA MENGUASAI MAKSUD,TUJUAN DAN HAKIKAT DARI BUKU YANG KITA BACA ATAR PERKENAN BAPAK DI UCAPKAN TERIMA KASIH.

    Comment by giyatno | March 10, 2008 | Reply

  18. pak yudi yth,
    saya mahasiswa stim sukma medan saya ada tugas untuk menbuah tugas karya ilmiah tentang manajemen keuangan dari kampus. bisakah bapak membantu saya dalam memberikan gambaran yang jelas bagaimana membuat karya ilmiah yang bagus

    Comment by dharma | March 11, 2008 | Reply

  19. aSSwrwb…
    saya ratih angkatan 06 undip fisip jurusan adm.bisnis..menurut saya blog ini sangat bagus, sangat menyentuh dan memuaskan terutama untuk tugas-tugas saya…tinggal copy paste..:-)
    jangan lupa kalo ada info terbaru kirimkan email kepada saya..terima kasih…

    Comment by Ratih noviari | March 23, 2008 | Reply

  20. pak yudi salam kenal dari saya mahasiswa perguruan tinggi swasta di bogor. saya mau meminta tolong untuk diberi tahu buku perilaku konsumen yang paling komplit atau bagus.
    sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Comment by abidin | April 21, 2008 | Reply

  21. 1. bagaimana pengaruh perilaku konsumen terhadap penentuan produk menurut Philip Kotler?
    2. bagaimana pengaruh budaya terhadap perilaku konsumen?
    3. bagaimana pengaruh lingkungan kerja terhadap perilaku konsumen?
    4. bagaimana merancang strategi pengembangan produk baru di dalam pasar baru(menggunakan analisis SWAT)?
    5. bagaimana proses informasi mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen?
    6. bagaimana mengukur permintaan pasar saat ini dan di masa depan?
    terima kasih..

    Comment by bp. jamil | July 10, 2008 | Reply

  22. Pak Yudi YTH,

    Saya jusuf,saya mohon bantuan bapak untuk tugas karya ilmiah yang saya dapat.mengenai selling with heart,kira-kira kerangka apa saja yang dapat menjadi pemikiran untuk saya tulis.Terima kasih sebelumnya.

    Best Regards,

    -Jusuf_

    Comment by jusuf | August 13, 2008 | Reply

  23. pak yudi saya mahasiswi ptn mohon bantuannya tentang penggunaan iklan dalam perubahan perilaku konsumen. terima ksih sebelumnya

    Comment by Dita | September 29, 2008 | Reply

  24. ass..
    Yth,Pak Yudi
    saya siswa SMA,Pak.Kalau ada waktu tolong jelaskan apa itu perilaku konsumen dan produsen ya,Pak.
    terima kasih.

    Comment by Mufa | October 14, 2008 | Reply

  25. ass. pak saya mahasiswa dari UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA SINGARAJA_BALI……….
    setelah saya membaca blog bapak, saya merasa bapak sangat luas pengetahuanya tentang ilmu ekonomi…..
    nah oleh karena itu saya mau minta tolong sama bapak!!!!!!!
    boleh gak????????????
    saya minta tolong d kirimin judul skripsi d tempat bapak mengajar…….
    judulnya aja pak yachhhh…..
    tentang manajemen SDM aja pak…….
    atas bantuanya saya ucapkan terima kasih pak……WSS
    bimachonslet@yahoo.co.id

    Comment by MUHAMMAD MUTLAQ TMQ | October 31, 2008 | Reply

  26. Assalamualaikuum, … Maaf pak, mau nanya ttg perilaku konsumen global, terutama berkaitan dengan pemasaran makanan cepat saji. hubungannya dengan agama, dan mengapa justeru makanan ini lebih dapat diterima di luar negaranya yang notabene adalah negara muslim… padahal juga diiringi dengan isu boikot produk dari Amerika. Trims sebelumnya.
    Wassalamualaikum….

    Comment by Na | December 9, 2008 | Reply

  27. pak, saya mahasiswa di salah satu universitas di sumut. saya ingin tanya, apa saja faktor yang mempengaruhi respon konsumen…
    makaci sir……

    Comment by irma | February 25, 2009 | Reply

  28. Pak aku mau minta tolong niy? bisa dibuatkan draft report to analyze cuatomer by their attitude, financial strenght and their bussiness management.. lagi dpt tugas, blom dapat bayangan

    Comment by miftahul akhyar | April 1, 2009 | Reply

  29. pak yudi yth, saya mahasiswa semester akhir di kota pontianak, saat ini saya sangat memerlukan referensi tentang respon konsumen untuk menyusun tugas akhir, tolong kalau bisa bapak kirim referensi tersebut… sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih…

    Comment by herman | May 21, 2009 | Reply

  30. saya tertarik pada blog bapak, dan membaca2 komentar anda, yg rata2 semua_nya dari mahasiswa bapak..

    saya ingin meminta bapak menolong saya..
    saya mendapat tugas dari dosen saya untuk mencari definisi dan contoh dari situs2 di internet, yaitu:
    1. pasar konsumen
    2. pasar bisnis
    3. pasar global
    4. pasar nirlaba dan pasar pemerintahan

    saya sudah mencari kesemua situs…
    tapi tidak ada yg mengulas tentang definisi dan contoh ke 4 pasar tsb..

    saya mohon bapak dapat membantu saya secepat_nya, karena tugas itu harus segera dikumpul minggu dpn..
    sebelum dan sesudah_nya saya ucapkan terimakasih..

    Comment by dian | March 31, 2010 | Reply


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

